Teknologi Augmented Reality (AR) telah membantu banyak industri dalam meningkatkan proses operasional dan bekerja lebih efektif, termasuk industri farmasi. Augmented Reality dalam farmasi sangat membantu dalam menjalankan tugas kompleks secara akurat, dan menghasilkan produk dengan standar tertinggi. Ini penting karena kesalahan sedikit saja bisa mengakibatkan hasil yang fatal terhadap kesehatan dan kehidupan konsumennya.

Langsung saja, berikut adalah bagaimana teknologi AR membantu dalam meningkatkan aliran proses kerja, memberikan solusi cepat dan efisien untuk berbagai masalah dalam industri farmasi.

Tingkatkan Proses Produksi

Produksi produk farmasi adalah proses yang sangat penting, membutuhkan komitmen maksimal dan ketelitian yang tinggi untuk menghilangkan kesalahan sekecil apa pun, setiap kesalahan tidak dapat ditoleransi. Untuk menghadapi tantangan tak terduga yang mungkin muncul pada tahap ini, AR dapat menjadi solusi. Teknologi ini memungkinkan pemberdayaan bantuan jarak jauh. Bantuan jarak jauh berbasis AR ini memungkinkan koneksi langsung ahli pusat dengan tempat mesin produksi berada. Tujuan dari koneksi jarak jauh ini adalah pemeriksaan mesin secara real-time oleh para ahli untuk memantau proses produksi, atau bahkan menemukan situasi mencurigakan yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

Para ahli memungkinkan untuk memberikan panduan yang tepat kepada tim untuk meminimalkan kesalahan manusia. Berkat Bantuan Jarak Jauh AR, kebutuhan akan buku manual dan panduan sepenuhnya dihilangkan karena teknisi dapat menerima instruksi dan melanjutkan dengan pelaksanaan tugas-tugas lain. Dapat ditambahkan juga kacamata pintar AR untuk memungkinkan kinerja hands-free.

Meningkatkan Pelatihan Kerja

Industri farmasi selalu membutuhkan komitmen yang tinggi dan tenaga kerja yang sangat terampil. Kurangnya tenaga kerja dengan pengetahuan yang tepat dapat menjadi masalah, namun hal tersebut dapat diatasi berkat hadirnya Augmented Reality dalam farmasi. Berkat AR, pelatihan kerja dari tempat yang berbeda menjadi mungkin. Pekerja dapat menerima pendidikan yang tepat secara real-time dengan cara yang lebih inovatif dan efisien menggantikan cara pelatihan tradisional. Pada akhirnya, biaya pelatihan yang harus dikeluarkan untuk pelatihan karyawan pun menjadi lebih rendah.

Baca juga: 5 Penerapan Teknologi di Bidang Kesehatan, Mulai Terapi Hingga Perawatan Kanker

Tenaga kerja yang terdidik dengan baik adalah kunci keberhasilan yang memungkinkan peningkatan proses produktivitas lengkap secara keseluruhan.

Membantu Proses Operasional

Waktu henti mesih, staf yang tidak terlatih, dan kurangnya solusi yang efisien dapat menyebabkan masalah yang mengakibatkan peningkatan biaya dan proses yang sama sekali tidak produktif. Melalui bantuan Augmented Reality dalam farmasi, semua situasi yang merugikan di atas dapat dihilangkan, di tambah dapat meningkatkan kualitas produksi akhir.

Bimbingan ahli memainkan peran kunci dalam mengurangi kesalahan yang berasal dari kurangnya pengetahuan. Dengan cara ini, kolaborasi dibuat antara ahli dan karyawan di lokasi, sehingga meningkatkan sinergi dan kolaborasi kerja. Semua proses yang sepenuhnya digital ini memberikan manfaat augmented reality lain yang memungkinkan manajer untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan melanjutkan dengan prosedur berikut.

Teknologi AR mungkinkan untuk menganalisis dan menemukan solusi paling efisien untuk berbagai masalah. Solusi ini tidak bersifat sementara tetapi merupakan solusi yang didokumentasikan berkat platform bantuan jarak jauh, atau untuk tujuan lebih lanjut seperti pelatihan tenaga kerja. Terlepas dari beberapa masalah konkrit yang disebutkan di atas, masih ada banyak kasus penggunaan lain teknologi AR di industri farmasi.

Teknologi AR menghasilkan produktifitas dan kualitas produksi secara menyeluruh, serta meningkatkan efektifitas pelatihan kerja.


Augmented Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami