Kepopuleran Non-Fungible Token (NFT) makin ramai diperbincangkan dan menggemparkan dunia seni. Sebenarnya cara kerja NFT ini, hampir sama dengan transaksi perdagangan pada umumnya. Bedanya, jika perdagangan NFT hanya melalui marketplace-marketplace digital yang tersedia.

Secara sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lain menjadi karya digital satu-satunya yang dapat diverifikasi keasliannya dengan mudah untuk diperdagangkan melalui blockchain. Teknologi blockchain sendiri, adalah cara penyimpanan data secara digital yang saling terkoneksi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

NFT merupakan bagian dari teknologi blockchain, yaitu sebuah sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan user dapat saling mentransfer data secara rahasia melalui sebuah skema enkripsi di dalam kriptografi. Skema ini dapat mengonversi data sebuah informasi menjadi kode rahasia sebelum akan dikirim. Nantinya, data ini tidak dapat dilacak dan dimiliki oleh user lain yang tidak memiliki datanya. Terdapat banyak data di dalam sistem blockchain, salah satunya adalah mata uang kripto seperti Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya.

Objek NFT sendiri berupa karya seni (baik musik, lukisan, puisi) GIF, video atau potongan video suatu kejadian dari peristiwa olahraga, avatar virtual atau persona dalam video game, musik, hingga tweet. Perdagangan NFT dilakukan melalui platform digital dan marketplace-marketplace khusus seperti CryptoPunks, OpenSea, dan Rarible.

NFT saat ini hampir mengambil alih dunia seni digital dan barang koleksi. Sama seperti semua orang di seluruh dunia percaya bahwa Bitcoin merupakan jawaban digital untuk mata uang, NFT sekarang dijadikan sebagai jawaban digital untuk barang koleksi yang ekslusif. Sehingga, banyak seniman digital, kini melihat hidup mereka berubah berkat penjualan besar-besaran NFT ke audien kripto baru.

Apabila Anda tertarik dengan NFT dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja NFT, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Mari selami dan lihat apa yang diperbincangkan banyak orang mengenai aset digital ini!

Apa itu NFT?

NFT berarti Non-Fungible Token (NFT), yang umumnya dibuat menggunakan jenis pemrograman yang sama jenisnya digunakan untuk cryptocurrency. Secara sederhana aset kriptografi ini mengacu kepada teknologi blockchain . Mereka tidak dapat ditukar atau diperdagangkan secara setara seperti aset kriptografi lainnya.

Seperti Bitcoin atau Ethereum. NFT tidak dapat diganti atau ditukarkan karena memiliki sifat yang unik. Keunikan-keunikan NFT diantaranya:

  • Aset Digital – NFT adalah semua aset digital seperti karya seni, musik, dan game dengan sertifikat otentik yang dibuat oleh teknologi blockchain yang mendasari adanya cryptocurrency.
  • Unik – Tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi.
  • Pertukaran – Pertukaran NFT berlangsung dengan cryptocurrency seperti Bitcoin di situs khusus pertukaran NFT.

CryptoPunks adalah marketplace jual beli NFT. Ini memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menyimpan 10.000 barang koleksi NFT dengan bukti kepemilikan.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

Sekarang setelah Anda mengambil langkah awal dalam memahami apa itu NFT, Anda harus melanjutkan dan mempelajari cara kerja NFT.

  • Mayoritas NFT berada di blockchain cryptocurrency Ethereum , yakni buku besar yang transparan untuk mencatat transaksi.
  • NFT merupakan token yang menyimpan berbagai informasi berharga yang tersimpan di dalamnya sebagai bukti keaslian aset yang dimiliki.
  • Pemilik NFT bebas menjual dan membeli kembali karyanya sesuai harga pasar.
  • Data unik yang terdapat di dalam NFT, memudahkan user untuk memverifikasi dan memvalidasi atas kepemilikan mereka dan transfer token antar pemilik aset.

Contoh NFT

Dunia NFT relatif baru bagi masyarakat. Berikut ini beberapa contoh NFT yang ada saat ini:

  • Koleksi Digital
  • Nama Domain
  • permainan
  • Esai
  • Sepatu Sneakers di dalam mode

Untuk Apa NFT Digunakan?

Karena begitu berharganya NFT pada era digital ini, maka kepemilikan sebuah NFT menjadi suatu nilai yang tinggi, karena kelak di kemudian hari dapat diperjual belikan layaknya sebuah koleksi tetapi melalui dunia digital. Transaksinya menggunakan mata uang kripto yaitu ethereum.

  • Konten Digital – Penggunaan NFT yang paling signifikan saat ini adalah di dalam konten digital. Pembuat konten telah melihat keuntungan mereka ditingkatkan oleh NFT. Oleh karenanya, NFT telah meningkatkan daya ekonomi pembuat konten di mana pembuat konten memiliki hak penuh atas kepemilikan konten yang berada di platform penjualan NFT dan mempunyai nilai yang tinggi.
  • Item Game – NFT telah menarik minat yang cukup besar dari pelaku bisnis  game. Selain itu, NFT juga dapat memberikan banyak manfaat bagi para pemain game. Biasanya, di dalam game online, Anda dapat membeli item untuk karakter Anda, tetapi hanya sebatas itu. Dengan NFT, Anda dapat memperoleh uang Anda kembali dengan menjual barang-barang tersebut setelah selesai menggunakannya.
  • Investasi dan Agunan – Baik NFT dan DeFi (Decentralized Finance) memiliki infrastruktur yang sama. Aplikasi DeFi sangat memungkinkan bagi Anda untuk meminjam uang dengan jaminan. NFT dan DeFi bekerja sama untuk mengeksplorasi menggunakan NFT sebagai jaminan.

Bahkan selebritas seperti Snoop Dogg, Shawn Mendes, dan Jack Dorsey tertarik pada NFT dengan merilis kenangan dan karya seni unik dan menjualnya sebagai NFT yang telah diamankan.

NFT NBA Top Shot Hasilkan Cuan Besar

Salah satu NFT paling populer dalam beberapa hari terakhir adalah kartu digital berbasis NFT yaitu NBA Top Shot, hasil kerjasama antara Dapper Labs (pembuat game CryptoKitties) dan National Basketball Association (NBA). NBA melisensikan highlight reels video individu, di antara konten lainnya, ke Dapper Labs, dan mereka mendigitalkan rekaman dan menjualnya kepada pelanggan.

Setiap reels menampilkan klip video, seperti pemain bola basket terkenal, beberapa diantaranya menampilkan sudut yang berbeda dan karya seni digital untuk membuatnya dengan unik. Bahkan, apabila seseorang meniru video tersebut, akan langsung dapat dikenali sebagai video palsu. Luar biasanya, usaha tersebut telah menghasilkan $230 juta dalam penjualan, dan perusahaan baru saja menerima pendanaan sebesar $305 juta beberapa grup yang terdiri dari Michael Jordan dan Kevin Durant.

Reels video ini dijual dengan harga tinggi. Beberapa diantaranya yang paling laris dibeli oleh para penggemarnya adalah:

  • LeBron James “Cosmic” Dunk: $208,000
  • Zion Williamson “Holo MMXX” Block: $100,000
  • LeBron James “From the Top” Block: $100,000
  • LeBron James “Throwdowns” Dunk: $100,000
  • LeBron James “Holo MMXX” Dunk: $99,999
  • Steph Curry “Deck the Hoops” Handles: $85,000
  • Giannis Antetokounmpo “Holo MMXX” Dunk: $85,000
  • LeBron James “From the Top” Dunk: $80,000

Mengapa NFT Kian Populer?

NFT sebenarnya sudah ada sejak 2015, tetapi sekarang mengalami peningkatan popularitas berkat beberapa faktor. Popularitas NFT sendiri mengalami puncak pada awal tahun 2022 berkat seorang mahasiswa UDINUS Semarang, bernama Ghozali. Ia secara konsisten mengupload foto selfienya di marketplace OpenSea hingga berhasil menjualnya senilai 1,5 miliar. Tetapi sebenarnya kepopuleran NFT ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:

Baca juga: Peluang Bisnis, Manfaat, dan Cara Kerjanya Metaverse NFT

1. Keaslian

Standarisasi NFT adalah atribut terperinci dari smart contract yang membuat masing-masing token akan dapat diidentifikasi dan otentik secara unik. User akan tahu bahwa hanya ada satu dari setiap NFT yang ada, sehingga mereka tidak dapat digandakan atau disalin dan sulit akan terjadi penipuan. Transparansi teknologi blockchain memungkinkan untuk memverifikasi dan membuktikan keaslian aset NFT. Pemalsuan dan penipuan seperti yang banyak terjadi adalah suatu masalah besar bagi banyak industri seni ataupun koleksi barang mewah. Dengan teknologi blockchain yang dilengkapi dengan cara kerja NFT, maka hal ini akan dapat dicegah. Dikabarkan jika brand mewah LVMH, pemilik label ikon Louis Vuitton, sedang menjajaki dunia NFT dan tengah bersiap-siap meluncurkan blockchain supaya pelanggan mereka dapat membuktikan keaslian barang mewah koleksi asli yang telah dibuat NFT.

2. Eksklusifitas

Untuk para kolektor barang-barang langka dan eksklusif, koleksi barang merupakan suatu keistimewaan sendiri yang wajib diperhatikan. Dengan kepemilikan barang langka yang terjaga dengan sangat baik itu akan membuat nilai NFT menjadi naik. NFT menjadi suatu kebanggaan baru para kolektor karya seni dalam hal kepemilikan karya, meskipun dalam aset digital. Sebab, karya seni dalam bentuk aset digital ini sangat eksklusif karena tidak dapat ditiru dan mendapatkan sertifikat resmi, yang akan berpengaruh terhadap harga jualnya nanti. Inilah alasan lain yang membuat seorang kolektor rela membayar sebuah NFT hingga jutaan dollar.

3. Faktor Selebritas di NFT

Faktor selebritas tampaknya juga turut menaikan kepopuleran NFT di dunia. Beberapa selebriti seperti Lindsay Lohan, Mike Shinoda hingga kekasih Elon Musk, Grimes juga turut melelang karya NFT milik mereka. Lantas kerjasama antara NBA dan platform NBA Top Shot meluncurkan kartu perdagangan bola basket virtual berbasis video hingga berhasil menjual 200 juta dollar AS, atau senilai 2,8 triliun rupiah kepada seorang eksekutif muda bernama Jesse Schwarz yang berusia 31 tahun dari kota Los Angeles, berupa sebuah Momen Lebron yang berisi kumpulan klip dalam pertandingan final di Western Conference pada tahun 2019 lalu.

Perbedaan NFT dan Cryptocurrency

Meskipun NFT dan cryptocurrency sama-sama merupakan aset digital, namun keduanya mempunyai perbedaan. Hal yang membedakan antara NFT dan cryptocurrency adalah sifatnya. Cara kerja NFT berbeda dengan kripto. NFT merupakan sebuah aset digital yang unik dan tidak dapat dipertukarkan, atau dengan kata lain hanya ada satu saja alias tidak dapat ditiru. NFT menciptakan kelangkaan aset yang tanpa batas dan dibuktikan dengan sertifikat keaslian untuk pembuktiannya. Sedangkan cryptocurrency merupakan sebuah uang digital yang dapat dipertukar dan diperdagangkan satu sama lainnya. Mata uang kripto ini dibuat dengan pemrograman yang sama dengan NFT. Misal satu bitcoin sama nilainya dengan bitcoin lainnya. Mata uang kripto menjadi salah satu mata uang untuk bertransaksi yang dipercaya di blockchain.

Ethereum dan NFT

Mata uang Ether merupakan mata uang kripto yang berasal dari teknologi open-source berbasis blockchain yaitu Ethereum. Mata uang ini menjadi platform software terdesentralisasi yang menciptakan mata uang kripto Ether (ETH). Mata uang Ethereum resmi diluncurkan pada tahun 2015 lalu yang memungkinkan sebuah Smart Contract And Distributed Applications (DApps) yang dapat berjalan tanpa batas waktu (downtime), kontrol, bebas penipuan dan gangguan pihak ketiga.  Oleh karenanya, Ethereum telah kuat membangun jaringan blockchain yang fokus pada koin Ethereum.

Lebih jelasnya, Ethereum merupakan bahasa pemrograman (touring complete) yang dapat membantu jaringan blockchain tetap berjalan. Jenis mata uang kripto Ethereum mempunyai fitur smart contract yang dapat berguna untuk memastikan integritas semua aset. Inilah yang berhubungan dengan aset digital NFT pada saat diperdagangkan di marketplace khusus. Sistem blockchain ethereum memungkinkan NFT untuk bekerja karena beberapa alasan:

  • Perdagangan NFT, tanpa memerlukan platform peer-to-peer, dapat mengambil pemotongan yang signifikan sebagai kompensasi usaha.
  • Semua produk Ethereum berbagi “backend” yang sama, membuat NFT dapat dibeli dan dijual dengan mudah.
  • Setelah transaksi dikonfirmasi, maka otomatis akan terkonfirmasi dikenali, sehingga tidak mungkin data akan termanipulasi dan terpalsukan sesuai kepemilikan.
  • Ethereum tidak pernah turun, yang berarti token Anda akan selalu tersedia untuk dijual.

Bagaimana Cara Membeli NFT?

Setelah memahami cara kerja NFT dan untuk apa NFT digunakan serta keunggulan spesifiknya dibandingkan cryptocurrency lainnya, Anda mungkin ingin mencoba membeli NFT. Apabila demikian, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah penting sebelum melakukan pembelian NFT, seperti langkah-langkah berikut ini:

  • Anda memerlukan dompet digital yang memungkinkan Anda menyimpan NFT dan mata uang kripto.
  • Membeli beberapa cryptocurrency tergantung pada mata uang apa yang diterima oleh penyedia NFT Anda, kemungkinan besar Ether. Anda dapat menggunakan platform seperti OpenSea, Coinbase, Kraken, PayPal, dll.
  • Setelah melakukan pembelian cryptocurrency, maka Anda dapat memindahkannya dari marketplace tersebut ke dompet Anda. Yang perlu diingat, bahwa banyak marketplace NFT membebankan biaya kecil pada setiap transaksi pembelian mata uang kripto Anda sebagai biaya administrasi.

Marketplace NFT Terpopuler

Setelah dompet Anda siap, yang perlu Anda lakukan adalah  membeli aset digital NFT yang Anda inginkan. Saat ini, pasar NFT terbesar di dunia adalah:

  • Rarible 

Rarible adalah pasar terbuka yang memungkinkan seniman dan pembuat konten untuk menerbitkan dan menjual NFT. Hal ini memungkinkan pemilik NFT untuk mempertimbangkan fitur-fitur seperti biaya administrasi dan aturan-aturan jual beli  yang terdapat di dalamnya.

  • OpenSea  

Untuk memulai, Anda hanya perlu membuat akun di situs resmi OpenSea dan menelusuri koleksi NFT yang ada dan menemukan karya-karya seni digital yang Anda sukai. Platform ini terkenal dengan koleksi barang dan koleksi digital langka yang sangat banyak. Termasuk koleksi milik Ghozali Everyday yang viral karena telah berhasil menjual NFT miliknya hingga 1,5 miliar.

Masa Depan NFT

Fenomena NFT telah meningkatkan eksposur media dan fasilitas kepada penggiat kesenian termasuk peluang menjadi artis di sosial media. Bahkan baru-baru ini, Jack Dorsey, CEO dan salah satu pendiri Twitter, menjual tweet pertamanya yang terkenal, yaitu “hanya menyiapkan twttr saya,” dalam bentuk NFT seharga 48 juta dollar AS atau Rp689,3 miliar rupiah.

Karena popularitasnya yang meningkat, orang sekarang bersedia membayar ratusan ribu dolar untuk NFT. NFT membuka peluang bagi para kreator konten untuk melakukan kegiatan komersial karya seni digital mereka dengan proses yang mudah dan aman. Ini juga membantu para kreator untuk menentukan kendali mereka secara penuh atas pekerjaan dan pendapatan mereka secara masif.

NFT merupakan salah satu bentuk data yang dapat dipasarkan dan disimpan secara digital, yang kini menjadi incaran banyak orang termasuk para kolektor karya seni. Karena tersimpan di dalam sistem blockchain yang notabenenya adalah program yang open-source, sehingga transparan dan tidak dapat dipalsukan, maka NFT menjadi barang yang bernilai mahal dan bertandakan sertifikat digital keaslian karya tersebut. Apabila Anda hendak berkecimpung di dalam bisnis NFT, maka Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja NFT ini secara jelas dan benar.  NFT merupakan gerbang menuju ke dunia metaverse yang saat ini menjadi platform virtual yang kian diminati oleh banyak bisnis.

Begitu banyak manfaat dan potensi dari NFT yang dapat dimanfaatkan. Inilah saatnya bisnis Anda mengejar ketertinggalan yang ada sebelumnya dengan kompetitor, supaya mencapai target di masa depan dapat dengan mudah Anda capai jika Anda mau memulainya hari ini!

MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang berpengalaman mengambangkan teknologi AR/VR, NFT, Metaverse dan lain sebagainya di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem IT pilihan di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks. Hubungi kami di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami