Tanpa kita sadari, teknologi Augmented Reality sudah banyak dipergunakan di Indonesia. Beberapa tahun belakangan, Augmented Reality games sudah memanjakan gamers nasional dan global berkat spesifikasi smartphone yang kian canggih.

Pokemon Go adalah Augmented Reality games yang pertama kali mempopulerkan teknologi ini ke khalayak umum. Game ini mampu bertahan selama lima tahun dengan dukungan AR sehingga membuat penggunanya begitu larut dalam setiap fase games yang dia ambil.

Selain Pokemon Go, masih banyak games lain dengan basis AR. Diprediksi Augmented Reality games akan semakin berkembang sejalan dengan inovasi software dan hardware smartphone yang lebih baik dan lebih terjangkau.

12 Augmented Reality Games yang Populer Tahun Ini

1. Pokemon Go

Cukup lama Pokemon GO bertengger sebagai salah satu games terpopuler di dunia. Niantic dan Pokemon Company masih memberikan update konten di tahun yang sudah berjalan lebih dari lima tahun ini.

Pokemon GO sempat mencuri perhatian publik, baik kalangan gamers mau pun bukan, dengan inovasi yang membuat pemainnya seolah-olah menyatu dengan konten di dalam game. Itulah keunggulan teknologi AR yang menghidupkan konten di sekitar lingkungan di dunia nyata sehingga memungkinkan interaksi antara gamers dengan isi kontennya.

2. DC: Batman Bat-Tech Edition

Batman merupakan salah satu pahlawan super yang legendaris. DC menelurkan Batman Bat-Tech Edition dimana game ini dapat menyulap pemainnya menjadi tentara salib. Caranya, pemain cukup mengaktifkan kamera dalam smartphone yang akan memproyeksikan dunia game ke dunia nyata.

Dalam game ini, pemain akan membantu Batman dalam menyelidiki dan melawan musuh Batman dalam 10 cerita. Selain ceritanya yang menarik, pemain dapat menikmati fitur lainnya, seperti filter AR, mini games, stiker filter, hingga komik.

3. Harry Potter: Wizards Unite

Pemilik waralaba Harry Potter ikut kepincut dengan kesuksesan Pokemon Go. Ia menunjuk Niantic, yang juga pengembang Pokemon Go, dalam mengembangkan game berbasis AR kepunyaannya. Game ini berisikan isi dari buku yang sangat top ini, mulai dari karakter, benda khas, hingga mantra pemain Harry Potter. Dalam game ini, pemain nanti akan berpetualang di dunia nyata sembari mengumpulkan benda sihir serta memakai mantra untuk mengalahkan musuh.

4. Ingress Prime

Niantic mempunyai Augmented Reality games lainnya sebelum Pokemon GO. Ingress prime adalah nama game tersebut dimana pemain akan bekerja sebagai agen untuk meretas portal yang bertebaran di sekitar mereka. Ingress Prime melanjutkan game awalnya yakni Ingress. Niantic membuat perubahan menarik dalam Ingress Prime sehingga pemain lebih antusias dalam menaklukkan tantangannya.

5. Jurassic World Alive

Bagaimana rasanya melihat Jurassic Park berkeliling di sekitar? Seru sekaligus mendebarkan bukan? Dengan konsep yang menyerupai Pokemon Go dan Harry Potter: Wizards Unite, game Jurassic World Alive mengajak pemain menghadapi dinosaurus bak di alam nyata. Menariknya, pemain berkesempatan membuat dinosaurus hibrida untuk ditambahkan levelnya agar bisa melawan dinosaurus dari pemain lain.

6. Kings of Pool AR

Biliar sudah banyak menginspirasi jenis game. Agar tampil beda, Kings of Pool AR membuat pemainnya bisa mengubah bidang datar apa saja menjadi meja biliar. Tentu ini menjadi hal yang relatif baru bagi penyuka game bertemakan biliar.

Baca juga: Jasa Game Developer di Indonesia Berkualitas dan Berpengalaman

Dengan teknologi AR di dalamnya, Kings of Pool AR menghadirkan pengalaman bermain biliar yang lebih nyata dan istimewa cukup dari genggaman.

7. Knightfall AR

Augmented Reality games ini masih bersifat pengembangan sehingga masih ada beberapa kekurangan. Contohnya, mekanisme permainan kurang lancar dan durasi game yang sangat singkat. Namun demikian, pengguna tetap bisa menikmati permainan yang hidup dari kamera. Game ini merupakan sebuah board game dengan proyeksi AR sehingga pemain tetap dapat mencicipi teknologi AR untuk permainan yang istimewa.

8. The Walking Dead: Our World

Penggemar serial The Walking Dead pasti sudah merasakan kenikmatan bertarung melawan zombie. Pengembang game ini kini menambahkan teknologi AR sehingga perjuangan melawan zombie menjadi sangat nyata. Poin plus dalam game ini, penggemar akan menikmati sensasi seperti game first person shooter atau FPS dengan berlatar lokasi pemain asli. Game ini pun akan menawarkan karakter dari film yang pastinya akan memanjakan penggemar serial ini.

9. Zombies, Run!

Zombie masih menjadi pilihan musuh dalam game ini. Pemakai Zombies, Run! bakal merasakan tantangan yang begitu mendebarkan dengan berlari untuk melanjutkan cerita yang dijalani. Bagi yang ogah-ogahan berolahraga, game ini dijamin akan membuat kalian bergerak meski hanya di dalam rumah.

10. Five Nights at Freddy’s AR: Special Delivery

Augmented Reality games juga bisa menawarkan cerita horor. Tentunya ini akan menjadi kenikmatan tersendiri bagi penyuka game bertemakan terror. Game ini menarik untuk dijajal sebab menantang bagi penggunanya meski kontrol relatif sederhana. Ditambah dengan AR, gamers bakal berpacu dengan adrenalin selama bertarung melawan gempuran robot animatronik dari kamera smartphone. Latar belakang yang riil mengikuti lokasi pengguna semakin membuyarkan batas antara dunia dalam game dengan kondisi nyata pemakainya.

11. Angry Birds AR: Isle of Pigs

Angry Birds merupakan salah satu game yang paling populer tidak lama setelah kemunculannya di dunia maya. Keunggulan game ini adalah pemain mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam bermain game, hal yang tidak ditawarkan pada game sebelumnya. Kini, pengembang Angry Birds menyematkan teknologi AR dimana semua elemen game akan hadir dalam tiga dimensi. Ini terlebih terasa istimewa untuk benteng milik babi yang menjadi target. Pemain sekarang bisa melihat game dari balik sang burung. Perubahan ini membuat pengalaman bermain sangat berbeda dari yang sebelumnya.

12. Cosmic Frontline AR

Kali ini, Augmented Reality games berfokus pada perang planet. Pasti seru kan menyaksikan perang antar planet cukup dari rumah saja? Sebagai pemain, Anda akan bisa mendapatkan atmosif menggelegar dari perang antar planet. Anda akan diminta mempersiapkan strategi agar planet Anda bisa mengalahkan planet lainnya. Pertempuran bisa disaksikan secara langsung. Pasti sangat mengasyikkan!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?