Museum digital di Indonesia belum begitu banyak, namun telah menunjukan perkembangan yang berarti selama beberapa tahun terakhir ini.  Museum adalah sebuah tempat institusi permanen, nirlaba untuk melayani kebutuhan publik dengan sifat terbuka. Tentunya dengan cara melakukan pengkoleksian benda sampai memamerkan benda bersejarah kepada masyarakat Indonesia, dengan tujuan kebutuhan studi, pendidikan dan hiburan. Adanya museum membuat Anda sebagai masyarakat bangsa Indonesia dapat mengenal dan mempelajari kebudayaan, sejarah serta adat yang ada di Indonesia.

Jika masa pendidikan, sebenarnya pengenalan museum sudah disampaikan dari SD (sekolah dasar) sampai ke tingkat SMA (sekolah menegah atas). Akan tetapi pembelajaran di sekolah ya hanya sebatas kecil untuk para siswa mengenal lebih dalam tentang budaya di negara ini. Selebihnya siswa atau Anda ingin mempelajari kebudayaan Indonesia, harus mencari informasi tepat yang berada di museum.

Kunjungan masyarakat ke museum masih terbilang rendah, karna masih banyak masyarakat Indonesia yang perlu di edukasi mengenai pentingnya mengenal budaya. Karna pada saat di sekolah tidak cukup. Untuk itu perlu adanya satu perubahan pada gallery di museum. Agar dapat meningkatkan pengunjung museum.

Perubahan pada era digital sangat besar, dan pengaruh ke masyarakat juga besar. Ada satu cara agar setiap museum dapat meningkatkan pengunjung. Karna pola pikir masyarakat saat ini sudah berbeda, dibandingkan dengan dulu. Mereka butuh pengalaman berbeda, pengalaman menakjubkan dan pengalaman spesial.

Begitupun dengan museum, museum harus berani mencoba merubah dan mengikuti jaman digital. Di luar negeri, museum digital sudah menggunakan teknologi virtual reality dan augmented reality. Dengan penggunaan teknologi digital tersebut, pastinya akan memberikan pengalaman yang beda bagi pengunjung bahkan Anda sendiri pasti akan kaget. Dengan adanya museum digital, pengunjung akan suka, mereka dapat belajar mengenal budaya setempat secara digital dan mendapatkan visualisasi yang keren dari museum digital.


Program Gerakan Digitalisasi Museum dari MonsterAR untuk seluruh museum di Indonesia
| 1. Free Konsultasi | 2. Free Konsep Design | 3. Free Estimasi Biaya (RAB) |

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Salah satu museum digital Indonesia yang sudah menggunakan berbagai teknologi canggih adalah museum BPK RI di Magelang. Di museum digital ini dapat mempermudah pencarian titik dan tempat mana yang mau dilihat. Selain itu juga ada Interactive Floor, sebuah aplikasi yang dibuat pada konsep peta Indonesia dan terlihat timbul mengapung di lautan berombak dan ada beberapa ikan bergerak mengelilingi peta tersebut. Setiap tombol yang ditekan pada pulau itu, akan menampilkan pop up seluruh Kantor Perwakilan BPK RI di Pulau tersebut.

Kemudian ada juga Holographic Displat Projection, ditampilkan melalui LCD Projector dan ditembakkan ke media Holographic Transparent Glass Screen. Sehingga video bisa dilihat dari dua sisi (depan dan belakang). Dan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah teknologi Augmented Reality yang dimana semua itu dibuat dan diimplementasikan oleh MonsterAR.

Baca Juga : Teknologi VR Membuat 5 Museum Virtual Ini Jadi Gak Akan Pernah Sepi

Museum – museum di Indonesia sudah banyak sekali, bahkan hampir di setiap kota besar dan kecil terdapat museum, dimana pada museum tersebut dapat mengenalkan Anda pada hal baru, dan budaya di kota itu sendiri.

Image result for museum bpk virtual

Contoh di Jakarta, ada museum fatahilla dan biasa disebut kota tua. Disana mengenalkan kita pada budaya Jakarta. Dan contoh museum digital Indonesia lainnya adalah museum gedung sate di Bandung, dengan banyak konten yang memperkenalkan budaya asli sunda. Dan masih banyak lagi museum lainnya.