Istilah Acara Online atau Virtual Event di Indonesia mulai menjadi populer selama pandemi belakangan ini. Akibat pandemi global, menyelenggarakan dan mengelola acara offline menjadi tidak mungkin saat ini bagi bisnis Event Organizer dan semua orang yang terkait dengan industri event. Mereka harus memiliki beberapa alternatif agar bisnis mereka tetap berjalan dan pendapatan tetap mengalir.

Virtual Event menjadi solusi bagi EO di saat pandemi. Orang dapat menghadiri webinar, seminar, peluncuran produk, konser, pameran dan apa pun dari tempat mereka dan bisa dilakukan sambil menjalani aktifitas seperti biasanya dan kapan saja tanpa perlu meninggalkan rumah.

Tidak di sangka, Virtual Event ternyata memberikan keuntungan luar biasa bagi pengelola acara, dengan jumlah pengembalian atau ROI yang di dapatkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan acara offline. Tidak hanya dari segi pendapatan, tetapi juga dari segi kemudahan.

Inilah 5 alasan kenapa Virtual Event lebih menguntungkan daripada event tradisional.

1. Tanpa Batasan Waktu dan Tempat

Saat ini orang tidak punya waktu, mereka tidak bisa hanya menunggu pembicara tamu atau tamu utama datang dan kemudian mendengar pidato kecil mereka sebelum acara dimulai, kita semua telah mengalaminya dan kita tau bahwa itu sangatlah membosankan.

Dengan acara virtual, seseorang dapat menyelenggarakan acara tanpa kendala waktu. Penonton dapat menghadiri acara kapan pun mereka mau tanpa melewatkan satu menit pun. Mereka bahkan dapat menonton ulang momen favorit mereka dari seluruh acara. Berkat hadirnya virtual event di Indonesia, tidak ada lagi penyesalan karena melewatkan bagian penting dari suatu event.

2. Acara Berskala Besar

Acara offline memiliki keterbatasan jumlah pengunjung. Ini membatasi Anda dalam hal demografi, bahasa, waktu, dan lainnya. Tetapi dengan acara virtual, seseorang dapat menyelenggarakan dan mengelola acara untuk pengunjung sebanyak apapun yang di inginkan selama berjam-jam dari seluruh dunia. Dan semua itu bahkan tanpa meninggalkan kamar atau ruang mereka. Luar biasa bukan?

Acara fisik berskala sebesar juga perlu biaya yang sangat besar dan persiapan hingga berbulan-bulan. Rata-rata event berskala besar biasanya berakhir dengan pengeluaran biaya lebih tinggi dari penghasilan yang didapat. Virtual event menerobos batasan jarak dengan memungkinkan para partisipan untuk berinteraksi satu sama lain dari seluruh dunia walau terpisahkan jarak yang berjauhan.

3. Real Time Analisis dan Umpan Balik

Event Anda akan terlihat sempurna untuk Anda dan tim, tetapi seberapa besar keterlibatan audiens Anda, apa pendapat mereka tentang event yang Anda selenggarakan dan sebagainya. Lebih banyak analisis yang harus Anda lakukan setelah selesainya suatu acara.

Dengan event virtual, penyelenggara mendapatkan analisis mendalam tentang event dengan analitik waktu nyata yang dapat membandingkan beberapa faktor sekaligus dan memberikan hasil hanya dengan satu klik.

Baca juga: Teknologi AR Selamatkan Bisnis Event Organizer di Masa Pandemi

Umpan balik juga adalah hal yang paling penting jika Anda mengadakan acara untuk pertama kalinya. Tetapi terus-menerus meminta umpan balik dari orang-orang adalah proses yang membosankan. Dengan platform virtual event, seseorang cukup memasukkan formulir umpan balik di akhir acara, atau mengirimi mereka email sesudahnya dengan semua detail pendaftaran yang diperoleh dari analitik.

4. Ramah Lingkungan

Acara virtual tidak akan merusak lingkungan, tidak ada perjalanan, tidak ada ruangan ber-AC, tidak ada dekorasi mewah, atau tidak ada musik yang keras. Dan itu tidak akan dibatalkan atau ditunda bahkan jika cuaca tidak mendukung atau kita sedang dalam pandemi. Jadi situasi win-win untuk semua.

5. Ekonomis

virtual event di indonesia

Menyelenggarakan event offline membutuhkan banyak biaya. Sudah termasuk biaya Venue, Audio, dan Visual, Vendor pihak ketiga, Penyewaan Acara, Hiburan, Vendor Dekorasi, Biaya Administrasi, dan lainnya. Namun dengan Virtual Event, Anda hanya perlu membayar untuk platform dan tanpa biaya tambahan, Anda dapat mengundang sebanyak mungkin orang yang Anda inginkan untuk biaya yang sama. Dan dengan platform event berbasis web custom, Anda tidak perlu bergantung pada siapa pun, Anda hanya tinggal membuat dan menyelenggarakan Event / Pameran Virtual dengan mudah.

Walaupun masyarakat memiliki kerinduan menghadiri event secara langsung, kebiasaan menghadiri event secara online selama hampir 2 tahun ini akan melekat dan terus berlanjut. Kini lebih banyak masyarakat yang sadar bahwa melakukan segala hal secara online lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, di tambah semakin pedulinya terhadap menjaga kesehatan yang menjadi alasan lainnya kenapa acara virtual lebih baik daripada acara offline di masa mendatang. Event Virtual akan selalu memiliki keunggulan dibandingkan event offline dalam banyak faktor yang sudah di sebutkan di atas.

Virtual Event adalah cara terbaik untuk terlibat, berinteraksi, dan menarik audiens global dari satu platform. Dengan semua digitalisasi yang terjadi, serta basis audiens yang lebih muda dan luas, sudah bisa di pastikan bahwa virtual event di Indonesia akan menjadi hal besar ke depannya.

MonsterAR memiliki platform paling sederhana untuk menyelenggarakan acara luar biasa seperti acara Virtual, Pameran Virtual, Seminar Virtual, peluncuran produk Virtual, Rapat Virtual, Konser Virtual, Lokakarya Virtual, dan banyak lagi. Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan info selengkapnya.


Teknologi AR/VR selamatkan bisnis Event Organizer di masa pandemi

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami