Istilah Acara Online atau Virtual Event Indonesia mulai menjadi populer selama pandemi belakangan ini. Virtual event akan menjadi sebuah terobosan di masa depan sebagai salah satu solusi menjawab kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial yaitu berkomunikasi dan berinteraksi. 

Kegiatan virtual event Indonesia muncul selama pandemi Covid-19. Akibat pandemi global tersebut, penyelenggaraan dan pengelolaan acara offline menjadi tidak mungkin diadakan. Sehingga hal tersebut berimbas kepada bisnis Event Organizer (EO) dan semua orang yang terkait dengan industri tersebut. 

Untuk dapat bertahan dan supaya bisnis tetap berjalan dan pendapatan tetap mengalir, maka dicarilah ide paling tepat untuk mengatasi hal tersebut. Dan tercetuslah ide virtual event yang akhirnya menjadi sebuah solusi ideal bagi pelaku bisnis event. 

Melalui kegiatan virtual event, pelaku industri event masih tetap dapat mendulang pemasukan meskipun di saat pandemi. Dengan kegiatan virtual event, Orang masih dapat menghadiri webinar, seminar, peluncuran produk, konser, pameran dan apa pun dari tempat mereka sendiri, sambil menjalani aktivitas seperti biasa, kapan saja tanpa perlu meninggalkan rumah. 

Tidak di sangka, ternyata virtual event memberikan keuntungan bagi pengelola acara, dengan jumlah pengembalian atau ROI yang di dapatkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan acara offline. Tidak hanya dari segi pendapatan saja, tetapi juga dari segi kemudahan.

5 Keuntungan Menggunakan Virtual Event

1. Tanpa Batasan Waktu dan Tempat

Dalam pelaksanaan event offline seperti seminar, umumnya pengunjung akan datang ke lokasi acara. Setelah itu pembicara akan datang dan mulai berbicara. Namun umumnya dalam durasi bicara akan dibatasi. Sehingga bagi pembicara, hal itu tidak leluasa. Di samping itu, sang pembicara juga diharuskan hadir di tempat acara, dan kadang terkendala waktu serta halangan di jalan. Kendala lainnya adalah cuaca dan juga bencana alam yang dapat sewaktu-waktu dapat mengancam.

Penyelenggaraan acara virtual, tidak mengenal kendala waktu. Pengunjung dapat menghadiri acara kapan pun mereka mau tanpa melewatkan satu menit pun. Mereka bahkan dapat menonton ulang momen favorit mereka dari seluruh acara dari rekaman yang tersedia di dalam aplikasi. Berkat hadirnya virtual event Indonesia, tidak ada lagi penyesalan karena melewatkan bagian penting dari suatu event.

2. Tidak Ada Jarak dan Batasan Jumlah

Acara offline memiliki keterbatasan jumlah pengunjung. Ini membatasi Anda dalam hal demografi, bahasa, waktu, dan lainnya. Tetapi dengan acara virtual, seseorang dapat menyelenggarakan dan mengelola acara untuk pengunjung sebanyak apapun yang di inginkan selama berjam-jam dari seluruh dunia. Dan semua itu bahkan tanpa meninggalkan kamar atau ruang mereka. Luar biasa bukan?

Acara offline apapun yang berskala besar tentunya memerlukan biaya yang sangat besar pula dan persiapan hingga berbulan-bulan. Rata-rata event berskala besar akan berakhir dengan pengeluaran budget yang lebih tinggi dari penghasilan yang didapat. Virtual event dapat menembus batasan jarak dengan memungkinkan para partisipan untuk berinteraksi satu sama lain dari seluruh dunia walau terpisahkan jarak yang berjauhan.

3. Real Time Analisis dan Umpan Balik

Event Anda akan terlihat sempurna untuk Anda dan tim, tetapi seberapa besar keterlibatan audiens Anda, apa pendapat mereka tentang event yang Anda selenggarakan dan sebagainya. Lebih banyak analisis yang harus Anda lakukan setelah selesainya suatu acara.

Penyelenggaraan suatu acara dengan virtual event meskipun di Indonesia masih belum masif. Namun impact yang dihasilkan sangat memuaskan, terutama dari segi menganalisis acara yang diselenggarakan akan jauh lebih mudah untuk melakukannya.

Dengan event virtual, penyelenggara akan mendapatkan analisis yang lebih mendalam mengenai jalannya acara secara detail dan terukur. Dengan tujuan untuk menghitung keuntungan dan kerugian yang dikeluarkan dan dihasilkan.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi Perkantoran, Lipat Gandakan Omset Bisnis Anda

Umpan balik juga adalah hal yang paling penting jika Anda mengadakan acara untuk pertama kalinya. Tetapi terus-menerus meminta umpan balik dari orang-orang adalah proses yang membosankan. Dengan platform virtual event, seseorang cukup memasukkan formulir umpan balik di akhir acara, atau mengirimi mereka email sesudahnya dengan semua detail pendaftaran yang diperoleh dari analitik.

4. Ramah Lingkungan

Dalam penyelenggaraan acara virtual, tidak dikenal dengan istilah akan merusak lingkungan. Sebab baik peserta maupun pengisi acara tidak hadir secara nyata di dalam suatu lokasi. Hal ini kontras dengan acara offline yang biasanya sarat akan dekorasi, hiburan dan lain sebagainya. Umumnya karena hal itu, penyelenggaraan acara offline cenderung akan meninggalkan sampah dan juga terkadang secara tidak sengaja merusak tanaman yang ada di sekitar lokasi acara.

5. Ekonomis

virtual event di indonesia

Bisa dibayangkan jika dalam menyelenggarakan acara offline, terdapat banyak hal yang mempengaruhi lancarnya acara seperti biaya acara, sound system, video shooting, make up, wardrobe, panggung, katering, dan lain-lain. Tetapi dengan menyelenggarakan virtual event, Anda tidak perlu membayar itu semua. Mungkin biaya yang Anda harus keluarkan tidaklah sebesar jika Anda menyelenggarakan acara offline.

Platform virtual event berbasis web custom kiranya dapat menjadi pilihan Anda, meskipun untuk platform seperti ini masih dalam konsep yang tentu saja bukanlah hal yang mustahil. selain aplikasi untuk melakukan acara virtual di Indonesia. Termasuk fitur-fitur yang menyertai. Alhasil, virtual event adalah suatu fasilitas yang murah, mudah tetapi jangkauannya sangat besar.

6 Ide Virtual Event untuk Bisnis Anda

Seperti event offline pada umumnya, virtual event juga bisa di selenggarakan dalam bermacam bentuk dan tujuan acara. Berikut 5 referensi event virtual yang bisa di selenggarakan untuk bisnis Anda.

1. Virtual Tour

Sektor pariwisata adalah salah satu yang terkena pulukan paling telak dari pandemi COVID-19. Di batasinya akses pransportasi dari luar Negeri semakin memperparah keadaan ini. Tentu tidak bisa sendirian dalam mengatasi masalah ini, dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari pemerintah khususnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Melalui teknologi AR dan VR, wisatawan dapat mengakses berbagai informasi pariwisata yang ingin dikunjungi. Konten yang di sajikan bisa berupa informasi tentang hotel terdekat, objek wisata, museum di sekitar dan bahkan kuliner terdekat. Augmented Reality dan Virtual Reality memiliki caranya masing-masing dalam membantu industri pariwisata supaya terlepas dari cengkraman pandemi.

2. Virtual Trade Show

Virtual trade show atau biasa di kenal pameran dagang sepintas tidak mungkin dilakukan melalui virtual event. Nyatanya, dengan menggunakan animasi 3D yang dinamis yang mampu menyerupai situasi pameran fisik dengan tambahan fitur seperti live chat dan menyediakan platform belanja di tempat melalui e-commerce.

3. Job Fair Virtual

Umumnya job fair biasa diselenggarakandi tempat terbuka dan berdesakan oleh para pencari kerja. Ini menjadi berita baik khususnya di saat pembatasan sosial akibat pandemi, sehingga job fair bisa tetap di laksanakan walau dari rumah masing-masing. Bahkan, job fair online bisa di hadiri oleh para perusahaan sehingga mampu mewadahi sesi wawancara bisa dilaksanakan secara online.

4. Webinar

Webinar merupakan acara pembelajaran seperti pelatihan, workshop, ceramah dan presentasi yang dilangsungkan secara online. Acara ini bisa disiarkan secara langsung atau bisa di rekam. Untuk berpartisipasi dalam webinar, peserta hanya perlu mendaftarkan diri ke event terkait untuk mendapat akses dan berpartisipasi sesuai jadwal.

5. Virtual Launch

Virtual launch bisa menjadi alternatif bagi perusahaan untuk meluncurkan produk. Beberapa perusahaan yang pernah menyelenggarakan virtual launch di antaranya adalah BMW yang meluncurkan produk The New 6 Gran Turismo dan ditonton oleh lebih dari 1,3 juta penonton. Toyota juga pernah mengadakan virtual launch untuk peluncuran Agya terbarunya.

6. Konser Virtual

Banyak musisi besar dunia menyelenggarakan konser virtual untuk melakukan pertunjukan terutama di masa pandemi COVID-19, termasuk penyanyi sekaligus penulis lagu pemenang penghargaan GRAMMY John Legend yang melakukan pertunjukan konser VR pada tanggal 25 Juni 2020, dalam upaya untuk mendukung kampanye FREEAMERICA Legend dengan tujuan mengubah Sistem peradilan pidana AS dan mengakhiri penahanan massal untuk orang Afrika-Amerika.

Virtual Event Indonesia Melalui Metaverse

Apa itu Metaverse? Istilah metaverse mulai populer sejak tahun 2021 silam. Keputusan Mark Zuckerberg yang mengumumkan akan mengganti nama Facebook menjadi Meta menjadi titik awal semakin populernya istilah metaverse di kalangan masyarakat awam. Tidak hanya terkesan canggih dan untuk gaya-gayaan saja, metaverse ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan virtual event Indonesia lho.

Pada CES 2022, NFT dan mata uang berbasis blockchain yang menjadi dua komponen utama metaverse akan menjadi bagian sentral dari percakapan, dan ReedPOP baru-baru ini meluncurkan program berlangganan “Metaverse Memberships” yang menawarkan manfaat baik fisik maupun digital, di dalam event metaverse Comic Con. Karena metaverse sudah mulai mentransformasi industri event, mari kita gali lebih dalam manfaat metaverse bagi virtual event Indonesia.

Jumlah Pengunjung Tanpa Batas

Dengan virtual event di dalam metaverse, penyelenggara event dapat menghadirkan pengunjung tanpa batasan jumlah. Bahkan pada saat pandemi yang lalu, Epic Games menyelenggarakan sebuah konser rock di dalam game online mereka yaitu Fortnite. Di samping itu, jutaan orang dapat menonton penampilan Travis Scott secara langsung melalui event virtual di metaverse. 

Dengan pemanfaatan metaverse, maka jutaan orang akan dapat melihat dan berinteraksi satu sama lain secara bersamaan di ruang virtual yang sama. Oleh karena itu, meskipun Anda mungkin tidak dapat menghadirkan ratusan ribu atau jutaan orang secara bersamaan ke dalam acara offline atau langsung, dengan metaverse, Anda dapat membalikkan kenyataan tersebut secara langsung.

Meningkatkan Monetisasi

Salah satu manfaat terbesar dari metaverse adalah peluang menghasilkan uang, dan ada banyak peluang monetisasi bagi mereka yang bersedia membuat virtual event metaverse di Indonesia. Selama bertahun-tahun, pembuat video game telah memperoleh pendapatan dengan memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman virtual mereka. 

Seperti konferensi dunia fisik, Anda dapat memiliki akses VIP ke acara. Anda juga dapat mengizinkan orang lain untuk meningkatkan pengalaman event mereka sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan dan seperti apa penampilan mereka di lingkungan dan termasuk dalam hal keperluan berbelanja.

Merek fashion Ralph Lauren telah meluncurkan sebuah event di metaverse Roblox. Pemain dapat menikmati olahraga aktif seperti seluncur es dan pakaian olahraga dari koleksi desainer tahun 1990-an selama acara Liburan Musim Dingin. Barang bermerek akan berharga sekitar $1,25 hingga $3. Analis di Morgan Stanley mengatakan bahwa penjualan barang-barang mewah, termasuk fashion digital, bisa mencapai 50 miliar euro pada 2030, dan popularitas barang koleksi akan tumbuh. Ruang virtual memiliki peluang pasar yang signifikan untuk pengembangan ritel. Mengingat hasil yang terlihat dari integrasi metaverse sebelumnya, Ralph Lauren benar-benar percaya bahwa ini adalah sumber pendapatan masa depan. Selain itu, token NFT merupakan bagian integral dari masa depan Ralph Lauren di dunia digital.

Mode digital adalah salah satu tren baru yang sedang dikembangkan oleh semua rumah mode besar. Misalnya, Gucci bermitra dengan British Fashion Council untuk menjadi tuan rumah Fashion Awards 2021 di metaverse Roblox. Oleh karena itu, dewan memutuskan untuk merayakan penghargaan desain busana digital yang pertama.

Bebas Kustomisasi Ruang Pertemuan

Pada saat Anda menyelenggarakan sebuah event, Anda harus menyesuaikan desain Anda agar sesuai dengan ruang acara. Misalnya, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti tata letak. Setiap tempat/ruang memiliki dimensinya sendiri yang harus Anda selaraskan. Di luar itu, setiap ruang memiliki batasan fisiknya sendiri di luar dimensi seperti outlet listrik, pintu/jendela, ketinggian langit-langit, dan lainnya. Tata letak yang Anda buat harus mempertimbangkan semua ini. Anda juga harus memastikan gaya dan ukuran furnitur yang Anda putuskan untuk digunakan di ruang event Anda sesuai dengan tujuan dan tata letaknya.

Baca juga: Jual Virtual Reality di Jakarta, Murah dan Berkualitas

Berkat metaverse, ide kreatif Anda tidak akan dibatasi oleh aula acara, dan Anda dapat memilih warna, pencahayaan, furnitur, dan lainnya sesuai spesifikasi Anda. Di metaverse, Anda tidak dibatasi oleh kode bangunan atau bahkan hukum fisika. Faktanya, ruang konferensi yang akhirnya Anda buat dapat memiliki ruang pertemuan tanpa batas sehingga orang dapat menghadiri acara sebanyak yang mereka inginkan dan berinteraksi dengan sebanyak mungkin orang.

Kenapa harus Metaverse

Jika semua manfaat yang disebutkan di atas belum meyakinkan Anda tentang metaverse, Anda perlu mengingat bahwa semakin hari semakin banyak orang yang tertarik dengan metaverse. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wunderman Thompson, 74% dari mereka yang akrab dengan istilah “metaverse” tertarik untuk menghadiri konferensi bisnis digital. Bahkan mereka yang masih tidak yakin apa yang dimaksud dengan metaverse pun penasaran. 55% responden yang belum pernah mendengar tentang metaverse masih ingin melihat konferensi di wilayah asing.

Dalam metaverse, tingkat keterlibatan dan partisipasi audiens meningkat. Peserta terlibat dalam pengalaman bersama menggunakan avatar, dan mereka hadir bersama di ruang yang sama, tetapi dengan setiap peserta membentuk kenangan dari pengalaman unik mereka sendiri. Mereka dapat berjalan, berbicara, menari, berjabat tangan, berbagi, menyukai, berkomentar, dan terlibat sepanjang acara. Keterlibatan bahkan dapat diukur secara detail dan ini menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan event tatap muka.

Terakhir, mari kita pikirkan tentang dampak positif terhadap lingkungan dari penyelenggaraan virtual event Indonesia dan pengurangan karbon yang menyertainya. Pikirkan tentang semua emisi karbon yang datang dengan peserta dari seluruh dunia turun di lokasi tertentu. Penghematan karbon yang di impikan pemerintah dunia dapat dicapai hanya dengan mulai mengalihkan beberapa event tatap muka ke metaverse.

Walaupun masyarakat memiliki kerinduan menghadiri event secara langsung, kebiasaan menghadiri event secara online selama hampir 2 tahun ini akan melekat dan terus berlanjut. Kini lebih banyak masyarakat yang sadar bahwa melakukan segala hal secara online lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, di tambah semakin pedulinya terhadap menjaga kesehatan yang menjadi alasan lainnya kenapa acara virtual lebih baik daripada acara offline di masa mendatang. event virtual akan selalu memiliki keunggulan dibandingkan event offline dalam banyak faktor yang sudah di sebutkan di atas.

Virtual event  adalah cara terbaik untuk terlibat, berinteraksi, dan menarik audiens global dari satu platform. Dengan semua digitalisasi yang terjadi, serta basis audiens yang lebih muda dan luas, sudah bisa dipastikan bahwa virtual event Indonesia akan menjadi hal besar ke depannya.

MonsterAR memiliki platform paling sederhana untuk menyelenggarakan acara luar biasa seperti acara Virtual, Pameran Virtual, Seminar Virtual, peluncuran produk Virtual, Rapat Virtual, Konser Virtual, Lokakarya Virtual, dan banyak lagi. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Begitu banyak manfaat dan potensi dari pemasaran digital yang dapat Anda manfaatkan. MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang berpengalaman mengambangkan teknologi AR/VR, NFT, Metaverse dan lain sebagainya di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem IT pilihan di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks demi kebutuhan pemasaran digital Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Teknologi AR/VR selamatkan bisnis Event Organizer di masa pandemi

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?