Anda perlu tahu, jika pada tahun 2021 lalu, tren penelusuran Google telah menunjukkan adanya peningkatan mengenai minat yang sangat signifikan terhadap berbagai topik yang berkaitan dengan segala hal yang berkaitan dengan NFT termasuk contoh NFT.  Beberapa selebriti dunia seperti Shawn Mendes, Eminem, Steve Aoki, hingga pengusaha seperti CEO Twitter Jack Dorsey turut berperan serta dalam tren ini. Tentu wajar melihat fenomena ini, sebab harga NFT dapat mencapai miliaran rupiah di tangan para kolektor NFT.

NFT telah menjadi tempat baru para kreator seni untuk dapat berinvestasi atas karya-karyanya dan untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun cara kerja NFT dapat dikatakan merupakan turunan kripto, tetapi keduanya memiliki pengertian dan tujuan yang berbeda. Nah, seperti apa sih contoh NFT yang mahal itu?

NFT dan Perbedaannya dengan Kripto

Perlu diketahui bahwa NFT berbeda dengan aset kripto yang juga sama menggunakan teknologi blockchain. NFT sendiri, tidak memiliki nilai tukar yang sama dengan bitcoin. Contoh: 1 bitcoin akan memiliki nilai tukar 1 bitcoin. Namun, 1 karya seni NFT, tidak mempunyai nilai yang sama dengan 1 karya seni NFT lainnya. Selain itu, NFT tidak dapat didenominasikan menjadi lebih kecil, layaknya aset kripto lainnya.

Pemilik aset digital NFT, pastinya akan mendapatkan hak penuh atas kepemilikannya. Di samping itu, keaslian pencipta dan karyanya juga tetap akan terjaga. Nah, untuk dapat memiliki aset NFT, Anda harus mempunyai Crypto wallet atau dompet kripto terlebih dahulu.

Berbagai jenis karya seni sesungguhnya, dapat dijadikan sebagai aset NFT. Diantaranya foto, video, game, desain grafis, musik, dokumen dan lain-lainnya. Untuk harganya sendiri mengikuti keunikan dan kekreativitasan serta kualitas aset hingga ke reputasi seniman tersebut. NFT sendiri telah dilirik sejak tahun 2017 pada saat game Crypto Kitties diluncurkan. Bahkan melalui game tersebut, para pengguna dapat bermain game berbasis blockchain ethereum.

10 Contoh NFT Termahal di Dunia

Karena termasuk peradaban baru dan merupakan produk digital yang masih belum dimiliki oleh banyak orang, maka NFT sering mendapat stigma barang mahal, karena aset-aset di dalamnya dapat terjual dengan harga miliaran USD yang apabila dirupiahkan bisa berkisar triliunan rupiah. Mungkin bagi beberapa kalangan, hal itu dibilang tidak masuk akal, namun bagi penggiat NFT tidak demikian karena hal ini merupakan hal yang wajar berdasarkan nilai seni dan kreativitasnya.

Meskipun dianggap tidak wajar, tapi Anda mungkin saja terkejut jika ternyata ada aset digital lainnya yang memiliki harga fantastis dan masuk ke dalam kategori NFT dengan harga tidak masuk akal dan masuk ke dalam NFT termahal di dunia. Anda penasaran dengan contoh NFT termahal di dunia? Silahkan simak ulasannya di bawah ini!

1. The Merge

Peringkat pertama untuk contoh NFT termahal di dunia adalah karya Murat Pak atau dikenal dengan nama ‘Pak’. Pak berhasil menjual NFT karyanya berjudul “The Merge” dengan harga 91,8 juta USD atau setara Rp1,3 triliun (kurs Rp14.752) kepada 28.983 pembeli kolektif pada Desember 2021 yang lalu. Tentu NFT karya Pak ini menjadi jawaranya penjualan NFT di dunia dengan harga yang suangat mahal, karena ikonik. Pak sendiri telah dikenal di dunia sebagai seniman yang menghasilkan banyak karya NFT yang ikonik.

2. Everydays: The First 5000 Days

Karya NFT kedua yang berhasil terjual dengan harga fantastis adalah karya NFT milik Mike Winkelmann atau dikenal dengan julukan ‘Beeple’, berjudul Everydays: the First 5000 Days yang berhasil terjual oleh investor cryptocurrency Singapura melalui lelang Christie dengan harga 69,3 juta USD atau setara dengan Rp991 miliar. Karya seni NFT milik Beeple ini adalah merupakan sebuah karya seni kolase 5.000 gambar digital yang dibuat sendiri oleh Beeple untuk seri Everydays miliknya.

3. HUMAN ONE

Contoh NFT

Mike Winkelmann alias Beeple kembali menduduki peringkat ketiga untuk kategori NFT termahal di dunia untuk karyanya berjudul “HUMAN ONE”. NFT milik Beeple ini merupakan video bergerak dystopian yang dijual seharga 28,9 juta USD atau setara Rp426,3 miliar di rumah lelang Christie’s yang terkenal pada November 2021 lalu. NFT milik Beeple ini termasuk jenis yang unik, karena berada di dalam sebuah kotak fisik yang bagi sebagian orang membingungkan. Namun, file yang ditandatangani secara kriptografis masih ada, dan inilah yang membuatnya menjadi unik. NFT “HUMAN ONE” menggambarkan tentang potret manusia pertama di dunia metaverse. NFT ini menjadi contoh NFT paling berharga kedua milik Beeple hingga saat ini. NFT ini dibeli oleh seorang warga negara Swiss bernama Ryan Zurrer.

4. CryptoPunk #7523

Karya NFT termahal berikutnya adalah NFT bernama “CryptoPunk #7523”, yang merupakan karya seni avatar digital yang diproduksi oleh duo pengembang yang bernama Larva Labs dan mempunyai basis di Kanada. Seorang pebisnis dari perusahaan perlengkapan olahraga bernama Shalom Meckenzie membeli CryptoPunk seri #7523 ini dengan harga 11,75 juta USD atau setara Rp170,69 miliar (asumsi kurs Rp14.527).

Menurut Mackenzie, ia sangat menginginkan karakter ini karena dinilai sebagai karakter yang paling langka dan mempunyai simbol COVID dan dapat mempopulerkan NFT. Adapun NFT ini merupakan jenis Punk Alien dan hanya tersedia sebanyak sembilan buah saja. Mackenzie mendapatkan NFT Crypto Punk #7523 ini dalam sebuah lelang “Native Digital” di platform lelang populer London bernama Sotheby’s.

5. CryptoPunk #3100

Deretan contoh NFT termahal di dunia berikutnya adalah bernama “CryptoPunk #3100” yang berhasil terjual seharga 7,8 juta USD atau setara dengan Rp116,5 miliar (estimasi kurs: Rp14.936). NFT ini masih masuk dalam keluarga besar CryptoPunk dengan visual Punk Alien dengan ikat kepala putih-biru. Seri ini, merupakan Punk yang paling minimalis atau paling sederhana yang ditampilkan di dalam koleksi NFT CryptoPunk dan salah satu yang paling mahal yang dikeluarkan dari pengembang Larva Labs sejauh ini.

Baca juga: Pahami Cara Kerja NFT, Sebelum Terjun ke Industri Metaverse

6. CryptoPunk #7804

Lagi-lagi NFT yang merupakan keluarga besar CryptoPunk dengan seri #7804 menyandang gelar CryptoPunk termahal berikutnya. NFT ini terjual di harga 7,6 juta USD atau setara Rp113,5 milar (asumsi kurs Rp14.936). Tipe CryptoPunk ini tipe Pipe-Smoking Alien yang mengenakan topi berkacamata hitam, dan sebuah pipa rokok yang menyembul dari mulut. NFT dengan seri #7804 ini berhasil terjual kepada CEO Figma Dylan Field, pada bulan Maret 2021 lalu. Hal ini menandai konsolidasi lebih lanjut antara teknologi dan koleksi seni digital. Banyak pengamat yang menyebutkan jika CryptoPunk #7804 sebagai #Monalisa Digital”.

7. Crossroad

Contoh NFT termahal di dunia berikutnya adalah NFT bernama “Crossroad” milik dari Mike Winkleman alias Beeple yang berhasil menjual karyanya ini seharga 6,6 juta USD atau setara Rp98,5 milyar lebih (asumsi kurs Rp14.936). NFT milik Beeple ini merupakan NFT dalam bentuk short movie atau film pendek yang mempunyai durasi 10 detik. Short movie ini menampilkan orang-orang yang sedang berjalan melewati sebuah tubuh manusia yang besar yang jatuh dengan berbagai tulisan hina di tubuhnya. NFT ini mempunyai maksud sebagai respon atas pemilu yang diadakan di Amerika Serikat pada 2020 lalu.

8. Xcopy’s A Coin for the Ferryman

NFT ini berjudul “Xcopy’s A Coin for the Ferryman” dan dibuat dalam bentuk GIF. Karya NFT ini, berupa coret-coretan berbentuk wajah dengan ekspresi yang berubah-ubah. Dijual pada tanggal 4 November 2021 lalu dengan nilai sebesar 6,01 juta USD atau setara Rp89,7 miliar (asumsi kurs Rp14.936). karya NFT ini merangkum beberapa nada tematik sang seniman, yaitu gelap dan murung. NFT ini berhasil terjual melalui marketplace Super Rare.

9. Ocean Front

Karya Mike Winkleman alias Beeple kembali masuk deretan NFT paling mahal di dunia. NFT ini bernama “Ocean Front” yang merupakan sebuah karya seni dengan pesan mengenai bencana yang akan datang sebagai akibat dari perubahan iklim yang tidak terkendalikan. Ocean Front, menggambarkan mengenai sebuah gambar kontainer, caravan dan sebuah pohon di tengah laut. Karena keunikannya, alhasil NFT ini terjual seharga 6 juta USD atau setara Rp89,6 miliar, kepada CEO Tron Foundation yaitu Justin Sun.

10. CryptoPunk #5217

Contoh NFT

Posisi NFT termahal kesepuluh adalah NFT milik keluarga CryptoPunk. NFT ini adalah sebuah karya seni berbentuk gambar seekor kera yang mengenakan topi rajut dan rantai emas. Karya ini, bahkan menjadi karya seni digital yang paling langka di pasar. Sehingga menjadikannya salah satu NFT paling mahal di dunia, dengan catatan penjualan hingga 5,59 juta USD atau setara Rp83,4 miliar (asumsi kurs Rp14.936).

Kesimpulan

Setelah mengetahui deretan contoh NFT dan harganya yang tidak masuk akal karena saking mahalnya di atas, tentu Anda bertanya-tanya mengapa NFT dapat sebegitu mahal harganya? Yang Anda harus pahami mengenai NFT dapat berharga sangat mahal adalah karena proses pembuatannya. Pembuatan sebuah karya seni dalam bentuk NFT, durasinya memiliki waktu yang panjang. Karya seni seperti foto, video, GIF, gambar, musik dan semua aset games, faktanya dibuat hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tentu hal ini menjadikan harga NFT menjadi sangat mahal, selain karena proses produksinya, namun juga keunikan dan kelangkaan bentuk yang disajikan.

Selain karena tidak dapat dienkripsi sembarangan, NFT telah dienkripsi terlebih dahulu di dalam sistem blockchain dan tidak dapat diduplikat. Sehingga, aset digital NFT ini sangat terjamin keaslian dan keamanannya. Nantinya NFT yang telah terjual, bagi pembelinya akan mendapatkan kode unik untuk melacak penerbit token, kreator dan pemilik terakhirnya. Meskipun NFT ini bisa dikoleksi, namun tidak dapat digandakan layaknya uang kertas, sehingga menjadikannya sebagai barang langka yang mahal.

Demikian ulasan mengenai contoh NFT termahal di dunia. Mengapa NFT menjadi aset digital yang mahal? Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah faktor subjektivitas dalam penilaian, oleh para kolektor dan investor. Kualitas dan karya seni digital yang bagus, dan memiliki value, serta kepopuleran sang seniman NFT juga menyumbang harga NFT menjadi sangat mahal. Dapat dikatakan jika banyak investor di dunia NFT, merupakan orang-orang  kaya yang membutuhkan simbol kekayaan untuk merepresentasikan bahwa hidup mereka bergelimang kemewahan dan ketika mengoleksi hal-hal yang mewah, akan menaikkan nilai prestige mereka.  Semoga bermanfaat!

Begitu banyak manfaat dan potensi dari NFT yang dapat dimanfaatkan. Inilah saatnya bisnis Anda mengejar ketertinggalan yang ada sebelumnya dengan kompetitor. Dan mencapai target di masa depan dapat dengan mudah Anda lakukan jika Anda mau memulainya hari ini!

MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang berpengalaman mengambangkan teknologi AR/VR, NFT, Metaverse dan lain sebagainya di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem IT pilihan di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *