Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perkembangan teknologi yang telah merevolusi bagaimana cara bisnis beroperasi. Kini teknologi baru bernama Augmented Reality (AR) menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk memfasilitasi banyak proses operasional bisnis di berbagai bidang. Contoh penerapannya yang paling menonjol sebagai teknologi perkantoran adalah Kacamata Pintar AR yang menawarkan banyak manfaat bagi manajer yang telah menjadikannya bagian dari proses komprehensif mereka, sehingga mereka dapat meningkatkan nilai bisnis.

Kacamata pintar memungkinkan kita untuk menggabungkan informasi virtual dan fisik secara bersamaan di bidang tampilan pengguna. Kacamata pintar yang terintegrasi ke dalam berbagai proses operasional bisnis kini banyak digunakan oleh karyawan untuk melakukan tugas secara lebih efektif, khususnya untuk kebutuhan kerjasama antar karyawan.

Melalui kacamata pintar, pekerja lapangan dapat melakukan tugas secara handsfree, dan  pada saat yang sama mereka dapat menerima instruksi dari ahli pusat. Dengan cara ini, manfaat kolaborasi jarak jauh AR sangat menonjol karena menyediakan koneksi langsung antara staf yang dapat ditempatkan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Selain itu, mengingat bahwa banyak bisnis sering menghadapi situasi tak terduga, mereka perlu memiliki staf yang terlibat dan terlatih dengan baik. Penggunaan kacamata pintar AR dalam masalah ini memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi karyawan. Karena informasi selalu dapat diakses secara real-time, ini memungkinkan untuk menemukan solusi yang lebih cepat untuk berbagai masalah.

Manfaat Kacamata Pintar AR Bagi Bisnis

Ada banyak manfaat lain dari kacamata pintar yang membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi para ahli yang sangat terlatih. Pada saat yang sama, tingkat kesalahan karyawan selama bekerja telah berkurang secara signifikan. Hal ini terjadi karena fakta bahwa para ahli yang memiliki kesempatan untuk bergerak secara virtual di seluruh lingkungan pekerja lapangan mampu memberikan instruksi yang tepat dan sangat akurat.

Pekerja lapangan yang memakai kacamata pintar dapat membagikan secara real-time apapun yang mereka lihat dan dengar kepada ahli pusat yang melihat layar komputer dari mana saja di dunia. Efisiensi tenaga kerja meningkat secara alami ketika kacamata pintar digunakan dalam kombinasi dengan platform dukungan jarak jauh AR, seperti yang disebutkan dalam contoh di atas. Kombinasi ini menghasilkan alur kerja yang lebih cepat dan juga digitalisasi dalam cara menemukan solusi untuk berbagai masalah.

Baca juga: Augmented Reality Berikan Solusi Bisnis Atasi Pandemi COVID-19

Melihat banyak manfaat yang disebutkan di atas, sudah jelas bahwa saat ini kacamata pintar AR telah membuat kemajuan besar dengan menjadi bagian dari banyak bisnis yang beroperasi di industri seperti manufaktur, logistik, layanan lapangan, inspeksi, dan operasi. Teknologi AR telah membuka peluang untuk tetap kompetitif di pasar dengan memberikan layanan berkelanjutan tanpa hambatan.

Fitur khusus lain yang membedakan kacamata pintar dengan teknologi lainnya adalah dalam hal kemudahan penggunaan, sehingga tidak memerlukan pendidikan tambahan untuk penggunaannya. Selain itu, kemudahan portabilitas adalah hal utama yang memotivasi manajer perusahaan untuk mulai memanfaatkan kacamata pintar.

Kekuatan kacamata pintar AR terletak pada potensi yang dimilikinya, tidak hanya dalam membantu menemukan solusi paling efisien untuk berbagai masalah, tetapi juga memperbaiki struktur lingkungan kerja dalam bisnis. Perusahaan yang melengkapi pekerja lapangan dengan kacamata pintar sudah menunjukkan peningkatan efisiensi tempat kerja, produktivitas, dan mengurangi biaya yang tidak perlu untuk kunjungan lokasi.

Kacamata AR Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Tidak hanya dalam teknis pekerjaan, kacamata pintar juga memberikan solusi atas masalah masalah tenaga kerja yang terus bertambah tua. Masalah ini cukup penting dan mengkhawatirkan bisnis karena mengakibatkan semakin hilangnya tenaga ahli yang berkualitas.

Melalui kemampuan audio dan video, pekerja dapat berinteraksi dengan para ahli dan mencari bantuan untuk masalah yang kompleks. Ini tidak hanya mengarah pada menemukan solusi tetapi juga memungkinkan untuk mendidik tenaga kerja yang belum berpengalaman. Jadi selain meningkatkan produktivitas, mempercepat pemecahan masalah, dan mengurangi jumlah kesalahan kualitas, kacamata pintar juga dapat berkontribusi sebagai teknologi pelatihan tenaga kerja lebih cepat dan efisien.

Selain itu, proses pemeriksaan telah ditingkatkan secara signifikan berkat foto atau video yang diambil selama pelaksanaan tugas. Pengarsipan materi ini memungkinkan untuk meninjau berbagai proses jika terjadi masalah berulang. Proses dokumentasi ini juga berfungsi sebagai titik kunci untuk mengevaluasi pekerjaan karyawan oleh manajer yang dapat mempelajari secara detail kinerja pekerjaan karyawan.

Mulai dari standarisasi alur kerja hingga kemampuan untuk bekerja tanpa gangguan dengan hands-free, kacamata pintar dapat dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda, seperti yang telah dilakukan banyak bisnis, sehingga memastikan nilai tambah untuk proses kerja lebih efisien, hingga omzet bisnis yang lebih optimal.

Tertarik menikmati manfaat augmented reality untuk bisnis Anda? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Virtual Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami