Oculus Go: Headset VR Ternyaman dan Murah Untuk Berselancar di Dunia Virtual?

Oculus Go merupakan sebuah gear Virtual Reality (VR) produksi Oculus yang diklaim ternyaman dengan harga murah untuk berselancar di dunia virtual. Terdengar hiperbola, sebutan sebagai headset VR ternyaman memang layak disematkan ke headset VR ini.

Mempunyai tampilan dalam yang tajam dan terdapat built-in speakers yang menghasilkan suara audio yang jernih dan nyaman untuk didengar.

Dengan harga yang dibanderol sekitar US$199 atau sekitar Rp2,7 juta saja, gawai virtual reality ini tidak membutuhkan perangkat smartphone ataupun komputer untuk menggunakannya.

Harga Oculus Go sendiri hanya terpaut US$70 saja dari pendahulunya yakni Oculus Gear yang dijual sekitar US$129 atau sekitar Rp1,74 juta saja. Bedanya, Oculus Gear harus membutuhkan dukungan perangkat komputer maupun smartphone untuk dapat berselancar di dunia virtual. Baik Oculus Go dan Oculus Gear, harga keduanya jauh berada di bawah perangkat Oculus lainnya yakni Oculus Rift yang dijual di harga Rp6,73 juta.

Baca Juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Bagi Anda penggemar konser ataupun film, dan seorang penggemar gim yang seringkali menggunakan perangkat VR, tentu ketika menjajal Oculus ini akan mendapatkan pengalaman yang lebih ketimbang ketika menggunakan perangkat VR lainnya.

Dikutip dari laman resminya, perangkat Oculus Go mempunyai tampilan resolusi gambar hingga 2.560×1.440 dengan tambahan audio spasial yang terintegrasi. Ini memiliki arti jika perangkat ini dapat digunakan tanpa headphone, tapi juga tersedia lubang kabel 3,5 mm untuk penyuka headphone.

Meski dikenal sebagai pemain utama pembuat perangkat headset teknologi virtual reality untuk umum, produk-produk milik Oculus dikenal berkualitas dan masuk kategori premium.

Dalam hal material dan desain, perangkat ini mempunyai tampilan mirip dengan DayDream View headset milik Google. Dilengkapi strap elastis yang halus untuk membuat kacamata dapat terpasang dengan pas di kepala pengguna.

Oculus go

Untuk bobotnya sendiri, perangkat ini sangat ringan, hanya satu pon lebih. Spesifikasi hardware sama dengan smartphone mid-range, termasuk prosesor Snapdragon 821 dan 32GB atau 64GB penyimpanan. 

Berasa kokoh secara keseluruhan bentuk luarnya, itu berkat kerjasama dengan mitra manufakturnya yakni Xiaomi. Anda perlu menggunakan semacam case pelindung jika ingin membawa headset VR ini untuk bepergian, karena layarnya terlalu sensitif untuk dibiarkan terbuka. Dan, tidak seperti smartphone, Anda tidak dapat benar-benar menggunakan headset VR dengan layar yang retak.

Pengontrol gerakan yang disertakan terasa seperti evolusi dari Gear VR – ringan dan cocok dengan kontur tangan Anda. Ada trackpad di bagian atas, yang berfungsi ganda sebagai tombol, serta tombol kembali yang beranda di bawah. Jari telunjuk Anda berada di pemicu, sesuatu yang merupakan fitur penting untuk berinteraksi dengan lingkungan VR.  Gawai ini juga diklaim dapat bertahan selama 2,5 jam saat Anda menonton video, dan sedikit lebih dari dua jam saat bermain game.

Oculus Go juga hanya memiliki akses terbatas pada library untuk gim yang kompatibel dengan sistem yang ada. Namun dikabarkan jika perangkat ini akan menjalankan fitur pada Facebook yang akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Nah, apakah Anda tertarik untuk membeli dan mencobanya?

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *