Menemukan momentum dengan hadirnya Pokemon Go, contoh Augmented Reality di sini membuktikan teknologi AR lebih dari sekadar hiburan. Dukungannya bagi dunia bisnis terwujud dalam banyak bentuk strategi dan terus berkembang sesuai dinamika kebutuhan pasar.

Augmented Reality sendiri merupakan inovasi teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan obyek digital hasil rekayasa komputer yang bisa dinikmati secara real-time. Konten AR dapat berupa 2D dan 3D yang keduanya diproyeksikan ke lingkungan nyata. Walhasil, konten terlihat nyata dan dekat dengan posisi kita saat itu. Untuk menikmati konten AR, pengguna cukup menggunakan smartphone khusus yang mendukung AR atau webcam komputer, kamera, hingga kacamata khusus, seperti AR glasses.

Bagaimana cara kerja AR?

Memahami cara kerja teknologi ini penting sebelum memasuki tahap contoh Augmented Reality. Inovasi ini mengandalkan algoritma visi komputer yang bekerja mendeteksi dan melacak fitur di dunia nyata lalu melakukan tumpang tindih dengan konten virtual dalam bentuk model 3D, video, foto, dan data lainnya.

Untuk memungkinkan kerja tersebut, perangkat eksternal dibutuhkan, seperti smartphone, tablet, atau sepasang kacamata dengan kamera. Sedangkan untuk mencocokkan lingkungan fisik dengan peta digital, teknik pemetaan 3D berperan penting. Selain fungsi utama tersebut, teknik pemetaan 3D juga membantu pengguna dalam mengenali keberadaan mereka terkait konten virtual.

Contoh Augmented Reality dalam Dunia Bisnis

1. Sektor e-commerce

Bisnis e-commerce terus populer bahkan paska wabah COVID-19. Di tengah popularitas tersebut, pengembang e-commerce harus menghadapi ketatnya persaingan. Salah satu solusi untuk menjadi yang terdepan adalah dengan menggunakan teknologi AR untuk membuat pengunjung betah berlama-lama serta meningkatkan pengalaman visual bagi calon konsumen.

Anda bisa membuat aplikasi AR eCommerce yang mengandung berbagai fitur yang ringkas dan ramah pengguna. Untuk menjadikan pengunjung web betah, aplikasi ini sebaiknya menyediakan mini games dengan sistem loyalty point. Game ini mengajak pemainnya berlomba mengumpulkan sebanyak mungkin poin untuk mendapatkan hadiah tertentu. Cara ini akan menarik orang lebih lama menjelajahi web e-commerce Anda sehingga berpeluang mengubah mereka menjadi konsumen.

Dengan AR, setiap pemilik toko dalam web e-commerce Anda bisa menawarkan visualisasi produk yang lebih nyata. Penjual dapat menjelaskan produk mereka dengan lebih menarik dan lebih interaktif. Bahkan, teknologi AR memungkinkan calon pembeli menjajal produk cukup dari rumah. Mulai dari perabotan hingga cincin, teknologi AR akan mempermudah orang mengambil keputusan pembelian.

contoh mainan augmented reality

2. Sektor edtech atau teknologi pendidikan

Contoh Augmented Reality kedua adalah penerapannya pada sektor teknologi pendidikan. Untuk menunjang pemahaman anak, orang tua dapat menambahkan mainan pendidikan. Mainan jenis ini terbantu dengan teknologi, salah satunya AR.

Sebagai contoh, orang tua membelikan mainan fisik dengan kandungan penanda untuk dihubungkan dengan aplikasi di tablet atau smartphone. Aplikasi ini nantinya bekerja untuk memindai obyek di dunia nyata. Setelah dipindai, berbagai informasi muncul di sekitar obyek saat itu juga. Sebagai contoh, seekor kelinci dalam format 3D beserta informasi mengenainya.

Mainan pendidikan berbasis AR sangat cocok dengan murid zaman sekarang yang sangat akrab dengan teknologi sejak mereka lahir. Proses pembelajaran pun umumnya lebih mudah mengena di otak mereka melalui visual, terlebih dibantu dengan teknologi AR. Kekuatan AR di dalam sektor ini adalah “menyulap” permainan pendidikan menjadi sarana pembelajaran yang interaktif dan imersif.

Baca juga: Inspirasi Penggunaan Augmented Reality bagi Bisnis Anda di Jakarta

Sembari bermain, mereka juga banyak belajar. Dengan mainan yang menyenangkan tersebut, siswa akan lebih tertarik belajar lebih lanjut. Dibandingkan dengan video pembelajaran secara konvensional dan aplikasi digital, mainan pendidikan berbasis AR menawarkan kelebihan tersendiri. Mainan jenis ini sanggup mengembangkan ketrampilan motorik. Hal ini terwujud melalui permainan taktil dengan beragam bentuk konten digital, seperti audio, musik, video, gambar 3D dan lainnya. Teknik tersebut melibatkan anak dalam interaksi yang dinamis agar anak tidak statis saja. Kemajuan anak dalam memanfaatkan permainan pendidikan berbasis AR terekam secara baik dalam data di dalam gadget itu sendiri. Orang tua dapat memantau kemajuan anak dalam menjawab atau melaksanakan perintah dalam mainan ini.

Apabila ingin mencoba, silahkan mengunduh aplikasi pembelajaran Star Walk untuk membantu murid dan siapa saja belajar tentang angkasa. Manfaatkan ponsel pintar untuk mengetahui dunia langit yang mencakup rasi bintang, planet, dan lainnya.

3. Sektor perawatan kesehatan

Sektor kesehatan tidak luput dari faedah teknologi AR. Contoh Augmented Reality dalam sektor ini terwujud dalam melatih calon dokter dan dokter serta menghubungkan dokter dengan pasien. Untuk pelatihan kesehatan, teknologi AR dapat membantu mempermudah pemahaman tentang prosedur operasi atau penanganan penyakit tertentu. Aplikasi AnatomyNow merupakan contoh aplikasi berbasis AR yang telah membantu tenaga medis dalam memahami anatomi tubuh melalui pelatihan virtual yang lebih mendalam.

SentiAR merupakan contoh dalam sektor ini. Aplikasi ini memakai hologram untuk kebutuhan kesehatan. Dalam SentiAR akan muncul prosedur operasi yang mewajibkan dokter tidak boleh menyentuh organ tubuh agar tidak terkena kuman apapun.

Visual dalam prosedur operasi ini berwujud 3D sehingga sangat jelas potongan anatomi tubuh pasien virtualnya. Gambar AR hadir secara real-time yang mengikuti badan pasiennya. Selama simulasi operasi, dokter akan mengantongi informasi lengkap tentang kondisi kesehatan pasien.

4. Sektor pemasaran digital

Media sosial, terutama Instagram, menjadi medium pemasaran digital yang cukup populer selain TikTok, Facebook, dan YouTube. Filter Instagram banyak digemari warga Instagram sebab seru dan interaktif. Banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa filter IG sebenarnya memanfaatkan teknologi AR.

Bagi pengguna IG, memakai AR sekarang sangat mudah. Sudah tersedia banyak pilihan filter AR dari library atau bisa memakai filter yang dipakai oleh pengguna lainnya.

Filter berbasis AR merupakan alat promosi dan branding yang efektif. Melalui cara yang terlihat “sepele” ini, brand bisa menyematkan kampanye pemasaran tertentu atau memperkenalkan logo mereka. Tentunya jika ingin membuat filter yang spesifik, lebih baik Anda menggandeng penyedia jasa filter Instagram, seperti kami, MonsterAR. Kami pernah membuat filter IG untuk Home Credit dan Nutricia, yang bisa menjadi referensi portofolio kami.

5. Sektor pertanian

Contoh Augmented Reality di sini membuktikan pemanfaatannya tidak melulu terkait sektor modern. Inovasi ini dapat melebur dengan sektor legendaris, yakni pertanian dan peternakan. Petani bisa memanfaatkan AR dalam mendeteksi hama secara lebih dekat dan lebih dini. Teknologi AR dapat membantu dalam membuat sistem pengendalian hama yang pintar untuk meneliti setiap hama. Tidak seluruh hama merusak tanaman. Ada jenis hama yang justru menolong petani. Fungsi sistem ini adalah untuk memperlakukan hama sesuai dengan sifat mereka. Tentunya cara ini bertujuan akhir akan membantu petani mencapai panen dalam jumlah besar.

Kegunaan lainnya adalah untuk menolong petani dalam mengecek sifat tanah agar lebih tepat dalam memutuskan tanah mana yang akan menjadi area bercocok tanam. Memilih tanah yang subur merupakan langkah awal sebelum mulai menanam. Pemilihan lahan yang benar akan menentukan apakah tanaman akan tumbuh subur atau tidak. Menaruh bibit tanaman pada lahan yang bermutu tinggi akan mengefektifkan penyerapan pupuk, bahkan menurunkan risiko tanaman roboh akibat cuaca buruk. Pergantian cuaca bisa dipantau pula melalui aplikasi berbasis AR. Sebagai sektor yang bergantung pada cuaca, petani akan lebih bijak dalam memperhitungkan faktor cuaca sebelum dan saat proses bertani.

6. Sektor branding

Branding yang viral memegang kunci tercapainya target penjualan secara lebih cepat dan lebih efektif. Branding sangatlah penting sebab inilah fase dimana sebuah brand bekerja untuk menanamkan citra dan nilainya, baik dalam bentuk produk atau jasa, ke konsumen incaran. Branding yang sukses akan membawanya diingat oleh publik dalam waktu lama. Saat melihat logo atau tagline brand tertentu, mereka akan langsung mengingat brand tersebut.

Teknologi AR bisa membantu dalam kampanye brand awareness yang modern dan lebih inovatif. Sudah banyak brand besar global yang memakai augmented reality branding, seperti Starbucks, Adidas, dan Coca-Cola. Kami sendiri, MonsterAR, pernah menciptakan tiga aplikasi memakai teknologi AR untuk menjadi bagian dari branding awareness OPPO seri RENO.

Aplikasi pertama adalah game AR artistik yang mewajibkan setiap pemainnya mengumpulkan huruf RENO agar bisa memilih latar sesuai selera. Latar ini bisa disimpan sebagai wallpaper atau dibagikan ke akun media sosial masing-masing.

Baca juga: Lima Jenis Marker AR yang Meleburkan Ilusi Fantasi dan Dunia Nyata

Kedua adalah aplikasi AR untuk pengetahuan produk RENO itu sendiri. Di dalamnya terkandung rincian dari setiap bagian ponsel RENO secara lengkap dalam bentuk video.

Ketiga yakni undangan pra-peluncuran untuk yang telah memesan secara dimuka untuk membeli OPPO RENO Series.

7. Sektor ritel

Brand perabotan raksasa dunia, IKEA, telah menggunakan teknologi AR sejak 2012. Dengan aplikasi berbasis AR, IKEA membantu calon pembeli mencocokkan perabotan yang diinginkan ke dalam ruangan masing-masing. Tidak hanya mengetahui kecocokannya, calon pembeli bisa mengecek kesesuaian dari segi warna hingga bahan materialnya. Sehingga, calon konsumen tidak akan salah membeli produk walau menjajalnya hanya melalui smartphone.

8. Sektor penyiaran

Teknologi AR membantu menarik publik menyaksikan segmen bencana alam. Itulah yang pernah diterapkan oleh The Weather Channel melalui pembawa acaranya, Jim Cantore. AR berhasil membuat berita tentang bencana alam menjadi lebih menarik sekaligus menggugah rasa keingintahuan masyarakat agar menghindarinya di kemudian hari. Dengan ciri khas visualnya yang lebih realistis, semakin banyak yang tertarik menonton segmen ini sehingga sukses menaikkan peringkat siarannya.

9. Sektor game

Dengan membenamkan teknologi AR, pengalaman gaming menjadi jauh lebih seru dan hidup. Bayangkan saja, Anda merasakan sensasi mengejar Pokemon di dunia nyata padahal sebenarnya itu hanyalah obyek digital yang terproyeksi di dunia nyata saat itu juga. Itulah konsep Pokemon Go, game berbasis AR yang sempat mengguncang dunia pada tahun peluncurannya pada 2016. Selain game ini, Jurrasic World, Harry Potter, dan Angry Bird, merupakan contoh yang bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan Anda.

Dalam event GIIAS 2019, MonsterAR membuat game augmented reality untuk kampanye pemasaran BOSCH. Game ini berhasil menarik minat pengunjung dan walhasil membuat booth BOSCH di sana menjadi ramai di di datangi karena penasaran dengan keseruan pengunjung lain yang memainkannya.

10. Sektor arsitektur

Manfaat contoh Augmented Reality begitu beragam, mulai dari merencanakan rupa ruangan hingga menghadirkan visualisasi produk yang lebih baik. Inilah yang ditawarkan oleh aplikasi iStaging dimana penggunanya akan dibawa untuk menikmati isi aplikasi ini secara lebih dekat.

Tentunya, jenis konten yang paling membuat penasaran adalah merancang ruangan dari segi interiornya tanpa perlu membeli perabot terlebih dahulu. Bagi pengembang atau pebisnis bidang properti, aplikasi ini membantu dalam menunjukkan maket bangunan atau contoh desain interior ke calon klien.

Desain, dekorasi, dan perabotan dalam iStagging berbentuk 3D sehingga terlihat lebih realistis dan jelas. Dengan berbagai faedah di atas konsumen individual dapat menghemat waktu dalam memilih perabotan hingga rumah sedangkan pengembang lebih efektif dalam memasarkan produk huniannya.

Prospek Augmented Reality

Teknologi AR diprediksi semakin tumbuh seiring dengan berkembangnya permintaan target pasar dan inovasi teknologi. Menurut Statista, pasar AR/VR global bisa menyentuh US$72,8 miliar pada 2024 dengan peningkatan tingkat pertumbuhan per tahun atau CGR hingga 54% dalam lima tahun mendatang.

Tidak mengherankan perusahaan teknologi dunia yang besar, seperti Microsoft dan Sony, terus bekerja keras untuk menjadi pemimpin industri ini.

Di Indonesia, sudah banyak penyedia jasa pembuatan AR yang berkompeten dan berpengalaman. Salah satunya adalah MonsterAR, yang sudah lebih dari 10 tahun menyediakan berbagai jenis produk berbasis AR ke banyak klien dari beragam jenis bisnis. Silahkan menghubungi tim pemasaran kami jika saat ini sedang mencari mitra produsen AR untuk mencapai tujuan komersial bisnis Anda.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

8 Responses

  1. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

  2. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

  3. I have read your excellent post. This is a great job. I have enjoyed reading your post first time. I want to say thanks for this post. Thank you…

  4. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?