Di awal kemunculannya, Augmented Reality (AR) hanya sebagai alat tambah yang menarik dan hiburan saja. Terutama sejak hadirnya game AR mobile Pokemon Go, semakin menguatkan posisinya sebagai media hiburan yang inovatif sekaligus atraktif. Faktanya, hingga saat ini telah banyak contoh augmented reality dan penerapannya yang menguntungkan bisnis, dan AR telah berkontribusi besar dalam meningkatkan nilai investasi dan ROI (Return of Investment) dari bisnis di berbagai industri yang sayang untuk Anda lewatkan.

Berdasarkan laporan terbaru dari Statista, pasar AR/VR global telah berkembang pesat dan diprediksi akan mencapai 72,8 miliar USD di tahun 2024, dengan peningkatan CAGR sebesar 54% dalam lima tahun mendatang.

Berikut, 5 contoh penerapan AR yang dapat menguntungkan bagi bisnis Anda:

1. Ecommerce atau Bisnis Online

Walau pandemi memaksa sebagian bisnis untuk tutup dan kebanyakan masyarakat tetap di rumah, ini bukan berarti akhir bagi bisnis Anda. Beralih ke digital melalui penerapan teknologi AR adalah langkah terbaik yang bisa Anda ambil saat ini.

Teknologi AR berikan visualisasi produk secara nyata, yang memungkinkan mencoba secara virtual sebelum membeli. Contohnya adalah dengan mengenakan aksesoris cincin di jari atau menempatkan furnitur di dalam ruangan, yang berarti tingkatkan pengalaman belanja lebih nyata dan mendalam.

Bukan AR saja, mini games dengan sistem loyalty poin juga bisa membantu dalam branding. Melalui game yang bersifat adiktif dan sistem poin yang memberikan reward tertentu akan menarik pengunjung untuk aktif gunakan platform belanja online Anda, menjadikan pengunjung betah berlama-lama dan terus kembali untuk menambah poin, yang berarti Anda bisa lebih kuat dalam bersaing dengan platform belanja online lainnya.

Virtual selling juga sangat populer digunakan belakangan ini, karena dengan konsep ini para penjual dapat memboosting produk-produk yang mereka jual, sekaligus memberikan product knowledge secara langsung kepada pelanggan yang akan membeli atau tertarik dengan produknya. Kelebihan lainnya yaitu pelanggan dapat langsung berinteraksi dengan pelapak seperti berbelanja di pasar.

virtual selling ecommerce

Fitur-fitur tersebut terintegrasi ke dalam satu aplikasi AR eCommerce, yang menjadikannya ringkas dan mudah digunakan. Pandemi corona virus tentu berdampak terhadap semua sektor bisnis, dan siapa yang cepat beralih ke digital, maka dia lah yang akan unggul di antara bisnis lainnya yang lambat. Inilah saatnya bagi Anda untuk bertindak.

2. Edtech atau Teknologi Pendidikan

contoh mainan augmented reality

Tidak tanggung-tanggung, pasar mainan juga telah merangkul teknologi AR untuk menciptakan mainan yang inovatif, interaktif dan sekaligus edukatif. Sebagai orang tua, jika Anda tidak tahu apa itu AR, berikut adalah contoh augmented reality untuk mainan edukatif.

Augmented Reality menciptakan hubungan antara dunia nyata dan dunia digital. Misalnya AR dapat menggunakan mainan fisik sebagai penanda dengan menggunakan aplikasi di tablet atau smartphone untuk memindai objek dunia nyata. Pemindaian ini akan menampilkan banyak informasi di sekitar objek secara real time (misalnya memunculkan sosok kelinci dalam wujud 3D lengkap dengan informasinya). Kekuatan mainan augmented reality terletak pada kemampuannya dalam membuat mainan menjadi interaktif dan imersif, sehingga menciptakan pengalaman bermain yang berkesan bagi anak-anak.

Anak-anak zaman sekarang membutuhkan sesuatu yang ekstra untuk meningkatkan perkembangan otak mereka. Dengan hadirnya tablet dan ponsel pintar di setiap rumah, wajar saja jika anak-anak sudah mahir dalam menggunakan teknologi sejak usia dini.

Otak setiap anak mempunyai cara yang unik untuk mengolah informasi dan memahami konsep. Sebuah mainan augmented reality interaktif dapat membantu mereka memahami informasi pada tingkat kenyamanan mereka dan dalam waktu yang relatif lama. Ini jelas lebih baik daripada belajar melalui membaca buku atau menonton video.

Selain itu, mainan augmented reality memiliki keunggulan atas video dan aplikasi digital dalam pengembangan keterampilan motorik, sehingga menjadikan pembelajaran benar-benar inklusif dan fleksibel. AR menciptakan konten digital yang dinamis yang dikendalikan oleh permainan taktil dengan berbagai bentuk konten digital seperti audio, musik, video, gambar 3D dan gambar yang digabungkan untuk menciptakan pengalaman belajar bagi anak-anak. Menjadikan mereka tetap terlibat dan memungkinkan interaktivitas dua arah antara anak dan teknologi, tidak seperti mainan tradisional.

Hal menarik lainnya dari mainan augmented reality adalah adanya grafik atau laporan perkembangan. Laporan ini sebagai evaluasi hasil keterampilan dan perkembangan pembelajaran personal anak Anda yang dapat dipantau.

3. Peternakan dan Pertanian

Dengan menggunakan AR, petani dapat melihat lebih dekat hama yang menyerang tanaman mereka. Lebih jauh, tidak semua hama diciptakan sama, ada hama yang buruk yang perlu segera dibasmi dan ada hama baik yang benar-benar membantu petani. Plus, setiap jenis hama yang menyerang tanaman harus diperlakukan secara berbeda setelah menyelidiki spesies mereka. AR bisa bantu menciptakan sistem pengelolaan pengendalian hama yang cerdas dimana petani dapat memaksimalkan hasil panennya.

Contoh augmented reality lainnya dalam pertanian adalah kemampuannya dalam memberikan kemudahan bagi petani untuk memeriksa sifat-sifat tanah dan menentukan tanaman mana yang akan tumbuh di tanah tertentu dan dalam kondisi tertentu. Hal ini akan meminimalisir kerugian bagi petani dan membantu mereka memanfaatkan kualitas tanah yang mereka miliki.

Tanaman berbeda tumbuh dalam kondisi cuaca yang berbeda. Tanpa akses terhadap informasi terkait cuaca, petani terkena liku-liku alam dengan hasil panen yang beragam. Dengan AR, informasi cuaca dapat di akses hanya dengan sekali klik, membantu petani memilih hasil panen di bawah kondisi cuaca yang nyata. Ini akan membantu petani meminimalkan kerugian panen mereka dan memaksimalkan hasil panen.

VR Meningkatkan Kualitas Susu

Ternyata bukan manusia saja yang tertarik menggunakan teknologi Virtual Reality atau VR. Di sebuah peternakan di Moskow, Rusia, sejumlah sapi terlihat riang menikmati suasana pemandangan padang rumput hijau dalam VR yang dipasangkan ke mata mereka. Hal ini dilakukan karena ternyata VR mampu meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan oleh sapi perah.

Baca juga: 15 Brand Ternama ini Jadi Contoh Sukses Dalam Penerapan Marketing AR

Program pemasangan VR untuk sapi perah ini merupakan hasil kolaborasi antara pegawai peternakan tersebut, ahli IT, dokter hewan dan ahli profesional di industri tersebut. Program ini dilakukan untuk menguji dampak teknologi VR bagi kondisi emosi sapi. Tujuannya untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan sapi, yang pada akhirnya untuk menghasilkan lebih banyak susu dengan mutu yang lebih baik.

Kementerian Pertanian & Bahan Pangan Wilayah Moskow melaporkan kondisi lingkungan memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan sapi yang akhirnya mempengaruhi mutu dan jumlah susu yang diproduksi. Kementerian ini mengambil hasil analisa Universitas Wageningen mengenai kondisi sapi perah.

Petani sapi perah mengungkapkan bahwa memang ada hubungan antara kondisi kejiwaan dan pengalaman sapi perah terhadap produksi susu. Hasil penelitian menunjukan bahwa VR dapat membantu menurunnya kecemasan dan naiknya suasana hati sapi perah. Itulah contoh augmented reality dan virtual reality dalam pertanian dan peternakan.

4. Branding

Setiap bisnis membutuhkan branding. Branding adalah suatu cara untuk menanamkan image dan citra suatu produk, merek hingga bisnis di benak target konsumen dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga dengan dilakukannya branding, diharapkan merek bisa senantiasa di ingat oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Media branding melalui AR telah menjadi trend dan dilakukan oleh banyak brand-brand besar lho. Mulai Starbucks, Adidas, Coca-Cola, Burger King dan banyak lagi brand lain yang telah menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai alat untuk branding dan raih sukses. Untuk di Indonesia sendiri, salah satu contoh penerapan augmented reality untuk branding adalah OPPO. Kami membuat 3 aplikasi AR untuk penyelenggaraan event Pre-Launching RENO, seri terbaru dari OPPO.

Pertama adalah game AR artistik dimana pemain harus mengumpulkan huruf RENO kemudian bisa memilih background sesuai keinginan yang bisa disimpan dan jadikan sebagai wallpaper atau dibagikan ke media sosial. Aplikasi AR berikutnya untuk product knowledgement yang menampilkan detail dari bagian-bagian smartphone RENO lengkap dengan video penjelasannya masing-masing. Terakhir adalah AR invitation Pre-Launch yang diberikan secara khusus kepada mereka yang melakukan Pre Order OPPO RENO Series.

Teknologi AR merupakan media interaktif serta menarik perhatian berkat kesan Hi-Tech yang diberikannya. Mengingat penerapan teknologi ini untuk branding di Indonesia belum sebanyak di luar Negeri, menjadikan AR sebagai hal baru yang tentu menarik minat masyarakat yang melihatnya.

Untuk menarik kerumunan guna hasilkan leads atau calon pelanggan secara massive, momentum yang paling tepat untuk menggunakan teknologi AR untuk branding bisnis Anda adalah ketika mengikuti event, khususnya event-event besar yang biasa diselenggarakan tahunan di Indonesia. Bagi brand yang berkaitan dengan property bisa berpartisipasi di Indo Build Tech, atau untuk brand otomotif bisa berpartisipasi di Event GIIAS. Begitupun dengan brand lainnya memiliki event tahunannya masing-masing yang bisa Anda manfaatkan dan jadikan peluang bagi bisnis Anda supaya dikenal lebih luas lagi.

Seperti contohnya yang dilakukan BOSCH, salah satu suplier komponen otomotif terbesar pada event GIIAS 2019 di Indonesia. Kami membuat  game interaktif menggunakan teknologi AR yang dilengkapi sensor kinect. Respon pengunjung sungguh antusias untuk memainkan game ini.

Setiap brand memiliki ciri dan pembedanya masing-masing, sehingga dibutuhkan teknologi dan konten AR yang benar-benar dipersonalisasikan sesuai dengan bisnis Anda. Jika tertarik menggunakan teknologi AR untuk bisnis namun Anda tidak tahu harus mulai dari mana, jangan khawatir! MonsterAR akan berikan solusi bagi kebutuhan branding bisnis Anda.

5. Tingkatkan Proses Operasional Bisnis

contoh augmented reality dalam bisnis

Contoh augmented reality terakhir yang menguntungkan adalah kemampuannya dalam meningkatkan proses operasional bisnis. Dalam dekade terakhir, banyak perkembangan teknologi yang telah merevolusi bagaimana cara bisnis beroperasi. Kini, teknologi AR menunjukkan potensi menjanjikan untuk memfasilitasi banyak proses operasional bisnis di berbagai bidang. Contoh penerapannya yang paling menonjol sebagai teknologi perkantoran adalah Kacamata Pintar AR yang menawarkan banyak manfaat dengan meningkatkan nilai bisnis.

Kacamata AR memungkinkan kita menggabungkan informasi virtual dan fisik secara bersamaan di bidang pandang pengguna. Kacamata AR yang terintegrasi ke dalam beragam proses operasional bisnis kini banyak digunakan oleh karyawan untuk melakukan tugas secara lebih efektif, khususnya untuk kebutuhan kerjasama antar karyawan.

Melalui kacamata pintar AR, pekerja lapangan dapat lakukan tugas secara handsfree, dan pada saat yang sama mereka dapat menerima instruksi dari ahli pusat. Dengan cara ini, manfaat augmented reality sangat menonjol karena menyediakan koneksi langsung antara staf yang dapat ditempatkan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Baca juga: Strategi Promosi Film Efektif Melalui Augmented Reality

Selain itu, mengingat bahwa banyak bisnis sering menghadapi situasi tak terduga, mereka perlu memiliki staf yang terlibat dan terlatih dengan baik. Penggunaan kacamata pintar AR dalam kasus ini memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi kerja karyawan. Informasi selalu dapat diakses secara real-time, sehingga memungkinkan untuk menemukan solusi lebih cepat untuk berbagai masalah.

Kini kacamata pintar AR telah membuat kemajuan yang besar dengan menjadi bagian dari berbagai bisnis yang beroperasi di industri seperti otomotif, manufaktur, property, logistik, dan layanan lapangan. Teknologi AR membuka peluang untuk tetap kompetitif dengan berikan layanan berkelanjutan tanpa hambatan.

Fitur lain yang menjadi pembeda antara kacamata pintar dengan teknologi lain adalah dalam hal kemudahan penggunaan, sehingga tidak memerlukan pendidikan tambahan untuk penggunaannya. Selain itu, kemudahan portabilitas adalah hal utama yang memotivasi manajer perusahaan untuk mulai memanfaatkan kacamata pintar dalam proses bisnis.

Tidak hanya dalam teknis pekerjaan, kacamata pintar juga memberikan solusi atas masalah tenaga kerja yang terus bertambah tua. Masalah ini cukup mengkhawatirkan karena menyebabkan semakin hilangnya tenaga ahli yang berkualitas.

Melalui suara dan video, pekerja dapat berinteraksi dengan para ahli dan mencari bantuan untuk masalah yang kompleks. Ini tidak hanya untuk menemukan solusi, tetapi juga memungkinkan untuk mendidik tenaga kerja yang belum berpengalaman. Jadi selain meningkatkan produktivitas, mempercepat pemecahan masalah, dan mengurangi jumlah kesalahan kualitas, kacamata pintar juga dapat berkontribusi sebagai teknologi pelatihan tenaga kerja lebih cepat dan efisien.

Proses pemeriksaan juga telah ditingkatkan secara besar-besaran berkat foto atau video yang diambil selama pelaksanaan tugas. Pengarsipan ini memungkinkan untuk tinjauan berbagai proses jika terjadi masalah berulang. Proses dokumentasi ini berfungsi juga sebagai kunci untuk evaluasi pekerjaan karyawan oleh manajer yang dapat mempelajari secara rinci kinerja pekerjaan karyawan.

Mulai dari standarisasi alur kerja hingga kemampuan untuk bekerja tanpa gangguan dengan hands-free, kacamata pintar dapat dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda, sehingga memastikan nilai tambah untuk proses kerja yang lebih efisien hingga omzet bisnis lebih optimal.

Itulah 5 contoh penerapan augmented reality yang menguntungkan. Tertarik menikmati manfaat augmented reality untuk bisnis Anda? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan jasa augmented reality terbaik.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami