Gamification menjadi salah satu istilah yang marak belakangan ini seiring dengan geliat dunia start up. Bahasan tentang apa itu gamification dan manfaatnya bagi bisnis Anda dalam artikel ini sayang untuk dilewatkan.

Gamification pada dasarnya memasukkan game play dan hadiah ke dalam kegiatan sehari-hari agar terbentuk rasa kesetiaan konsumen terhadap brand tertentu dan meningkatkan keterlibatan mereka.

Apa itu gamification?

Gamification adalah penerapan elemen permainan game ke dalam lingkungan bukan game, yang membuat pengguna media sosial dapat memperoleh hadiah setelah melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menonton film.

Saat ini, banyak brand yang memasukkan elemen game ke dalam kampanye pemasaran, produk konsumen, dan aplikasi daring untuk menambah keterlibatan konsumen dan loyalitas mereka.

Cara kerja gamification

Berakar dari pengertian apa itu gamification, berikut cara kerja gamification yang fleksibel mengikuti segmen bisnis suatu brand dan tujuan tertentu brand tersebut. Di bawah ini merupakan contoh brand dan cara kerja gamification mereka:

1. Angkatan Darat Amerika Serikat

Angkatan Darat Amerika Serikat menggunakan gamification pada website mereka sebagai alat rekrutmen. Pengguna dapat memanfaatkan game latihan militer sebagai cara untuk menambah ketertarikan orang bergabung ke Angkatan Darat.

2. Nike Fuel

Nike telah mengembangkan program game yang membuat pemakainya dapat bersaing satu sama lain dalam tantangan fisik. Kegiatan fisik dinilai berdasarkan sistem poin dengan tawaran hadiah yang tersedia secara virtual. Aplikasi ini membuat pengguna dapat membagikan hasil bermain mereka secara langsung di laman media sosial mereka.

3. Starbucks

Starbucks mempunyai salah satu program loyalitas terkenal di dunia. Perusahaan ini menciptakan aplikasi yang membuat pelanggan setianya dapat mengoleksi bintang untuk kemudian menukarkannya dengan minuman gratis dan hadiah lainnya.

4. Beat the GMAT

Seorang murid MBA berada di balik website ini yang bertujuan mendorong persaingan di antara mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk tes GMAT. Poin dan lencana diberikan bagi yang telah menyelesaikan tugas persiapan yang berbeda-beda.

Baca juga: Jasa Filter Instagram: Tingkatkan Penjualan dan Jangkauan Pasar Anda

Jenis-jenis hadiah

Dalam gamification, hadiah menjadi bagian yang sangat penting dan menarik. Bagi pengguna game, ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu selain menyelesaikan game yang menantang. Jenis hadiah bisa beragam, seperti memperoleh lencana tertentu atau tiket menghadiri suatu acara. Hadiah lainnya juga bisa berupa namanya tercatat sebagai pencetak skor tertinggi menyaingi teman dan pemain yang tidak dikenal.

Foursqure memberikan hadiah unik ke penggunanya yang sering memasuki lokasi, seperti restoran dan tempat parkir. Dengan sering melaporkan kunjungan ke tempat tertentu, pemakai berkesempatan mengantongi lencana atau menjadi “walikota” suatu lokasi, jika berkunjung dalam waktu tertentu. Ini akan membuat mereka terkenal secara virtual.

Gamification memperkenalkan sensasi kompetisi yang unik dalam keseharian kita sekaligus meningkatkan keterlibatan konsumen. Di dunia nyata, gamification juga terjadi. Contohnya adalah saat Gamification Summit pada 2011, Geoff Lewis, rekan pendiri dan CEO Top Guest, menggambarkan skenario dimana pelancong American Airlines baru saja membagikan status di Twitter terbarunya perihal melewati pengecekan keamanan dan mempunyai waktu dua jam sebelum terbang.

“Tidak lama setelahnya, kami akan mengirimkan pesan ke konsumen setia kami tersebut,” kata Lewis sebagaimana dikutip oleh businessnewsdaily.com.

Manfaat gamification bagi bisnis Anda

Tidak kalah pentingnya dari mengetahui apa itu gamification adalah membagikan manfaatnya bagi bisnis Anda. Yang pertama adalah meningkatkan keterlibatan pengguna dengan brand Anda. Sebagai contoh, Beat the GMAT memberikan tugas serius dan meletakkan putaran yang seru. Jika seseorang benar-benar menikmati game ini maka dia akan lebih berkesempatan sanggup menyimpan informasi. Gamification juga membuat tugas lebih praktis dikerjakan. Sehingga, pengguna tidak hanya membaca tentang suatu kegiatan atau subyek tertentu, mereka berpartisipasi dalam proses pembelajarannya. Umpan balik diberikan saat itu juga untuk memberitahu apakah pengguna memberikan performa yang baik atau tidak.

Persaingan merupakan manfaat lain dari gamification. Banyak dari kita yang berjuang habis-habisan untuk menjadi yang terbaik. Dengan gamification, Anda termotivasi menampilkan lebih baik dari pesaing. Ini membuat Anda bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil yang optimal. Motivasi lainnya adalah hadiah dan penghargaan. Platform gamification dapat menawarkan hadiah nyata untuk rampungnya suatu pekerjaan. Banyak orang yang ingin merasakan memenangkan sesuatu, bahkan untuk hal sekecil secangkir kopi gratis. Jika Anda atau konsumen Anda tergolong yang demikian maka gamification adalah jawabannya.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?