Minting NFT adalah proses mencetak NFT. Maksudnya mengubah data digital di dalamnya untuk menjadi suatu koleksi kripto yang direkam pada blockchain. Yang perlu Anda ketahui tentang NFT adalah merupakan suatu aset yang berguna sebagai penyimpan data digital.

Data digital inilah yang nantinya akan tersimpan di dalam NFT atau tepatnya ada pada buku besar (database yang terdesentralisasi). Data tersebut tidak bisa dihapus, diedit, maupun di modifikasi oleh siapapun.

Sehingga cara kerja NFT ini menjaga suatu keaslian atau keorisinalitasan data digital seseorang. Nah, proses pengunggahan data digital tersebut ke dalam sistem blockchain itulah yang disebut sebagai proses minting NFT.

Proses pencetakan tersebut mirip dengan ketika mencetak koin asli. Nah, jadi begitulah gambaran dari apa itu minting NFT. Ingin lebih jelas lagi, yuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal NFT

Membahas mengenai minting NFT, sebainya perlu tahu dahulu apa itu Non Fungible Tokens (NFT). Jadi NFT merupakan suatu token yang tidak bisa ditukarkan.

Lebih tepatnya NFT merupakan aset digital yang bisa mewakili suatu kepemilikan barang berharga dan tidak dapat diganti atau ditukar. Proses transaksinya menggunakan suatu data dalam blockchain.

Yang mana data di dalamnya berisikan tentang informasi pencipta, history kepemilikan, dan juga harga asetnya. Dikatakan sebagai aset digital karena NFT potensial dan bisa pengguna jual dengan mencetak salah satu asetnya atau proses minting NFT.

Barang yang dapat dijual dalam bentuk NFT seperti game, hasil karya seni, dan beberapa yang lain. Berbagai dokumen tersebut bisa mudah diubah menjadi NFT dan harga jualnya tergantung beberapa faktor alias bersifat subjektif, karena mencakup kualitas, reputasi pencipta, hingga kreativitas di dalamnya. Yang perlu Anda tahu, bahwa NFT tidak sama dengan kripto, meskipun erat berkaitan.

Aset NFT berupa tanda tangan digital yang tidak bisa ditukar dengan aset NFT lain. Sedangkan aset kripto memiliki nilai tukar, jadi bisa ditukarkan dengan aset kripto lain.

Minting NFT Adalah Proses Pencetakan NFT

Terkait dengan pengukuran seberapa lama proses pencetakan NFT tidak bisa dengan mudah untuk mengukurnya. Butuh beberapa tools yang membantu. Seperti platform NFT, alat, dan juga market untuk membuat menjadi semakin mudah.

Langkah default yang bisa dilakukan pertama adalah memasang dompet Ethereum, ekstensi browser Chrome, dan kemudian melakukan konversi konten ke NFT. Kirimkan file ke pasar NFT dan iklankan jika ingin menjual.

Langkahnya sama seperti ketika mengunggah video ke YouTube atau menjual produk di e-commerce. Unggah file dengan berbagai format seperti PNG, JPG, MP3, MP4, atau lainnya.

Sertakan judul, subjudul, deksripsi, dan persiapkan royalti untuk memberitahukan informasi kepada para calon pembeli.

Beberapa Faktor yang Perlu Anda Perhatikan

Proses mencetak NFT mungkin terkesan mudah, namun ada beberapa hal yang penting sebagai pertimbangan. Pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum melakukan minting NFT.

1. Platform Blockchain

Langkah pertama saat memikirkan bagaimana cara mencetak NFT adalah mempertimbangkan dahulu blockchain yang mendukung standar token NFT. Ada beberapa yang bisa Anda gunakan.

Baca juga: Apa Itu NFT? Kenapa NFT Bisa Bikin Ghozali Mendadak Jadi Sultan?

  1. Ethereum;
  2. Binance Smart Chain;
  3. EOS;
  4. Polkadot;
  5. Tron;
  6. Tezos;
  7. Cosmos;
  8. Flow by Dapper Labs;
  9. WAX.

2. Ekosistem NFT

Hal selanjutnya adalah terkait dengan kesadaran fitur NFT pada blockchain yang pengguna pilih. Pasalnya hal ini sebagai upaya pertimbangan untuk mendapatkan pendekatan yang paling terjangkau.

Pastikan bahwa platform yang Anda pilih akan menangani proses transaksi untuk beberapa blockchain dan analisis manfaat ekosisten NFTnya.

3. Platform yang Terjangkau

Ethereum dan Binance Smart Chain menjadi alternatif pilihan yang paling banyak untuk mencetak NFT. Selain itu kedua platform tersebut merupakan yang besar dan memberikan visibilitas kepada pembeli lebih baik serta terjangkau.

4. Pasar NFT

Tips selanjutnya adalah memperhatikan faktor pasar NFT dengan memilih yang tepat. Beberapa pasar NFT populer seperti OpenSea, Mintable, Rarible, dan masih banyak lagi.

Minting NFT adalah proses mencetak NFT dengan mengubahnya menjadi kripto. Kedua istilah baik kripto dan NFT saling berkaitan dan tidak bisa terpisahkan begitu saja.


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami