Ingin membuat konsumen kembali bertransaksi terus-menerus? Jawabannya: lakukanlah campaign gamification. Walau terkesan sepele, teknik ini efektif membuat pembeli merasa dekat dengan brand Anda sehingga berpotensi besar menjadi pelanggan setia.

Gamification adalah memasukkan elemen game ke dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness, program hadiah hingga promosi produk baru.

Elemen game yang dimaksud mencakup mencetak skor, naik level atau meraup mata uang virtual. Elemen tersebut digabungkan ke dalam kampanye pemasaran untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan menambah konversi, yakni membuat pengguna membeli produk atau jasa tertentu.

Sederhananya, gamification adalah proses mengubah proses apa saja menjadi suatu game. Untuk tim pemasaran, gamification dapat berupa mengubah strategi inbound marketing menjadi suatu game untuk meraih hasil tertentu. Audiens Anda, apakah konsumen, leads, penggemar, pengikut, atau pembaca, akan terlibat dalam game tersebut. Mereka akan berkesempatan memenangkan sesuatu yang pada gilirannya menjadi target strategi pemasaran Anda.

Cara ini seperti saat Anda menggelar webinar dan menyebut siapa saja yang menulis tweet dengan tagar webinar tersebut dengan jumlah terbanyak akan memperoleh tiket ke konferensi pemasaran berikutnya. Gamification memicu jiwa persaingan orang dan di lain pihak, membuat konten pemasaran lebih ramai di media sosial seperti instagram dan twitter.

Strategi campaign gamification dalam pemasaran

Strategi gamification yang umum dalam dunia pemasaran, mencakup:

1. Game website

Game website berupa banyak bentuk. Bentuknya mulai dari sesederhana laman “memutar roda” yang seketika muncul saat konsumen mengeklik produk atau tiba di suatu website. Bentuk lainnya adalah kartu coret virtual yang memungkinkan pembeli memperoleh diskon produk kesayangan mereka.

Apapun bentuknya, kunci game website bekerja secara efektif adalah membuatnya sederhana dan menarik perhatian. Buatlah bentuknya gampang dimainkan, buat mereka sering menang, dan biarkan mereka meninggalkan game jika memang tidak tertarik.

2. Program loyalitas

Program loyalitas merupakan cara yang tidak kalah bagusnya untuk membuat gamification pada pengalaman konsumen. Dengan menawarkan konsumen poin, bintang atau mata uang lainnya paska pembelian, brand membuat mereka ingin kembali bertransaksi.

3. Meteran penyelesaian

Gunakan meteran penyelesaian agar membuat konsumen terus terlibat dengan brand. Cara ini merupakan taktik yang berguna agar pembeli tetap tertarik dengan brand melalui smartphone mereka. Dengan memberikan pengguna target tertentu, seperti level yang ingin dicapai, tentunya berbarengan dengan keunggulan komersial, brand akan bisa mendongkrak keterlibatan konsumen saat ini.

4. Lencana virtual

Lencana virtual atau hadiah untuk kegiatan tertentu sanggup membantu konsumen kembali ke brand lalu memotivasi mereka mendapatkan hadiah digital berikutnya. Strategi ini terutama akan efektif jika dikaitkan dengan diskon atau keuntungan lainnya.

Contoh campaign gamification dalam pemasaran

1. Frank & Co.: Slot Machine

Frank & co. yang berdiri sejak tahun 1996, merupakan merek perhiasan profesional di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK), produsen perhiasan terbesar dan berkualitas tinggi di Indonesia.

Menjadi sebuah kebanggan, jika kali ini MonsterAR dipercaya oleh Frank n Co. untuk membuat sebuah campaign gamification berupa Digital Slot Machine untuk sarana menarik minat pengunjung pameran perhiasan yang digelar secara terbuka di salah satu mal di Jakarta.

Tetapi jangan salah, gim ini banyak memberikan hadiah voucher gratis kepada para pengunjung apabila mendapatkan Jackpot. Tak hanya voucher gratis saja, tapi doorprice berupa salah satu produk berlian unggulan dari Frank n Co. juga dipersembahkan kepada pemenang.

2. Under Armour: Trivia

Under Armour bersinggungan dengan pembeli melalui aplikasi kuis “Steph IQ” yang melayangkan pertanyaan mengenai point guard Steph Curry setiap kali dia melesatkan bola bernilai tiga poin dalam game musim reguler. Aplikasi ini merupakan game untuk menguji pengetahuan tentang Curry sekaligus menjembatani penggunanya dengan brand Under Armour.

3. OPPO: campaign gamification, Apps & Invitation Card

Untuk penyelenggaraan event Pre-Launching RENO, seri terbaru dari OPPO, MonsterAR mendapat kesempatan untuk membuat 3 aplikasi AR yang di rancang khusus sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Pertama adalah sebuah game AR artistik dimana kamu ditugaskan untuk mengumpulkan huruf R E N O. Setelah terkumpul kamu bisa memilih background sesuai keinginan, kemudian hasil karyamu tersebut bisa kamu simpan dan jadikan sebagai wallpaper atau dibagikan di media sosial.

Aplikasi AR yang kedua merupakan product knowledgement. Cara menggunakannya adalah dengan menyorot brosur RENO menggunakan kamera AR yang akan menampilkan detile dari bagian-bagian smartphone tersebut lengkap dengan video penjelasannya masing-masing. Misalnya menyorot kamera RENO maka akan muncul detile dari spec kameranya beserta video keterangannya.

Dan yang ketiga adalah AR invitation Pre-Launch yang diberikan khusus kepada mereka yang melakukan Pre Order OPPO RENO Series.

4. M&M’s: Teka-teki digital

Pada 2010, brand permen terkenal M&M, meluncurkan produk dengan rasa coklat berbalut pretzel atau kue kering berbentuk simpul atau berbentuk batang dengan rasa asin. Varian ini sukses diterima konsumen. Tetapi, brand ini merasa tetap harus meningkatkan keterlibatan dengan pengguna. Solusinya jatuh ke teka-teki digital yang menugaskan pengguna game ini menemukan gambar pretzel yang tersembunyi dalam bidang M&M. Cara ini sukses besar. Terdapat 25 like baru untuk brand ini dan game ini dibagikan lebih dari 600 kali.

5. Starbucks: Aplikasi hadiah

Contoh campaign gamification yang tidak kalah uniknya pernah dilakukan oleh Starbucks. Jaringan toko kopi global ini menelurkan aplikasi Starbucks Rewards, yang memungkinkan penggunanya mendapatkan “bintang” atas setiap pembelian yang dilakukan untuk kemudian ditukarkan dengan minuman atau makanan.

Baca juga: Sewa Photo Booth, Solusi Terbaik Ramaikan Boothmu di Event

Hasilnya sangat signifikan: Menurut majalah QSR, program keanggotaan aplikasi ini menyumbang hingga 52% terhadap penjualan di seluruh toko di Amerika Serikat pada 2011.

6. Nike: Kompetisi kebugaran

NikeFuel adalah aplikasi kebugaran yang memasangkan gawai wearable Nike dan mendorong pemakainya membagikan keinginan mereka terkait kebugaran dan pencapaiannya. Tidak hanya membuat brand semakin terkenal, cara ini juga mengintegrasikan brand ini ke dalam kehidupan sehari-hari pemakainya.

7. Duolingo: Pendidikan dengan gamification

Jika Anda biasa mendengar aplikasi pembelajaran bahasa ini, pasti sudah pernah melihat maskot burung hantu yang muncul secara reguler untuk mengingatkan pengguna bahwa mereka belum merampungkan sesi mereka untuk hari itu.

Yang lebih penting dari maskot ini adalah adanya game mini untuk membantu penggunanya mempelajari bahasa baru. Dengan game singkat yang banyak, penggunanya diajak memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat, mendengarkan frase lalu menerjemahkannya atau berbicara melalui microphone untuk menguji pengucapan apakah benar atau tidak.

8. Djarum Super MLD: VR Simulator

MonsterAR berkolaborasi bersama Djarum Super MLD. Untuk campaign gamification MLD, kami menghadirkan teknologi flying simulator Jet VR dengan tema MLDare2Play dalam gelaran event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition-Bumi Serpong Damai (ICE-BSD), Tangerang, Banten.

Flying Simulator Jet adalah sebuah teknologi game Virtual Reality (VR) yang akan membawa para pengunjung, merasakan langsung sensasi terbang layaknya pesawat Jet di dunia nyata. Permainan berbasis teknologi VR ini menjadi favorit para pengunjung pameran GIIAS, untuk merasakan sensasi mengendalikan pesawat Jet saat terbang di udara. Selain baru di Indonesia, Flying Simulator Jet VR merupakan teknologi yang jarang di temukan di dunia.

9. Wordle: Penghitung beruntun

Wordle merupakan aplikasi tebak kata yang belum lama ini dibeli oleh New York Times. Elemen kunci dari game ini adalah penghitung beruntun, yang menunjukkan level penyelesaian pengguna mereka dari teka-teki yang telah dilakukan. Jika terlewat sehari, penghitung kembali dari awal.

10. eBay: Investasi emosional

Walau bersaing ketat dengan Amazon dan Etsy, eBay tetap sanggup membukukan nilai penjualan hampir US$2,5 miliar selama kuartal pertama 2022. Yang membuatnya tetap menarik salah satunya berkat struktur mirip game dari proses penjualan eBay. Pengguna menawar produk yang diinginkan dan jika beruntung, mereka bisa mencetak skor besar, jika mereka tidak kalah dalam menawar. EBay memungkinan pengguna menetapkan standar penawaran maksimum dan memperoleh pemberitahuan jika mereka kalah sehingga membuat mereka terus terhubung dengan proses pembeliannya.

11. KFC: Campaign gamification AR Mobile

KFC 35 Game merupakan sebuah campaign gamification yang dibuat untuk memeriahkan ulang tahun KFC ke-35. Game ini adalah game Augmented Reality yang dikemas dengan aplikasi mobile, dengan design 3D animasi jungle. User menjalankan aplikasi dengan mengarahkan kamera ke logo KFC, akan muncul 3D animasi jungle lengkap dengan binatang-binatangnya. Dan karena yang di sorot adalah logo brand, sehingga ini memberikan peluang tambahan untuk meningkatkan brand stickyness.

12. Angkatan Darat AS: game orang pertama

Agar bisa menarik calon anggota baru, AD AS telah membuat game orang pertamanya yang bernama America’s Army: Proving Guards. Game ini memungkinkan penggunanya mengajak taktik kelompok kecil yang memprioritaskan kerjasama dengan teman satu grup. Game ini tersedia di toko aplikasi populer, seperti Steam.

13. Headspace: Berbagi ke lingkaran sosial

Headspace adalah aplikasi meditasi yang memotivasi penggunanya menyelesaikan pengobatan mereka dalam tiga menit usai membuka aplikasi ini. Jika berhasil, mereka akan memperoleh pencapaian yang bisa dibagikan ke yang lain.

14. Bank BJB: Campaign Gamification Plinko

MonsterAR menyediakan sebuah campaign gamification Plinko dan Smart Table untuk salah satu Event Bank BJB yang diadakan di Mall Paskal Bandung. Pemain harus bermain dengan menjatuhkan bola selama beberapa kali kesempatan. Setiap bola yg jatuh akan menuju score tertentu. Score akan diakumulasi dan dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

Itulah 14 contoh campaign gamification yang terbukti sukses. Semoga bisa menginspirasi rencana serupa untuk bisnis Anda saat ini.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?