Penerapan teknologi augmented reality (AR) telah merata di hampir semua bidang industri, mulai dari game seperti Pokemon Go, e-commerce, digitalisasi bisnis, medis, pendidikan hingga hospitality. Ini tentu berimbas kepada kebutuhan layanan jasa augmented reality custom yang dapat menyesuaikan dengan kondisi dan potensi bisnis yang ada.

Perusahaan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menjadi garda terdepan untuk dapat merealisasikan kebutuhan jasa layanan AR dan VR sebagai bagian dari strategi pemasaran sebuah perusahaan. Sebab dengan memanfaatkan perusahaan penyedia jasa layanan AR dan VR, Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu repot menjalankan aktivitas pemasaran secara digital. Cukup serahkan kepada perusahaan AR dan VR tersebut, maka kebutuhan akan realisasi pemasaran perusahaan akan terpenuhi.

Teknologi AR dan VR di Indonesia mengalami pengembangan pesat setiap tahunnya. Hal ini didasari adanya kebutuhan tinggi akan permintaan tentang solusi dari sisi teknologi untuk menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Alhasil, seiring menjadi pemicu pesatnya tingkat pertumbuhan vendor penyedia layanan teknologi terkini, termasuk dengan vendor AR di Indonesia yang menyediakan layanan kustomisasi teknologi AR dan VR.

Layanan Augmented Reality Custom Terpercaya

Maraknya permintaan untuk mendukung bisnis dari pemilik usaha melalui teknologi berbasis digital, tentu saja membuka peluang yang sangat besar bagi perusahaan penyedia layanan AR dan VR di Indonesia untuk masuk ke dalam dan memberikan layanan terbaiknya.

Rata-rata perusahaan yang bergerak di bidang layanan teknologi terkini dan imersif seperti augmented reality, virtual reality, mixed reality, extended reality, hologram dan sebagainya, menjadi penopang bisnis dari sisi pemasaran perusahaan Anda untuk menjangkau konsumen secara langsung dengan basis digital. Tentu dengan layanan yang sedemikian beragam tersebut, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis yang dijalani.

Dalam menuju perkembangan era industri 4.0, pastinya bisnis Anda membutuhkan layanan dari perusahaan AR dan VR di Indonesia. Namun ada sebuah pertanyaan yang mengemuka, yakni di manakah Anda dapat menemukan perusahaan AR dan VR terpercaya di Indonesia dengan layanan berkualitas? Adakah Perusahaan AR dan VR di Indonesia? Tidak perlu khawatir, karena jawabannya adalah “ya”. Terlebih lagi, jika Anda sedang bersiap untuk mengembangkan bisnis supaya melampaui kompetitor Anda, kami dari MonsterAR siap membantu.

Kustomisasi Produk Augmented Reality dan Virtual Reality

Kustomisasi erat kaitannya dengan aktivitas komunikasi karena pelanggan akan terus berkomunikasi dengan perusahaan hingga kebutuhannya terpenuhi. Dalam kustomisasi, komunikasi pemasaran terpusat pada pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan menjadi aktor yang menginisiasi komunikasi. Dengan bantuan teknologi AR dan VR pada perangkat mobile dan headset VR, tentu aktivitas kustomisasi akan berjalan lebih mudah karena produk dapat tervisualisasi dengan menarik secara mudah. Melalui penggunaan AR dan VR, seorang konsumen real estate dapat menentukan pola lantai yang akan dibangun ataupun produk furniture yang akan dibeli. Selain itu, teknologi AR dan VR juga dapat membantu dalam merencanakan penempatan furniture di dalam rumah yang akan konsumen beli, sehingga mereka dapat menghitung kembali berapa luas ruangan yang kosong.

Sebagai informasi bahwa, teknologi AR dan VR dapat memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan. Contohnya, aplikasi AR IKEA Place. Dengan memanfaatkannya, maka pelanggan IKEA dapat mencoba secara virtual produk yang ingin mereka tempatkan di suatu ruangan. Pelanggan dapat meletakkan furniture secara virtual, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

IKEA Place menjadi aplikasi mobile yang mendorong pelanggannya untuk bereksperimen terhadap berbagai produk IKEA sesuai dengan bentuk rumahnya sehingga tidak perlu berimajinasi seperti ketika berada di toko. Teknologi AR dinilai mampu menjadi saluran komunikasi bagi pelanggan dengan toko/penjual dalam menyampaikan berbagai informasi secara detail, sehingga mampu memfasilitasi pembuatan keputusan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Aplikasi Virtual Try-On/VTO seperti yang digunakan oleh IKEA, dinilai mampu memberikan berbagai solusi kepada perusahaan, seperti menentukan produk apa yang cocok pada pelanggan, memberikan rekomendasi sesuai dengan ukuran yang cocok serta menjadi tempat untuk menjual secara langsung setelah pelanggan mencobanya secara virtual. Melalui teknologi tersebut, pelanggan akan memiliki pengalaman yang sama saat mereka datang ke toko.

AR dan VR Mendukung Industri Event Organizer

Baca juga: Jasa Branding Produk Powerful Melalui Penerapan Teknologi Digital

Pasca pemulihan ekonomi akibat dihantam badai pandemi covid-19, Indonesia terus bangkit dengan berbagai ekosistem bisnis yang terus beranjak naik. Meskipun tidaklah cepat, karena siklus krisis global yang turut dihantam oleh perang Rusia dan Ukraina, Indonesia telah memulai perang terhadap kesulitan ekonomi yang dilalui usai covid-19 mulai menampakkan titik lemahnya.

Industri di berbagai bidang mulai bangkit seperti perusahaan IT, manufaktur, hospitality, kesehatan, pendidikan hingga hiburan. Beberapa bidang industri seperti IT dan F&B (online service) mengalami kenaikan omzet dan tidak terlalu terpengaruh dengan pandemi. Namun tidak dengan industri hospitality (seperti hotel, bar, lounge, karaoke) dan entertainment (event organizer/EO, bioskop, dsb) mengalami imbas secara langsung dengan tidak adanya penonton dan juga event yang dilaksanakan karena kebijakan physical distancing (jaga jarak) oleh pemerintah. Banyak bioskop yang mem-PHK karyawannya dan EO yang gulung tikar akibat tak mampu mengatasi cash flownya.

Dibukanya kembali akses masyarakat untuk melaksanakan kegiatan baik personal ataupun umum, sangat membantu membuka kembali peluang bisnis yang sebelumnya mati suri. Terutama bisnis EO yang kini kembali marak digalakkan di mana-mana seperti konser, pameran, bazaar, dan lain sebagainya. Ini tentunya menjadi angin segar bagi semuanya. Termasuk event yang menggunakan jasa augmented reality custom dalam menunjang pelaksanaan kegiatannya. Nantinya, penerapan virtual event Indonesia melalui teknologi AR untuk bisnis event organizer juga mampu membuka peluang dan lapangan pekerjaan baru bagi para talent mulai dari penyanyi hingga stand up comedian.

Jasa Pembuatan Augmented Reality Custom Terpercaya di Indonesia

Hadirnya perusahaan virtual reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dengan layanan pengembangan bisnisnya dapat dimanfaatkan bagi Anda pemilik bisnis yang ingin meningkatkan performa bisnis yang berjalan. Apabila Anda ingin bukti dan kualitas yang terbaik, Anda dapat mempertimbangkan MonsterAR Indonesia. Mengapa demikian? MonsterAR memberikan layanan pengembangan bisnis berbasis teknologi VR dan AR yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan, tentunya dengan harga yang kompetitif.

MonsterAR mempunyai layanan untuk membuat produk AR, VR, XR, Interactive Software, Game Development, Curved Display, Projection Mapping, 3-D Animation, Drone 2D & 3D Mapping dan aneka layanan custom lainnya. Dengan demikian, tak perlu diragukan lagi bahwa kami mempunyai layanan satu atap untuk aneka bisnis yang Anda jalankan.

Berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta, telah menjadi klien kami dan merasakan bukti bagaimana teknologi yang kami kembangkan telah membantu meningkatkan omset perusahaan. Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda telah mencapai paragraf ini, maka dapat dipastikan bahwa Anda sudah mengetahui tempat yang tepat untuk memperoleh layanan jasa augmented reality di Indonesia. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, Anda tak perlu ragu maupun bimbang karenanya. Segera hubungi kami di bawah ini untuk informasi produk dan layanan konsultasi gratis dari MonsterAR!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?