Metaverse kini mengubah banyak hal dalam dunia bisnis jauh lebih cepat dari yang dibayangkan. Banyak project dan penerapan Metaverse custom yang kini bermunculkan sehingga mentransformasi ide penjualan, pemasaran, inovasi berbasis teknologi, dan pengelolaan usaha.

Bayangkan seseorang yang tinggal ribuan kilometer, duduk di samping Anda pada sofa dalam avatar hologram, berinteraksi dengan Anda saat itu juga. Atau, seorang pengguna menjelajahi produk di sebuah toko yang berada di benua lain, menyentuh, merasakan dan menggunakannya sebelum membeli produk tersebut.

Itulah contoh penerapan Metaverse custom yang membuatnya menyandang gelar masa depan hubungan manusia, platform Internet dan digital selanjutnya yang sedang mengguncang dunia.

Jika Anda seorang pebisnis, penting untuk memahami apa itu Metaverse dan contoh pemakaiannya. Berikut penjelasan singkatnya.

Apa Itu Metaverse

Secara ringkas, Metaverse bisa dijelaskan sebagai serangkaian pengalaman saling terhubung, intuitif dan imersif: konvergensi realitas fisik, tambahan, dan virtual dalam satu ruangan online yang bisa dinikmati bersama.

Sebuah entitas bisa disebut Metaverse jika memenuhi tiga properti di bawah ini:

6 Penerapan Metaverse Custom yang Bisa Anda Coba

Terdapat setidaknya enam penerapan Metaverse custom untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Berikut penjelasannya secara terperinci:

1. Meningkatkan Pengalaman Media Sosial

Saat ini, platform media sosial seperti Facebook dan Instagram, masih dalam bentuk 2 dimensi. Dengan model ini, pengguna hanya melihat layar dan konten yang tersaji di sana. Interaksi terbatas pada “menyukai”, “berkomentar” atau “membagikan”.

Metaverse akan mengubah itu semua. Dengan dukungan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), media sosial akan menjadi lebih imersif dengan interaksi dan pertemuan saat itu juga layaknya di dunia nyata. Media sosial nantinya akan membuat replika dari dunia nyata dimana orang atau avatar penggunanya akan berinteraksi dan berkomunikasi dalam dunia tiga dimensi sama halnya dengan media sosial di dunia nyata.

2. Komunikasi Bisnis dan Produktivitas yang Lebih Optimal

Saluran komunikasi bisnis paling populer sekarang adalah Zoom, Microsoft Teams dan Google Meet. Ketiganya menawarkan model komunikasi dua dimensi melalui audio dan video.

Cara ini akan menjadi hal usang dengan hadirnya Metaverse dimana komunikasi berbasis hologram akan disematkan sehingga rapat akan terjadi seperti dalam dunia nyata. Contoh pemakaiannya adalah perusahaan real estate akan mengaktifkan tur virtual untuk proyek komersial dan hunian yang mereka tawarkan. Calon pembeli bisa memasuki apartemen atau kantor, menyentuh dan merasakan komponen bangunan tersebut layaknya berkunjung langsung.

Penerapan Metaverse custom ini mempunyai dampak hebat pada berbagai sektor, seperti manufaktur, real estate, rapat korporat, dan sebagainya. Bahkan skema kerja dari rumah akan mengalami perubahan perspektif dalam hal komunikasi dan produktivitas dimana rapat dan seminar online akan terasa lebih realistis.

Baca juga: Prospek Masa Depan Bisnis NFT di Indonesia, Content Creator Simak Ini!

3. Penjualan dan Pemasaran yang Imersif

Adanya media sosial yang lebih bagus, serta komunikasi bisnis lebih optimal akan membuat proses penjualan dan pemasaran bertransformasi sehingga mempercepat pertumbuhan bisnis.

Bayangkan billboard virtual di jalan besar yang dilihat oleh jutaan pengguna avatar saat itu juga dan pebisnis benar-benar mengeluarkan uang untuk membeli hak ruang iklan tersebut! Ini bukanlah fiksi sebab investor nantinya benar-benar membeli real estate di Metaverse.

Pembuatan, penyaluran dan konsumsi konten akan berubah selamanya. Dengan poin data yang sudah banyak tersedia untuk avatar di Metaverse, brand akan berada di posisi lebih baik untuk memasarkan produk mereka dengan menyesuaikan dengan selera konsumen. Hasilnya pun akan fantastis.

4. Metaverse Custom Merevolusi Pendidikan Daring

Penerapan Metaverse Custom berikutnya terjadi di dunia pendidikan daring. Saat ini, pendidikan daring masih memakai platform konferensi video yang kurang ramah pengguna dan tidak seproduktif yang diharapkan.

Metaverse akan mengubah ini semua. Metaverse akan membuat murid membentuk avatar digital mereka dan menghadiri kelas layaknya di dunia nyata. Metaverse akan meluncurkan pengalaman belajar yang imersif yang didukung oleh platform grafis virtual yang intensif. Dengan peralatan tiga dimensi, bahan ajar yang tervisualisasi dan akses ke pengajar cukup dengan sekali klik, pendidikan daring akan bertransformasi.

5. Blockchain

Blockchain menjadi penerapan Metaverse custom yang akan sangat terbantu. Bahkan, menarik untuk dikaji bagaimana blockchain bisa benar-benar melengkapi dan memberdayakan Metaverse sebab keduanya mempunyai teknologi pokok yang sama untuk membangun blok.

Blockchain sendiri adalah teknologi untuk membuat bitcoin, Ethereum, dan mata uang digital lainnya. Kesemuanya bisa menjadi dasar blok bagi Metaverse untuk mengembangkan ekonomi virtual yang berkelanjutan.

6. Metaverse Custom dalam Hiburan

Tidak lama lagi, kita akan menyaksikan industri hiburan yang belum pernah terjadi sebelumnya menggunakan platform Metaverse. Bayangkan, konser virtual yang dihadiri oleh jutaan avatar, masing-masing membayar untuk bisa masuk ke lokasi konser, semuanya bisa dialami dengan duduk manis di rumah masing-masing.

Contoh penerapan Metaverse custom di dunia hiburan adalah VR Theme Park. Di dalam contoh ini nantinya pengguna di seluruh dunia bisa menghadiri, ikut serta dan merasakan pengalaman menaiki wahana yang unik tanpa perlu keluar dari rumah.

Itulah enam contoh penerapan Metaverse custom yang bisa dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda nantinya.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?