Sudahkah kamu nonton film Ready Player One? Mungkin kamu pernah berandai-andai bahwa teknologi VR (virtual reality) bisa secanggih itu di masa depan? Dalam film tersebut, segala aktivitas dunia nyata bisa dilakukan melalui perangkat VR.

Pada kenyataannya, hingga saat ini sudah banyak lho kecanggihan teknologi VR di film tersebut yang menjadi kenyataan, berikut adalah 7 diantaranya.

1. Mulai banyak film 3D yang muncul di perangkat VR

teknologi vr

Sejauh ini, film kebanyakan hanya bisa dinikmati di perangkat elektronik atau bioskop dengan satu sudut pandang. Bayangkan saja, dengan semakin canggihnya teknologi VR, akan semakin banyak pula bermunculan film 3D yang bisa kita nikmati.

Gak hanya satu sisi, kamu bisa melihat adegan di sekeliling tokoh utama. Selain itu, kamu pasti akan diajak berpikir, kira-kira kamu harus melihat ke arah mana untuk adegan klimaksnya.

2. Dengan teknologi VR bisa mengunjungi berbagai tempat baru

teknologi vr

Mungkin kamu sudah tahu kalau ada aplikasi peta, seperti Google Maps yang memungkinkanmu melihat tempat-tempat menarik di seluruh dunia dengan fitur street view. Bayangkan dengan teknologi vr, kamu bisa berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat eksotis di dunia tanpa perlu beranjak dari rumah!

3. Permainan video game akan semakin seru dan menarik

game vr

Satu hal yang pastinya akan mengalami perkembangan yang paling pesat dengan adanya teknologi VR ini adalah industri video game. Saat ini, telah banyak bermunculan perangkat yang dapat mendukung kepuasan bermain game seperti PlayStation VR, HTC Vive, dan Oculus Rift.

Bisa jadi di masa depan, tak hanya mata yang merasakan VR, melainkan juga bisa melibatkan gerakan kinetik, yaitu tangan dan kaki. Sejauh ini, teknologi tersebut masih dikembangkan. Coba saja bayangkan jika kamu bisa bermain game shooter atau FPS dengan perangkat VR yang juga melibatkan gerak tubuh. Pasti bakal jadi seru banget bukan?

4. Teknologi VR sudah dapat digunakan dalam ilmu bedah

teknologi vr untuk ilmu bedah

Kamu berniat jadi dokter bedah? Selama ini, latihan membedah dilakukan terhadap manusia sungguhan. Dengan adanya perkembangan VR di bidang kedokteran, memungkinkan profesional untuk melakukan simulasi pembedahan yang lebih aman. Buat kamu yang penasaran dengan simulasi bedah, kamu bisa mencoba game Surgeon Simulator. Untuk ke depannya, mungkin akan ada game simulasi bedah yang lebih canggih dengan teknologi VR.

5. Menjadi media simulasi menyetir

teknologi vr

Ingin bisa nyetir tapi takut akan kecelakaan? Wajar saja kalau kekhawatiran itu muncul. Akan tetapi, dengan hadirnya teknologi VR, kamu bisa menepis kekhawatiran tersebut. Gak hanya motor atau pun mobil, kamu pun bisa mencoba simulasi pesawat terbang. Dengan simulasi VR yang realistis, memungkinkan mencegah kecelakaan saat menggunakan pesawat yang sesungguhnya. Setidaknya, meski gak jadi pilot, kamu bisa merasakan pengalaman menerbangkan pesawat bukan?


Ingin memiliki simulasi atau pelatihan VR yang dirancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

6. Berolahraga menggunakan teknologi VR

teknologi vr olah raga

Gak hanya game, perangkat VR pun berpotensi untuk jadi perangkat olahraga mutakhir. Kamu bisa mencoba beragam olahraga hanya dengan mengandalkan perangkat VR. Kamu bisa bermain tenis, memanah, atau jogging. Namun, tentunya akan makin menarik jika sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi gerak.


Baca juga: Perkembangan Teknologi Virtual Reality di Jakarta Hingga Tahun 2019


7. Menjelajahi samudera dan luar angkasa dengan VR

simulasi vr luar angkasa

Selain menjelajahi tempat-tempat menarik di bumi, VR juga memungkinkan untukmu menjelajahi tempat-tempat yang sulit dijamah, seperti dalam lautan atau luar angkasa. Bayangkan betapa indahnya alam yang ada dari balik perangkat VR milikmu.