Virtual Reality Terbaik – Teknologi terus berkembang untuk mempermudah kehidupan manusia. Pengembangan teknologi yang saat ini mudah ditemui dan dibicarakan adalah virtual reality.

Teknologi virtual reality (VR) mampu menciptakan sebuah simulasi bagi manusia, sehingga siapa pun dapat merasakan pengalaman simulasi untuk indera penglihatan, pendengaran, sentuhan, hingga penciuman. Meski di awal kemunculannya VR banyak digunakan untuk urusan video game, namun seiring berjalannya waktu VR telah banyak dimanfaatkan untuk bidang lain.

Virtual reality ini memiliki cara kerja dengan mengajak pengguna untuk melihat ke dalam suatu dunia semu yang sebenarnya adalah gambar-gambar dinamis hasil besutan simulasi dari komputer. Kemudian dengan bantuan alat berbentuk headset VR, pengguna akan dapat berinteraksi dengan dunia semu tersebut dan mendapatkan umpan balik seolah-olah adalah nyata, baik secara fisik ataupun fiksi.

Kelebihan teknologi Virtual Reality

Karena mulai dimanfaatkan untuk memenuhi aktivitas kehidupan manusia dari berbagai bidang, maka teknologi virtual reality memiliki kelebihan yang penting untuk diketahui sebelum menggunakannya. Hanya virtual reality terbaik yang dapat memberikan keuntungan demi meringankan pekerjaan manusia.

Masyarakat pun mulai terbuka dengan teknologi ini. Istilah mengatakan yang susah jadi mudah, yang jauh jadi dekat, memanglah benar adanya. Pekerjaan rumit seperti merancang suatu bangunan gedung, hotel, dan rumah dapat mudah dikerjakan dengan bantuan teknologi VR.

Termasuk juga latihan seperti menerbangkan pesawat, dapat pula dikerjakan dengan VR simulator. Di Amerika Serikat, para tentaranya telah menggunakan teknologi VR untuk bertempur di dalam simulasi peperangan. Para tentara tersebut mengakui jika medan perang di dalam simulasi VR, memiliki suasana yang sama dengan medan perang yang nyata. Para pakar militer pun menyatakan bahwa cara ini dinilai lebih praktis dan hemat anggaran dibanding melakukan latihan perang yang sebenarnya.

Manfaat teknologi virtual reality terbaik untuk berbagai bidang

Perkembangan teknologi virtual reality sendiri kian gencar di masyarakat. Tren teknologi ini juga makin terdengar di telinga marketing. Hal ini terlihat dari berbagai brand yang mulai menjajaki virtual reality sebagai terobosan yang diharapkan akan mampu menjadi gebrakan bagi bisnis mereka.

Jika ditelisik, penggunaan virtual reality terbaik untuk strategi marketing dan branding dapat menjadi added value bagi brand dibandingkan melakukannya dengan cara konvensional.

Berikut ini adalah pemanfaatan teknologi virtual reality terbaik untuk beragam tujuan dan juga kegunaannya.

1. Menarik massa selama kegiatan offline

Pada saat Anda berkunjung ke sebuah pameran, terkadang menjumpai sebuah booth terlihat lebih hidup dari booth lainnya. Ternyata pemilik booth menggunakan teknologi berbasis virtual reality untuk menghibur pengunjung. Seperti contohnya adalah Virtual Reality (VR) flying simulator, teknologi buatan MonsterAR yang dipersembahkan untuk brand Djarum MLD dalam event otomotif internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dilaksanakan di ICE BSD City, Tangerang, pada 2018 silam. Melalui simulator VR tersebut, pengunjung pameran dapat merasakan sensasi “terbang” di dunia maya. Sehingga, perhatian besar pengunjung pameran tertuju kepada brand Djarum MLD.

2. Memunculkan ide baru dalam bisnis

Memanfaatkan teknologi virtual reality terbaik dapat memunculkan ide bisnis baru lho! Contohnya adalah virtual reality theme park atau cafe dengan penggabungan antara dunia kuliner dan teknologi virtual reality terbaik yang dimiliki. Hal ini dilatarbelakangi semakin maraknya bisnis kuliner di dunia termasuk Indonesia yang menawarkan sesuatu yang berbeda untuk menarik minat pembeli dan pecinta tema instagramable sekaligus. Hal ini merupakan sesuatu yang baru dan inovatif tentunya, selain untuk menghibur dan mengedukasi generasi muda tentang inovasi teknologi.

3. Meningkatkan citra brand

Perkembangan teknologi virtual reality dapat memacu inovasi bagi bisnis dan brand di dalam kepentingannya untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan customer. Melalui pengalaman unik, maka publik akan terus mengingat citra brand Anda secara jangka panjang, dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Masyarakat akan cepat menyimpulkan brand Anda dengan kata-kata positif seperti; “inovatif”, “kreatif”, dan “intim” berkat pengenalan brand yang mengesankan secara imersif.

Baca juga: Jasa Filter Instagram: Tingkatkan Penjualan dan Jangkauan Pasar Anda

Hal ini dapat dilihat dari cara branding produk OPPO sebagai produsen smartphone yang memilih game Augmented Reality (AR) pada saat pra peluncuran seri “RENO” miliknya. Dalam kesempatan tersebut, MonsterAR sebagai pakar teknologi di bidang AR/VR menciptakan 3 aplikasi AR yang dirancang khusus demi menarik perhatian pengunjung launching produk OPPO “RENO”.

Aplikasi AR pertama berbentuk game interaktif yang mengajak pengguna untuk mengoleksi huruf R-E-N-O, aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang mengajak pengguna untuk menginformasikan tentang detail produk OPPO seperti apa, dan aplikasi terakhir berupa AR Invitation pre launch yang ditujukan bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian secara pre order produk OPPO “RENO”.

4. Untuk memfasilitasi virtual tour

Industri pariwisata adalah sektor industri yang banyak diminati konsumen. Bagaimana tidak, “refreshing” dengan melakukan perjalanan wisata atau kerap disebut masyarakat Indonesia dengan istilah “healing” dinilai merupakan cara ampuh untuk melepas penat.

Setelah pariwisata bertransformasi ke dalam digital dengan memanfaatkan teknologi virtual reality terbaik telah mendongkrak omzet industri pariwisata menjadi naik. Lantas bagaimana virtual reality terbaik dapat membantu industri pariwisata? Teknologi virtual reality dapat membawa pengguna berinteraksi dengan lingkungan baru yang disimulasikan oleh komputer.

Untuk itulah masyarakat yang hendak berencana “healing” dan “staycation” akan melakukan survei, seperti apakah suasana dan kondisi tempat wisata atau tempat penginapan yang akan dijadikan tujuan. Hal ini cukup berkaitan dengan keamanan dan nilai keindahan yang ditawarkan tempat wisata atau penginapan yang diinginkan.

Seperti keamanan, saat menggunakan teknologi virtual reality alhasil dapat mencegah kontak langsung dengan orang lain pada saat terjadi pandemi suatu penyakit. Kemudian dapat terhindar dari kejahatan yang mungkin saja terjadi dan terindikasi dalam suatu tempat wisata, baik pada rute perjalanannya maupun di lokasi wisata.

Sedangkan dari sisi keindahan, adanya faktor pilihan tempat wisata dan juga penginapan, akan sangat memungkinkan orang untuk memilih. Ketika menggunakan virtual tour di Indonesia, maka orang akan memilih manakah tempat wisata prioritas yang akan dikunjungi dan tempat penginapan mana yang sesuai dengan budget dan layanan yang ditawarkan. Oleh karenanya, tempat wisata dan tempat penginapan sangat terbantu dengan adanya teknologi virtual reality terbaik ini.

5. Membranding museum bagi kaum milenial

Museum sering diasosiasikan dengan kata-kata “membosankan” dan “konvensional”. Perspektif tersebut diyakini oleh banyak orang karena museum sebelum era kedatangan augment reality dan virtual reality,  tidak melakukan perubahan dan inovasi teknologi. Penempatan benda bersejarah dan unik, kerap dianggap sama dengan menempatkan benda koleksi di dalam rumah.

Hal ini tentu saja membuat museum layaknya almari penyimpanan benda-benda bersejarah yang akan merugikan kaum milenial, karena tidak memiliki minat untuk berkunjung ke museum.

Untuk itulah program digitalisasi museum dari MonsterAR hadir untuk merevolusi sarana dan prasarana demi menarik minat masyarakat untuk berkunjung, khususnya generasi muda. Salah satu contoh museum yang sukses merebranding imagenya adalah museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Perubahan yang cukup signifikan tersebut juga menggandeng MonsterAR dalam proses produksi pembuatan berbagai sarana yang berbasis digital seperti; interactive directory, interactive wall, curved video projection, interactive Game, dan lain sebagainya.

6. Memaksimalkan jangkauan ke calon pelanggan

Pengalaman imersif dapat memberikan pengalaman secara langsung dari penggunaan virtual reality itu sendiri. Dengan tampilan yang direkayasa, sebuah brand atau institusi dapat melakukan kampanye produk atau layanan, melalui kekuatan mouth to mouth dengan branding media sosial.

Dengan perangkat virtual reality terbaik yang dikenal sebagai console seperti pada Playstation atau Game PC, virtual reality menjadi media paling ampuh untuk memperkenalkan suatu brand kepada publik. Setidaknya terdapat empat keuntungan pemasaran yang menggunakan inovasi virtual reality ini.

Baca juga: Virtual Tour Indonesia, the Best Way to Enjoy Art and Tourism Safely from Home

Pertama sebagai alat berbagi pengalaman. Artinya, dengan membagikan pengalamannya menggunakan inovasi virtual reality dalam pengenalan brand, di media sosial. Potensi brand dikenal akan lebih besar, apalagi yang membrandingnya adalah seorang influencer atau selebgram. Keuntungan kedua adalah mendapatkan 100 persen perhatian pengguna. Piranti VR tidak memungkinkan pengguna untuk beralih perhatian, sebab sebagian besar indera mereka dipaksa bergerak ke dalam realita baru. Hal ini berbeda dengan sifat smartphone atau media piranti lain yang si pengguna masih dapat memainkan piranti lain. Ketiga adalah dapat meningkatkan konversi penjualan produk. Keempat adalah dapat memberikan pemahaman yang lebih detail dan jelas kepada calon pelanggan mengenai identitas dan semangat brand.

Realitas virtual dan Metaverse

Virtual reality dan metaverse adalah dua konsep yang berkaitan dengan dunia virtual dan komputasi grafis. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam hal memberikan pengalaman virtual, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Virtual reality adalah konsep yang mencakup segala sesuatu yang dapat dihadirkan secara virtual melalui komputer, seperti game, aplikasi VR/AR, atau simulasi. VR biasanya dipandang sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, tidak terhubung dengan dunia nyata, dan hanya diperuntukkan bagi pengguna yang terlibat langsung dengan teknologi tersebut.

Sementara itu, metaverse adalah konsep yang mencakup lebih dari sekadar pengalaman virtual. Metaverse adalah dunia virtual yang terdiri dari banyak sistem, aplikasi, dan teknologi yang berbeda, yang terhubung satu sama lain untuk membentuk sebuah ekosistem yang sangat kompleks. Metaverse biasanya dijelaskan sebagai sebuah dunia maya di mana pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti berinteraksi dengan orang lain, mengakses berbagai aplikasi, atau bahkan melakukan perdagangan dan bisnis.

Dalam metaverse, pengguna dapat membuat avatar dan berinteraksi satu sama lain dalam dunia virtual yang sangat terintegrasi. Metaverse dianggap sebagai konsep yang lebih maju dari virtual reality, karena mencakup lebih banyak hal dan memiliki potensi untuk menjadi sebuah ekosistem yang sangat kompleks dan berdampak pada dunia nyata.

Kedua konsep ini, virtual reality dan metaverse, terus berkembang dan telah menjadi topik utama di dunia teknologi. Banyak perusahaan besar sedang membangun teknologi dan platform untuk mengembangkan konsep metaverse, dengan harapan dapat menciptakan dunia virtual yang lebih interaktif dan terintegrasi.

Virtual reality dongkrak bisnis Anda lebih unggul di pasaran

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang mampu menciptakan pengalaman simulasi yang menyerupai dunia nyata dengan menggunakan headset atau perangkat lainnya. Keunggulan VR adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif, sehingga dapat digunakan dalam berbagai bidang termasuk bisnis.

Berikut adalah beberapa cara VR dapat meningkatkan keunggulan bisnis Anda:

  1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik: Dalam bisnis, pengalaman pelanggan sangat penting. Dengan VR, perusahaan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih realistis, misalnya dengan memberikan tur virtual ke dalam toko atau pabrik mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan minat pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih berkesan.
  2. Pelatihan yang Lebih Efektif: VR juga dapat digunakan dalam pelatihan karyawan, terutama untuk pelatihan yang memerlukan pengalaman praktis. Sebagai contoh, VR dapat digunakan untuk memberikan pelatihan keselamatan kerja di lingkungan yang berbahaya atau untuk membantu karyawan belajar bagaimana memperbaiki mesin yang rumit.
  3. Pengurangan Biaya: VR dapat membantu mengurangi biaya bisnis dengan menghilangkan kebutuhan untuk melakukan perjalanan atau membeli peralatan fisik. Sebagai contoh, VR dapat digunakan dalam rapat bisnis jarak jauh atau untuk membuat model simulasi yang dapat digunakan dalam pengembangan produk.
  4. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: VR dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis dengan memberikan informasi yang lebih akurat dan realistis. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan VR untuk membuat model tiga dimensi dari produk mereka sehingga dapat dilihat dengan lebih detail sebelum diproduksi.
  5. Branding yang Lebih Baik: Dengan menggunakan VR, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan menarik bagi pelanggan, sehingga dapat membantu meningkatkan kesan brand dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Secara keseluruhan, VR dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih unggul dalam bisnis dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, pelatihan yang lebih efektif, pengurangan biaya, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan branding yang lebih efektif. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan VR sebagai salah satu strategi mereka dalam mengembangkan bisnis.

Salah satu contoh brand dunia yang sukses memanfaatkan teknologi virtual reality terbaik di antaranya adalah; Gucci, dengan produk Gucci Town yang dibenamkan di dalam dunia metaverse Roblox Metaverse. Kemudian adalah Sephora, brand kosmetik yang memperkenalkan virtual make up bagi calon pelanggan.

MonsterAR adalah perusahaan augmented reality dan Virtual Reality ternama di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan beragam produk dan layanan AR/AR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi, branding maupun keperluan bisnis Anda lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Ingin tahu lebih lanjut mengenai AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *