Istilah Acara Online atau Virtual Event di Indonesia mulai menjadi populer selama pandemi belakangan ini. Akibat pandemi global, menyelenggarakan dan mengelola acara offline menjadi tidak mungkin saat ini bagi bisnis Event Organizer dan semua orang yang terkait dengan industri event. Mereka harus memiliki beberapa alternatif agar bisnis mereka tetap berjalan dan pendapatan tetap mengalir.

Virtual Event menjadi solusi bagi EO di saat pandemi. Orang dapat menghadiri webinar, seminar, peluncuran produk, konser, pameran dan apa pun dari tempat mereka dan bisa dilakukan sambil menjalani aktifitas seperti biasanya dan kapan saja tanpa perlu meninggalkan rumah.

Tidak di sangka, Virtual Event ternyata memberikan keuntungan luar biasa bagi pengelola acara, dengan jumlah pengembalian atau ROI yang di dapatkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan acara offline. Tidak hanya dari segi pendapatan, tetapi juga dari segi kemudahan.

Inilah 5 alasan kenapa Virtual Event lebih menguntungkan daripada event tradisional.

1. Tanpa Batasan Waktu dan Tempat

Saat ini orang tidak punya waktu, mereka tidak bisa hanya menunggu pembicara tamu atau tamu utama datang dan kemudian mendengar pidato kecil mereka sebelum acara dimulai, kita semua telah mengalaminya dan kita tau bahwa itu sangatlah membosankan.

Dengan acara virtual, seseorang dapat menyelenggarakan acara tanpa kendala waktu. Penonton dapat menghadiri acara kapan pun mereka mau tanpa melewatkan satu menit pun. Mereka bahkan dapat menonton ulang momen favorit mereka dari seluruh acara. Berkat hadirnya virtual event di Indonesia, tidak ada lagi penyesalan karena melewatkan bagian penting dari suatu event.

2. Acara Berskala Besar

Acara offline memiliki keterbatasan jumlah pengunjung. Ini membatasi Anda dalam hal demografi, bahasa, waktu, dan lainnya. Tetapi dengan acara virtual, seseorang dapat menyelenggarakan dan mengelola acara untuk pengunjung sebanyak apapun yang di inginkan selama berjam-jam dari seluruh dunia. Dan semua itu bahkan tanpa meninggalkan kamar atau ruang mereka. Luar biasa bukan?

Acara fisik berskala sebesar juga perlu biaya yang sangat besar dan persiapan hingga berbulan-bulan. Rata-rata event berskala besar biasanya berakhir dengan pengeluaran biaya lebih tinggi dari penghasilan yang didapat. Virtual event menerobos batasan jarak dengan memungkinkan para partisipan untuk berinteraksi satu sama lain dari seluruh dunia walau terpisahkan jarak yang berjauhan.

3. Real Time Analisis dan Umpan Balik

Event Anda akan terlihat sempurna untuk Anda dan tim, tetapi seberapa besar keterlibatan audiens Anda, apa pendapat mereka tentang event yang Anda selenggarakan dan sebagainya. Lebih banyak analisis yang harus Anda lakukan setelah selesainya suatu acara.

Dengan event virtual, penyelenggara mendapatkan analisis mendalam tentang event dengan analitik waktu nyata yang dapat membandingkan beberapa faktor sekaligus dan memberikan hasil hanya dengan satu klik.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi Perkantoran, Lipat Gandakan Omset Bisnis Anda

Umpan balik juga adalah hal yang paling penting jika Anda mengadakan acara untuk pertama kalinya. Tetapi terus-menerus meminta umpan balik dari orang-orang adalah proses yang membosankan. Dengan platform virtual event, seseorang cukup memasukkan formulir umpan balik di akhir acara, atau mengirimi mereka email sesudahnya dengan semua detail pendaftaran yang diperoleh dari analitik.

4. Ramah Lingkungan

Acara virtual tidak akan merusak lingkungan, tidak ada perjalanan, tidak ada ruangan ber-AC, tidak ada dekorasi mewah, atau tidak ada musik yang keras. Dan itu tidak akan dibatalkan atau ditunda bahkan jika cuaca tidak mendukung atau kita sedang dalam pandemi. Jadi situasi win-win untuk semua.

5. Ekonomis

virtual event di indonesia

Menyelenggarakan event offline membutuhkan banyak biaya. Sudah termasuk biaya Venue, Audio, dan Visual, Vendor pihak ketiga, Penyewaan Acara, Hiburan, Vendor Dekorasi, Biaya Administrasi, dan lainnya. Namun dengan Virtual Event, Anda hanya perlu membayar untuk platform dan tanpa biaya tambahan, Anda dapat mengundang sebanyak mungkin orang yang Anda inginkan untuk biaya yang sama. Dan dengan platform event berbasis web custom, Anda tidak perlu bergantung pada siapa pun, Anda hanya tinggal membuat dan menyelenggarakan Event / Pameran Virtual dengan mudah.

Virtual Event di Indonesia Melalui Metaverse

Apa itu Metaverse? Istilah metaverse mulai populer sejak tahun 2021 silam. Keputusan Mark Zuckerberg yang mengumumkan akan mengganti nama Facebook menjadi Meta menjadi titik awal semakin populernya istilah metaverse di kalangan masyarakat awam. Tidak hanya terkesan canggih dan untuk gaya-gayaan saja, metaverse ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan virtual event di Indonesia lho.

Pada CES 2022, NFT dan mata uang berbasis blockchain yang menjadi dua komponen utama metaverse akan menjadi bagian sentral dari percakapan, dan ReedPOP baru-baru ini meluncurkan program berlangganan “Metaverse Memberships” yang menawarkan manfaat baik fisik maupun digital, di dalam event metaverse Comic Con. Karena metaverse sudah mulai mentransformasi industri event, mari kita gali lebih dalam manfaat metaverse bagi virtual event di Indonesia.

Jumlah Pengunjung Tanpa Batas

Dengan virtual event melalui metaverse, Anda dapat menghadirkan pengunjung tanpa batas. Selama pandemi, Epic Games menyelenggarakan konser rock dalam game online mereka yaitu Fortnite. Jutaan orang dapat menonton Travis Scott tampil secara langsung. Sementara teknologi saat ini tidak cukup maju bagi jutaan orang untuk melihat dan berinteraksi satu sama lain secara bersamaan di ruang virtual yang sama, peserta dapat melihat satu sama lain dalam kelompok berjumlah 50 orang. Oleh karena itu, meskipun Anda mungkin tidak dapat menjejalkan ratusan ribu orang secara bersamaan ke acara Anda berikutnya, Anda masih bisa menghadirkan hingga ratusan ribu orang di acara Anda.

Meningkatkan Monetisasi

Salah satu manfaat terbesar dari metaverse adalah peluang menghasilkan uang, dan ada banyak peluang monetisasi bagi mereka yang bersedia membuat virtual event metaverse di Indonesia. Selama bertahun-tahun, pembuat video game telah memperoleh pendapatan dengan memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman virtual mereka. Seperti konferensi dunia fisik, Anda dapat memiliki akses VIP ke acara. Anda juga dapat mengizinkan orang untuk meningkatkan pengalaman event mereka sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan dan seperti apa penampilan mereka di lingkungan dan berbelanja barang-barang (yang kemudian dapat dikirim secara fisik ke rumah mereka).

Merek fashion Ralph Lauren telah meluncurkan sebuah event di metaverse Roblox. Pemain dapat menikmati olahraga aktif seperti seluncur es dan pakaian olahraga dari koleksi desainer tahun 1990-an selama acara Liburan Musim Dingin. Barang bermerek akan berharga sekitar $1,25 hingga $3. Analis di Morgan Stanley mengatakan bahwa penjualan barang-barang mewah, termasuk fashion digital, bisa mencapai 50 miliar euro pada 2030, dan popularitas barang koleksi akan tumbuh. Ruang virtual memiliki peluang pasar yang signifikan untuk pengembangan ritel. Mengingat hasil yang terlihat dari integrasi metaverse sebelumnya, Ralph Lauren benar-benar percaya bahwa ini adalah sumber pendapatan masa depan. Selain itu, token NFT merupakan bagian integral dari masa depan Ralph Lauren di dunia digital.

Mode digital adalah salah satu tren baru yang sedang dikembangkan oleh semua rumah mode besar. Misalnya, Gucci bermitra dengan British Fashion Council untuk menjadi tuan rumah Fashion Awards 2021 di metaverse Roblox. Oleh karena itu, dewan memutuskan untuk merayakan penghargaan desain busana digital yang pertama.

Bebas Kustomisasi Ruang Pertemuan

Saat Anda menyelenggarakan sebuah event, Anda harus menyesuaikan desain Anda agar sesuai dengan ruang acara. Misalnya, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti tata letak. Setiap tempat/ruang memiliki dimensinya sendiri yang harus Anda selaraskan. Di luar itu, setiap ruang memiliki batasan fisiknya sendiri di luar dimensi seperti outlet listrik, pintu/jendela, ketinggian langit-langit, dan lainnya. Tata letak yang Anda buat harus mempertimbangkan semua ini. Anda juga harus memastikan gaya dan ukuran furnitur yang Anda putuskan untuk digunakan di ruang event Anda sesuai dengan tujuan dan tata letaknya.

Baca juga: Jual Virtual Reality di Jakarta, Murah dan Berkualitas

Berkat metaverse, ide kreatif Anda tidak akan dibatasi oleh aula acara, dan Anda dapat memilih warna, pencahayaan, furnitur, dan lainnya sesuai spesifikasi Anda. Di metaverse, Anda tidak dibatasi oleh kode bangunan atau bahkan hukum fisika. Faktanya, ruang konferensi yang akhirnya Anda buat dapat memiliki ruang pertemuan tanpa batas sehingga orang dapat menghadiri acara sebanyak yang mereka inginkan dan berinteraksi dengan sebanyak mungkin orang.

Kenapa harus Metaverse

Jika semua manfaat yang disebutkan di atas belum meyakinkan Anda tentang metaverse, Anda perlu mengingat bahwa semakin hari semakin banyak orang yang tertarik dengan metaverse. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wunderman Thompson, 74% dari mereka yang akrab dengan istilah “metaverse” tertarik untuk menghadiri konferensi bisnis digital. Bahkan mereka yang masih tidak yakin apa yang dimaksud dengan metaverse pun penasaran. 55% responden yang belum pernah mendengar tentang metaverse masih ingin melihat konferensi di wilayah asing.

Dalam metaverse, tingkat keterlibatan dan partisipasi audiens meningkat. Peserta terlibat dalam pengalaman bersama menggunakan avatar, dan mereka hadir bersama di ruang yang sama, tetapi dengan setiap peserta membentuk kenangan dari pengalaman unik mereka sendiri. Mereka dapat berjalan, berbicara, menari, berjabat tangan, berbagi, menyukai, berkomentar, dan terlibat sepanjang acara. Keterlibatan bahkan dapat diukur secara detail dan ini menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan event tatap muka.

Terakhir, mari kita pikirkan tentang dampak positif terhadap lingkungan dari penyelenggaraan virtual event di Indonesia dan pengurangan karbon yang menyertainya. Pikirkan tentang semua emisi karbon yang datang dengan peserta dari seluruh dunia turun di lokasi tertentu. Penghematan karbon yang di impikan pemerintah dunia dapat di capai hanya dengan mulai mengalihkan beberapa event tatap muka ke metaverse.

Walaupun masyarakat memiliki kerinduan menghadiri event secara langsung, kebiasaan menghadiri event secara online selama hampir 2 tahun ini akan melekat dan terus berlanjut. Kini lebih banyak masyarakat yang sadar bahwa melakukan segala hal secara online lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, di tambah semakin pedulinya terhadap menjaga kesehatan yang menjadi alasan lainnya kenapa acara virtual lebih baik daripada acara offline di masa mendatang. Event Virtual akan selalu memiliki keunggulan dibandingkan event offline dalam banyak faktor yang sudah di sebutkan di atas.

Virtual Event adalah cara terbaik untuk terlibat, berinteraksi, dan menarik audiens global dari satu platform. Dengan semua digitalisasi yang terjadi, serta basis audiens yang lebih muda dan luas, sudah bisa di pastikan bahwa virtual event di Indonesia akan menjadi hal besar ke depannya.

MonsterAR memiliki platform paling sederhana untuk menyelenggarakan acara luar biasa seperti acara Virtual, Pameran Virtual, Seminar Virtual, peluncuran produk Virtual, Rapat Virtual, Konser Virtual, Lokakarya Virtual, dan banyak lagi. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Teknologi AR/VR selamatkan bisnis Event Organizer di masa pandemi

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami