Research and Development atau R&D kini mulai sering digenjot oleh berbagai perusahaan. Perusahaan Virtual Reality dapat memainkan peran vital bagi divisi ini melalui pelatihan ke karyawan atau calon stafnya.

Pelatihan marak ditempuh perusahaan dengan materi yang bisa disesuaikan. Tidak melulu memberikan pelatihan ke calon karyawan atau staf baru, perusahaan saat ini dituntut mengadakan pelatihan secara rutin. Sebagai peserta, karyawan yang sudah bergabung dapat mempelajari teknik baru atau soft skill yang dibutuhkan.

Sayangnya, mengadakan pelatihan karyawan tidak selalu terjangkau dan gampang dilakukan. Pada beberapa tipe pelatihan, perusahaan Virtual Reality menyediakan pilihan solusi pelatihan yang lebih aman dan terjangkau. Berikut contohnya:

perusahaan VR di militer
Image Source: Fusion Force

1. Pelatihan medis untuk operasi khusus tentara

Sektor militer acapkali membutuhkan pelatihan tentara untuk menghadapi berbagai jenis skenario serangan atau kondisi darurat. Hanya saja, melakukan pelatihan langsung secara sering membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan bahkan berisiko menimbulkan cedera.

Perusahaan Virtual Reality membantu Angkatan Udara Amerika Serikat dan Badan Antariksa setempat dalam mengembangkan sistem pelatihan unik untuk operasi khusus. Kali ini, kerjasama mereka menghasilkan pelatihan untuk staf medis kedua institusi saat beroperasi di udara dan di luar angkasa.

Mulai dari metode kesehatan hingga protokolnya, peserta dari dua badan ini mempelajarinya secara maksimal. Hasil pelatihan bisa mereka terapkan saat terjadi operasi khusus di medan. Sistem pelatihan virtual ini diadakan di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia.

perusahaan VR di otomotif
Image Source: BMW Group

2. Pembuatan prototipe dan desain sektor otomotif

Pabrikan otomotif elit dunia sudah lebih luwes dalam memanfaatkan kompetensi perusahaan Virtual Reality. BMW, misalnya, membuat pelatihan karyawan secara virtual dalam hal desain dan prototipe mobil. Dalam pelatihan ini, manajer memberikan ilmu ke staf mereka mengenai cara bekerja dengan lebih efisien memakai manufaktur ramping. Dari pelatihan inilah peserta dapat mempelajari metode baru agar pekerjaan bisa berjalan lebih akurat. Untuk menyukseskan pelatihan ini, BMW mengerahkan pemindai 3D supaya latar tampak seperti sungguhan. Menariknya, peserta bisa belajar dengan tingkat kecepatan menyesuaikan kemampuan masing-masing. Mereka juga bisa memberikan umpan balik mengenai yang sudah dipelajari.

Image Source: VR Scout

3. Perbaikan layanan nasabah dan perlindungan data perbankan

Sektor keuangan dapat memanfaatkan teknologi VR untuk menggelar simulasi ke karyawan mereka mengenai dua topik yang sangat penting. Bank of America dapat menjadi contoh. Bank ini pernah mengadakan pelatihan VR ke lebih dari 50 ribu karyawannya perihal cara membuka akun dan melayani nasabah via telepon.

Dalam hal ini, VR menggunakan kecerdasan buatan dalam percakapan dengan nasabah. Latihan ini bertujuan mensimulasi tanggapan yang dipakai menurut jawaban yang disediakan. Staf pun mempelajari cara melakukan tugas mereka, terutama saat kecerdasan emosi sangat dibutuhkan. Selain ilmu tersebut, mereka bisa meningkatkan rasa empati ke yang lain.

perusahaan virtual reality
Image Source: WE/AR Studio

4. Percepatan kerja karyawan sektor logistik

Ketepatan dan kecepatan memegang kunci keberhasilan suatu perusahaan logistik. Di era dimana pengiriman barang semakin populer, keterlambatan satu hari akan memberikan citra negatif ke perusahaan tersebut. Karenanya, pelatihan karyawan sangat perlu agar staf benar-benar mengetahui kondisi riil gudang logistik hingga cara mengoperasikan mesin pengangkut barang.

DB Schenker, salah satu firma logistik, memilih pelatihan berbasis VR untuk mempersiapkan staf mereka pada bagian pengoperasian mesin agar bekerja secara lebih cepat dan lebih akurat. Pelatihan ini membenamkan materi agar staf terbiasa dengan lingkungan penyimpanan barang yang sesungguhnya.

Mereka diajak melakukan simulasi pengangkatan barang. Dengan mengenakan VR google, mereka duduk di belakang kemudi lalu melihat ke area penyimpanan. Selain mengerti cara mengoperasikan mesin yang benar, mereka mendapatkan bekal cara mencegah jika terjadi kecelakaan serta aturan keselamatannya.

Image Source: Los Angeles Magazine

5. Pelatihan operasi untuk penyakit kronis

Pelatihan terhadap dokter sangat membantu bagi rumah sakit dalam mempersiapkan mereka menangani kasus medis berat, seperti kelahiran anak atau operasi kanker. Inilah yang pernah ditempuh oleh Rumah Sakit Amphia, MMC & Spaarne. Untuk memperbesar potensi keberhasilan operasi tersebut, pelatihan berbasis VR dilaksanakan.

Avatar virtual “VIBE” dihadirkan dalam pelatihan ini. Avatar inilah yang memperagakan ulang skenario bersama pasein dan rekan sejawat. Ekspresi wicara dan raut wajah terpampang jelas pada avatar ini. Bahkan ia bisa menjawab pertanyaan dan mempelajari hal baru secara mandiri. Setelah pelatihan rampung, kemajuan belajar peserta akan didokumentasikan dan dipelajari. Yang menarik, peserta bisa belajar sesuai longgarnya waktu mereka.

perusahaan virtual reality
Image Source: News Press

6. Peningkatan kemampuan polisi

Dalam kesehariannya, tugas polisi tidak terduga dalam menghadapi berbagai kasus. Lantaran skenario yang bisa berubah ekstrem ini, pihak kepolisian di Fort Mayers, Florida, Amerika Serikat, memilih simulasi berbasis VR.

Faedahnya adalah mempersiapkan polisi setempat dalam menghadapi tekanan sulit dan kemungkinan terburuk yang mengancam keselamatan mereka dan masyarakat. Bahan pelatihan mencakup cara bernegosiasi dengan pecandu dan warga dengan kesehatan jiwa yang bermasalah.

Baca juga: Bingung Mengaplikasikan Manfaat Augmented Reality? Berikut 8 Inspirasinya

Dengan adanya pelatihan virtual ini diharapkan polisi setempat lebih efektif dalam menghadapi provokasi hingga sanggup bercakap dengan orang yang mendekati sikap agresif. Dengan penanganan yang baik, simulasi ini berguna untuk mencegah tindakan agresif yang membahayakan sekitar.

Lain halnya dengan kantor kepolisian di Sacramento, California, Amerika Serikat. Mereka juga menggunakan pelatihan berbasis VR tetapi lebih untuk mengatasi bias implisit, misalnya yang berhubungan dengan warna kulit. Setelah pelatihan, setiap peserta diharapkan bisa lebih baik dalam menghadapi berbagai skenario di jalan raya sesuai dengan ilmu yang didapat selama pelatihan ini.

Adapun skenarionya adalah sebagai berikut. Seorang polisi setempat dihadapkan pada seseorang dengan warna kulit lebih gelap selama simulasi. Selama interaksi tersebut, seorang pengawas mengamati apakah terdapat perlakuan berbeda dari polisi tersebut ke yang berwarna kulit gelap dan yang berkulit putih. Skenario virtual dilakukan berulang kali untuk mengetahui mana yang sukses dan tidak.

perusahaan VR di NASA
Image Source: NASA

7. Pelatihan penerbangan bagi pilot luar angkasa

Perusahaan Virtual Reality berjasa dalam membantu Boeing membuat simulasi penerbangan bagi astronot NASA pada 2021. Astronot tersebut dipersiapkan untuk melakoni misi Antariksa yang tentunya berbeda dan lebih rumit dari penerbangan di Bumi.

Boeing menggunakan headset VR bernama Varjo dengan resolusi yang lebih baik. Ruang untuk pilot juga tidak kalah akuratnya untuk mempermudah pembacaan seluruh tombol dan saklar bagi pesertanya. Bagian lepas landas, pendaratan, dan selama misi, dipersiapkan secara maksimal melalui medium virtual.

Perusahaan Virtual Reality di Indonesia untuk Penajaman R&D Bisnis Anda

Berbagai pelatihan berbasis VR di atas menunjukkan riset dan pengembangan sama pentingnya dilakukan terhadap staf pada rentang periode bekerja seberapa singkat atau lamanya mereka. Pelatihan pada karyawan baru akan mempersiapkan mereka menjadi tenaga berkompeten yang semakin sanggup mengurangi kesalahan. Bagi karyawan dengan periode bekerja menengah, pelatihan akan menambah kompetensi mereka sekaligus mengarahkan pada kemampuan berpikir inovatif. Dan bagi karyawan yang sudah senior, berlatih secara virtual membantu mentransfer pengetahuan sekaligus, tentunya, mengembangkan ide baru bagi perusahaan.

Jika Anda berpikir penyedia simulasi pelatihan berbasis VR sangatlah mustahil memakai penyedia lokal, anggapan tersebut keliru. Saat ini sudah ada perusahaan Virtual Reality buatan anak bangsa yang sanggup menyediakan pelatihan berbasis VR untuk berbagai jenis kebutuhan bisnis. MonsterAR adalah salah satu yang bisa mewujudkan pelatihan yang berdasar pada VR untuk tujuan bisnis tertentu.

Dengan kemampuan teknis di bidang VR dan pengalaman ekstensif, kami akan menjawab segala kebutuhan untuk mempersiapkan staf handal bagi perusahaan Anda dengan biaya yang lebih kompetitif. Apabila saat ini Anda masih bingung dengan tipe pelatihan virtual yang pas, segeralah berkonsultasi dengan kami secara cuma-cuma.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?