Pada acara Facebook Connect di akhir Oktober tahun ini, Facebook mengganti namanya menjadi Meta dan meluncurkan alat Metaverse untuk pengembang dan pengguna. Dengan hadirnya metaverse dalam kehidupan kita, tentu akan melahirkan beragam teknologi baru yang mengiringinya, sehingga membuka banyak peluang baru yang ditawarkan. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat metaverse bagi bisnis dan kehidupan kita, dan bagaimana kita bisa memanfaatkan semua peluang baru yang hadir berkat hadirnya metaverse ini?

Membuka Peluang Pemasaran Baru

Metaverse adalah dunia virtual di mana pengguna yang diwakili oleh avatar dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan rekreasi, dan belajar. Percaya atau tidak, ada beberapa peluang pemasaran yang luar biasa di dalam dunia maya ini dan banyak merek memanfaatkan peluang ini. Anzu, misalnya, menempatkan iklan yang melacak keterlihatan secara real-time dalam lingkungan game di seluruh seluler, konsol, dan sekarang baru-baru ini Roblox untuk merek seperti WarnerMedia dan Paramount+. Iklan tersebut meniru kehidupan nyata dan menyatu dengan alur permainan —sehingga iklan papan reklame atau pakaian bermerek muncul dalam game sama seperti di kehidupan nyata. Ini dapat dibeli secara terprogram atau dinamis di Roblox dengan CPM mulai dari 86 ribu hingga 170 ribu rupiah di seluruh platform.

Manfaat metaverse dalam pemasaran juga memungkinkan Anda untuk berkreasi dan membuka peluang pemasaran di banyak game. Salah satu contoh yang paling menarik dan kreatif adalah franchise makanan cepat saji Wendy’s yang mengirim karakter menyerupai maskot merek mereka ke Fornite untuk ‘membunuh’ semua freezer dalam mode Food Fight game, setelah memperhatikan bahwa restoran Durr Burger di dalam game yang menyimpan daging sapi virtualnya di dalam freezer.

Manfaat Metaverse Hadirkan Ruang Kantor Virtual

Selama pandemi, kita telah terbiasa dengan Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan alat komunikasi lainnya untuk berkomunikasi secara virtual. Namun, manfaat metaverse dapat membawanya ke tingkat selanjutnya dengan menyediakan ruang kantor virtual kepada pengguna yang akan membuatnya terasa seakan semua orang berada di ruangan yang sama. Seperti Virtuworx yang menciptakan hibrida Virtual Reality (VR) atau realitas virtual berbasis avatar dan lingkungan realitas campuran yang mengubah pekerjaan jarak jauh menjadi pengalaman yang berkesan dan produktif dengan menawarkan solusi yang sepenuhnya dapat disesuaikan untuk pelatihan virtual, kantor, acara, pameran dagang, dan konferensi.

Alih-alih menatap layar sepanjang hari, peserta dapat menjelajahi dan terlibat dalam beberapa cara. Kasus penggunaan awal platform ini berfokus pada penciptaan kembali ruang fisik yang mereka ganti. Namun, seiring waktu, konsep kreatif yang didukung oleh gamifikasi dan data dari kasus penggunaan awal telah mengarah pada penciptaan lingkungan yang lebih kaya dan lebih kompleks, dan siapa pun yang memiliki koneksi internet dapat mengakses platform ini.

Tur Virtual ke Seluruh Dunia

Untungnya, teknologi saat ini memungkinkan kita untuk mengalami perjalanan tanpa harus berada di lokasi secara fisik. Di sinilah metaverse, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality muncul. Dunia yang imersif dengan konten realistis akan meningkatkan imajinasi audiens dan memungkinkan mereka menikmati lokasi melalui pengalaman orang pertama yang luar biasa, seperti seolah benar-benar berada di tempat tersebut.

Selain melihat berbagai lokasi wisata yang mengagumkan dari seluruh dunia, Anda juga bisa mencoba hal-hal seperti tur virtual dunia Disney. Ini akan menjadi metaverse taman hiburan dengan pengalaman taman terhubung yang melampaui hambatan fisik dan digital dan membuka lapisan cerita baru. Disney melakukan ini dengan meluncurkan #DisneyMagicMoments, mengembangkan konten untuk berinteraksi dengan penggemar di seluruh blog, media sosial, dan aplikasi My Disney Experience.

Ruang Belajar Virtual dari Rumah

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor pendidikan. Hal ini telah memaksa murid sekolah hingga mahasiswa untuk belajar dari jarak jauh dengan banyak tantangan yang menyertainya. Sementara platform seperti Zoom memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru, dosen, dan satu sama lain, masih ada hambatan yang tidak dapat diatasi dengan teknologi tersebut. Metaverse menjanjikan pengalaman online gabungan, di mana satu avatar dapat berpindah antar ruang – seperti dari ruang kuliah ke laboratorium sains.

Baca juga: Fungsi Augmented Reality, Tingkatkan Produktifitas dan Pelatihan Kerja

Universitas menggunakan dunia online seperti Second Life dan bahkan game pembangun blok Minecraft. Mereka dapat meningkatkan kuliah atau memungkinkan pelajar jarak jauh untuk mengunjungi kampus secara virtual. Simulasi realitas virtual membantu siswa dalam keterampilan praktik kedokteran atau arsitektur yang sulit untuk dilatih dalam kehidupan nyata. Metaverse akan memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman universitas yang semakin “cyber-fisik”, di mana dunia virtual menyatu dengan dunia nyata. Banyak siswa yang sudah mengalami hal serupa. Selama pandemi, pembelajaran telah bergeser antara online dan tatap muka.

Tantangan Metaverse

Sementara banyak manfaat yang ditawarkan metaverse bagi perusahaan di banyak industri, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi:

Meskipun ini semua adalah masalah yang mendesak, perusahaan metaverse akan terus berusaha menemukan solusi untuk masalah ini seiring dengan semakin matang dan berkembangnya teknologi.

Begitu banyak manfaat dari metaverse yang sayang untuk di lewatkan. Lalu, bagaimana Anda bisa mengambil peluang supaya tidak ketinggalan? Solusinya, Anda bisa bermitra dengan perusahaan pengembang AR dan VR yang berpengalaman untuk memastikan bahwa produk akhir yang Anda inginkan memenuhi harapan Anda. Team MonsterAR memiliki keterampilan dan pengalaman untuk membuat produk yang paling imajinatif dan kompleks, termasuk untuk metaverse. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?