Manfaat hologram dapat dirasakan di berbagai bidang dan memenuhi beragam kebutuhan manusia. Mulai dari media belajar yang lebih menarik dan imersif, membantu dalam perawatan kesehatan, hingga pemetaan holografi untuk pelatihan militer.

Hologram adalah sebuah teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi. Gambar 3 dimensi tersebut dapat kita lihat sampai 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi dan suara, agar dapat menyampaikan informasi baik secara realtime maupun tidak. Teknologi keren ini sedang dikembangkan untuk membantu manusia dalam proses komunikasi.

Menarik sekali apabila kita membahas tentang Hologram, apalagi manfaat hologram itu sendiri yang dapat memberikan pengaruh besar pada dunia. Teknologi hologram sering kali bisa kita lihat di dalam beberapa film layar lebar seperti contohnya di film Star Wars saat proyeksi Princess Leia muncul. Beberapa fashion show di luar Negeri pun sudah mulai menggunakan metode gambar hologram ini, contoh: Ralph Lauren saat mengadakan POLO Spring for Women di tahun 2015. Negara Jepang juga tak mau kalah dalam inovasi hologramnya, contoh: Hatsune Miku Live Concert yang menghidupkan Miku ke dunia nyata melalui teknologi proyeksi holografi. Hologram ini pun bisa digunakan untuk kepentingan politik seperti yang sudah dilakukan oleh Jean-Luc Melenchon yang melakukan kampanye di 7 tempat sekaligus dalam 1 minggu, bahkan presiden kita Pak Jokowi pun sempat menggunakan teknologi hologram untuk lebih dekan dengan masyarakat.

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau suatu adegan.

Hologram ini merupakan suatu bisnis besar yang diperkirakan akan berkembang pesat di tahun 2020 nanti, faktanya nilai display hologram ini mencapai sebesar $5,5 milliar.

Berikut ini adalah 7 manfaat hologram yang memberikan pengaruh besar pada dunia:

1. Pemetaan Militer

manfaat hologram

Kecerdasan geografis merupakan salah satu bagian terpenting dari strategi militer dan gambar holografik dengan dimensi penuh kini mulai digunakan untuk meningkatkan strategi militer dalam hal pengintaian. Ada satu perusahaan Amerika yang telah mengirimkan lebih dari 13.000 peta holografis “ruang pertempuran” 3D untuk para tentara AS. Manfaat hologram dalam hal ini memungkinkan prajurit untuk melihat medan tiga dimensi, melihat sudut “sekitar” dan membantu dalam pelatihan untuk menjalankan misi.

Proses membuatannya adalah dengan mengambil data gambar terkomputerisasi yang kompleks, yang mereka buat menjadi lembar holografik. Pengguna tidak hanya dapat “melihat” gambar 3D berkualitas tinggi dari medan yang disimpan dalam lembar gambar hologram, tetapi juga teknologi ini mudah digunakan dan dapat digulung untuk mempermudah penyimpanan. Peta holografi ini juga berguna dalam skenario evakuasi bencana dan penyelamatan.

2. Tempat Penyimpanan Informasi

Kini semua orang umumnya menghasilkan data dalam jumlah besar. Kapasitas penyimpanan digital meningkat (dan menjadi lebih murah) setiap tahun dan kita memiliki keinginan tak terpuaskan dalam hal menyimpan data dan menyimpannya untuk seumur hidup. Pikirkan saja komputer Anda sendiri dan ratusan gigabyte informasi yang dapat disimpannya, dari foto keluarga hingga video dan dokumen. Sekarang pertimbangkan disk penyimpanan yang Anda miliki bisa saja rusak dan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Mengingat serangan ransomware WannaCry yang sempat terjadi, yang telah masuk ke 150 negara.

Gambar holografis sangat realistis karena proses perekaman menyimpan semua informasi tentang cahaya yang dipantulkan dari subjek yang direkam hal ini meliputi sejumlah besar informasi. Tetapi hologram tidak harus mencatat informasi tentang objek visual, tetapi juga dapat merekam data murni. Ini berarti bahwa hologram dapat berpotensi menyimpan sejumlah informasi yang tidak terbayangkan jumlahnya. Sistem prototipe tidak hanya dapat menyimpan 4,4 juta halaman informasi pada disk yang mirip dengan DVD, tetapi juga menawarkan keamanan dalam jangka panjang.

Jika Anda membuat hologram optik dari suatu halaman informasi dan kemudian menghancurkannya, misalnya, Anda dapat merekonstruksinya kembali dari bagian mana pun. Ini membuat penyimpanan data holografik begitu sangat handal.

Baca juga: Kartu Nama Hologram: Tingkatkan Branding Terhadap Diri dan Bisnis Anda

3. Hologram Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat hologram juga dapat di rasakan dalam bidang pendidikan. Hologram dapat dimunculkan melalui teknologi lain seperti layar LED, komputer, maupun smartphone. Para siswa masing-masing dapat mengalami pembelajaran melalui teknologi hologram tersebut. Mereka juga bisa menggunakan teknologi mereka masing-masing dengan dibantu sinar untuk menampakkan gambar dari Hologram tersebut. Guru juga akan membimbing dan mengarahkan siswanya selama berlangsungnya proses mengajar. Guru dapat menggunakan komputer atau layar LED yang nantinya dapat memunculkan gambar dari Hologram tersebut.

Pembelajaran seperti ini akan menimbulkan rasa puas dan memunculkan daya tarik terhadap pelajaran tersebut. Siswa akan cenderung aktif dalam proses pembelajaran karena mendapatkan pengalaman  metode pembelajaran baru yang sangat menarik ketika belajar menggunakan hologram. Siswa tidak lagi hanya belajar dalam dunia maya melainkan dapat merasakannya karena gambar yang ditampilkan ialah 3D yang terlihat jauh lebih nyata. Siswa seakan-akan dapat beriteraksi langsung dengan objek pembelajaran.

Pembelajaran hologram sangat sesuai bagi segala pembelajaran untuk para siswa. Terutama pada pembelajaran yang berkaitan dengan kerangka manusia maupun hewan, teknologi hologram sangat membantu siswa untuk memahami bagian dari kerangka tersebut. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan teknologi Hologram perlu dikembangkan dan bahkan bisa menjadi metode yang layak untuk diperhitungkan dalam proses pembelajaran.

4. Dunia Kesehatan

manfaat hologram

Holografi juga dapat memberikan perubahan dalam perkembangan dunia kedokteran, sebagai alat untuk memvisualisasikan data pasien sambil melatih siswa dan para ahli bedah.

Banyak sistem medis menghasilkan data yang kompleks menggunakan teknologi pencitraan canggih, seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan pemindaian ultrasound. Biasanya, informasi elektronik itu digunakan untuk menampilkan gambar datar pada layar komputer, tetapi juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar holografik 3D berwarna yang dihasilkan komputer.

Cara kerjanya adalah dengan menyimpan beberapa gambar berbeda dalam hologram yang sama berarti bahwa pasien dapat bergerak di sekitar layar, sehingga memungkinkan mereka untuk memeriksa organ atau bagian tubuh yang berbeda. Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan yang telah menghasilkan gambar holografik 3D dari struktur termasuk otak, hati, paru-paru, jantung, kerangka, sistem pembuluh darah, saraf dan otot.

5. Manfaat Hologram di Bidang Engineering

Hologram memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap getaran. Oleh karena itu hologram sangat cocok sebagai alternatif indikator pada alat deteksi getaran. Interferometri merupakan analisa getaran, tegangan, maupun regangan menggunakan prinsip perubahan interferensi cahaya pada hologram. Hal ini telah menjadikan alat deteksi tersebut menjadi sangat presisi karena telah menggunakan prinsip interferensi cahaya.


Hologram memiliki beragam manfaat yang dapat mempermudah kehidupan manusia

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Jika pada sistem terjadi sebuah getaran yang berlebihan, maka hologram pada interferometer akan menunjukkan gambar rekonstruksi yang berbeda dengan gambar rekonstruksi pada saat sistem stabil. Penggunaan hologram sebagai interferometer ini juga sudah digunakan di banyak bidang dalam dunia engineering, di antaranya adalah sebagai pengukur tegangan, regangan dan getaran pada suatu struktur.

6. Manfaat Hologram di Bidang Seni

manfaat hologram

Di Negara Inggris, Margaret Benyon, “ibu” holografi kreatif dari Inggris, berhasil mengamankan akses ke peralatan perekaman holografik yang rumit dan mahal sejak tahun 1968, pada organisasi seni di Departemen Teknik Mesin di Universitas Nottingham. Ternyata, teknologi hologram memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung perkembangan seni. Hingga akhirnya Margaret mengajukan tesis doktoral, yang mempertanyakan dan menyelidiki tentang “Seni Holografi”.

Di seluruh dunia, ada seniman perintis yang menggunakan peluang rekaman tiga dimensi hologram untuk menekuk dan memotong ruang, membangun beberapa objek padat secara visual, dalam volume yang sama serta menggabungkan koleksi gambar diam atau video untuk menghasilkan karya 3D animasi, dan untuk memahat cahaya murni.

7. Keamanan Dan Mencegah Penipuan

Hologram adalah perangkat optik yang kompleks dan sulit untuk dibuat, sehingga akan memberi keuntungan luar biasa di pasar keamanan komersial. Anda mungkin memiliki suatu gambar hologram keamanan di saku Anda saat ini.

Kotak yang terdapat merpati kecil berwarna perak pada kartu kredit Anda adalah hologram transmisi bercahaya putih yang didukung cermin. Ini menampilkan gambar tiga dimensi yang terlihat saat Anda bergerak dari sisi ke sisi, dan berubah warna saat Anda memiringkan kartu Anda ke atas dan ke bawah. Meskipun sangat mudah untuk diproduksi secara massal, tetapi juga sangat sulit untuk dipalsukan.

Kita menganggap holografi sebagai sesuatu yang menarik dan membuat kita terpukau, tetapi banyak pekerjaan dan penelitian sebenarnya dilakukan secara diam-diam di laboratorium dan studio di seluruh dunia yang sudah menerapkan holografi. Terlebih lagi, manfaat hologram ini pastinya bisa mengubah kehidupan bahkan menyelamatkan nyawa dan menumbuhkan rangsangan diskusi kreatif dan intelektual. Hologram akan semakin terus berkembang dengan berbagai inovasi dan akan banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia di masa depan.