Apple dan Google seakan ditakdirkan untuk terus menjadi rival bahkan hingga saat ini, dan tidak terkecuali dalam pengembangan aplikasi Augmented Reality (AR). Jika Apple memiliki ARKit sebagai senjata utama dalam pengembangan AR, Google tidak mau kalah dengan ARCore miliknya. Namun berkat persaingan tersebut, kini kita dapat menikmati banyak sekali aplikasi AR terbaik yang tidak hanya menarik, tetapi juga beberapa diantaranya memiliki manfaat bagi kehidupan kita, karena dimana ada persaingan khususnya berkaitan dengan angka penjualan, akan terjadi pengembangan yang pesat dan konsisten dari kedua belah pihak, terutama dari sisi kualitas demi mengungguli pesaingnya.

Berikut, adalah 15 aplikasi AR terbaik yang tidak boleh sampai Anda lewatkan.

1. Just a Line

aplikasi ar terbaik

Just a Line membuat gambarmu menjadi hidup berkat teknologi Augmented Reality yang dimilikinya. Karena ini adalah aplikasi Google, sehingga kompatibel dengan sejumlah perangkat Android. Namun, aplikasi gratis ini juga release untuk Apple Store sehingga pengguna iOS juga dapat menikmatinya lho. Dengan kombinasi antara smartphone, jari dan imajinasimu, akan tercipta sebuah maha karya milikmu sendiri, dan kamu dapat mengabadikan video dan membagikannya dengan teman-teman. Just a line akan lebih asik apabila dimainkan bersama teman-temanmu.

2. Stack AR (iOS)

aplikasi ar terbaik

Stack AR mungkin bukan game yang paling rumit, tetapi gameplay block stacking yang dikombinasikan dengan tampilan 3D AR membuatnya menjadi demonstrasi permainan AR yang sederhana dan efektif dalam lingkungan kehidupan nyata. Salah satu aplikasi AR terbaik ini pada dasarnya adalah versi AR dari game Stack Ketchapp, dengan tambahan perspektif AR yang apik.

3. Thyng (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Thyng adalah toolkit untuk menciptakan pengalaman augmented reality milikmu sendiri, dengan alat untuk menciptakan berbagai efek AR, seperti menempatkan tokoh-tokoh animasi dan model 3D di atas permukaan dan target, memasang foto dan video di sekitarmu, dan banyak lagi. Kamu kemudian dapat mengambil snapshot dari kreasimu, atau merekam video dengan durasi maksimal 30 detik. Aplikasi AR terbaik ini tersedia di Android dan iOS, didukung oleh ARCore dan ARKit.

4. WWF Free Rivers (iOS)

aplikasi ar terbaik

WWF Free Rivers adalah aplikasi AR terbaik yang sangat bermanfaat dalam menjaga lingkungan. Lho, bagaimana bisa? Aplikasi AR ini merupakan game edukasi yang apik yang menunjukkan betapa besarnya dampak dari sistem sungai terhadap alam dan peradaban manusia, dan rusak atau lestarinya sistem alam yang vital ini, semua ada di tangan kita para umat manusia. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi ARKit untuk membuat sistem sungai yang berbeda, seperti yang ada di sabana Afrika, pegunungan Himalaya atau delta sungai Asia Tenggara. Model animasi dan interaktif menunjukkan bagaimana sungai memberi manfaat dan menyehatkan lingkungan, dan bagaimana orang-orang dapat mempengaruhi aliran sungai dan kesehatan alam. Ini adalah sebuah karya yang menarik tentang bagaimana teknologi AR dapat mendidik, sekaligus menghibur.

5. Vuforia Chalk (iOS)

aplikasi ar terbaik

Vuforia Chalk adalah aplikasi menarik yang mengubah smartphonemu menjadi alat pendukung teknologi visual yang kuat. Setelah aplikasi menghubungkanmu dengan teman atau pakar teknologi melalui video call, kamu kemudian menggunakan kamera belakang ponselmu sebagai jendela bidik, memungkinkanmu menunjukkan dengan tepat apa yang kamu perlukan. Kedua pihak kemudian dapat menggambar di layar dengan tanda kapur augmented reality yang berfungsi seperti anotasi visual, memungkinkan Anda menunjukkan tombol yang tepat, cepat, dan kontrol, tanpa perlu kebingungan dengan deskripsi verbal.

6. World Brush (iOS)

aplikasi ar terbaik

Jadikan duniamu menjadi kanvas dengan World Brush, aplikasi augmented reality iOS yang memungkinkanmu menggambar dan melukis pemandangan dunia nyata menggunakan berbagai kuas virtual. Setelah kamu selesai, lukisan virtualmu disimpan di GPS location, memungkinkan pengguna World Brush lain di dekatnya untuk melihat kreasi yang telah kamu ciptakan. Dan tentu saja, ada sistem untuk menyukai, tidak suka, dan melaporkan kreasi untuk konten yang menyinggung dan tidak pantas.

7. IKEA Place (iOS)

aplikasi ar terbaik

Raksasa furnitur IKEA pernah bereksperimen di masa lalu dengan AR dalam aplikasi katalognya, tetapi aplikasi IKEA Place yang terbaru ini merupakan perbaikan yang nyata, memanfaatkan ARKit untuk membantu pengguna memvisualisasikan dengan mudah bagaimana berbagai desain furnitur IKEA akan terlihat di rumahmu. Kamu memindai denah lantai dengan ponselmu, lalu kamu dapat memilih desain furnitur dan drag and drop ke tempat yang kamu inginkan menggunakan smartphonemu sebagai jendela bidik. Hingga saat ini, IKEA place merupakan aplikasi AR terbaik dalam ranah furniture.


Dapatkan aplikasi AR terbaik yang dirancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

8. Holo (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Holo memungkinkan pengguna menempatkan berbagai model dan angka holografik ke dalam sebuah scene untuk pengambilan foto dan video. Aplikasi ini membatasimu pada satu hologram saja, tetapi ini masih menjadi salah satu pengalaman AR yang paling menyenangkan di pasar saat ini karena library kontennya yang luas tersedia. Kamu juga dapat dengan mudah berbagi semua kreasimu langsung dari akses bawaan aplikasi ke platform media sosial populer.

9. Snapchat (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Snapchat telah menjadi hit di antara penggunanya, dengan elemen-elemen augmented reality dalam bentuk berbagai transformasi real-time, filter dan efek khusus yang disebut Lenses yang dapat kamu tambahkan ke pesan video Snapchat yang kamu kirim ke kontakmu. Lenses yang tepat dapat mengubahmu menjadi hewan, menukar wajahmu dengan orang lain, atau membuatmu memuntahkan pelangi, menjadikan pesan Snapchat menyenangkan nan konyol.

10. GIPHY World

aplikasi ar terbaik

GIPHY bergabung di industri AR dengan GIPHY World miliknya, sebuah aplikasi yang memungkinkanmu untuk overlay GIF animasi dan stiker secara live melalui AR. Pengguna dapat memilih sejumlah GIF atau stiker, menempatkannya seperti pin penanda, lalu merekam video pendek yang dapat kamu simpan dan bagikan ke orang lain untuk pengalaman GIF yang mendalam.

11. Instagram (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Setelah menambahkan filter gaya Snapchat ke aplikasinya sendiri, Facebook akhirnya menerapkannya juga pada Instagram. Fitur-fitur wajah AR ini bekerja baik melalui kamera depan dan belakang dan dengan semua mode foto dan video capture Instagram juga. Pengguna yang tertarik dapat mencoba berbagai mahkota, mengubah diri menjadi koala atau kelinci atau memunculkan rumus matematika yang mengambang di sekitar kepala mereka.

12. WallaMe (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Duniamu akan menjadi kanvas dengan WallaMe, aplikasi augmented reality yang memungkinkanmu untuk membuat karya seni geotag yang digambar atau dilukis di dinding, trotoar, atau bangunan tanpa harus menumpahkan cat. Kamu kemudian dapat berbagi lokasi pesan atau karya seni buatanmu dengan teman-teman sehingga mereka dapat melihat hasil karya yang kamu ciptakan dengan kamera smartphone mereka sendiri menggunakan WallaMe. Kamu juga dapat menjadikan karya senimu publik untuk setiap pengguna WallaMe sehingga mereka dapat melihatnya. Selain menggunakan ponselmu sebagai jendela bidik, kamu dapat mencari dinding WallaMe yang dibuat pengguna lainnya menggunakan antarmuka peta.

13. Google Translate (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Google Translate sudah menjadi alat terjemahan teks dan audio yang praktis, dan menjadi lebih baik lagi dengan fitur terjemahan real-timenya. Yang perlu kamu lakukan adalah memegang kamera smartphonemu dan fokus pada teks, dan Google Translate akan menyediakan terjemahan kata dan frasa real-time dari berbagai bahasa. Pengguna dapat mengunduh paket bahasa, memungkinkan untuk memilih terjemahan offline ketika tidak terhubung dengan jaringan internet.

14. Inkhunter (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Tato bisa menjadi cara yang bagus untuk memamerkan selera gayamu atau mengabadikan sesuatu yang penting bagimu. Merencanakan tato sangat penting sebelum mengabadikannya di kulitmu karena hasilnya akan permanen. Inkhunter adalah aplikasi AR terbaik bagi kamu yang senang dengan tato, yang memungkinkanmu untuk melihat akan seperti apa tampilan tato di kulitmu. Cukup gambar penanda sederhana di tubuhmu, arahkan kamera smartphonemu ke bagian tubuh yang ingin dipasangi tato, dan Inkhunter akan menunjukkan kepadamu preview design secara dinamis, dengan kemampuan untuk memutar dan menyesuaikan desain. Pengguna dapat mencoba banyak desain yang telah ditetapkan atau mengunggahnya sendiri, memastikan bahwa kamu tidak akan pernah menyesali gambar tato yang melekat di tubuhmu.

15. SketchAR (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik

Baca juga: Pengalaman VR Sepenuhnya dan Tak Terlupakan di VR Zone Shinjuku. Indonesia harus punya ini!!

SketchAR mengubah layar smartphonemu menjadi bantuan menggambar augmented reality, melapisi gambar sketsa atau seni garis pada selembar kertas kosong yang kemudian dapat kamu lacak atau gunakan sebagai dasar sketsamu sendiri. Pengguna dapat memilih dari library sketsa yang termasuk dalam aplikasi, atau mengubah foto mereka menjadi seni garis yang dapat dilacak dengan aplikasi. SketchAR dirancang untuk bekerja pada kertas berukuran A4, atau kertas apa pun dengan empat penanda lingkaran referensi yang digambar di atasnya untuk memberikan penanda skala ke aplikasi. Tanpa bakat menggambar, kini kamu bisa membuat karya grafis yang memukau. Itulah, kedigdayaan dari teknologi Augmented Reality yang tidak terbantahkan lagi.