Masyarakat semakin banyak yang bertanya mengenai apa itu blockchain sejak crypto Indonesia makin digemari. Kedua istilah ini memang sangat terkait walau sebenarnya mengandung pengertian yang berbeda.

Blockchain sering disebut setiap kali ada pembicaraan tentang cryptocurrency. Kini, selain dikaitkan dengan cryptocurrency, blockchain berperan penting dalam berbagai transaksi di Metaverse.

Apa itu blockchain?

blockchain terdiri dari dua kata, yakni block dan chain. Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, block berarti grup, sedangkan chain artinya rantai. Arti secara harfiah tersebut kurang lebih menggambarkan kinerja blockchain secara keseluruhan.

Blockchain merupakan teknologi yang memberdayakan sumber komputer untuk membuat blok yang terhubung satu dengan yang lainnya. Blok tersebut kemudian digunakan untuk menyimpan data transaksi atau sejenis bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi.

Blok tersebut akan dipakai untuk mengeksekusi sebuah transaksi. Blockchain menonjol berkat sifat khasnya yang tidak terpusat. Tidak ada sistem yang mengatur kinerjanya dan mengandalkan algoritma komputer untuk bekerja.

Apa saja perbedaaan blockchain dan cryptocurrency?

Blockchain dan cryptocurrency merupakan dua istilah yang berbeda. Cryptocurrency sendiri mempunyai istilah lain sistem mata uang digital yang aman dan handal berkat adanya kriptografi. Keunggulan inilah yang membuat cryptocurrency tidak dapat dipalsukan.

Sedangkan blockchain adalah teknologi untuk menyimpan mata uang digital tersebut atau cryptocurrency. Keduanya disambungkan oleh teknologi kriptografi.

Bagaimana blockchain bekerja?

Setelah mengetahui apa itu blockchain, ketahui pula bagaimana teknologi ini bekerja. Blockchain mulai bekerja setelah sebuah blok menyimpan data baru. Di dalam blok terdapat dua tipe penyimpanan, yakni transaksi dan blok. Setiap blok nantinya mengandung hash kriptografi untuk kemudian membentuk suatu jaringan.

Hash tersebut mengambil data dari blok lalu mengubahnya menjadi rangkaian yang padat. Ia akan memberikan sinyal bahaya jika mendeteksi potensi kerusakan atau tindakan buruk lainnya.

Blockchain tersebar ke setiap komputer, tidak terpusat pada satu komputer saja. Komputer tersebut sebelumnya harus terlebih dahulu mengunduh perangkat lunak khusus agar bisa mengakses teknologi ini.

Dalam pembahasan blockchain, kita sering mendengar penambang Bitcoin. Mereka adalah orang yang mempersiapkan komputer khusus untuk menghitung secara matematis untuk membuka celah blok baru di dalam blockchain. Hitungan tersebut mencakup nilai hash baru yang diambil dari perpaduan hash kriptografi sebelumnya.

Saat ada transaksi dari toko daring memakai dompet Bitcoin, transaksi akan dikirimkan ke penambang Bitcoin. Setelahnya, tercipta blok baru untuk menyimpan Bitcoin dalam transaksi tersebut.

Apa saja keunggulan blockchain?

Keriuhan di balik blockchain bukannya tanpa alasan. Ada berbagai manfaat dari teknologi ini sebagaimana dijelaskan di bawah ini:

1. Transaksi jelas

Blockchain menawarkan transaksi yang tercatat secara aman dan transparan. Semua bisa melihat transaksi tanpa perlu log in. Inilah yang membedakannya dengan transaksi di bank umum dimana tidak semua bisa melihat transaksi sewaktu-waktu.

2. Data terlindungi

Blockchain menutup kemungkinan peretas melakukan aksinya. Ini berkat adanya sistem verifikasi oleh penambang sebelum komputer melakukan perintah sebagaimana ditetapkan. Struktur dalam database tidak memperbolehkan adanya pengeditan, hanya bisa menambahkan. Dengan sistem yang tegas tersebut maka data terlindungi secara maksimal.

3. Transaksi lebih cepat

Dalam perbankan konvensional, transaksi dapat memakan waktu lama dan berpotensi mengandung kesalahan manusia. Teknologi blockchain membuat transaksi berlangsung secara lebih cepat, efisien dan minim risiko kesalahan.

4. Transaksi yang aman

Teknologi enkripsi dengan kriptografi menjamin keseluruhan transaksi dalam blockchain. Enkripsi mengunci setiap transaksi sehingga riwayat sebelumnya tidak bisa diubah. Tindak penipuan dapat sangat dikurangi peluangnya.

Baca juga: Prospek Masa Depan Bisnis NFT di Indonesia, Content Creator Simak Ini!

5. Terhindar dari korupsi dana

Berkat sistemnya yang transparan, seluruh transaksi dapat dijaga secara bersama. Setiap pengguna dapat melacak transaksi data untuk melakukan audit sebuah aset. Dengan demikian, dana bersifat publik, menutup celah adanya korupsi dana.

Bagaimana blockchain berkontribusi positif terhadap dunia?

Dengan keunggulan teknologinya, blockchain berpotensi besar mengubah dunia menjadi lebih baik dari segi keuangan dan bisnis. Berikut rinciannya:

1. Meniadakan peran pihak ketiga dalam transaksi keuangan

Blockchain dapat menambah interaksi peer-to-peer atau P2P dalam berbagai transaksi keuangan tanpa hadirnya pihak ketiga. Contohnya, makelar profesional tidak lagi dibutuhkan dalam pertukaran mata uang digital atau cryptocurrency.

2. Setiap pengguna mempunyai kontrol penuh

Dalam sistem blockchain, setiap pengguna bisa mengamati aset dan transaksi sendiri kapan saja. Mereka dapat mengelola aset mereka sendiri melalui crypto wallet. Aturan perbankan tidak berlaku di sini. Jika menyimpan aset di bank konvensional, ada kemungkinan aset akan hilang apabila bank tersebut bangkrut. Sedangkan di dalam sistem blockchain, aset dapat dikontrol sendiri.

3. Membuat pemerataan akses terhadap data penting

Blockchain membuat siapa saja dapat mengakses data penting, yang selama ini lebih mengandalkan peran perusahaan besar, yayasan, atau lembaga tertentu. Semua orang bisa mengetahui data penting sehingga mendorong kemajuan ilmiah untuk kebaikan bersama.

4. Lebih tahan terhadap inflasi

Inflasi begitu identik dengan negara yang menggunakan mata uang konvensional seperti sekarang. Aset kripto dalam sistem blockchain dapat menghindarkan diri dari gejolak inflasi. Ini terutama terjadi pada Bitcoin yang hanya tersedia 21 juta di seluruh dunia dan terbatas masa produksinya.

5. Memodifikasi cara crowdfunding

Urunan atau crowdfunding kini semakin variatif dengan adanya teknologi blockchain. Teknik ini biasanya dilakukan untuk mengumpulkan modal. Aset kripto mampu menjadi alat crowdfunding yang cepat dan efisien sebab sistemnya yang sulit dipalsukan dan aman.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?