Indonesia jelas dapat bersaing dengan dunia dalam inovasi digital, terbukti dengan bermunculannya startup unicorn seperti gojek dan tokopedia. Begitupun dengan teknologi terkini seperti Virtual Reality (VR). Geliat VR di Indonesia semakin terlihat dari mulai bermunculannya VR Theme Park seperti KOVEE VR di Mall Central Park, dan HADO Indonesia di Mall Kelapa Gading.

Tidak hanya untuk hiburan saja, di event-event juga penerapan VR untuk pemasaran semakin banyak terlihat beberapa tahun terakhir ini terutama dalam bidang property, menandakan bahwa manfaat VR untuk bisnis di Indonesia juga semakin di lirik.

Bagi Anda yang mulai bertanya-tanya akan manfaat apa saja yang dapat VR berikan untuk bisnis, simak ulasannya di bawah ini:

1. Pelatihan Lebih Aman dan Hemat Biaya

Di dunia ini terdapat beberapa pekerjaan dengan risiko cidera hingga kematian seperti tentara, pemadam kebakaran hingga petugas di pembangkit tenaga nuklir. Pekerjaan berbahaya tentu membutuhkan pelatihan dalam menghadapi risiko bahaya yang akan dihadapi, bahkan dalam kurun waktu 11 tahun terakhir 110 petugas pemadam kebakaran di US kehilangan nyawa ketika sesi pelatihan. Belum lagi besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap sesi pelatihan.

Penerapan teknologi VR menjadi solusi untuk pelatihan keselamatan kerja termasuk di Indonesia. Dengan memberikan sesi pelatihan melalui VR para peserta dapat melatih mental dengan membiasakan diri dalam menghadapi situasi berbahaya ketika bekerja tanpa harus menghadapi situasi tersebut secara langsung dalam kehidupan nyata. Untuk menikmati manfaat dari penerapan teknologi VR untuk pelatihan di Indonesia, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekali saja untuk teknologi dan perlengkapan VR yang bisa terus Anda gunakan berulang kali tanpa batas, yang beratri menghemat biaya secara signifikan.

2. Tingkatkan Angka Penjualan Produk

Contoh penerapan VR untuk pemasaran produk yang paling sering ditemui adalah dalam bisnis properi. Melalui VR, calon pembeli dapat merasakan pengalaman menyusuri interior rumah yang hendak dibeli bahkan sebelum unit dibangun, tanpa harus pergi mendatangi unit demi unit property satu persatu yang tentu ini menghemat waktu dari calon pembeli. Serta melalui platform web atau aplikasi, calon pembeli juga dapat akses seluruh unit property Anda dari rumah.

Tidak sampai di situ saja, melalui VR calon pembeli juga dapat melakukan simulasi dalam mendekorasi rumah, apartment, atau ruang kantor yang akan dibeli, seperti penataan perabot furnitur dan dekorasi, memilih material yang akan digunakan, dan juga menentukan warna pada setiap ruangan secara kompleks. Tidak hanya pemasaran produk lebih efisien hingga dari jarak jauh saja, namun juga meningkatkan pengalaman calon konsumen yang berarti meningkatkan kemungkinan bagi mereka untuk membeli.

Baca juga: Pertahankan Bisnis Anda! Berikut 8 Solusi Teknologi Untuk Selamat Dari Pandemi COVID-19

3. Teknologi Pendidikan Efektif dan Mendalam

Virtual Reality memiliki kapasitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membawa para siswa memasuki lingkungan sesuai dengan materi yang dipelajari dan menjadikan pelajaran lebih hidup. Mengingat generasi muda saat ini lebih tertarik dengan pembelajaran melalui media digital dibanding media pembelajaran konvensional, tentu penerapan VR untuk pendidikan juga akan berdampak dari sisi peningkatan perhatian dan emosional siswa ke arah yang lebih positif.

Melalui VR, para murid dapat melakukan pelatihan kejuruan dan memasuki lingkungan atau tempat kerja sesuai dengan kejuruannya. Misal siswa dengan jurusan kedokteran akan dihadapkan dengan situasi menghadapi pasien kritis dan diharuskan untuk menyelamatkan pasien tersebut untuk bisa lulus ujian, atau siswa militer yang akan dihadapkan dengan simulasi perang dimana para pasukan musuh menyerang dan diharuskan untuk mengalahkan semua musuh tanpa terkena tembakan untuk lulus ujian.

Teknologi VR dapat meningkatkan efisiensi belajar di kelas, dan memberikan siswa pengalaman secara langsung. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, tentu teknologi ini layak untuk diterapkan bagi sekolah-sekolah di Indonesia, dan kelak akan menjadi masa depan untuk pendidikan yang lebih baik.

4. Promosikan Lokasi Pariwisata

Teknologi VR juga memberikan manfaat bagi bisnis pariwisata. Melalui VR, Anda dapat memberikan sekilas pengalaman yang akan dinikmati calon pengunjung secara lebih nyata dan mendalam sebelum mereka mendatangi lokasi secara langsung. Calon pengunjung dapat menikmati foto-foto lokasi dalam 360 derajat, atau video-video singkat dari titik yang menjadi daya tarik dari lokasi pariwisata untuk meningkatkan ketertarikan untuk datang berkunjung.

5. Raup Untung Dari Pengalaman VR

Seperti yang sudah di bahas di awal artikel ini, bahwa VR Theme Park terus bermunculan bahkan di Indonesia. Tentu hadirnya VR Theme Park di Indonesia menjadi tanda bahwa menyediakan pengalaman VR memiliki peluang sebagai lahan bisnis. Terutama di Indonesia dimana teknologi VR belum terlalu marak tersebar seperti di luar Negeri. Terdapat 7 jenis bisnis dengan mengandalkan teknologi VR yang bisa Anda coba.

Selengkapnya: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Itulah 5 manfaat yang dapat teknologi VR berikan untuk bisnis di Indonesia. Bagaimana, sudahkah Anda mendapatkan ide bagaimana memanfaatkan teknologi imersif ini untuk meningkatkan peluang sukses bisnis Anda.

Jangan sungkan, silakan kontak kami untuk konsultasi dan info selengkapnya.