Banjir konten membuat digital marketing agency atau agen pemasaran digital memutar otak agar tetap menarik di mata audiens. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) adalah jawaban agar strategi digital marketing tetap terdepan.

Dengan hanya mengandalkan konten konvensional seperti di media sosial dan YouTube, strategi digital marketing tidak akan cepat mencapai sasaran. Audiens mulai jenuh dengan model konten, baik dalam bentuk video, grafis, hingga teks, yang berseliweran di feed dan story mereka.

AR dan VR Tawarkan Pengalaman Imersif

Sudah saatnya digital marketing beranjak dari tipe konten yang bersifat satu arah ke jenis yang melibatkan audiens. Tipe promosi seperti ini layak memperoleh dukungan dari AR dan VR. Keduanya sanggup menghadirkan pengalaman imersif dan interaktif bagi audiens. Tentu saja, pengalaman tersebut berdasarkan pada konten pemasaran digital yang kreatif.

VR sendiri adalah jenis teknologi interaktif yang dihasilkan oleh komputer dengan menstimulasi lingkungan dalam bentuk tiga dimensi. Penggunanya akan merasa seolah-olah berada dalam dunia nyata.

Sedangkan AR adalah teknologi interaktif yang menambahkan atau meningkatkan pandangan lingkungan saat ini melalui grafis yang dihasilkan oleh komputer. Dari sinilah tercipta interaksi antara dunia nyata dengan informasi virtual. Contoh terpopuler adalah Pokémon Go, yang memadukan nostalgia dengan teknologi terbaru.

Masa Depan untuk Digital Marketing Agency

Teknologi AR dan VR sudah mengambil perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari raksasa teknologi hingga konsumen itu sendiri. Banyak yang telah memasukkan strategi berbasis AR dan VR ke dalam keseluruhan kampanye pemasaran digital mereka. Pemakaian AR dan VR bahkan turut membenamkan karakter baru bagi perusahaan yang memakainya sebagai korporasi yang inovatif.

Pada 2014, Facebook membeli Oculus Rift, headset VR yang dulunya dibuat oleh Palmer Luckey senilai 2 miliar USD. Teknologi AR seperti Magic Leap meraih pendanaan hingga 592 juta USD dari Google.

Penggunaan AR dan VR secara otomatis menguatkan brand dan menjadikannya berbeda dari brand lain pada sektor yang sama. Yang paling kentara adalah pengalaman konsumen atau pengguna yang berkali lipat lebih berkesan dibandingkan dengan hanya memakai saluran konvensional seperti yang selama ini ada.

Baca juga: Virtual Reality Jakarta dan Peluang Bisnisnya yang Menguntungkan

Di dalam headset AR dan VR, konsumen atau pengguna bisa menikmati konten yang sangat menarik dan imajinatif. Mereka diajak menjadi bagian dari kampanye, bukan lagi sebagai penerima saja.

Bagi brand, digital marketing agency bisa menawarkan konsep konten berupa di balik layar pembuatan produk ke calon konsumen. Cara ini dapat mendatangkan informasi berharga tentang pengalaman pengguna ke digital marketing agency. Seiring dengan populernya AR dan VR, masa depan digital marketing akan semakin berfokus pada konsumen. 

Cara Baru Bercerita

Konten digital marketing memakai teknik bercerita termasuk yang efektif membangkitkan rasa keingintahuan audiens. Dua teknologi ini membuat brand bisa membawa konsumen dalam perjalanan sehingga mereka terlibat dalam hubungan yang lebih pribadi dengan brand Anda.

Untuk mencapai tujuan tersebut, brand harus mengingat bahwa mereka hanyalah pencerita sedangkan konsumen mengendalikan bagaimana mereka berinteraksi dengan produk brand Anda. Bagi digital marketing agency, audio dan visual harus digunakan seoptimal mungkin agar konsumen bisa berinteraksi dengan produk sebagaimana yang diharapkan.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan AR dan VR bisa dinikmati oleh kalangan yang semakin luas. Ini berkat hadirnya smartphone yang terus meningkatkan kemampuan fiturnya. GPS dan kamera merupakan dua komponen penting yang membuat smartphone bisa diandalkan untuk mendukung pemakaian AR dan VR.

Bagi pasar Indonesia, digital marketing agency perlu mempertimbangkan penggunaan AR dan VR yang akan semakin menjadi pembeda. Pengguna media sosial atau calon konsumen kini semakin jeli mencerna konten dan selalu mendambakan hal yang inovatif setiap tahunnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami