Strategi pemasaran digital merupakan cara untuk mempromosikan sebuah merek atau brand dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Di dunia online saat ini, peran pemasaran digital sangatlah penting. Tidak peduli seberapa besar bisnis Anda, pemasaran digital adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, untuk membangun perusahaan dan pendapatan Anda, Anda memerlukan strategi pemasaran digital terbaik yang harus Anda pilih.

Banyak teknik dan praktik yang harus dilakukan dalam strategi pemasaran digital atau online. Sehingga dengan adanya ketergantungan pemasaran offline, akan membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks yang dikirim lewat ponsel), tampilan iklan spanduk, dan media digital luar.

Dengan menggabungkan strategi pemasaran online dan offline, maka kegiatan promosi akan menjadi lebih maksimal. Di dalam strategi pemasaran digital ini, terdapat beberapa faktor di dalamnya yaitu faktor psikologi, humanis, antropologi, dan juga teknologi yang akan menjadi media baru dengan memiliki kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Sehingga menghasilkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Saat ini, pemasaran digital sedang diperluas, untuk mendukung pelayanan bisnis atau perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.  Namun, apakah Anda tahu strategi manakah yang menjadi pilihan terbaik dan relevan  dengan konsumen pada saat ini?

Apa Saja Contoh Strategi Pemasaran Digital?

Di dalam praktiknya, strategi pemasaran melalui digital yaitu menggunakan internet dalam menyampaikan promosi hingga evaluasinya. Beberapa bentuk pemasaran digital pada umumnya berupa video, iklan bergambar, unggahan sosial media, dan lain sebagainya. Tujuan dari pemasaran digital ini tentunya adalah menarik konsumen dan calon konsumen secara tepat dan akurat.

Beberapa contoh strategi pemasaran digital diantaranya adalah kemitraan dengan influencer, strategi pemasaran konten dengan menggunakan panduan atau tutorial online untuk mendorong prospek, mendorong penggunaan sosial media yang lebih masif, dan juga membangun loyalitas konsumen.

Berikut ini beberapa contoh strategi pemasaran digital yang umum dilakukan di era digital ini:

1. Website

Contoh strategi pemasaran digital yang pertama adalah Website atau situs. Website sangat penting dalam menunjukkan profesionalisme sebuah bisnis atau perusahaan, dan membantu konsumen mengenali sebuah bisnis, promosi serta produk atau layanan yang ada.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs web supaya mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian di internet.

3. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten mengenai bisnis yang ada. Hal itu untuk menarik audiens, supaya mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli dan konsumen.

4. Social Media Marketing

Contoh platform pemasaran digital adalah sosial media. Dengan mengedarkan konten promosi di platform di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya,  karena dengan melakukan ini akan dapat menekan budget marketing. Sebab, promosi di sosial media minim biaya dan bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand bisnis yang Anda jalankan.

5. Online Advertising

Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini akan mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan, namun memanfaatkan biaya yang lebih mahal dibandingkan promosi melalui sosial media.

6. Email Marketing

Contoh strategi pemasaran digital selanjutnya adalah email. Perusahaan dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau layanan terbaru yang ada.

7. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs web bisnis Anda, dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda membayar lalu mendapatkan slot teratas pada setiap pencarian di Google dengan pengenaan biaya setiap kliknya.

8. Native Advertising

Strategi pemasaran digital ini adalah sebuah konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten akan terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya adalah Promoted Post dalam Instagram dan Facebook. 

9. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing dalam pemasaran digital adalah ketika perusahaan bermitra dengan layanan atau situs orang lain atau personal, untuk membuat komisi dengan mengarahkan audiens kepada bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube, TikTok Affiliate, Shopee Affiliate, dan lain-lain.

10. Voice SEO

Voice SEO atau optimasi pencarian suara adalah salah satu strategi pemasaran di Internet terbaru bagi bisnis untuk diterapkan. Dengan pengoptimalan penelusuran suara, maka bisnis Anda akan mengoptimalkan konten di dalam situs web milik Anda dengan cara baru yaitu penelusuran suara. Tujuannya agar, situs web Anda  diunggulkan  atau berada di posisi satu teratas dalam hasil pencarian Google.

11. Video Marketing

Melalui cara ini, perusahaan Anda dapat langsung menjelaskan mengenai bisnis menggunakan audio visual, dan menjelaskan panduan penggunaan, serta menampilkan konten testimoni pelanggan. 

Baca juga: Jasa Branding Produk Powerful Melalui Penerapan Teknologi Digital

Mengapa Memerlukan Strategi Pemasaran Digital?

Menetapkan strategi pemasaran digital sangatlah penting. Membangun strategi yang cerdas dan kompetitif untuk sebuah bisnis atau perusahaan, harus dilakukan dengan cara yang terbaik, jika tidak maka penetapan tujuan akhir bisnis tidak akan tercapai.

Tanpa strategi pemasaran Internet, bisnis Anda tidak memiliki peta untuk mencapai tujuan atau sasaran dan hasil utama. Anda tahu apa yang ingin Anda capai, namun Anda tidak tahu bagaimana caranya. Hal ini sering mengarah kepada peluncuran campaign pemasaran digital yang gagal mendorong kepada hasil apa pun. 

Apabila Anda ingin berinvestasi dalam pemasaran digital, maka Anda perlu berinvestasi dalam rencana pemasaran digital yang lebih optimal sehingga dapat merasakan manfaatnya seperti di bawah ini.

1. Dapat Meningkatkan Traffic Website

Dengan penerapan strategi pemasaran digital, salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan traffic ke situs web bisnis yang Anda jalankan.

Ketika orang berkunjung ke dalam situs web, mereka ada di sana karena suatu alasan. Baik untuk mencari informasi mengenai produk atau layanan Anda, mencari cara menghubungi tim Anda, atau membaca postingan terbaru artikel Anda, atau mereka berada di situs web Anda secara tidak sengaja.

Dengan semakin banyak pengunjung yang Anda tarik ke situs bisnis Anda, baik melalui pemasaran konten, SEO, atau pemasaran email, maka akan semakin banyak peluang yang Anda dapatkan untuk memberi tahu calon konsumen tentang apa yang Anda tawarkan. Hasil? Lebih banyak prospek, konversi, dan penjualan tentunya!

2. Tingkatkan Penjualan Produk

Jika bisnis Anda mengoperasikan toko fisik atau offline business, maka salah satu tujuan utama Anda adalah membawa calon konsumen datang ke lokasi Anda. Strategi pemasaran online, seperti  SEO lokal , dapat membantu Anda mencapai sasaran ini dan menarik lebih banyak pengunjung.

Meskipun Anda mungkin merasa bahwa pemasaran digital tidak ideal untuk toko fisik lokal, namun ini adalah strategi yang ampuh untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis Anda. Pengguna akan mengandalkan penelusuran untuk menemukan bisnis di dekat mereka, itulah mengapa  80 persen penelusuran lokal  akan membuahkan hasil yang optimal.

3. Tingkatkan Brand Awareness

Saat Anda menggunakan pemasaran digital, Anda akan menampilkan brand Anda di depan lebih banyak pelanggan potensial, baik melalui hasil pencarian internet, kotak masuk email, platform sosial media, DM Instagram, dan lain sebagainya.  Hasilnya, semakin banyak orang yang tahu tentang brand Anda.

Mereka akan mengenal brand Anda, produk Anda, dan apa yang membedakan Anda dari produk atau layanan yang Anda miliki dengan pesaing Anda. Kemudian, pada saat mereka membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan, kemungkinan besar mereka akan mengingat brand Anda dan melakukan pembelian.

4. Meningkatkan Pendapatan dan Konversi

Tujuan terbesar dan terpenting dari setiap strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan dan meraih target pendapatan. Dengan meningkatkan traffic audiens target Anda ke situs web dan toko Anda, serta bermitra dengan agensi pemasaran digital terbaik, maka Anda akan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Gunakan Strategi Pemasaran Digital Saat ini Juga

Pemasaran digital adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan baru dan mencapai tujuan bisnis yang Anda kelola. Selain itu, sistem ini menawarkan berbagai strategi, mulai dari video, email, hingga sosial media, untuk mencapai tujuan unik bisnis Anda. Baik karena tujuan Anda ingin meningkatkan penjualan, pendapatan, kesadaran, ataukah loyalitas, tentu saja pemasaran digital adalah jawaban yang Anda butuhkan.

Keberhasilan sebuah strategi pemasaran digital Anda bagaimanapun itu, tergantung kepada pengembangan dan pelaksanaannya. Oleh karena itu, jangan abaikan hal ini karena jika Anda tidak melakukan langkah ini sekarang juga, maka bisnis Anda akan jauh tertinggal dari kompetitor Anda. Termasuk ketika Anda mempertimbangkan untuk mengkombinasikan antara strategi pemasaran digital dengan inovasi teknologi masa depan yaitu Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Bukan tidak mungkin brand yang Anda kampanyekan akan meraih semua target pencapaian bisnis, namun akan menghasilkan konsumen yang loyal terhadap produk atau layanan bisnis milik Anda.

__________________________________________________________________________________

Begitu banyak manfaat dan potensi dari pemasaran digital yang dapat Anda manfaatkan. Inilah saatnya bisnis Anda mengejar ketertinggalan yang ada sebelumnya dengan kompetitor. Dan mencapai target di masa depan dapat dengan mudah Anda lakukan jika Anda mau memulainya hari ini! MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang berpengalaman mengambangkan teknologi AR/VR, NFT, Metaverse dan lain sebagainya di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem IT pilihan di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks demi kebutuhan pemasaran digital Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami