Bukan tanpa alasan pihak pemadam kebakaran di California, Amerika Serikat, memilih training vr pemadam kebakaran sebagai alat simulasi pelatihan para calon anggotanya. Selama 2019 saja, lebih dari 6.402 kebakaran terjadi di negara bagian ini. Sekitar 250.249 hektar lahan telah hangus sehingga menyebabkan tiga orang kehilangan tempat tinggal mereka. Bencana tersebut membuat biaya ganti rugi meningkat hingga melampaui US$163 juta. 

Kebakaran, atau yang lebih tepatnya disebut badai api, di California sanggup melahap 10 ribu hektar hutan hanya dalam waktu satu jam. Petugas pemadam kebakaran setempat memiliki tugas menantang yang selama ini sulit diterjemahkan ke dalam pelatihan standar hingga sekarang.

Sebagai solusi atas masalah di atas, Departemen Pemadaman Kebakaran Cosumnes mencanangkan pelatihan pemadaman kebakaran bagi team damkar baru menggunakan bantuan teknologi Virtual Reality (VR). Mereka mengikuti pelatihan ini yang terbagi ke dalam tujuh skenario kebakaran.

Simulasi Training VR Calon Anggota Pemadam Kebakaran

image source: vrscout
image source: vrscout

Tenaga baru ini memasang VR headset untuk memvisualisasikan dan memperoleh pengalaman bagaimana api bisa membesar, perubahan singkat selama kebakaran, beserta asap dan api yang bisa menyebabkan kebakaran liar nan kilat. Mereka turut mempelajari situasi kebakaran yang bisa menyebabkan luka parah atau kematian dalam latihan berbasis VR tersebut.

Baca juga: Pelatihan VR Untuk Ruang Kendali Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Departemen itu telah berhasil menempatkan 20 tenaga baru dalam pelatihan berbasis VR dengan dua lusin headset sejak pertama kali meluncur pada Oktober 2019. Program ini sangat bermanfaat. Hampir setiap tenaga baru tersebut mengatakan program itu membuat mereka lebih siap dalam kondisi kebakaran darurat yang sesungguhnya. Materi selama pelatihan itu memberikan bekal pengetahuan yang cukup dalam mengatasi masalah selama bekerja nantinya.

Kepala Departemen tersebut, Mike McLaughlin, berencana menggunakan kembali teknologi VR tersebut dalam akademi pelatihan petugas pemadam kebakaran di departemennya di masa mendatang.

Teknologi VR memang memiliki banyak sekali manfaat yang dampaknya bisa dirasakan oleh penggunanya, khususnya sebagai media simulasi dan pelatihan. Seperti contohnya Walmart yang sudah sejak lama menerapkan teknologi VR ini untuk melatih karyawannya dan melakukan investasi hingga ribuan unit headset VR.

Efektif dan menghindarkan banyak resiko kecelakaan menjadi keunggulan VR sebagai media pelatihan pemadaman kebakaran. Inovasi training VR pemadam kebakaran ini layak dipertimbangkan bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melatih tenaga pemadam kebakaran agar sigap mengatasi kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih aman, hemat biaya, dan mudah di pahami

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?