Pelatihan karyawan memegang peranan penting untuk meningkatkan mutu SDM perusahaan apa saja. Sayangnya, simulasi kerja rentan terhadap risiko kecelakaan. VR simulator untuk pelatihan semakin ramai menjadi pilihan pengusaha salah satunya untuk mengurangi cedera hingga kematian.

VR simulator menggunakan teknologi Virtual Reality, salah satu bentuk teknologi imersif yang semakin luas penggunaannya. Disebut teknologi imersif sebab inovasi ini sanggup membawa penggunanya benar-benar menyelami dunia virtual secara menyeluruh.

Dalam dunia VR, batas antara dunia nyata dan maya menjadi hilang. Tidaklah mengherankan bahwa setiap menikmati konten VR terasa menjelajahi dunia lain. VR memfasilitasi interaksi antar pengguna yang diwakili oleh avatar masing-masing.

Bagi yang belum pernah menggunakan VR, teknologi ini paling gampang dikenali dengan adanya headset yang berbentuk setengah helm. Alat inilah yang membawa pengguna ke dunia virtual. Untuk mencapai inovasi secanggih sekarang, teknologi VR telah mengalami perkembangan yang sangat lama, yakni sejak 1968 oleh Ivan Sutherland. Ia mempunyai ide awal membuat head-mounted display, yang sejak itu berkembang secara perlahan menjadi secanggih dan seluwes pemakaiannya hingga sekarang.

Pentingnya VR Simulator untuk Pelatihan

VR simulator untuk pelatihan menjembatani berbagai bentuk pelatihan, baik untuk karyawan yang baru bergabung atau yang sudah lama. Umumnya, divisi Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Capital (HC) merancang materi pelatihan atau memperbaharui yang sudah ada untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

Cara konvensional yang selama ini masih berlaku adalah mengadakan pelatihan tatap muka dengan mengundang pengisi dari dalam atau luar perusahaan. Peserta akan diminta datang pada jam dan tempat tertentu. Keseluruhan pelatihan tradisional ini bisa berupa pemberian teori sekaligus prakteknya.

Selain lebih boros waktu, jenis pelatihan ini kurang praktis. Bahkan, pada jenis pekerjaan yang cukup riskan, model simulasi ini berpeluang menyebabkan cedera, bahkan kematian. Contohnya adalah simulasi pemadaman kebakaran, penyelamatan korban bencana alam, atau penerbangan pesawat bagi pilot pemula.

Di bawah ini beberapa keunggulan VR simulator untuk pelatihan yang bisa menjadi solusi bagi perusahaan Anda:

1. “Menghidupkan” suasana pelatihan

VR simulator untuk pelatihan sanggup “meramaikan” kelas pelatihan sehingga peserta menjadi lebih tergugah untuk menanggapi materi. Pelatihan benar-benar akan berjalan dua arah, tidak hanya dari pemateri saja sementara peserta pasif.

Manfaat tersebut dimungkinkan dengan sifat VR sendiri yang meramu bahan pelatihan menjadi wujud konten yang lebih interaktif dan kreatif. VR menyajikan obyek dalam format 3 dimensi dalam balutan multimedia sehingga proses pembelajaran tidak lagi monoton.

2. Mengurangi risiko cedera fisik

Seperti yang telah disinggung di atas, manfaat VR simulator untuk pelatihan yang paling kentara adalah menghindarkan peserta dari risiko cedera fisik, mulai dari luka ringan hingga kematian.

Keunggulan ini dapat diperoleh dengan penyajian VR simulator sendiri yang sedemikian nyata sehingga peserta merasa dalam suasana kerja yang sesungguhnya tergantung tema pelatihan. Mereka tidak perlu khawatir luka sebab betapa pun sulit dan berisikonya simulasi, tetaplah mereka menjalani simulasi secara virtual.

contoh Virtual Reality

3. Mendatangkan pengalaman pelatihan yang praktis sekaligus nyata

VR simulator untuk pelatihan memang memangkas banyak kendala untuk menghadirkan kemudahan dalam menyerap materi. Tetapi, kepraktisan ini tidak serta merta mengurangi esensi dari pokok pelatihan itu sendiri. Peserta akan tetap belajar secara maksimal layaknya yang mereka dapatkan di ruang kelas secara tradisional.

4. Menyesuaikan dengan kondisi setiap peserta

Pelatihan memakai VR dapat disesuaikan dengan kondisi setiap peserta. Melalui pilihan personalisasi, peserta pelatihan bisa belajar secara lebih fleksibel. Peserta pelatihan dapat memilih jenis prosedur simulasi sesuai minat dan kemampuan pribadi.

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

5. Menghemat waktu dan anggaran

VR simulator untuk pelatihan cocok dengan anggaran, baik peserta dan perusahaan. Bagi peserta, mereka bisa menghemat ongkos ke lokasi simulasi sebab pelatihan bisa dikerjakan di rumah masing-masing. Di lain pihak, perusahaan bisa mengirit anggaran untuk mendatangkan instruktur hingga menyediakan ruangan khusus untuk pelatihan.

Portofolio VR Simulator untuk Pelatihan dari Kami

Kami telah membuat simulator pelatihan untuk klien dari berbagai sektor. Berikut penjelasannya:

1. Commuter Line Simulator

Commuter Line (KRL) menjadi alat transportasi yang sangat penting bagi jutaan warga Jabodetabek setiap harinya. Kesalahan sekecil apapun akan mempengaruhi kehidupan penduduk Jakarta dan sekitarnya dalam bepergian dari pagi hingga tengah malam.

Untuk mengurangi risiko kesalahan, Sofyan Hadi dari Pusat Pelatihan Teknis perusahaan tersebut pernah meminta kami membuat VR simulator untuk pelatihan bagi calon masinis. Dalam simulasi virtual ini, calon masinis dapat belajar mengemudikan KRL dari Stasiun Kota ke Stasiun Bogor sembari belajar mengatasi berbagai kemungkinan masalah yang bisa jadi muncul selama bekerja.

2. BCA Interview Simulation/Pelatihan Wawancara BCA

Umumnya, wawancara masuk kerja dilakukan menggunakan tenaga manusia melalui divisi SDM atau HC. Bank Central Asia (Bank BCA Tbk) pernah bekerjasama dengan kami dalam menghadirkan pengalaman wawancara yang beda dari biasanya, yakni simulasi rekrutmen memakai VR. Dalam simulasi wawancara ini, peserta bisa belajar mengenai nilai BCA dan profil perusahaannya. Mereka juga bisa menjawab pertanyaan secara virtual untuk melengkapi proses wawancara secara keseluruhan.

Baca juga: Sewa VR Games Custom, Lipat Gandakan Konversi Penjualan di Event

3. Flying Jet Simulator VR Campaign (Kampanye Simulator Jet Terbang VR)

Tidak melulu untuk melatih karyawan, Anda bisa memanfaatkan teknologi VR untuk mendukung kampanye pemasaran tertentu. Inilah yang kami kerjakan untuk klien kami, Djarum MLD. Brand ini meminta kami membuat simulasi VR untuk menghidupkan kampanye “Dare to Be You” dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Dalam simulasi ini, pengunjung gerai mereka bisa menjajal “terbang” tanpa harus meninggalkan tanah berkat simulasi VR ini.

4. Simulasi Lempar Granat

Akademi Militer pernah berkolaborasi dengan kami untuk menciptakan beberapa skenario pelatihan VR bagi calon perwira. Salah satu pelatihannya dalah melempar granat. Selain cepat dan praktis, calon perwira militer bisa secara lekas melihat hasil pelatihan tersebut melalui simulasi VR ini.

Prediksi Pemanfaatan VR untuk Pelatihan Kerja

Sebagai bagian dari inovasi teknologi, VR akan terus berkembang dan semakin fleksibel menyediakan solusi bagi berbagai industri. Hal ini dimungkinkan dengan kolaborasi teknologi VR dengan inovasi lainnya, seperti kecerdasan buatan, big data, hingga digital marketing.

Contoh pemanfaatan VR simulator untuk pelatihan diprediksi bukan lagi untuk pelatihan penangkal risiko kecelakaan kerja melainkan juga diterapkan di kelas formal. Dengan kecakapan yang kian terasah melalui pelatihan berbasis VR, pekerja akan lebih terlatih mengambil keputusan secara cepat saat situasi kritis.

Dan jika perusahaan Anda saat ini sedang mencari mitra penyedia VR simulator, dengan senang hati kami akan menjawab kebutuhan perusahaan Anda. Silahkan menghubungi kami untuk konsultasi awal tanpa dipungut biaya.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *