ERP dengan cloud system mulai banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Mereka menggunakan sistem tersebut untuk menjalankan dan mengontrol semua divisi yang berada di lingkup perusahaan. Sistem akan menjadi tertata rapi, sehingga perusahaan akan berkembang dengan cepat. ERP atau juga disebut Enterprise Resource Planning adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

Di era kini, banyak perusahaan mempergunakan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi struktur perusahaan. Hal itu karena ERP mampu mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam suatu perusahaan. Rata-rata perusahaan besar, telah menerapkan sistem ERP dengan cloud system untuk menjalankan dan mengontrol semua divisi yang ada di lingkup perusahaan. Dengan sistem yang tertata rapi, diharapkan perusahaan bisa berkembang dengan cepat.

Sistem ERP mampu menyediakan informasi secara real-time mengenai suatu proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. Selain itu, ERP juga dapat memantau sumber daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai.

illustrasi (iStock)

Sistem ini dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer orders, purchase orders, and employee payroll. Dengan ERP data, maka dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen (manufacturing, purchasing, sales, accounting, dan HRD).

ERP mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data, untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam organisasi sampai kepada hubungan dengan para stakeholder di luar perusahaan.

Keunggulan perusahaan menggunakan Sistem ERP

  1. Memberikan pandangan global, real-time akan data/informasi yang bisa dimanfaatkan secara proaktif untuk pengambilan keputusan dan mendorong perbaikan.
  2. Meningkatkan produktifitas  dengan mengimplementasikan best practices yang ada di dalam sistem ERP.
  3. Mencegah adanya data yang hilang di dalam sistem, serta redudansi data karena kesalahan pekerja

Baca juga: Minting NFT Adalah? Cara Kerja dan Tips Hasilkan Cuan

illustrasi (iStock)

Disamping perkembangan teknologi saat ini, ERP sistem sudah diintegrasikan ke dalam cloud computing. Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet Cloud  yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

Keunggulan mengintegrasikan ERP dengan cloud system

  1. Tidak seperti ERP konvensional yang sistemnya harus diterapkan dalam sebuah server, ERP berbasis Cloud mempermudah pekerjaan administrator dengan menyediakan sumber daya komputerisasi yang sesuai dengan permintaan.
  2. Memungkinkan melakukan integrasi secara global karena bisa diakses menggunakan perangkat seperti, smartphone, tablet, dan PC komputer selama dia memiliki Web Browser. Halangan yang tadinya berupa perbedaan valuta, perbedaan bahasa yang dapat dijembatani secara otomatis sehingga data dapat diintegrasikan.
  3. Membantu melancarkan pelaksanaan manajemen Supply Chain yang berfungsi untuk membantu menjaga persediaan/stok agar tetap ada dan sesuai dengan penjualan just-in-time.
  4. Menawarkan sistem terintegrasi di dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Sistem ERP berbasis Cloud memiliki tempat penyimpanan yang lebih aman dan efisien (misalnya, Relational Database Serivice atau S3 dari Amazon Web Services). Ketika data karyawan disimpan dalam Cloud, aplikasi sistem ERP dapat mengakses data yang dibutuhkan dari mana pun dan data yang diminta akan diakses dalam waktu singkat.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *