Augmented Reality (AR) kini telah diterapkan di banyak industri, mulai dari game seperti Pokemon Go, e-commerce, bisnis, hingga pendidikan serta perawatan kesehatan. Hal ini membuat pelaku jasa Augmented Reality semakin melebarkan sayapnya dalam industri bisnis.

Menurut riset dari Digi-Capital, pendapatan yang dihasilkan oleh pasar augmented / virtual reality diperkirakan mencapai $ 108 miliar pada tahun 2021, dengan pangsa AR yang mencapai $ 83 miliar (versus $ 25 miliar untuk VR). Augmented reality merupakan pasar dengan potensi yang besar dan berkembang sangat pesat. Masuk akal jika perusahaan digital besar seperti Facebook, Google, dan Apple kini telah berinvestasi besar-besaran dalam dunia AR, dan banyak bisnis-bisnis kecil mulai mengikuti jejaknya, termasuk pada bisnis yang menyediakan jasa augmented reality. Pertanyaannya adalah, apakah bisnis Anda bisa ikut merasakan manisnya benefit dari berkembangnya pasar AR ini? Jawabannya adalah, ya!

Anda tidak harus ikut terlibat dalam bisnis AR itu sendiri kok, tetapi cukup dengan memanfaatkan teknologi AR sebagai tools untuk diterapkan dalam bisnis Anda, contohnya adalah penggunaan AR untuk marketing. Apa kelebihan dari penggunaan AR itu sendiri dalam dunia pemasaran? Teknologi ini masih terbilang baru dan menarik di Indonesia, tentu menjadi tools yang sesuai untuk menarik perhatian konsumen dan menjadikan brand atau produk melekat di hati mereka. Langkah pertama yang harus di tempuh sangat jelas, yakni menemukan penyedia jasa pembuatan augmented reality terbaik dan terpercaya.

Namun, seperti apakah ciri-ciri dari vendor Augmented Reality Indonesia yang berkualitas dan dapat dipercaya tersebut? berikut telah kami rangkum beberapa diantaranya.

1. Responsif

responsif

Ciri pertama dari vendor atau jasa Augmented Reality yang baik adalah tingkat responsif mereka terhadap permintaan layanan dari Anda sejak awal. Jika Anda harus berulang kali menghubungi mereka tanpa jawaban, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar ingin bekerja sama dengan vendor tersebut yang bahkan tidak menanggapi pertanyaan Anda. Jika mereka tidak responsif pada Anda sejak awal, itu bisa menjadi pertanda buruk atas pelayanannya di kemudian hari.

2. Portfolio

portfolio monsterAR

Carilah informasi tentang siapa saja atau perusahaan apa saja yang pernah menjadi klien dari vendor AR yang Anda pilih. Hal ini bisa menjadi tolak ukur akan jam terbang, dan berapa banyak klien yang mempercayai pelayanan dari vendor AR tersebut. Jika Anda mau menggali lebih dalam lagi, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak-pihak yang pernah menjadi kliennya. Apakah mereka merasa puas ketika menerima pelayanan jasa tersebut, atau justru sebaliknya.

3. Services

services monsterAR

Semua orang pasti akan senang jika mendapatkan pilihan ketika hendak membeli atau menyewa suatu produk. Ketika mencari penyedia jasa pembuatan augmented reality, pastikan untuk menanyakan daftar services untuk melihat varian pelayanan apa saja yang dapat mereka berikan. Jika mereka menyediakan pelayanan custom development yang berarti mereka bisa membuatkan produk AR seperti apapun yang Anda mau, itu merupakan nilai tambah yang patut dipertimbangkan.

4. Empati

Ketika Anda memiliki keluhan terhadap suatu layanan, tentu Anda ingin keluhan tersebut bisa didengar oleh pihak yang memberikan layanan bukan?

Ini adalah salah satu tolak ukur yang penting dalam menentukan kualitas layanan. Jika vendor AR yang Anda pilih peduli dan mau mendengarkan keluhan Anda, terlebih lagi mau diajak berpikir bersama untuk mencari solusi, ini merupakan pertanda baik untuk pelayanan ke depannya, karena empati atau kepedulian itu penting untuk dimiliki oleh penyedia layanan apapun. Jika mereka tidak mempedulikan setiap permasalahan yang Anda hadapi, bagaimana bisa mereka memberikan layanan terbaik dan tulus dari dalam hati.

Baca juga: 5 Cara Augmented Reality Dalam Membantu UKM Meraih Kesuksesan Dalam Bisnis

5. Karyawan yang Menyenangkan

Anda dapat mengetahui banyak hal dari interaksi Anda dengan karyawan dari perusahaan di bidang apapun. Tidak berbeda dengan penyedia jasa augmented reality. Karyawan yang tidak sopan atau tidak terdengar antusias untuk membantu Anda dapat menjadi tanda manajemen internal perusahaan yang buruk, dan jelas itu merupakan pertanda yang tidak baik untuk ke depannya.

6. Apakah Anda Bahagia Ketika Menerima Pelayanan Jasa Augmented Reality Tersebut?

Terakhir, tanyakan kembali kepada diri Anda sendiri, apakah Anda merasa puas dan bahagia ketika menerima pelayanan dari vendor AR yang Anda pilih. Karena kepuasan Anda pribadi, masih merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan dalam suatu pelayanan.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih jasa vendor augmented reality yang sesuai untuk Anda. Selain beberapa hal penting tersebut Anda juga harus memperhatikan harga yang dipatok untuk biaya jasa Augmented Reality yang akan digunakan. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan.

Maka dari itu kami Monster AR hadir sebagai vendor jasa Augmented Reality terbaik siap menjawab semua kebutuhan mengenai Augmented Reality dalam pengembangan bisnis Anda.

Segera hubungi  dan berkonsultasi langsung dengan tim kami.