PENTINGNYA MUSEUM

Bagi Masyarakat, Khususnya Bagi Generasi Muda Saat Ini

  • Kurangnya melakukan inovasi dan pemugaran Museum
  • Koleksi dan bangunan yang terlampau monoton
  • Dari segi konten, cara penyajian di museum kurang variatif, cenderung data-data yang ditampilkan pasif dan tidak interaktif
  • Image museum masih di anggap kaku untuk menarik pengunjung dari generasi milenial
  • Kurangnya pemahaman mendalam dari pemandu Museum akan konten dan koleksi di Museum
  • Tata ruang & penempatan koleksi di museum tidak rapih dan kurang menarik
  • Tidak ada hal yang baru dan menarik untuk membuat pengunjung kembali ke museum
  • Kurang lengkapnya informasi koleksi museum yang disampaikan kepada pengunjung
museum digital ghazul gundala

Kenapa Harus Melakukan

DIGITALISASI MUSEUM?

MUSEUM DIGITAL DUNIA

Di Negara maju di berbagai belahan dunia, MUSEUM dan PERPUSTAKAAN merupakan tempat yang RAMAI dan bersifat saling melengkapi. Penyebabnya tentu tidak terlepas dari peran TEKNOLOGI DIGITAL yang diterapkan di MUSEUM-MUSEUM tersebut.

INILAH SAATNYA!

Bagi MUSEUM-MUSEUM di INDONESIA untuk turut menerapkan DIGITALISASI MUSEUM. Supaya tidak tertinggal dan bisa mengikuti kesuksesan dari MUSEUM DIGITAL lainnya di Mancanegara.

MARI! Bersama kita SELAMATKAN MUSEUM INDONESIA dari
GERUSAN PERKEMBANGAN ZAMAN MILENIAL .

TEKNOLOGI-TEKNOLOGI MENARIK YANG DAPAT DI TERAPKAN DI MUSEUM ANTARA LAIN

MUSEUM DIGITAL DI INDONESIA

Tidak hanya di luar Negeri saja, MonsterAR juga telah mendigitalisasi Museum-museum di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Museum BPK RI Magelang dan Museum Bank Indonesia.

Museum BPK RI Magelang

Terhitung sejak bulan Januari tahun 2017 yang lalu, MonsterAR telah Mendigitalisasi Museum BPK RI Magelang dan merubahnya menjadi salah satu Museum canggih di Indonesia.
Teknologi yang di terapkan di Museum ini antara lain Agmented Reality, smart table, interactive floor, curved display projection, interactive directory, mobile apps, dan beberapa teknologi lainnya.
Menurut pernyataan dari Bapak Awiek selaku Staff Pengelola Museum BPK RI Magelang, setelah di terapkannya teknologi-teknologi canggih tersebut, museum pun menjadi ramai oleh pengunjung.

Teknologi yang di terapkan:

Untuk bisa menikmati pengalaman AR ini, pertama pengunjung harus download terlebih dahulu aplikasi BPK AR Magelang, kemudian arahkan kamera AR di smartphone atau tablet pada marker berupa lukisan yang sudah disediakan untuk menampilkan beberapa bangunan kuno di Magelang dalam tampilan AR. Aplikasi ini terdapat pada ruang Titik Nol Museum BPK RI Magelang.

Ketika memasuki museum BPK RI Magelang, pengunjung akan di sambut oleh direktori interaktif ini, yang akan mempermudah dalam mencari titik tertentu di dalam museum. Selain itu bisa menampilkan deskripsi singkat untuk setiap ruangan yang ada, sehingga pengunjung museum dapat mengetahui denah seluruh ruangan yang ada di Museum BPK RI Magelang.

Di buat dengan konsep Peta Indonesia yang mengapung di lautan berombak, disamping itu terdapat beberapa ikan yang bergerak mengelilingi peta tersebut. Setiap tombol yang di tekan (di injak) pada pulau tertentu, akan menampilkan Pop Up seluruh Kantor Perwakilan BPK RI di pulau tersebut. Aplikasi ini terdapat di ruang Lobby Museum BPK RI Magelang.

Menampilkan dan menjelaskan sejarah ketua BPK mulai dari yang pertama kali menjabat hingga yang saat ini sedang menjabat, di jelaskan secara detile melalui smart table ini. Menampilkan profile lengkap, sisi humanis, galeri serta foto-foto dari masing-masing ketua BPK.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum yang menyimpan sejarah tentang keuangan di Indonesia, mulai dari sebelum zaman kemerdekaan hingga masa kini.

Teknologi yang di terapkan:

Bisa berfoto dan berpose dengan background mata uang rupiah yang terbaru, yang berarti pengunjung bias berpose seolah sebagai tokoh yang terdapat pada gambar uang rupiah lengkap dengan aksesorisnya berupa 3D.

Media edukasi tentang pembayaran jenis apa saja yang akan digunakan di masa depan dan cara penggunaannya.

Sebuah game interaktif yang menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan masing-masing jenis pembayaran. Mulai dari debit, credit card, e-money akan terangkum dan dijelaskan di game ini.

Menunjukan peta inflasi keuangan. Misal dengan inflasi rendah dengan uang 100 ribu bisa di gunakan untuk membeli apa saja, serta ketika inflasi tinggi bisa dapat apa saja, semua dijelaskan di sini lengkap dengan animasi dan rute inflasinya.

PROGRAM GERAKAN DIGITALISASI MUSEUM

#gerakandigitalisasimuseum

Merupakan program dari MonsterAR dengan misi untuk menyelamatkan museum Indonesia dari gerusan perkembangan zaman milenial. Sebuah wadah bagi seluruh museum di Indonesia untuk menjadikan museum Indonesia semakin layak, bisa diterima, dan dicintai oleh generasi milenial zaman now.

Bagi 10 museum yang pertama kali mendaftarkan diri akan mendapatkan.

  1. Free konsultasi
  2. Free konsep desain
  3. Free estimasi biaya (RAB)

Mari bergerak bersama, demi masa depan museum di Indonesia, dan mewujudkan generasi penerus yang peduli akan sejarah, seni, dan keaneka ragaman budaya Indonesia di masa depan.

Download E-Brochure

Form Registrasi

  • Cara Daftar :

  • Daftar melalui form register.

  • Tim MonsterAR akan mengirimkan form pendaftaran.

  • TTD Form dan kirim ke email [email protected]

  • Anda telah terdaftar dan tim kami siap untuk berkunjung.