Hologram adalah suatu teknologi di dalam dunia fotografi dengan melakukan proses perekaman cahaya yang menyebar dan menyajikannya ke dalam wujud 3D.

Mungkin banyak yang sudah melihat hasil dari teknologi hologram tersebut. Salah satunya ada pada film-film kelas internasional seperti Star Wars, Iron Man, dan banyak lagi lainnya.

Sebagian orang mungkin sering mendengar istilah hologram, namun banyak juga yang masih bertanya tentang istilah tersebut. Agar semakin jelas, ulasan berikut akan menyajikan berbagai informasi penting mengenai hologram. Yuk simak dulu.

Hologram Adalah Teknologi Fotografi yang Menghasilkan Tampilan 3D

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa hologram adalah teknologi yang ada di dalam dunia fotografi. Teknologi tersebut bermanfaat untuk menghasilkan efek visual yang keren dan maksimal.

Yakni dengan melakukan proses perekaman cahaya dan menyajikannya dalam bentuk 3D. Sudah banyak yang memanfaatkan teknologi tersebut, salah satunya pada dunia hiburan termasuk perfilman.

Sementara holografi merupakan teknik fotografi yang menggunakan hologram dalam penyajian hasilnya. 

Sejarah Perkembangan Hologram

Perkembangan teknologi hologram sudah ada sejak tahun 1940-an silam oleh fisikawan dari Hungaria bernama Dennis Gabor. Kemudian dirinya mengenalkan istilah hologram kepada masyarakat.

Perkembangannya terus berlanjut sampai beberapa dekade selanjutnya. Meskipun saat itu sumber cahaya tidak bisa masuk dalam kategori yang koheren.

Kemudian pada tahun 1960, N. Bassov dan A. Prokhorov memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Mereka menemukan laser yang mempunyai cahaya murni dan ideal untuk pembuatan hologram.

Akhirnya penelitian terus berlanjut dan banyak yang berkontribusi menyumbangkan idenya untuk hologram. Akhirnya sampai saat ini penemuan hologram yang mutakhir bisa Anda nikmati.

Cara Kerja Metode Holografi dalam Dunia Fotografi

Agar bisa membuat hologram, Anda membutuhkan objek untuk direkam. Selain itu juga membutuhkan sinar laser, media perekaman untuk membantu membuat gambar semakin jelas, serta lingkungan yang bisa memungkinkan berkas cahaya berpotongan.

Kemudian sinar laser bisa Anda bagi menjadi dua sinar yang identik serta gunakan cermin untuk mengarahkan. Arahkan salah satu balok split ke arah objek yang hendak Anda rekam.

Sebagian cahaya akan dipantulkan dari objek menuju ke media perekaman. Kemudian arahkan sinar kedua pada media perekam. Nantinya kedua balok yang berpotongan akan saling terinterfensi.

Nah, pola interfensi inilah yang bisa dicetak pada media rekam untuk menciptakan lagi gambar virtual dan bisa terlihat oleh mata. Anda bisa menggunakan berbagai jenis bahan untuk media perekaman atau tempat cahaya akan bertemu.

Yang paling umum digunakan adalah film fotografi dengan tambahan butiran cahaya reaktif. Melalui cara ini hasil gambar akan terlihat lebih realistis ketimbang memakai bahan perak halida.

Baca juga: 7 Jenis Industri yang di Untungkan oleh Perusahaan Augmented Reality

Manfaat Hologram Bagi Kehidupan

Manfaat hologram bisa terasa pada berbagai bidang dan dapat membantu banyak persoalan kebutuhan manusia. Berikut beberapa manfaat hologram yang memberikan dampak besar terhadap perkembangan dunia.

1. Pemetaan Militer

Salah satu skill dalam bidang militer ialah mempunyai kecerdasan geografis yang baik. Gambar hologram saat ini berguna untuk membantu melakukan pengintaian militer.

Proses pembuatannya ialah mengambil data berupa gambar yang sudah terkomputerisasi. Kemudian pihak terkait akan membuatnya menjadi lembar holografik.

2. Sebagai Tempat Menyimpan Informasi

Hampir semua orang dan semua aspek menghasilkan sejumlah data yang jumlahnya tidak sedikit. Kebutuhan terkait kapasitas penyimpanan digital semakin meningkat setiap tahunnya.

Hologram akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Tidak harus selalu mencatat informasi terkait objeknya, namun hologram justru bisa merekam data murni.

Hal itu menunjukkan hologram adalah teknologi yang bisa menyimpan data informasi secara tidak terbatas.

3. Untuk Media Pembelajaran

Manfaat lainnya yang bisa kita rasakan ialah pada bidang pendidikan. Hologram bisa muncul lewat teknologi lainnya yang menunjang proses pembelajaran. Misalnya memakai layar LED atau komputer.

Namun para siswa juga dapat menggunakan teknologi tersebut dengan bantuan sinar. Sehingga gambar bisa tampil dan terlihat secara kasat mata.

4. Kesehatan

Hologram dapat berperan penting untuk dunia kesehatan. Utamanya memberikan efek visual pasien kepada para dokter ahli bedah dan calon dokter lain saat praktek.

Nah, itulah informasi seputar hologram. Peranan penting dari hologram adalah untuk menunjang berbagai kebutuhan manusia di masa depan. Sudahkan Anda pernah melihat manfaat teknologi tersebut secara nyata?


Hologram memiliki beragam manfaat yang dapat mempermudah kehidupan manusia

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami