Perusahaan Metaverse Indonesia adalah salah satu entitas paling inovatif di dunia. Masing-masing perusahaan telah siap untuk membuat bagian dari dunia virtual tidak seperti apa pun yang pernah dilihat manusia sebelumnya. Menurut riset dari perusahaan konsultan teknologi Accenture mengungkapkan fakta jika mayoritas perusahaan di Indonesia menganggap metaverse akan memberikan dampak yang positif bagi dunia usaha, dengan empat tren yang berpotensi terjadi dalam pengembangan metaverse di Indonesia.

  1. Tren yang pertama adalah mengenai “WebMe”. Ini artinya, metaverse di Indonesia akan mengarah ke lingkungan 3D. Hal ini akan memudahkan orang untuk berpindah tempat, seperti berjalan dari satu ruangan ke ruangan lainnya.
  2. Tren kedua mengenai “programmable world“. Artinya, lingkungan metaverse tak hanya akan membentuk interaksi orang di dunia virtual, namun mendefinisikan kembali sesuatu yang ada di dalamnya.
  3. Tren yang ketiga mengenai “the unreal“. Mempunyai arti, bisnis dan lingkungan di metaverse akan semakin didukung dengan data dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).  AI berguna untuk menunjukkan identitas seseorang di metaverse. Tren ini akan dapat digunakan oleh kalangan bisnis perbankan dalam proses autentikasi nasabahnya di dunia metaverse.
  4. Tren yang terakhir, “computing the impossible“. Arti dari tren ini yaitu tentang metaverse yang akan merangsang kemunculan mesin-mesin baru di semua industri. Teknologi ini akan mendorong semua organisasi di semua lini industri untuk memperluas cakupan pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan penggunaan komputer.

Metaverse sendiri merupakan versi terbaru dari teknologi virtual reality (VR) tanpa komputer. Pengguna teknologi dapat memasuki dunia virtual dengan menggunakan perangkat berupa headset atau kacamata berbasis Augmented Reality (AR) maupun VR. Teknologi ini diramalkan akan menjadi teknologi masa depan.

Founder dari Microsoft, Bill Gates memperkirakan jika pertemuan kantor di dunia virtual atau metaverse akan menjadi sebuah tren pada tahun 2023 hingga tahun 2024. Menurut Gates, pandemi Covid-19 telah mendorong banyak orang untuk beralih ke digital, termasuk merevolusi tempat kerja.

Mengenal Apa itu Metaverse?

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan itu tepat untuk menggambarkan mengenai dunia metaverse. Untuk memahami apa yang sedang dibangun oleh perusahaan metaverse di Indonesia, Anda harus terlebih dahulu mengenal tentang metaverse itu sendiri. Metaverse adalah penggabungan aspek game, sosial media, AR, VR, dan cryptocurrency yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual sehingga menciptakan sesuatu kebiasaan yang baru.

Untuk masuk ke dalam metaverse, Anda harus menggunakan perangkat seperti headset realitas virtual atau aplikasi AR, supaya memungkinkan Anda menjelajahi realitas baru ini dengan suasana lingkungan 3D yang imersif dan tak terbatas.

Sementara itu, perusahaan metaverse Indonesia selalu terus membangun dan mencoba ide-ide baru yang inovatif. Dengan melihat apa yang kami lakukan hari ini, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai metaverse secara keseluruhan pada akhirnya akan tumbuh menjadi seperti apa.

Apa Saja Perusahaan Metaverse Itu?

Jika Anda bertanya apakah perusahaan metaverse itu? Jawabannya tidaklah sesulit apa yang Anda bayangkan. Perusahaan Metaverse Indonesia adalah suatu perusahaan yang mengembangkan metode untuk mengakses metaverse dan berbagai hal di dalamnya. Ini dapat mencakup dunia dan lingkungan virtual, acara-acara seperti live show, digital items, dan bahkan arsitektur bangunan atau ekologi kerja. Di masa yang akan datang, perkembangan mengenai metaverse, akan semakin pesat dan masif. Hal tersebut disebabkan oleh teknologi yang akan semakin canggih dari waktu ke waktu.

Berbagai perusahaan di dunia dari berbagai industri telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk masuk ke dalam teknologi tersebut. Beberapa diantaranya adalah TikTok, Tencent,  Facebook (Meta), Google, Binance, Microsoft,  Zepeto (Zara), Sandbox (Softbank), Ifland (Telecom), Alibaba (Ali Metaverse), Epic Games (Epic Games Metaverse), YG Entertainment, SM Entertainment, Samsung, Pemerintah Korea Selatan, ByteDance, dan Roblox.

Selain sekian banyak perusahaan di atas, Anda juga bisa ikut terjun ke dunia tanpa batas ini melalui bermitra dengan vendor metaverse Indonesia terpercaya dan berpengalaman.

Metaverse dan NFT

Di dalam metaverse, dikenal istilah NFT, yaitu akronim dari Non Fungible Token atau token yang tidak dapat ditukarkan. NFT merupakan sebuah aset digital yang mempunyai catatan kepemilikan di dalam blockchain publik. Dengan kata lain, cara kerja NFT merupakan satu-satunya aset digital yang dimiliki oleh seseorang sekaligus adalah barang yang berharga atau bernilai unik yang tidak dapat ditukarkan atau digantikan dengan karya NFT lainnya.

NFT diperjualbelikan dengan menggunakan mata uang digital, seperti bitcoin. Aset NFT ada beragam, mulai dari karya seni, seperti aset game, foto, video, musik, dan lainya. Untuk harga jual NFT tergantung kepada faktor subjektif, seperti kualitas, kreativitas hingga reputasi pemilik NFT.

Segala hal yang terkait dengan NFT menjadi hangat diperbincangkan masyarakat sejak viralnya pemberitaan mengenai NFT Ghozali Everyday yang berhasil menjual foto selfie dirinya selama lima tahun dari 2017 hingga 2021 menjadi produk NFT di marketplace OpenSea, dan menghasilkan pundi-pundi uang hingga miliaran rupiah. Hal tersebut membuka mata masyarakat mengenai potensi NFT sebagai salah satu nilai investasi masa depan. Semua aset Ghozali yang dihasilkan dari penjualan foto selfienya tersebut, ia biarkan dalam bentuk Ethereum (ETH) dengan tujuan aset investasi di masa depan.

Baca juga: Virtual Reality Jakarta dan Peluang Bisnisnya yang Menguntungkan

Metaverse yang merupakan sebuah platform virtual reality tentu memerlukan aset digital yang bertujuan untuk melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas yang ada di dalamnya. Dengan teknologi NFT, maka aset-aset digital tersebut akan diberi harga dan bukti kepemilikan atas aset yang ada. Aset-aset tersebut berupa:

Siapapun yang melakukan jual-beli aset digital di metaverse, maka ia akan menggunakan mata uang cryptocurrency. Sehingga jelas jika NFT adalah aset yang ada di dalam platform metaverse untuk dapat memberikan harga dan juga sebagai alat pemberi bukti hak milik aset digital. Perlu diingat meskipun menggunakan blockchain, namun NFT bukanlah mata uang kripto.

Perusahaan Metaverse Indonesia Terpercaya

Seiring makin dipercayainya metaverse untuk menambah value dan sebagai langkah untuk merevolusi industri digital yang sudah ada, keberadaannya juga menawarkan sejumlah manfaat seperti untuk berinteraksi secara virtual dengan perangkat berbasis AR atau VR. Namun tidak hanya itu saja, metaverse juga memberikan manfaat lainnya bagi dunia bisnis, diantaranya:

1. Membuka Peluang Pemasaran Baru

Dari metaverse, sebuah bisnis dapat membuka peluang pemasaran baru melalui iklan yang ditayangkan di dalam game yang dimainkan di dalam metaverse, kemudian membuat karakter khusus yang mewakili brand sebagai maskot yang dapat dimainkan di dalam game.

2. Sebagai Ruang Kantor Virtual

Adanya pandemi covid-19, memaksa banyak orang untuk bekerja Secara Work From Home (WFH) dan Work From Everywhere (WFE) untuk menjaga jarak dan mengurangi penyebaran penyakit ini. Dengan metaverse, sebuah bisnis dapat merancang dan membuat sebuah kantor virtual yang merepresentasikan perusahaannya untuk bekerja di dalamnya, dengan menggunakan media bantu headset VR.

3. Virtual Tour Meeting ke Seluruh Dunia

Karena di metaverse, Anda akan terhubung dengan seluruh orang dan perusahaan dari seluruh dunia. Maka sangat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan meeting bisnis ke seluruh penjuru dunia di dalam metaverse. Tentu akan lebih menghemat biaya bukan?

4. Media Belajar dari Rumah

Bagi bisnis di bidang pendidikan, dengan adanya metaverse akan mempermudah interaksi dan pengajaran antara guru dengan murid, dan antara dosen dengan mahasiswa di dalam dunia virtual. Selain menghemat biaya pengeluaran sekolah maupun kampus, bagi murid ataupun mahasiswa juga akan mendapat manfaat penghematan uang transport menuju tempat pendidikan. Semua mudah berinteraksi dari manapun mereka berada.

Pada titik ini, Anda dapat melihat betapa luasnya metaverse. Setiap perusahaan metaverse Indonesia bekerja dengan elemen dan infrastruktur umum yang sama. Tetapi semua perusahaan metaverse berikut membawa sesuatu yang unik dan menakjubkan ke dalam prosesnya.

Metaverse ini nantinya akan dapat membuka peluang baru dan lapangan pekerjaan yang lebih luas dan tentu saja dapat mengancam tenaga manusia untuk bekerja. Hal itu terjadi apabila manusia tidak segera melakukan upgrade ilmu pengetahuan yang membuat keterampilannya di luar tenaga fisik akan dihargai.

Di dalam metaverse, akan tercipta persaingan bebas dalam hal apapun, dimana persaingan yang adil akan tercipta, semua orang akan diperlakukan sama, dan hanya produk atau kemampuan yang berkualitas tinggi saja yang akan memenangkan persaingan tersebut.

Tentu dengan semua potensi yang ada di atas, semua perusahaan lambat laun pasti akan beralih ke metaverse guna menunjang bisnisnya supaya lebih efisien dan efektif. Meskipun solusi dan kendala untuk masalah ini pasti akan ada dan terus akan dikembangkan.

Begitu banyak manfaat dan potensi dari metaverse yang harus dimanfaatkan. Inilah saatnya bisnis Anda harus mengejar ketertinggalan yang ada dari kompetitor yang lebih dulu terjun ke metaverse. Dan mencapai target di masa depan dapat dengan mudah Anda lakukan jika Anda mau memulainya hari ini!

MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang telah berpengalaman mengambangkan teknologi AR dan VR di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem metaverse di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks.


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami