Metode pembelajaran dan metode kelas tradisional akan segera tergantikan oleh teknologi baru yang datang setiap hari termasuk teknologi augmented reality untuk pendidikan. Hal itu dipicu oleh konsep smart education yang diperkenalkan dengan perlengkapan digital seperti smartphone dan tablet serta komputer yang secara bersamaan digunakan para siswa di dalam ruang kelas. Tetapi benarkah manfaat augmented reality dalam pendidikan sebegitu besar?

Jawabannya 100 persen adalah ia. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, para siswa mendapatkan manfaat secara langsung untuk kemajuan mereka mengikuti proses pelajaran di sekolah. Teknologi ini memudahkan siswa untuk menangkap maksud dari mata pelajaran yang diajarkan. Sebab deskripsi mengenai topik yang dibahas oleh pengajar atau guru menjadi jelas dan menarik, berkat konten yang disajikan dengan menggabungkan antara konten tiga dimensi dan dunia nyata.

Augmented Reality dan Pendidikan

Hubungan augmented reality dan pendidikan tentu saja sangat erat berkaitan sebab, salah satu manfaat augmented reality adalah untuk mendukung sektor pendidikan. Nah, teknologi augmented reality sendiri adalah sebuah teknologi yang diperoleh dari penggabungan secara real-time antara konten digital yang dibuat dengan komputer dengan dunia nyata.

Sedangkan untuk objek yang akan dilihat biasanya berbentuk tampilan 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D) yang diproyeksikan di dunia nyata. Singkatnya, teknologi augmented reality adalah sebuah teknologi yang mampu menyisipkan suatu informasi ke dalam dunia maya dan menampilkannya ke dunia nyata dengan bantuan kamera, komputer dan aplikasi khusus.

Manfaat Augmented Reality dalam pendidikan begitu banyak, tidak hanya dalam hal pergeseran dari tradisional ke versi digital, tetapi juga lebih mudah dipahami secara efektif di kalangan siswa dan juga memiliki interaksi dalam hasil yang baik dan pemahaman konsep yang lebih mendalam.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kombinasi pendidikan interaktif dan konten yang menarik dapat menyebabkan siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari dan memperoleh keterampilan dan informasi yang cepat dalam waktu singkat.

Teknologi ini dapat diterapkan di hampir semua mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa, dari semua kelompok umur baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Mulai dari mata pelajaran matematika, bahasa, sains hingga mesin, dll.

Belum lagi, metode smart education ini dapat digabungkan dengan beberapa tugas dan LKS serta proyek yang ditekankan kepada siswa dan mahasiswa untuk mengevaluasi pembelajaran siswa yang akan membuat mereka lebih kolaboratif dan interaktif untuk dapat mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan di dalam pendidikan.

Persyaratan Untuk Penerapan Pendidikan Berbasis Augmented Reality

Untuk mewujudkan pendidikan dengan metode smart education, maka untuk penerapan pendidikan ini, harus memenuhi beberapa persyaratan pengaturan ruang kelasnya. Metode kelas berbasis augmented reality harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki koneksi internet yang kuat
  • Terdapat perlengkapan smartphone atau tablet yang sesuai dengan spesifikasi dan jumlah siswa
  • Memiliki Aplikasi augmented reality (khusus untuk pendidikan)
  • Memiliki platform pembelajaran berbasis augmented reality diantaranya seperti Experience Real History, World Brush, Curiscope dan 3DBear. Atau bisa juga dibuat secara custom sesuai dengan kebutuhan pendidikan Anda.

Manfaat Augmented Reality dalam Pendidikan

Terdapat beberapa peran dan signifikansi teknologi augmented reality yang dapat dilihat secara luas di bidang pendidikan. Teknologi Ini tidak hanya akan ditetapkan sebagai tren metode pembelajaran baru dan pendidikan di era digital saja, namun dapat memainkan peran penting di dalam merevolusi pendidikan tradisional secara menyeluruh. Namun terlepas daripada itu, manfaat augmented reality dalam pendidikan sangatlah besar, 7 manfaat di antaranya sebagai berikut ini:

1. Metode Pembelajaran Gabungan

Metode pembelajaran dengan teknologi augmented reality jelas mempunyai potensi yang besar untuk menggantikan metode lama dalam membaca teks di buku. Ketika semua dialihkan ke teknologi, tentunya pembelajaran berbasis augmented reality akan dapat dipahami oleh para siswa dengan jelas ketimbang metode pembelajaran menggunakan media buku. Dilengkapi dengan aplikasi dan animasi berbasis augmented reality atau dikenal dengan buku augmented reality, maka hal ini akan mengarah kepada digitalisasi penggabungan seluruh materi pelajaran menjadi satu konten khusus yang dapat diakses dan dipelajari oleh siswa dan guru.

2. Membuat Pembelajaran Lebih Menarik

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa siswa dapat lebih memahami suatu pelajaran yang lebih banyak menampilkan konten visual interaktif, ketimbang membaca suatu buku. Selain itu, mereka juga dapat menghafal lebih banyak dan belajar lebih banyak dengan menonton suatu tayangan visual di depan mata.

Pembelajaran berbasis augmented reality yang sekarang masih digunakan di sebagian besar aplikasi dan platform pendidikan, cukup efektif membantu siswa dengan apa yang mereka pelajari saat ini. Dengan pembelajaran berbasis augmented reality, maka akan membuat suatu pelajaran yang diajarkan guru menjadi lebih menarik karena siswa dapat berimajinasi dan tertarik kepada subjek dimana mereka diarahkan dan dibimbing.

3. Sesi Pembelajaran Interaktif

Pelajaran kelas berbasis augmented reality (smart class) atau bahkan kelas berbasis aplikasi virtual reality berbasis smartphone membuat siswa lebih interaktif dan atraktif. Mereka dapat memahami lebih banyak dan lebih jelas pelajaran seperti yang disebutkan oleh para guru, dan membuka cakrawala ruang kelas dengan luas.

Mereka dapat membiarkan imajinasi dan keterampilan kreatif mereka terbang dan mengajukan banyak pertanyaan berdasarkan topik yang ditentukan, selain itu, merekapun dapat berangan-angan menghubungkan satu topik terkait dengan yang lain sehingga dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif dan konkrit dari yang diajarkan.

Hal itu tentunya diakses dengan aplikasi augmented reality yang telah ditanamkan ke dalam smartphone mereka. Dengan metode smart class, siswa akan mudah mengejar ketinggalan yang mereka pelajari dengan lebih mudah dengan langsung membaca fakta-fakta yang berguna dan tips yang signifikan.

Baca juga: Jasa Branding Produk Powerful Melalui Penerapan Teknologi Digital

4. Memahami Konsep yang Kompleks

Kelas interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam hal memahami model dan gambar serta konten bergambar dalam suatu pelajaran, misalnya biologi. Dengan konten dan gambar yang ditampilkan, akan dapat membantu siswa dalam memahami dan memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai konsep-konsep yang umumnya sulit dan tidak jelas untuk dijelaskan hanya dengan membaca saja.

Hal tersebut diperkuat dengan konsep yang sama, namun dijelaskan dengan metode seperti ilustrasi, grafik, dan animasi, penggambaran tiga dimensi secara menyeluruh. Maka hal itu akan sangat membantu siswa dalam memahami topik dan mencegah suatu kesalahan.

Contoh: Anatomi mata manusia. Bayangkan jika topik dijelaskan dengan menggunakan teks buku saja. Tak bisa dibayangkan betapa bingungnya para siswa untuk memahami pelajaran yang berlangsung. Tentu hal tersebut tidak akan mampu menjelaskan konsep anatomi mata manusia satu per satu menjelaskan secara detail istilah-istilah teknis bagian-bagian seperti pupil dan retina.

5. Belajar dari Mana Saja

Dengan menggunakan aplikasi pendidikan di platform yang berbasis augmented reality, akan menghadirkan sesi pembelajaran yang menarik. Karena siswa dan guru tidak perlu hadir di dalam kelas. Metode pembelajaran dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Ibaratnya, manfaat augmented reality dalam pendidikan memiliki fungsi sebagai sarana pemahaman yang luas dan memberikan suatu prosedur pendidikan yang terbukti lebih bermanfaat dari metode lama bagi kebanyakan siswa. Usaha smart education ini tidak mengharuskan siswa dan guru untuk hadir di dalam ruang kelas.

Yang paling rumit dirasakan selama ini adalah tentang mata pelajaran biologi yang mana mengajarkan berbagai pelajaran mengenai anatomi tubuh manusia dan juga tentang unsur-unsur yang terdapat di dalamnya seperti bakteri, virus, binatang dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sistem smart class, maka hal tersebut mudah dilakukan demi kemudahan proses belajar mengajar.

6. Hemat Biaya

Dengan mempergunakan metode pembelajaran berbasis augmented reality, akan mempunyai manfaat di dalam pendidikan yang salah satunya adalah menghemat biaya pendidikan. Faktor biaya yang mahal, selama ini menjadi salah satu masalah yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia khususnya remaja tidak dapat mengecap pendidikan hingga perguruan tinggi.

Mulai dari biaya-biaya seperti uang SPP, uang gedung, uang Lab, uang daftar ulang dan juga uang seragam menjadi faktor yang menghambat masyarakat Indonesia tidak dapat mengenyam pendidikan tinggi. Tentu dengan penerapan metode smart education berbasis augmented reality, akan dapat memangkas semua biaya-biaya tersebut. Sebutlah biaya untuk daftar ulang dan biaya uang gedung dapat digunakan untuk membeli perangkat ponsel pintar atau smartphone atau tablet demi mengakses aplikasi sekolah berbasis augmented reality. Selain itu, semua materi pembelajaran telah dibuat dengan digitalisasi semua mata pelajaran untuk kemudahan para siswa dan guru di dalam proses belajar mengajar.

7. Keanekaragaman Konten

Berbagai aplikasi dapat dibuat untuk berbagai program pendidikan, tidak hanya untuk siswa di sekolah saja. Terdapat program pelajaran arsitektur, ilmu pengetahuan alam dan sosial. Hal ini termasuk dalam pelatihan praktis beberapa mata pelajaran lainnya seperti pengenalan terhadap museum, pendidikan kesehatan, industri luar angkasa dan pelatihan militer. Sangat jelas bahwa pemahaman konsep dengan cara yang tepat, akan dapat membantu para siswa mampu belajar semua bidang dan semua mata pelajaran yang diajarkan karena jenis mata pelajaran yang diajarkan sangat beragam.

Kesimpulan

Menggunakan teknologi augmented reality sebagai basis pendidikan pintar atau smart education bagi dunia pendidikan sangat diperhitungkan pada era digital ini. Sudah saatnya revolusi pendidikan harus diwujudkan. Bukan ingin menghilangkan esensi dari pendidikan yang sudah ada, namun lebih untuk melengkapi.

Bukankah pendidikan yang adil dan merata di seluruh nusantara ini harus dapat diwujudkan bukan!? Di daerah pedalaman seperti sumatera, kalimantan, sulawesi dan papua masih banyak anak-anak Indonesia yang belum mengenyam pendidikan.

Ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah kita untuk mewujudkan pemerataan pendidikan. Dengan mengambil manfaat teknologi augmented reality di dalam dunia pendidikan, bisa dipastikan jika pemerataan pendidikan bagi semua kalangan akan mudah dilakukan.

Metode smart education berbasis augmented reality dan virtual reality dapat dilakukan dengan mudah. MonsterAR mengembangkan inovasi baik augmented reality maupun virtual reality sesuai dengan kebutuhan yang bisnis Anda inginkan, termasuk smart class dan metode smart education. Kami juga mengembangkan berbagai teknologi dan aplikasi serta perangkat lunak lainnya. Segera konsultasikan dengan kami perihal kebutuhan Anda sekarang juga!


Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami