Bagi seorang digital marketer, menguasai strategi marketing online merupakan suatu kewajiban dalam usahanya menjual produk atau layanan atau jasa kepada calon konsumen secara online.

Strategi marketing online atau sering disebut juga dengan istilah Digital Marketing merupakan teknik marketing masa kini yang bermodalkan internet. Selain jangkauannya hingga ke seluruh dunia, marketing online juga dapat dilakukan hanya melalui perangkat personal komputer Anda. 

Langkah dalam menjalankan strategi marketing online tentu saja berbeda dengan langkah marketing secara tradisional. Jika umumnya dulu, marketing bergantung kepada pamflet, billboard, atau iklan di media elektronik dan cetak, kini aktivitas marketing jauh lebih mudah dilakukan. 

Penerapan strategi digital marketing, akan menjadikan proses marketing suatu brand menjadi lebih mudah dan efisien. Bahkan, anggaran yang dikeluarkan pun akan jauh lebih terjangkau. 

Mengapa Harus Digital Marketing?

Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi marketing online ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan marketing secara online atau sering juga dikenal dengan online marketing. Sederhananya, definisi online marketing adalah sebuah usaha untuk memperkenalkan suatu produk ke masyarakat luas melalui internet.

Strategi marketing online menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak perusahaan yang ingin berkembang di masa kini. Teknologi yang terus mengalami pergerakan ke arah yang lebih maju, membuat semua lini harus turut bergerak jika tidak ingin stagnan.

Banyaknya pengguna internet membuat cara membangun brand dan mempromosikannya berubah. Strategi digital marketing dinilai cukup efektif untuk menjangkau pasar secara lebih luas dan tepat sasaran ketimbang cara konvensional.

Menurut data laman We Are Social, di tahun 2016 lalu terdapat lebih dari 7,5 miliar masyarakat di seluruh dunia yang memiliki akses terhadap internet. Hal ini merupakan sebuah ceruk pasar yang sangat besar yang dapat digarap oleh pelaku bisnis. Caranya tentu dengan online marketing alias internet marketing.

Dengan marketing online ini, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memberikan penawaran produk dan layanan, yang waktunya tak terbatas. Ditambah dengan sifat internet yang interaktif dalam memfasilitasi komunikasi langsung antara brand dan konsumen, sehingga memungkinkan pebisnis dapat merespons dengan cepat apapun kebutuhan konsumen terhadap perubahan di pasar.

Anda seorang pengusaha atau tengah mengembangkan bisnis? Jika iya, yuk segera mulai untuk memperhatikan peluang ini. Jangan sampai menunda dan membuat Anda malah mengeluarkan dana yang sia-sia.

Mengenal Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau bisa disebut dengan digital marketing merupakan metode atau strategi yang bisa digunakan untuk melakukan promosi melalui media digital atau internet.

Konsep digital marketing saat ini banyak perusahaan gunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau brand. Tujuan utama dari digital marketing sendiri adalah menarik konsumen atau target market dengan lebih tepat sesuai sasaran.

Mengingat saat ini jumlah pengguna internet sudah banyak sekali dan hampir seluruh dunia memakainya. Sehingga dengan melakukan pemasaran digital akan jauh lebih menjangkau sasaran ketimbang memakai metode konvensional.

Apalagi metode pemasaran digital tersebut bisa membantu untuk memfilter target market. Sehingga tidak banyak membuat sia-sia saat membuat iklan promosi. Tren digital marketing yang semakin banyak peminatnya membuat para perusahaan bersaing untuk membuat konten menarik, sehingga dalam tampilan pemasaranya di dunia maya bisa membuat target pasar tertarik. 

6 Strategi Marketing Online Jitu Wajib Dimiliki Pebisnis

Dengan menerapkan strategi marketing online, Anda akan diuntungkan karena, strategi marketing online dapat mempromosikan bisnis Anda dengan cepat dan tepat. Tentunya sesuai target market yang dituju. 

Namun tidak hanya Anda sebagai pemilik bisnis saja yang diuntungkan dengan strategi marketing online ini. Di sisi calon konsumen pun, ternyata sangat mempermudah mereka dalam mengambil keputusan apakah akan membeli produk maupun menggunakan layanan atau jasa ataukah tidak. Sebab melalui internet, konsumen akan mudah dalam mencari review maupun ulasan mengenai produk atau layanan yang dipromosikan tersebut.

1. Personal Branding

Bangun personal branding untuk produk dan perusahaan Anda. Proses branding akan membantu untuk meningkatkan citra pribadi perusahaan maupun produk. Selain itu, personal branding juga akan membantu meningkatkan koneksi lebih kuat.

Misalnya ketika melakukan kerja sama bisnis, maka mitra akan lebih mempercayai kredibilitas perusahaan. Nah, tentu ini akan membantu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis.

Teknologi augmented reality (AR) dapat menjadi tools untuk mendongkrak personal branding Anda dengan memberikan kesan “luar biasa”, khususnya jika dikombinasikan dengan kartu nama yang menjadi penghubung antara Anda dengan klien atau mitra Anda, seperti contohnya yang pernah dibuat MonsterAR untuk PT. Tiara Buana Mandiri (TBM) berikut ini.

2. Strategi Marketing Online Menggunakan Konten

Keberhasilan dari konten marketing terletak pada penyusunan strategi yang tepat. Apakah konten Anda dapat menarik dan bisa memberikan bantuan kepada target pasar atau tidak.

Anda bisa menggunakan konten sebagai suatu upaya membantu para target pasar bisa menyelesaikan masalahnya, dan berbagai bantuan yang dikombinasikan. Sehingga akan terlihat profesional dan menarik.

Baca juga: Strategi Bisnis Properti AR/VR Dongkrak Omzet Bisnis Anda

3. Melakukan Optimasi pada Search Engine

Proses Search Engine Optimisation (SEO) akan membantu membuat situs perusahaan bisa terlihat pada mesin pencarian internet. Sehingga akan memperoleh banyak sekali lalu lintas ketika seseorang hendak melakukan pencarian produk.

Proses optimasi untuk membuat situs bisa berada di posisi pencarian organik salah satunya berasal dari struktur teknis dan bagaimana strategi pengembangan kontennya.

SEO adalah investasi marketing yang berdampak bagus dan jangka panjang untuk perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik.

4. Conversion Optimization

Bukan hanya sampai pada target pasar melihat iklan saja, melainkan aksi setelahnya. Conversion optimization akan membantu mendapatkan nilai tambah dari para pengunjung. Caranya dengan meningkatkan fungsi konversi yang ada.

5. Strategi Marketing Online Melalui Sosial Media

Suatu peluang yang cukup potensial ketika memelihara para target pasar yang ada di media sosial. Mengingat saat ini ada banyak sekali pengguna media sosial dan bahkan hampir semua pengguna internet memilikinya.

Membangun konten di media sosial juga membantu melakukan marketing yang bagus untuk suatu produk atau brand. Membangun reputasi yang lebih besar dan bisa menangkap peluang masuknya pasar lebih banyak.

Salah satu yang sedang trend dan terbukti efektif saat ini adalah social media marketing dengan menggunakan jasa filter instagram, karena dapat menarik audiens untuk berinteraksi dengan konten IG filter yang dirancang khusus untuk brand Anda, dan secara suka rela menyebarkannya ke teman atau follower mereka.

6. Strategi Marketing Online dengan Email Marketing

Pemasaran email membuka peluang yang luar biasa, pasalnya hampir tidak ada biaya untuk melakukannya. Pebisnis bisa mengumpulkan para target pasar, para pengikut media sosial, hingga potensi mendorong lalu lintas berulang ke situs web perusahaan.

Kesimpulan

Dalam melaksanakan strategi marketing online, tidak bisa hanya memilih salah satu saja jika ingin maksimal. Semua strategi tersebut akan bekerja sama untuk membangun bisnis dan meningkatkan penjualan.

Bagaimana? Anda masih ragu untuk memanfaatkan kedahsyatan online marketing sebagai media untuk memasarkan atau mempromosikan brand Anda? Dengan keberadaan online marketing yang saat ini telah dianggap sama pentingnya dengan offline marketing, dapat menjadi strategi yang jitu bagi pemilik bisnis di mana pun berada. Dan mungkin menjadi jauh lebih penting dimanfaatkan, karena adanya perubahan perilaku konsumen yang telah bergeser dari belanja via offline menjadi online

Oleh karena itulah, bagi Anda para pebisnis dituntut untuk tidak setengah hati dalam merencanakan dan menjalankan strategi marketing online. Maka diwajibkan untuk tidak hanya sekedar hadir di dalam ranah digital atau online saja, tetapi juga dituntut memaksimalkan media online sebagai alat marketing yang baru dan jauh lebih efektif dan menghasilkan, ketimbang melakukan pemasaran melalui cara tradisional atau offline. Namun tidak hanya menggunakan teknologi sebagai alat saja, tetapi Anda pun harus mempersiapkan data, channel serta tim yang terintegrasi untuk dapat menunjang strategi marketing Anda secara tepat guna.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *