Teknologi Virtual Reality (VR) memang sedang menjadi tren di seluruh dunia. Namun, virtual reality Jakarta masih tergolong baru dan bisa menjadi suatu hal yang menarik perhatian pengguna. VR bisa digunakan sebagai media promosi dan game VR yang dapat meningkatkan brand image serta angka penjualan bisnis Anda.

Bahkan, di event Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS 2018), MonsterAR berhasil membuat VR simulator yang sangat menarik untuk booth Djarum MLD.

Tak hanya untuk perusahaan besar, UMKM pun bisa memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian pengunjung. Jadi, jangan ragu untuk mencoba teknologi VR untuk mengembangkan bisnis Anda!

Potensi Bisnis Virtual Reality Jakarta

Saat ini, Jakarta menjadi pusat perhatian para pecinta teknologi, khususnya Virtual Reality (VR). Banyaknya permintaan pasar terhadap layanan VR di Jakarta membuat MonsterAR sebagai solusi bagi segala kebutuhan teknologi bisnis Anda.

Terlebih lagi, Jakarta adalah kota yang memiliki potensi besar untuk pertumbuhan bisnis VR karena kota ini menjadi tempat di mana banyaknya event VR dan VR theme park yang mulai bermunculan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk terjun ke dalam bisnis VR di Jakarta, baik itu dengan membuka sewa VR Jakarta atau bahkan dengan membangun komunitas VR yang bisa membawa dampak positif bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Seiring dengan semakin populer dan berkembangnya teknologi virtual reality di Jakarta, ada beberapa potensi dalam bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk mencari keuntungan. Salah satunya adalah dengan menyediakan layanan tempat sewa VR yang dapat digunakan oleh orang-orang untuk mencoba pengalaman virtual reality yang berbeda-beda tanpa harus membeli peralatan sendiri. Beberapa potensi tersebut di antaranya adalah:

1. Tingkatkan Konversi di Event / Pameran Dagang

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah pameran dan melihat stand yang terlihat lebih menarik dari stand lainnya? Mungkin saja mereka telah menggunakan teknologi VR simulator untuk memanjakan pengunjung. Seperti contoh VR Flying Simulator Jet yang pernah MonsterAR ciptakan untuk Djarum MLD dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

VR Flying Simulator Jet, yang dikembangkan oleh MonsterAR, merupakan sebuah simulator penerbangan virtual reality yang dibuat khusus untuk Djarum MLD dalam pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Simulator ini memberikan pengalaman yang mendebarkan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi terbang layaknya pilot pesawat sungguhan, dengan teknologi VR yang memukau dan grafis yang sangat realistis.

Pengunjung dapat merasakan sensasi terbang di atas kota dengan kecepatan tinggi, sehingga menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan memukau di dalam acara pameran otomotif tersebut.

Jika brand Anda akan berpartisipasi dalam pameran, mengapa tidak memukau pengunjung dengan pengalaman VR simulator yang tak terlupakan? Dengan mengajak mereka menikmati konten yang relevan dengan brand Anda, Anda dapat mempromosikannya dengan cara yang lebih interaktif dan inovatif. Bersama MonsterAR, pengalaman VR yang unik dan memukau bagi pengunjung pameran bisa diciptakan.

2. Mendongkrak Citra Brand

Penyedia VR juga dapat meningkatkan citra brand melalui pengalaman VR yang unik dan menarik di event offline atau kampanye pemasaran. Dalam konteks event offline atau kampanye pemasaran, penggunaan VR dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan memikat bagi pelanggan, sehingga membantu brand lebih menonjol dari pesaing dan membuat pelanggan lebih terikat dengan brand Anda.

Contohnya adalah apa yang telah dilakukan oleh MonsterAR yakni penyedia virtual reality Jakarta, yang telah menciptakan berbagai teknologi VR dan AR untuk mendukung event offline pemasaran berbagai brand, seperti Djarum MLD dan OPPO.

MonsterAR juga membantu dalam event Pre-Launching RENO dari OPPO dengan 3 aplikasi AR khusus, termasuk game artistik dan pengetahuan produk. Mereka juga menciptakan undangan AR khusus untuk Pre Order OPPO RENO Series.

Semua ini menunjukkan bagaimana teknologi VR dan AR dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pemasaran dan mempromosikan produk atau brand Anda.

3. Memfasilitasi Tour Virtual

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak bisnis mengalami hambatan dalam menjangkau calon konsumen. Namun, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan jasa penyedia pembuatan VR.

Tur virtual yang disediakan oleh teknologi VR sangat membantu pebisnis untuk tetap berkomunikasi dengan calon konsumen tanpa harus bertemu langsung dan berpotensi terpapar virus COVID-19.

Salah satu sektor yang sangat terbantu dengan teknologi VR adalah industri properti. Dengan menggunakan VR, pelanggan dapat melihat dan mendapatkan informasi lengkap tentang produk dan jasa yang ditawarkan tanpa harus berkunjung ke lokasi secara fisik. Selain itu, teknologi VR juga dapat digunakan untuk tur virtual dalam pelatihan kerja, pemadam kebakaran, simulasi militer, dan media pendidikan yang imersif.

Tur virtual adalah simulasi lokasi tertentu yang mencakup berbagai elemen multimedia, seperti gambar diam atau video, teks, musik, efek suara, dan narasi. Dengan memanfaatkan teknologi VR, pebisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan imersif kepada calon konsumen, sehingga membantu meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan produk dan jasa.

4. Menghidupkan Museum Agar Diminati Generasi Muda

Sebagai penyedia jasa pembuatan VR, MonsterAR memiliki contoh epik dalam digitalisasi Museum Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia (BPK RI). Museum digital ini menjawab kebutuhan institusi pendidikan dalam menggaet minat generasi milenial terhadap sejarah bangsa yang kaya akan cerita dan pengalaman.

Dengan adanya digitalisasi museum, museum menjadi tidak lagi kuno dan ketinggalan zaman, kaula muda tidak akan merasa bosan dan betah berlama-lama di museum. Mereka dapat dengan mudah melibatkan diri dalam pengalaman interaktif yang kental, seperti memasuki dunia maya yang menampilkan sejarah dengan cara yang lebih menarik perhatian.

Baca juga: Virtual Tour adalah? Sejarah dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Informasi tentang sejarah museum hadir dengan cara yang lebih menarik sehingga kaum milenial akan lebih mudah menyerap dan mengingatnya.

Melalui teknologi VR, kami telah berhasil menciptakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan untuk pengunjung museum. Mereka dapat merasakan dan memahami sejarah dengan cara yang lebih mendalam dan immersive.

Dengan demikian, museum digital ini mampu mempertahankan nilai-nilai sejarah bangsa dengan cara yang lebih menarik dan modern, serta meningkatkan minat dan apresiasi kaum milenial terhadap sejarah Indonesia.

5. Mengurangi Bounce Rate

Bounce rate merupakan masalah serius bagi sebuah website. Namun, jangan khawatir, MonsterAR hadir untuk membantu! Sebagai penyedia jasa pembuatan VR, kami dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan konten tur virtual yang menarik.

Tur virtual yang menarik akan menarik perhatian pengunjung, mengurangi bounce rate, dan meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Kami juga dapat membantu menempatkan tur virtual dengan strategis agar pengunjung dapat menjelajahi isi website yang lainnya.

6. VR Theme Park atau VR Cafe

virtual reality jakarta

Virtual Reality Jakarta menawarkan alternatif menarik bagi penggemar teknologi dan hiburan. VR theme park Jakarta menghadirkan pengalaman bermain game yang imersif dan mendebarkan dengan teknologi VR inovatif.

Ada beragam konten hiburan dan edukasi seperti simulasi terbang, menjelajahi bawah laut, atau permainan tembak-menembak dengan sensasi yang sama seperti dalam permainan.

Untuk memulai petualangan, pengunjung cukup membuat kartu anggota dan menambahkan saldo dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 29 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung dari jenis permainan yang dipilih. Virtual Reality Jakarta, pilihan tepat untuk mengisi waktu luang sambil menikmati permainan yang berbeda dan imersif.

7. Optimalisasi Jangkauan Audiens

MonsterAR bukan hanya sekedar penyedia jasa pembuatan VR yang memaksimalkan mutu konten, namun juga akan membantu Anda dalam mengoptimalkan jangkauan audiens sehingga bisnis dapat dilihat oleh sebanyak mungkin orang. Dengan berbagai strategi optimalisasi melalui website dan media sosial agar brand Anda dapat menjangkau calon konsumen sesuai dengan penargetan dan segmentasinya.

Salah satu contoh optimalisasi yang ditawarkan adalah melalui teknik Search Engine Optimization atau SEO. Dengan memaksimalkan kata kunci dan konten sehingga website brand Anda dapat bertengger di laman pertama hasil pencarian Google untuk kata kunci yang ditargetkan. Dengan strategi SEO yang efektif, brand Anda akan muncul di posisi teratas meskipun dalam persaingan yang ketat.

Dalam pelaksanaannya, MonsterAR memahami bahwa optimasi SEO hanyalah satu dari banyak strategi untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda. Oleh karena itu, berbagai strategi lain seperti pengelolaan media sosial dan kampanye iklan digital untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang turut disediakan.

8. Jasa Tempat Sewa VR

Tempat Sewa VR

Headset virtual reality memang cukup mahal, dengan harga Oculus Quest dan HTC Vive yang mencapai 6 juta hingga 12 jutaan. Belum lagi spek komputer yang tinggi dibutuhkan untuk menggunakan headset tersebut. Namun, jangan khawatir! Saat ini masih ada peluang untuk memulai bisnis virtual reality dengan investasi yang terjangkau.

Salah satu ide bisnis yang bisa Anda mulai adalah menyediakan jasa sewa headset VR dan PC di Jakarta. Dengan menyediakan tempat bagi orang-orang yang ingin mencoba teknologi VR, namun belum yakin untuk membelinya sendiri, Anda dapat menawarkan pengalaman yang unik dan menyenangkan. Pelanggan dapat datang ke tempat Anda untuk mencoba headset VR dan memainkan berbagai game atau aplikasi VR yang menarik.

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjangkau mereka yang tertarik dengan teknologi VR tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyediakan jasa penyewaan headset VR untuk acara-acara khusus seperti pameran, pernikahan, atau acara perusahaan. Dengan memanfaatkan peluang ini, Anda bisa memulai bisnis VR dengan investasi yang terjangkau dan meraih kesuksesan di masa depan.

9. Teater Interaktif dan Arcade VR

virtual reality jakarta

Bioskop dan pengalaman virtual reality pop-up telah menjadi trend di seluruh dunia saat ini dan menarik perhatian banyak pelanggan. Meskipun membutuhkan investasi tambahan untuk menemukan tempat dan membeli peralatan, opsi ini dapat memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari yang lainnya. 

Setelah menemukan ruang yang sesuai, Anda dapat membuat bioskop pop-up yang menawarkan pengalaman VR dengan headset dan menampilkan video 360 derajat. Selain itu, Anda juga dapat menampilkan galeri foto virtual reality dengan gambar 360 derajat dari fotografer terbaik atau menyediakan studio uji coba untuk pengalaman dengan Oculus atau HTC Vive.

Ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan mengingat permintaan yang tinggi untuk hiburan jenis ini. Peluang yang dapat diperoleh dari bisnis ini cukup besar, terutama jika Anda dapat menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi pelanggan. 

Dengan meningkatnya teknologi dan minat publik terhadap VR, bisnis ini akan terus berkembang dan memberikan peluang besar bagi Anda yang berminat memulai usaha di bidang hiburan dan teknologi.

10. Jual Headset VR Cardboard

vr cardboard

Google Cardboard adalah headset VR yang populer dengan harga terjangkau, meski kurang nyaman dan perlu diganti setelah pemakaian lama. Namun, banyak perusahaan China yang mulai memproduksi versi headset VR murah mereka sendiri untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. 

Dengan modal kecil, Anda dapat membeli headset VR versi murah dan menjualnya secara eceran melalui platform seperti Amazon. Headset VR versi murah menawarkan fleksibilitas dan mobilitas yang lebih besar, memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman VR di mana saja dan kapan saja. 

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, bisnis di bidang VR headset murah tetap menjanjikan dan membuka peluang besar untuk mengembangkan bisnis Anda.

11. Membangun Komunitas VR

virtual reality jakarta

Virtual Reality memberikan peluang bagi bisnis Event Organizer (EO) untuk mengadakan acara terkait VR dan membangun brand serta audiens yang lebih besar. 

Sebagai pemilik bisnis EO, Anda dapat membantu memastikan semua aspek acara berjalan lancar dan menawarkan jasa kepada perusahaan atau individu yang ingin menyelenggarakan acara VR. 

Dari bisnis event VR ini, Anda dapat menghasilkan pendapatan dari biaya jasa, penjualan tiket masuk, sponsor, dan menjual akses ke pengiklan dan perusahaan VR. Ini adalah kesempatan untuk membangun bisnis yang sukses di bidang teknologi VR dan memanfaatkan potensi pasar yang berkembang dengan pesat.

12. Membuat Konten Terkait VR

virtual reality jakarta

Jika Anda telah menyediakan produk hardware seperti layanan sewa VR, selanjutnya fokuslah pada konten. Di dunia VR, orang mencari konten yang menarik. 

Mulailah dengan membuat saluran YouTube atau blog profesional yang membahas teknologi terbaru, mengulas game, film, dan konferensi VR. 

Jika berhasil menarik audiens yang cukup besar, Anda dapat menghasilkan uang dari monetisasi dan bahkan menjadi influencer dalam industri VR.

Kesimpulan

Teknologi Virtual Reality (VR) sedang menjadi tren di seluruh dunia, termasuk di Jakarta. Virtual Reality Jakarta dapat digunakan sebagai media promosi dan game untuk meningkatkan brand image serta angka penjualan bisnis. Potensi bisnis VR di Jakarta juga terlihat dari banyaknya permintaan pasar terhadap layanan VR dan event VR yang bermunculan. 

Salah satu potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menyediakan layanan tempat sewa VR, seperti VR Theme Park atau VR Cafe. Bisnis VR juga dapat digunakan untuk mendongkrak citra brand melalui pengalaman VR yang unik dan menarik di event offline atau kampanye pemasaran. 

MonsterAR sebagai penyedia virtual reality Jakarta, telah menciptakan berbagai teknologi VR dan AR untuk mendukung event offline pemasaran berbagai brand, sehingga dapat menjadi solusi bagi segala kebutuhan teknologi bisnis Anda.

Dengan portofolio lengkap yang mencakup pengembangan aplikasi VR dan AR untuk berbagai tujuan bisnis, MonsterAR dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, efektivitas pelatihan karyawan, dan meningkatkan brand awareness serta penjualan produk. 

Dengan memberikan pengalaman visual yang lebih immersif dan realistis, aplikasi VR yang dikembangkan oleh MonsterAR dapat membantu meningkatkan hasil kerja karyawan dan memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pengguna. Dengan demikian, penggunaan aplikasi VR dari MonsterAR dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis.

MonsterAR adalah perusahaan Augmented Reality dan Virtual Reality ternama di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan beragam produk dan layanan AR/AR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi, branding maupun keperluan bisnis Anda lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Ingin tahu lebih lanjut mengenai AR dan VR yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda? Hubungi kami di bawah ini ya!

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *