Pemakaian teknologi Virtual Reality (VR) tidak melulu identik dengan perusahaan raksasa dengan reputasi internasional. Apapun skala dan jenis bisnisnya, jasa pembuatan VR akan relevan selama ditangani oleh perusahaan penyedia VR yang berpengalaman.

VR bukan hanya sekadar gaya-gayaan melainkan bagian penting dari keseluruhan strategi pemasaran digital yang setingkat lebih inovatif. Inti dari jasa VR adalah menciptakan pengalaman dengan calon konsumen yang imersif dan jauh lebih mendalam.

Mulai dari brand awareness hingga menarik perhatian pengunjung stand, teknologi VR memfasilitasi berbagai kebutuhan bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Sebagai contoh, MonsterAR, yang telah berpengalaman bermitra dengan beragam jenis dan skala usaha, sebagaimana di bawah ini.

1. Memeriahkan Acara Offline Kampanye Pemasaran

Pernah melihat ada stand terlihat lebih semarak dibandingkan stand lainnya saat mengunjungi sebuah pameran? Bisa jadi pihak pengelola stand memanjakan pengunjung dengan VR simulator. Dan MonsterAR ikut menciptakan VR Flying Simulator Jet sebagai contoh yang pernah kami buat untuk Djarum MLD dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Apabila brand Anda akan mengikuti pameran, ada baiknya pukau pengunjung dengan VR simulator. Ajak mereka menikmati konten tertentu untuk mempromosikan brand Anda dengan VR simulator.

2. Membuat VR Theme Park Atau VR Kafe

Penyedia jasa pembuatan VR bisa membantu Anda dalam merintis jenis usaha baru, yakni VR theme park atau VR kafe, seperti yang sudah beroperasi di Jakarta. Menggabungkan VR dengan game merupakan contoh pemakaian VR yang paling populer dan lekat dengan masyarakat.

Dengan bermain VR game, publik dapat terbawa ke dunia yang seolah nyata. Mereka bisa berinteraksi dengan konten di dalamnya. VR theme park menargetkan anak muda yang doyan bermain game. Tetapi di dalamnya tidak hanya berisikan konten game. Kami bisa memasukkan konten edukasi dan teknologi sehingga akan tetap mendidik penggunanya. Di dalam theme park ini terdapat sejumlah game yang dilengkapi dengan perangkat VR dan simulator. Untuk bisa menikmati sajian di dalam theme park ini, setiap pengunjung harus merogoh kocek antara Rp29 ribu sampai Rp200 ribu untuk sekali bermain.

3. Jasa Pembuatan VR Bantu Mendongkrak Citra Brand

Terhubung erat dengan poin 1, penyedia jasa pembuatan VR dapat membuat konten VR untuk meningkatkan citra brand di suatu acara offline. Sehingga, tidak hanya menarik kerumunan, teknik ini secara efektif mengasosiasikan brand Anda dengan audiens. Dengan pengalaman imersif tersebut, mereka akan mengingat brand Anda dalam waktu lama.

Selain Djarum di atas, MonsterAR turut membantu dalam penyelenggaraan event Pre-Launching RENO, seri terbaru dari OPPO. Kami mendapat kesempatan untuk membuat 3 aplikasi AR yang di rancang khusus sesuai dengan tujuannya masing-masing. Pertama adalah sebuah game AR artistik dimana pengguna ditugaskan untuk mengumpulkan huruf R E N O. Aplikasi AR yang kedua merupakan product knowledgement. Cara menggunakannya adalah dengan menyorot brosur RENO menggunakan kamera AR yang akan menampilkan detile dari bagian-bagian smartphone tersebut lengkap dengan video penjelasannya masing-masing.

Dan yang ketiga adalah AR invitation Pre-Launch yang diberikan khusus kepada mereka yang melakukan Pre Order OPPO RENO Series.

4. Jasa Pembuatan VR Memfasilitasi Tur Virtual

Penyedia jasa pembuatan VR merupakan solusi tepat untuk bisnis yang cukup terhambat lantaran pandemi COVID-19. Tur virtual sangat membantu pebisnis untuk tetap menjangkau calon konsumen. Contohnya, sektor real estate. Pemakaian VR akan menyampaikan informasi produk dan jasa tanpa harus mendatangi lokasi lantaran potensi terkena virus COVID-19.

Tur virtual berarti simulasi lokasi tertentu yang terdiri dari urutan gambar diam atau video. Umumnya, tur ini memasukkan elemen multimedia lainnya, seperti teks, musik, efek suara, narasi, dan lainnya. Selain sektor properti, teknologi VR dapat membantu tur virtual untuk pelatihan kerja, pemadam kebakaran, simulasi militer dan media pendidikan yang imersif.

Baca juga: 10 Manfaat Virtual Tour yang Menguntungkan bagi Bisnis Anda

5. Menghidupkan Museum Agar Cocok di Hati Milenial

Museum Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia merupakan contoh epik kami selaku penyedia jasa pembuatan VR. digitalisasi menjawab kebutuhan institusi pendidikan menggaet minat generasi milenial terhadap sejarah bangsa. Dengan digitalisasi museum, mereka tidak akan merasa museum kuno dan ketinggalan zaman. Siapa saja akan bisa melibatkan diri di dalam digitalisasi museum sehingga interaksi terasa kental. Informasi tentang sejarah museum hadir dengan lebih menarik sehingga kaum milenial akan mudah menyerap dan lebih mengingatnya.

6. Optimalisasi Jangkauan ke Audiens

Tidak hanya memaksimalkan mutu konten VR, MonsterAR akan membantu dalam mengoptimalkan jangkauan ke audiens sehingga bisnis Anda akan dilihat oleh sebanyak orang. Kami menyediakan optimalisasi melalui website dan media sosial agar brand Anda menjangkau calon konsumen sesuai penargetan dan segmentasinya. Salah satu contoh optimalisasi adalah melalui Search Engine Optimization atau SEO. Kami akan memaksimalkan kata kunci dan konten sehingga website brand Anda bisa bertengger di laman pertama Google untuk kata kunci yang ditargetkan.

7. Jasa Pembuatan VR Mengurangi Bounce Rate

Bounce rate berarti jumlah pengunjung yang bertamu ke website Anda dalam waktu sebentar kemudian meninggalkan website. Tingginya bounce rate dapat membuat visibilitas website Anda turun di mesin pencari di Internet. Agar turun, MonsterAR selaku penyedia jasa pembuatan VR dapat membuat konten tur virtual yang menarik. Dengan penempatannya yang pas saat pengunjung tiba di website Anda, tingkat bounce rate akan berkurang. Pengunjung akan terpikat dengan tur tersebut sehingga akan mau menjelajahi isi website yang lainnya. Pastikan, website diisi dengan konten berkualitas agar pengunjung website mendapatkan yang mereka butuhkan.

Itulah penjelasan singkat portofolio MonsterAR untuk bidang VR dalam berbagai jenis tujuan bisnis dan skalanya. Semoga bermanfaat.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?