Era menuju Virtual Reality (VR) kini bukan lagi sekedar teknologi alternatif. Penggunaannya bagi segala bidang industri telah membuat manusia mengakui bahwa teknologi tersebut memang sangat dibutuhkan kegunaannya untuk menunjang segala aspek kehidupan. Kini era menuju VR telah di depan mata kita.

Dalam perkembangannya, VR telah menjadi salah satu teknologi yang diadopsi untuk berbagai kebutuhan manusia. Hal itu semakin membuat popularitas untuk penggunaan VR menjadi diakui dan terdepan. Di tahun 2014 lalu saja, facebook bahkan mengakuisisi Oculus yang mana facebook tahu betul bagaimana potensi VR di masa depan, selain itu dengan mengakuisisi Oculus, maka pergerakan facebook menjadi lebih mudah dalam melebarkan sayap bisnis yang berkaitan dengan penggunaan teknologi VR.

Beberapa perusahaan di Indonesia sendiri telah memanfaatkan teknologi VR untuk beberapa produk mereka, meskipun belum secara langsung. Hal tersebut karena terkendala berbagai hal ketika akan mengimplementasi secara langsung. Namun, pastinya VR telah banyak dibicarakan di berbagai komunitas teknologi yang ada di Indonesia. Hal tersebut berhubungan dengan market yang sangat besar ketika akan dipergunakan untuk berbagai fasilitas baik untuk marketing ataupun keperluan internal teknologi bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

illustrasi (Getty Images)

Dapat dibayangkan apabila pemanfaatan VR tersebut dapat menyasar sektor hiburan yang mana di sana anak-anak dapat menikmatinya sambil bertamasya berkeliling kastil ataupun versi disneyland tanpa harus benar-benar pergi ke tempat tersebut. Dengan memanfaatkan perangkat VR dan juga konten yang telah dibuat sedemikian rupa dengan canggihnya membuat kita dapat menjelajah dunia virtual seperti halnya dunia realita yang ada.

Namun kecenderungan manusia yang seringkali pesimis ketika mereka tidak dapat menghadapi realita yang dihadapi saat VR telah menggantikan banyak lini aktivitas yang biasanya dilakukan oleh manusia demi tujuan tertentu.

Pada saat teknologi VR telah dipergunakan oleh banyak manusia, tentu saja manusia harus bersiap-siap untuk mengupgrade semua kemampuan yang dimiliki jika tidak maka mereka akan tergantikan baik dari semua lini aktivitas dan kebutuhan di kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, tahun keemasan bagi VR telah terbuka di depan mata. Hanya tinggal menunggu waktu saja, maka tunggulah saat itu tiba, saat semua aktivitas manusia akan separuhnya dikendalikan dan bergantung kepada teknologi VR.

Baca juga: The Best and Most Trustworthy Virtual Reality Company in Indonesia

illustrasi (Getty Images)

Tidak seperti halnya Internet yang menjauhkan diri kita dari dunia nyata, VR sesungguhnya dapat menggabungkan antara benda maya, baik itu dua dimensi maupun tiga dimensi, dalam kehidupan kita sehari-harinya. Bahkan kemunculan benda maya tersebut bisa di mana pun dan kapan pun diinginkan. Teknologi ini membutuhkan kombinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak supaya dapat berfungsi dengan baik.

Itulah kenapa teknologi VR diciptakan supaya memudahkan manusia berinteraksi dan beraktivitas selayaknya teknologi sebagai pendukung penuh kehidupan manusia, dan oleh karenanya tentu manusia dituntut mengikuti perkembangan zaman berdasarkan teknologi tersedia dan dipergunakan banyak orang saat ini.

Dengan adanya teknologi Virtual Reality yang mulai diterapkan di beberapa negara, maka bukan hayalan lagi jika suatu saat negara Virtual Reality akan dapat diwujudkan. Dan tentu saja Era menuju Virtual Reality akan menjadi kenyataan. Nah, apakah kita siap menghadapi dunia dengan realita virtual tersebut, saat itu maka era keemasan virtual reality akan datang.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?