Markerless Augmented Reality (AR) adalah metode pengenalan gambar yang paling banyak digunakan dalam aplikasi AR. Markerless AR mengacu pada aplikasi perangkat lunak yang tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang lingkungan pengguna untuk melapisi konten 3D virtual ke dalam scene dan menempatkannya ke titik tetap dalam ruang.

Berikut adalah cara kerja, keunggulan, dan bagaimana industri dan perusahaan bisa mendapat manfaat augmented reality dari penerapan teknologi ini ke dalam produk dan layanan mereka.

Marker Based VS Markerless Augmented Reality

Dua cara paling umum untuk menikmati AR adalah melalui metode marker berbasis penanda dan tanpa penanda. Teknologi AR tahap awal adalah berbasis penanda. Namun, kini markerless AR menjadi metode pengenalan gambar yang disukai untuk aplikasi AR.

Aplikasi AR berbasis penanda menggunakan marker (gambar target) untuk menampilkan konten digital di lingkungan nyata pengguna. Penanda ini menentukan di mana aplikasi AR akan menempatkan konten 3D digital dalam bidang visual pengguna atau melalui umpan kamera.

AR tanpa penanda menempatkan objek 3D virtual di lingkungan fisik dengan bergantung pada kondisi di lingkungan nyata daripada mengidentifikasi penanda. Diferensiasi ini menghilangkan kebutuhan akan sistem pelacakan objek. Pengalaman AR tanpa penanda dimungkinkan karena perkembangan dalam kamera, sensor, prosesor, dan algoritma  yang mampu mendeteksi dan memetakan dunia nyata secara akurat.

Bagaimana Markerless AR Bekerja?

Markerless AR menggabungkan data digital dengan input dari input real-time atau lingkungan nyata di ruang fisik. Teknologi ini menggabungkan grafik perangkat lunak, audio, dan video dengan kamera smartphone atau headset, giroskop, akselerometer, sensor haptic, dan layanan GPS untuk menampilkan grafik 3D di dunia nyata.

Markerless AR mendeteksi objek atau titik karakteristik scene tanpa pengetahuan sebelumnya tentang lingkungan, seperti dinding atau titik persimpangan. Teknologi ini sering dikaitkan dengan efek visual yang menggabungkan grafik komputer dengan citra dunia nyata. Sistem tanpa penanda pertama menggunakan layanan lokasi perangkat dan perangkat keras untuk berinteraksi dengan sumber daya AR yang tersedia dan menentukan lokasi dan orientasinya.

Pengembangan teknologi simultan lokalisasi dan pemetaan (SLAM) meningkatkan akurasi analisis gambar AR tanpa penanda. Pelacakan gambar tanpa penanda SLAM memindai lingkungan dan membuat peta tempat menempatkan objek 3D virtual. Bahkan jika objek tidak berada dalam bidang pandang pengguna, objek tersebut tidak bergerak saat pengguna bergerak, dan pengguna tidak perlu memindai gambar baru.

Markerless AR Berbasis Lokasi

AR berbasis lokasi menggabungkan objek 3D virtual ke dalam ruang fisik pengguna. Teknologi ini menggunakan lokasi dan sensor perangkat untuk menyatukan objek ke tempat tujuan.

Lingkungan sekitar Anda menjadi hidup, berdasarkan ke mana Anda melihat. Sensasi game seluler Niantic, Pokémon GO, menggunakan teknologi AR berbasis lokasi tanpa penanda. Game ini memiliki lebih dari 1 miliar unduhan di seluruh dunia.

Munculnya sistem kamera canggih, sistem operasi seluler (OS), dan teknologi sensor di perangkat seluler yang sudah tersedia di manapun membantu membuat aplikasi AR canggih lebih mudah diakses. Siapa pun yang memiliki smartpone atau tablet modern yang menjalankan OS Android atau iOS terbaru dapat menikmati markerless augmented reality.

Dengan peta area, aplikasi berkemampuan AR dapat menempatkan objek virtual ke dalam konteks nyata dan membuatnya tetap diam tanpa memerlukan gambar target.

Keunggulan Markerless Augmented Reality

AR tanpa penanda menghilangkan kebutuhan penanda fisik untuk memicu interaksi virtual. Berikut adalah kelebihan augmented reality berbasis markerless:

Dengan peta area, aplikasi berkemampuan AR memungkinkan untuk menempatkan objek virtual ke dalam konteks nyata dan membuatnya tetap di tempat tanpa gambar target. Misalnya, pengguna dapat berjalan di sekitar area terbuka mana pun (sekitar 3-4 meter untuk sebagian besar lokasi dalam ruangan) jauh melampaui jangkauan AR berbasis penanda yang tersedia saat ini.

Penerapan Markerless Augmented Reality

Pelacakan tanpa penanda yang berpusat pada pengguna di headset VR akan memfasilitasi lingkungan virtual tanpa batas yang dapat beradaptasi dengan berbagai penggunaan komersial. Aplikasi perangkat lunak AR tanpa penanda yang melacak gerakan di dalam ruang memiliki potensi besar untuk memengaruhi kendaraan otonom dan teknologi robotika.

Bayangkan kursi roda bermotor yang ditingkatkan dengan teknologi pelacakan tanpa penanda yang terintegrasi. Pengguna kursi roda dapat menavigasi dunia fisik dengan penghindaran rintangan bawaan dan fitur pencarian jalan yang aman. Mereka akan menggunakan headset dengan pelacakan mata terintegrasi dan cukup dengan melihat tempat di depan mereka saja untuk mengaktifkan. Kendaraan otonom dapat menggunakan inovasi yang sama untuk navigasi.

Baca juga: Arti Augmented Reality Menurut Para Ahli dan 4 Kasus Penggunaannya

Markerless AR dalam Industri

Ritel, pendidik, dan pengembang game adalah contoh industri yang mengadopsi teknologi AR tanpa penanda. Semakin banyak adopsi teknologi AR/VR dalam industri, lebih banyak data dan umpan balik akan memberdayakan desainer dan pengembang untuk membuat lebih banyak kasus penggunaan untuk konsumen.

Berikut adalah beberapa industri yang merangkul teknologi Markerless Augmented Reality:

Penerapan Markerless Augmented Reality

Markerless AR adalah industri bernilai miliaran dolar berkat keberhasilan Pokémon Go dan lebih banyak penelitian dan pengembangan. Berikut daftar perusahaan yang menggunakan teknologi tersebut:

Masa Depan Markerless Augmented Reality

Dokter, desainer, insinyur, pemasar, dan produsen akan menggunakan platform komputasi AR untuk meng-host ruang proyek virtual dan berkolaborasi menggunakan avatar virtual secara real-time. Melakukan pekerjaan di semua zona waktu menggunakan informasi 3D untuk meninjau dan proyek lingkup tanpa persyaratan perjalanan memiliki implikasi yang luar biasa dalam ekonomi pasca-pandemi. Saat Anda beralih dari umpan video sederhana ke avatar virtual yang bergerak, berkolaborasi, dan berkomunikasi di ruang virtual yang sama. Jasa pembuatan AR meningkatkan kemungkinan alur kerja yang rumit menjadi lebih sederhana dan kolaborasi sinkron yang sebelumnya disediakan untuk pertemuan tatap muka menjadi lebih efisien walau kerja dari jarak jauh.

MonsterAR menyediakan layanan teknologi augmented reality terbaik dan terpercaya yang dapat dirancang secara custom sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

2 Responses

  1. Markerless Augmented Reality (AR) adalah metode pengenalan gambar yang paling banyak digunakan dalam aplikasi AR. Markerless AR mengacu pada aplikasi perangkat lunak yang tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *