Virtual Reality untuk kecerdasan anak? Benar, teknologi tersebut apabila dipergunakan dengan semestinya maka akan sangat bermanfaat untuk kebaikan umat manusia. Virtual Reality biasa disebut dengan VR telah digunakan di berbagai bidang seperti game, militer, strategi bisnis properti dan manufaktur. Saat ini virtual reality telah merambah ke bidang pendidikan.

Victory Enterprises, adalah salah satu pengembang headset Victory VR melakukan uji coba dengan menggabungkan antara VR dengan kurikulum di sekolah. Hal itu menjadi salah satu contoh kelas virtual yang dipergunakan pada saat ini. Menurut CEO Victory Enterprises, Steve Grubbs, kegiatan belajar menggunakan VR dinilai lebih efektif dari pada sistem belajar di kelas pada normalnya.

Dengan melihat tampilan gambar atau pemandangan di dalam Headset VR, maka hal tersebut akan meningkatkan daya motorik anak dan membantu anak dalam mengingat objek yang dilihat. Di samping itu dengan teknologi VR, maka akan dapat membantu anak supaya lebih antusias di dalam belajar, sehingga akan mempercepat anak dalam penguasaan materi pelajaran.

Baca juga: Apa itu Virtual Reality? Berikut Penerapan dan Manfaatnya yang Luar Biasa

illustrasi (iStock)

Virtual Reality di Indonesia kini bukan saja hanya sebagai teknologi formalitas saja. Teknologi dan kemampuan para pembuat VR di Indonesia begitu besar dan tidak kalah untuk bersaing dengan market luar negeri. Pengembangan teknologi VR sendiri telah merambah ke arah pendidikan secara masif, dan dengan perkembangan tersebut, maka akan dirasakan jika Indonesia pasti dapat bersaing dengan market luar negeri. Meskipun hingga kini, penggunaan AR dan VR di Indonesia masih sebatas untuk alat peragaan dan juga untuk kebutuhan di dunia gaming.

Dengan Augmented Reality, para siswa dapat melihat simulasi yang diciptakan oleh komputer mengenai pengenalan organ tubuh manusia, sejarah-sejarah penting, bentuk bangun ruang atau geometri secara mendalam. Contoh lain dari pemanfaatan AR pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi adalah Construct 3D yang dapat membantu mengenai konsep dari matematika dan geometri.

Hal ini membuat siswa akan lebih mengerti tentang apa yang sedang dipelajari. Karena mereka tidak melihat dalam bentuk 2 dimensi saja, tetapi juga melihat dalam bentuk 3 dimensi yang menarik dan interaktif. Hal tersebut tentu saja secara langsung akan melatih fungsi motorik pada otak anak untuk berpikir dan juga meningkatkan dorongan untuk terus melakukan aktivitas yang bermanfaat.

illustrasi (iStock)

Beberapa manfaat penggunaan VR bagi tumbuh kembang anak yakni:

  1. Virtual Reality dapat meningkatkan sisi kreativitas anak ketika berinteraksi langsung melihat objek 3D di dunia realitas baru Virtual. Tentu saja anak akan terasah kreativitasnya. Dengan mengalami petualangan ke alam liar, maka anak dapat terasah kemampuan untuk menciptakan suatu ide.
  2. Virtual Reality dapat meningkatkan kemampuan anak untuk bercerita. Dikutip dari AR Post, Ketika anak menggunakan VR, ini akan merangsang semua indera dan pemikiran positif dengan menjadikan pengalaman tersebut ke dalam bagian cerita atau pengalamannya ketika berselancar ke dalam dunia realitas tersebut. Dengan demikian VR telah dapat memicu anak untuk melatih kemampuan untuk bercerita.
  3. Virtual Reality dapat merangsang kemampuan kritis anak. Manfaat VR sendiri salah satunya adalah untuk merangsang kemampuan kritis anak. Hal itu terjadi ketika anak berselancar di dunia realitas VR maka ia akan bercerita perihal apa yang dialaminya dan akan lebih kritis berpendapat tentang apa yang dialaminya. Seperti dikutip dari AR Post.

Tentu saja dengan hal tersebut, kesimpulannya adalah Virtual Reality untuk kecerdasan anak sangat baik untuk terus diaplikasikan di dalam dunia pendidikan dan juga untuk pengajaran pengenalan anak kepada dunia teknologi, selain hasilnya untuk menumbuhkan kecerdasan anak.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?