potensi Virtual Reality

Potensi Virtual Reality and Masa Depannya untuk Bisnis

Potensi Virtual Reality (VR) di masa depan saat ini mengarah ke pengalaman yang melibatkan berbagai inderawi. Tidak hanya untuk memanjakan mata, penggunanya bisa menikmati sentuhan, bau, dan bahkan rasa. Semakin realistis dunia virtual, kian imersif dan memikat pengalaman bagi pemakainya.

Menurut studi pasar, virtual reality diprediksi tumbuh secara eksponensial dalam lima tahun mendatang. Artikel berikut akan menjelaskan tentang masa depan VR. Penjelasan akan kami mulai dengan melihat apa yang mungkin terjadi pada pasar VR menurut beberapa studi dan riset terkemuka. Kami juga akan melihat rincian terkait dengan perkiraan pertumbuhan untuk produk VR, komponennya, dan beragam segmen berbeda.

Memainkan GAMES dalam Virtual Reality

Pasar VR dan AR diperkirakan tumbuh pada tingkat pertumbuhan per tahun atau Compounded Annual Growth Rate (CAGR) 63,3% antara 2018 dan 2025. Pada 2025, laju CAGR diperkirakan akan mencapai US$571 miliar. Pertumbuhan ini sebagian besar berasal dari pemakaian piranti cerdas yang berkelanjutan, misalnya kenaikan konektivitas Internet, dan pertumbuhan dalam mobile gaming. Amerika Utara terus mengambil pangsa pasar terbesar VR dan AR namun pasar Asia Pasifik akan berkembang menjadi yang terbesar. Perkembangan pesat akan terjadi di Tiongkok, India, Jepang, dan Korea Selatan berkat permintaan tertinggi untuk tampilan piranti gaming dengan semacam helm di kepala. Walau demikian, industri ini akan terus berjuang disebabkan oleh kurangnya desain yang efektif untuk menghadirkan pengalaman lebih ramah pengguna serta adopsinya yang lambat di negara dengan ekonomi kurang maju.

VR dan AR hadir di smartphone dan tablet reguler

Potensi virtual reality dan augmented reality diperkirakan mencapai pertumbuhan CAGR 48,8% selama masa perkiraan 2020 hingga 2025. Prediksi ini akan menembus US$161,1 miliar dalam pendapatan pada 2025. Pasar akan tumbuh berkat bertambahnya penerimaan AR/VR dan daya tanggap yang positif terhadap teknologi ini. Industri akan melihat penggabungan VR dan AR untuk menghasilkan dunia campuran yang akan diterapkan untuk aplikasi potensial di masa depan.

Potensi Virtual Reality di masa depan

Virtual reality mempunyai potensi untuk merevolusioner cara kita berkomunikasi satu sama lainnya. Di masa depan, terdapat kemungkinan kita bisa berinteraksi dalam percakapan tatap muka secara virtual tanpa terhambat oleh jarak. Hal ini bisa mengarah ke koneksi yang lebih imersif dan emosional dengan orang di seluruh dunia. Potensi tersebut bisa dimungkinkan hingga pada 2030, perkembangan pesat komponen miniatur, seperti tampilan mikro dan baterai, akan bisa secara signifikan mengurangi ketebalan pada headset VR saat ini.

Virtual Reality dan penggunaannya

Virtual reality merupakan penggunaan teknologi komputer untuk menciptakan lingkungan yang tersimulasi. VR meletakkan penggunanya di dalam pengalaman tiga dimensi. Daripada hanya melihat layar di depan, pemakainya bisa terbenam dan berinteraksi dengan dunia 3D.

Jenis Virtual Reality

1. Virtual Reality Non-Imersif

Pengalaman virtual non-imersif seringkali diabaikan sebagai kategori VR sebab telah begitu sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini menyediakan lingkungan yang dihasilkan oleh komputer namun membuat penggunanya tetap waspada dan menjaga kendali atas lingkungan fisik mereka. Sistem VR non-imersif bergantung pada komputer atau konsol video game, pajangan atau display, dan piranti untuk input, seperti keyboard, mic, dan kontroler. Video game merupakan contoh tepat pengalaman VR non-imersif.

2. Virtual Reality Semi Imersif

Pengalaman virtual semi imersif memberikan lingkungan yang setengah virtual ke penggunanya. Metode ini masih memberikan persepsi ke pemakai bahwa mereka berada di dunia yang berbeda saat berfokus pada gambar digital tetapi membuat pemakainya tetap terhubung dengan sekitar mereka sesungguhnya. Teknologi semi imersif memberikan realisme melalui grafik 3D, istilah yang dikenal sebagai kedalaman realita vertikal. Grafik yang lebih terperinci menghasilkan perasaan yang lebih imersif. Kategori VR ini seringkali digunakan untuk tujuan pendidikan atau pelatihan serta bergantung pada pajangan dengan resolusi tinggi, komputer yang canggih, proyektor atau simulator keras yang secara sebagian mereplikasi desain dan fungsi mekanisme dunia nyata.

3. Virtual Reality yang Benar-Benar Imersif

Simulasi yang sebenarnya imersif memberikan pengguna pengalaman simulasi yang paling realistis, lengkap dengan penglihatan dan suara. Untuk merasakan dan berinteraksi dengan VR yang benar-benar imersif, pengguna memerlukan kacamata VR yang tepat atau Head Mount Display (HMD). Headset VR memberikan konten dengan resolusi tinggi plus pandangan yang luas. Tampilan ini biasanya membagi antara pandangan pengguna untuk menciptakan efek 3D stereoskopik dan memadukan dengan pelacakan masukan untuk membangun pengalaman yang imersif dan masuk akal. Tipe VR ini telah secara umum diadaptasi untuk gaming dan tujuan hiburan lainnya tetapi penggunaan di sektor lainnya, seperti pendidikan saat ini tidak kalah populernya. Potensi VR tidak terbatas.

Contoh pemakaian Virtual Reality

  • Olahraga
  • Ritel
  • Otomotif
  • Perawatan kesehatan
  • Pendidikan/Pelatihan

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Keunggulan Virtual Reality

1. Pelatihan praktis

VR merupakan cara aman untuk mensimulasi situasi berbahaya untuk tujuan pelatihan. Pemadam kebakaran, pilot, astronot, dan polisi, dapat mempelajari lingkungan yang terkendali sebelum pergi ke lapangan. Pengalaman imersif mengerucutkan kerangka waktu sehingga peserta pelatihan bisa lebih cepat menjadi staf profesional.

2. Keterlibatan dan Koneksi

VR memberikan pengalaman yang menghibur dan interaktif bagi penggunanya.

3. Konferensi yang Nyaman

Rapat virtual menghemat waktu dan uang sembari mempertahankan nilai kesatuan sebagai rekan kerja.

4. Kemampuan “Uji Coba”

Rasa bersalah pembelanja akan menjadi masa lalu dengan VR. Anda bisa menggunakan VR untuk mempercantik rumah Anda, mencoba mobil atau menjajal band untuk pernikahan tanpa perlu meninggalkan rumah.

Kesimpulan

Masa depan VR dan AR sangatlah menarik sebab bisa digunakan di sektor perawatan kesehatan, pariwisata, ritel, pendidikan, kerja dari jarak jauh, dan hiburan. Seiring dengan kemajuan teknologi ini, kita dapat melihat lebih banyak penggunaan yang lebih inovatif dan transformatif dalam beberapa tahun mendatang. Teknologi ini menawarkan pengalaman belajar imersif yang menyediakan banyak cara untuk melihat dunia di sekitar mereka, mempromosikan kolaborasi dan meningkatnya keterlibatan dan motivasi. MonsterAR siap memfasilitasi perusahaan Anda meraup berbagai keuntungan di atas. Tim kami terdiri dari tim teknis, kreatif, dan pemasaran yang telah berpengalaman menangani berbagai jenis proyek selama lebih dari 10 tahun. Silahkan menghubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *