Di balik popularitas game VR saat ini, game PS1 masihlah yang terbaik dari segi penyajian cerita, dan pada kenyataannya banyak terobosan yang terlahir saat itu, masih diadopsi ke dalam game-game terbaru saat ini.

Game VR kini telah banyak bermunculan, mulai dari VR Theme Park yang merupakan wahana bermain yang menyajikan beragam game VR di dalamnya, hingga game VR di PlayStation yang kita kenal sebagai PSVR. Bahkan sudah tersedia juga game-game VR di android lho, game terbaik untuk VR di android bisa di lihat di sini.

Tetapi di balik semua itu, terdapat banyak sekali game klasik yang menjadi cikal bakal terlahirnya beragam game VR yang bisa kamu nikmati saat ini, dan banyak di antaranya merupakan game-game seru dan epic yang mungkin masih kamu kenang sampai sekarang, benar?

Karena di atas kita sempat menyinggung soal PlayStation, bagaimana kalau kali ini kita bahas game – game terbaik di console PS1, setuju?

Berikut, daftar 21 game PS1 terbaik, buat kamu yang sedang ingin bernostalgia.

21. Driver: You Are the Wheelman

Merupakan perwujudan dari film kejar-kejaran mobil tahun 70-an dalam bentuk video game. Dalam game ini, kamu berperan sebagai sosok polisi tangguh nan gila yang nabrak sana sini demi menyelesaikan sebuah misi, dengan seting lokasi di New York, San Francisco, Miami, dan Los Angeles.

Hal mengesankan dari game ini adalah, setiap tabrakan yang kamu lakukan akan meninggalkan bekas di mobilmu. Untuk saat ini itu merupakan hal yang biasa, tetapi pada zamannya kala itu di mana teknologi untuk menciptakan sebuah game yang realistis masihlah sangat terbatas dibanding dengan sekara, itu jelas merupakan sebuat spotlight yang layak untuk dijadikan nilai tambah dalam keseruan bermain game.

20. Legacy of Kain: Soul Reaver

Soul Reaver merupakan salah satu game petualangan aksi 3D yang paling memorable di PlayStation karena kisahnya yang begitu kelam, akting suara yang keren, dan aneka ragam mekanisme game yang dimilikinya.

Dalam game ini, kamu akan berpindah antara dunia fisik dan spektral untuk menyelesaikan teka-teki dalam permainan, dan ini menjadi elemen segar dan menarik yang membantu menyelubungi fakta bahwa permainan secara keseluruhan cukup mudah. Tapi mudah tidak selalu berarti buruk, semua tergantung dari bagaimana kamu menikmati permainan dan alur ceritanya secara keseluruhan.

19. Ape Escape

Bukan hanya menjadi salah satu game PS1 terbaik, tetapi merupakan game dengan keunikannya tersendiri. Judul game ini bukan hanya sekedar kiasan, tetapi misi kamu dalam game ini memang menangkap monyet-monyet yang lepas. Sepintas terdengar gila. Ya emang gila, benar-benar gila serunya. Perasaan kamu akan tercampur aduk ketika memainkan game ini, mulai dari perasaan kesal ketika tidak kunjung berhasil dalam menangkap monyet-monyet lepas, perasaan bahagia ketika berhasil menghajar monyet dan menangkapnya, hingga perasaan hype ketika mendapatkan equipment baru dan bisa menjangkau tempat yang tidak bisa kamu jangkau sebelumnya, sehingga kamu diharuskan untuk kembali ke stage-stage sebelumnya untuk menangkap monyet yang sebelumnya tidak bisa kamu jangkau.

Satu lagi nilai tambah dalam game ini yaitu keberhasilannya dalam memaksimalkan penggunaan seluruh tombol dan analog joystick yang kalau dalam bahasa indonesia artinya menjadi tongkat kesenangan, jadi gak usah di terjemahin ya.

18. Breath of Fire IV

Dengan alur cerita yang luar biasa, karakter yang menarik, visual yang memukau, dan soundtrack yang berbeda, Breath of Fire IV merupakan salah satu game wajib bagi kamu penggemar genre jRPG yang mencari pengalaman bermain game yang benar-benar solid.

Untuk alur ceritanya sendiri, jangan khawatir, BoF IV merupakan game dengan storyline yang matang, dengan jati diri Ryu, karakter utama yang kamu mainkan yang misterius, serta karakter lainnya seperti Nina sang putri Wyndia, Ershin si armor berjalan, Cray si kepala desa Woren yang ternyata adalah pacarnya Elina yang merupakan sodarinya Nina, Scias yang merupakan prajurit bayaran yang akhirnya insyaf gara-gara Nina, serta Ursula yang merupakan cucu dari perwira militer dengan peringkat tertinggi dari kerajaan.

Penasaran dengan kisah selengkapnya? Coba mainkan aja deh gamenya, pasti gak akan nyesel. Karena saya juga gak ada penyesalan sama sekali setelah menamatkan game ini, dan itulah yang menjadi alasan kenapa game ini masuk ke dalam list game PS1 terbaik versi MonsterAR.

17. Gran Turismo 2

Gran Turismo 2 bisa dibilang merupakan game balapan terbaik yang pernah saya mainkan, dengan kualitas grafis yang sangat apik. Terlihat ketika kamu sedang me-replay game dan orang-orang yang melihat mengira kamu sedang menonton TV alih-alih bermain game, dan itu menandakan grafisnya yang begitu realistis.

Dari gameplaynya pun begitu realistis, bisa memilih antara otomatis atau pake gigi manual. Terbukti ketika saya bermain dengan paman saya di kala itu, dia bermain GT 2 untuk pertama kalinya tetapi dia bermain dengan begitu mahirnya sehingga membuat saya tercengang, dan ketika saya tanya kok bisa sih mainnya semulus itu, dan diapun menjawab “inimah sama persis kayak pas lagi nyetir, gerakan setir & main giginya juga sama”, pungkasnya.

16. Silent Hill

Salah satu fitur paling keren dari Silent Hill adalah dukungan Dual Shocknya yang sungguh menggetarkan. Stick controller berdetak seperti jantung, dan bergetar semakin kencang saat kamu semakin dekat dengan kematian. Merupakan salah satu game horor paling apik yang pernah dibuat, dengan atmosfir yang mencekam mulai dari seting yang gelap, kabut tebal yang menyelimuti, dan monster-monster dengan wujud mengerikan nan kejam. Plotnya juga tidak pernah bisa di prediksi sehingga menambah kengerian game ini.

15. Tarzan

Tarzan membuktikan bahwa tidak selamanya game yang di adaptasi dari film disney itu jelek. Tarzan di kemas dengan sederhana nan apik. Terdapat 14 level dalam permainan ini, dan yang mengejutkan adalah bahwa setiap level memiliki keunikan tersendiri antara satu sama lain sehingga menjadikannya tidak monotone dan membosankan.

Gameplaynya terbilang beragam dan beberapa di antaranya cukup sulit untuk dimainkan, mulai dari melompati platform 2D, bergelantungan di akar yang merambat, berseluncur di batang pohon, hingga berlari di hadapan sekelompok gajah yang besar. Alur ceritanya juga di buat mirip banget dengan di film, mulai dari adegan Jane di kejar-kejar babon, hingga pertarungan melawan Sabor si macan tutul semuanya ada di sini.

14. Saiyuki: Journey West

Game dengan alasan subyektif yang masuk ke dalam list game PS1 terbaik kali ini, yaitu karena saya suka dengan kisah petualangan ke barat, dan juga karena game ini adalah game pertama dengan genre tactic RPG yang pernah saya mainkan dan membuat saya jatuh cinta dengan genre tersebut.

Terlepas dari hal itu, pada dasarnya saiyuki memang game yang asik sih. Mulai dari masing-masing karakternya yang kuat dan sama-sama dominan, tektokan dialog antara karakter juga asik untuk di simak, sistem kustomisasi senjata dan pembelajaran spell yang sederhana (keunikan spell Sanzo adalah hal yang mengesankan dalam game ini), dan skill werechange dari semua character (kecuali Sanzo) yang dapat merubah mereka menjadi wujud monster seperti dalam kisah perjalanan ke barat.

Khususnya bagi kamu yang juga menyukai kisah perjalanan mengambil kitab suci ke barat, mungkin akan menyukai game ini juga secara lebih, karena storylinenya yang memang didasari oleh kisah perjalanan ke barat tersebut.

13. Tony Hawk’s Pro Skater 2

Tony Hawk’s Pro Skater 2 merupakan game PS1 terbaik lainnya yang juga menjadi angin segar dalam industri game di kala itu. Bagaimana tidak, dengan tema permainan skateboardnya yang terbilang baru di dunia video game, serta trick skating yang begitu real dengan beragam teknik dan akrobatnya yang spektakuler, dan di kemas dalam video game yang bisa kita mainkan sesuai keinginan, menjadikan game ini begitu beda dari yang lainnya.

Banyaknya tantangan sulit yang harus kamu lalui, menambah value dari game ini. Dan kamu juga bisa membangun taman skate sesuai keinginanmu lho, sehingga kamu bisa memilih rintangan apapun yang kamu inginkan dan menjadi sarana latihan yang pas bagi kamu dalam melewati tantangan yang lebih sulit lagi.

12. Tomba 2: The Evil Swine Return

Tomba, seorang anak liar yang berteman dengan seekor kera. Sepintas terdengar seperti Tarzan, tetapi ia memiliki kisah dan petualangan yang jauh berbeda. Tomba memiliki misi untuk menyelamatkan Tabby dari cengkraman babi-babi jahat, yang akhirnya membawanya pada sebuah petualangan panjang untuk menyelamatkan setiap wilayah dari pengaruh sihir babi-babi jahat yang sama.

Dari alur ceritanya mungkin terdengar membosankan, tetapi gameplay dan mekanisme permainannya sungguh kaya. Kamu bisa mendapatkan berbagai senjata yang diantaranya bisa membuka jalan tertentu dan bahkan bisa kamu gunakan untuk menjangkau tempat yang sebelumnya tidak terjangkau. Kamu juga bisa mengumpulkan berbagai kostum yang bisa memberikanmu kemampuan istimewa, mulai dari kostum sugar glider yang bisa membuatmu terbang untuk menjangkau tempat yang sebelumnya sulit dijangkau, hingga kostum babi pink yang bisa membuatmu berenang. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai buah ajaib yang masing-masing memiliki efek khusus.

11. Twisted Metal 3

Salah satu tanda keberhasilan sebuah game dalam mengemas mode multiplayer adalah ketika game tersebut terasa kurang berarti ketika dimainkan single player. Twisted Metal 3 adalah perwujudan dari keberhasilan tersebut. Sebagian besar gamer akan menikmati game ini. Twisted Metal dapat memberikan pengalaman multiplayer yang sangat memuaskan yang sulit bisa kamu dapat dari game lainnya.

Dengan berbagai kendaraan tempur yang bisa kamu pilih, serta persenjataan yang bisa kamu gunakan untuk menghancurkan mobil lain yang menjadi lawanmu. Tidak hanya senjata umum saja, tetapi terdapat juga sistem persenjataan unik yang dimiliki oleh masing-masing kendaraan tempur. Tujuan dari game ini adalah untuk saling menghancurkan kendaraan satu sama lain dengan cara apapun, dan rasakan kepuasannya, sesederhana itu.

Baca juga: 7 Prediksi Teknologi VR Yang Kini Telah Menjadi Kenyataan

10. Tenchu 2: Birth of the Stealth Assassins

Metal Gear Solid merupakan game yang merajai genre stealth action, tetapi Snake bukanlah seorang ninja. Aksi Rikimaru dan Ayame di Tenchu 2 menyajikan stealth action yang otentik dan berkualitas tinggi. Jelas saja, kemampuan membunuh dengan mengendap-ngendap adalah kualitas dari seorang ninja bukan? Dan Tenchu 2 berhasil mempertahankan kualitas ninja tersebut.

Pada awalnya, kamu bisa memilih antara 2 karakter, yaitu Ayame dan Rikimaru. Setiap karakter memiliki misi dan kisahnya tersendiri, dan inilah membuat game ini menjadi terasa kaya. Kamu juga bisa menentukan sendiri cara dalam menyelesaikan misi. Belum lagi, kamu akan mendapatkan akses untuk memainkan satu karakter tambahan yaitu Tatsumaru, si ninja yang lebih macho dari Rikimaru.

9. Crash Team Racing

Anak zaman sekarang mana tau CTR, taunya paling Speed Drifter dari Garena, iya gak?

Secara gameplay hampir mirip, dimana kamu akan balapan menggunakan mobil (lebih mirip go cart sih) sambil menyerang lawanmu dengan berbagai senjata seperti rocket, granat, bomb TNT, dan banyak lagi. Terus apa bedanya dengan Speed Drifter?

Speed drifter memang lebih banyak fitur sih, kamu bisa memilih antara balapan murni adu kecepatan atau bisa balapan sambil saling serang seperti di game CTR, terus bisa pilih bermain bersama team atau solo, belum lagi ada fitur couple yang menjadikan game ini sebagai pelarian bagi para jones..begitulah. Tetapi kepuasan bermain yang di dapat tidak seberapa dibanding dengan CTR.

Permainan lebih seru, kompetitif karena kamu tidak ada pilihan lain selain saling menjatuhkan di medan balapan, nuansa gelapnya juga berasa sehingga menjadikan game ini lebih terasa epic, khususnya di mode adventure, gelap banget, dan saya suka itu.

8. Digimon World

Anak-anak yang suka dengan serial anime Digimon, siapa yang tidak pernah bermimpi untuk bisa memelihara digimonnya sendiri? Game ini berhasil mewujudkan mimpi mereka menjadi kenyataan, dan keberhasilan itulah yang membawanya ke jajaran game PS1 terbaik ini.

Bandai tidak tanggung-tanggung dalam eksekusi game yang satu ini, permainan begitu realistis hingga ini bisa disebut sebagai pet simulator seperti tamagochi dibanding sekedar video game kebanyakan. Selain kita harus melatihnya supaya semakin kuat ketika bertarung, digimon yang kita pelihara juga bisa merasakan lapar sehingga kita harus memberinya makan, kalau tidak akan ngambek dan bisa juga sakit. Gilanya lagi adalah, digimon kita bisa juga merasakan mules sehingga kita harus membawanya ke toilet, kalau tidak akan be’ol di sembarangan tempat dan itu bisa mempengaruhi hasil evolusinya nanti.

Digimon yang bisa kamu miliki juga hampir tidak terbatas, kamu bisa memilih dari beberapa telur digimon yang menghasilkan bayi digimon yang berbeda, setiap bayi digimon bisa berevolusi menjadi banyak digimon yang berbeda juga, dan akan berevolusi menjadi apa digimon kita nanti itu tergantung dari bagaimana kita melatih dan memeliharanya.

7. Suikoden 2

Suikoden 2 menjadi salah satu game PS1 terbaik karena ceritanya yang begitu kaya dengan dunia yang begitu luas. Banyaknya jumlah karakter yang bisa kamu mainkan membuat dunia Suikoden 2 ini menjadi terasa semakin luas lagi, kamu bisa memainkan hingga 108 karakter yang berbeda dengan skill dan kisahnya masing-masing. Ada karakter yang secara otomatis kamu dapatkan seiring dengan berjalannya cerita, namun tidak sedikit pula yang harus kamu dapatkan dengan cara tertentu, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu untuk berhasil mendapatkan ke-108 karakter tersebut.

Kenapa kita harus berhasil mendapatkan semua karakter? Karena kisah menjelang akhir permainan akan berbeda tergantung dari berapa jumlah karakter yang bisa kamu dapatkan. Ketika berada di bawah jumlah tertentu maka kisah akan berakhir dengan begitu tragis, dan semakin banyak karakter yang kamu dapatkan akan semakin baik juga akhir kisah dari Suikoden 2. Maka dari itu, kita harus mendapatkan semua karakter untuk bisa mencapai happy ending yang sesungguhnya.

6. Resident Evil 2

Resident evil yang pertama begitu menonjol dengan segala kengerian yang diberikannya, tetapi masih memiliki beberapa kekurangan seperti alur cutscene yang berantakan misalnya. Syukurlah Capcom menyadari kekurangan-kekurangan yang dimilikinya dengan cepat, hingga 2 tahun kemudian terlahirlah Resident Evil 2 yang lebih sempurna dari pendahulunya dalam segala aspek.

Sebut saja element gore, horror, teka-teki, dan karakter yang semuanya mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. Pada dasarnya Resident Evil yang pertama sudah begitu luar biasa, dan tentu saja itu menjadikan Resident Evil yang kedua ini lebih luwwwar biasa lagi, hingga di anggap sebagai game PS1 terbaik untuk genre horror pada masa itu.

5. Final Fantasy VII

FF VII bisa dibilang sebagai revolusi dalam seri game Final Fantasy, karena ini merupakan game FF dengan grafis poligon (sebelumnya masih pixel). Tidak seperti kebanyakan game saat ini yang terlalu fokus meningkatkan grafis sehingga terjadi penurunan dalam storyline dan gameplaynya, FF VII berhasil mempertahankan segala keunggulan dari seri terdahulunya.

Mulai dari storylinenya yang begitu dalam dan kuat, karakter yang begitu kaya dan terasa hidup, battle system yang lebih asik dan realistis, keunikan senjata dan skill dari masing-masing karakter, hingga dunianya yang begitu luas. Tidak ada kata lain untuk menggambarkan FF VII ini selain..digdaya.

Seri penerusnya yaitu FF VIII dan FF IX tidak kalah seru juga sih, tentu dengan kualitas grafis yang terus meningkat dari satu seri ke seri yang lainnya, serta dengan karakter, dunia dan mekanismenya yang berbeda. Untuk mekanisme permainannya tidak mengalami perubahan yang begitu signifikan sih.

4. Spider-Man

Satu lagi game PS1 terbaik dengan kualitas di atas rata-rata game lainnya untuk kelas PS1. Kita di sini bukan hanya bicara tentang gameplay dan alur ceritanya saja, tetapi dunia game secara keseluruhan. Di mana ruang gerak game PS1 lainnya masih terbatas, Spider-Man memberikan keleluasaan kepada pemain untuk bisa bergelantungan dan berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya, bertarung di atas atap, dan merayap naik turun di gedung-gedung, tanpa batas. Kamu juga bisa turun dan berlarian di area perkotaan dengan penduduk dan kendaraan yang berlalu lalang.

Kita juga bisa mengumpulkan berbagai kostum spidey dengan syarat tertentu untuk bisa mendapatkannya, yang memberikan tujuan tambahan bagi kita untuk memainkan game ini, di samping menyelesaikan misi utama.


Gamification: game yang di rancang khusus untuk edukasi dan branding bisnis/produk Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


 3. Tekken 3

Yang menjadi faktor keunggulan Tekken 3 di banding dengan game fighting lainnya adalah jumlah variasi serangan dan gerakan yang dimilikinya (memiliki lebih dari 100 gerakan per-karakter), di tambah kombo serangannya. Dari grafispun tidak ada titik buta, semuanya alus. Begitupun dengan gameplaynya, semua gerakannya terlihat mulus mulai dari counter hingga perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya. Yah, bisa di bilang Tekken 3 merupakan game fighting terbaik untuk console PS1.

Di masanya pada saat itu, Tekken 3 bisa di bilang merupakan game fighting yang revolusioner, viva la Tekken 3. Dan patut di apresiasi juga akan keberhasilan PlayStation dalam porting game ini, karena dapat menghasilkan kualitas yang lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan versi arcadenya yang release lebih dulu.

2. Xenogears

Xenogears membuat saya merasa sangat berdosa. Berdosa karena telat dalam memainkan gamenya, hampir menjelang akhir kejayaan PS1 saya baru bisa menemukan dan memainkan game ini. Secara keseluruhan, Xenogears adalah game PS1 terbaik untuk genre RPG.

Xenogears memberi warna yang berbeda dalam sejarah game RPG. Dunia antah berantah yang masih sama dengan game RPG klasik kebanyakan, namun dengan sentuhan mecha (robot tempur) yang jarang kamu temui. Tidak hanya sekedar bisa mengendarai saja, tetapi pertarungan yang terjadi antara dengan dan tanpa mecha memiliki battle system yang sama sekali berbeda.

Ketika bertarung tanpa mecha kamu bisa menggunakan combo serangan yang akan menghasilkan teknik khusus apabila dikombinasikan dengan benar. Ada banyak juga combo yang bisa kamu lakukan per karakternya. Sedangkan ketika kamu bertarung dengan menggunakan mecha kamu akan bertarung dengan teknik dan serangan yang berbeda. Kamu juga bisa kustomisasi part-part mecha mulai dari senjata hingga mesinnya sehingga menjadikannya semakin lengkap sebagai game “mecha”.

1. Metal Gear Solid

Metal Gear Solid adalah game yang cocok sekali untuk melatih kesabaran. Kamu di tuntut untuk bisa melewati setiap level tanpa memancing perhatian para penjaga. Kenapa? Karena kamu berperan sebagai Snake, seorang prajurit elite yang memasuki wilayah musuh seorang diri dengan persenjataan terbatas, sehingga kamu harus mengendap-ngendap dan membunuh para penjaga satu-persatu secara diam-diam. Ketika kamu memancing perhatian salah satu penjaga dan bertarung, penjaga-penjaga lain akan berdatangan mengepung dan piihanmu antara melarikan diri dan kembali bersembunyi, atau game over.

Termasuk game yang sulit untuk dimainkan, tetapi di situlah letak kedigdayaan MGS. MGS tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang interaktif dan mendebarkan. Cutscene begitu apik seperti sedang menonton film, tingkat detile dari mekanisme permainannya juga luar biasa, terlihat dari reaksi masing-masing NPC (Non Playable Character) dalam game ini yang begitu responsif atas segala tindakan yang kita lakukan dalam game ini.

Baca juga: 15 Aplikasi AR Terbaik (Gratis) yang Akan Merubah Duniamu

Itulah daftar 21 game PS1 terbaik versi MonsterAR. Gimana, apakah kamu pernah memainkan beberapa di antaranya, atau bahkan kamu sudah memainkan semuanya? Share pengalaman kamu dong, atau kalau kamu ada rekomendasi game PS1 terbaik lainnya yang belum masuk list boleh share di kolom komentar ya.