Hasrat bepergian melalang buana tetapi apa daya terpentok biaya dan waktu? Hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. Tur virtual telah bertransformasi diri sehingga membuat batasan fisik menjadi kabur untuk memberikan pengalaman senyata mungkin.

Tur virtual pada mulanya kurang begitu dilirik hingga dunia seolah terhenti akibat hantaman pandemi COVID-19. Larangan bepergian dan berkumpul dalam jumlah besar secara ketat diberlakukan untuk mengurangi potensi penyebaran virus mematikan tersebut menjadi kian meluas.

Aneka layanan virtual tour pun bermunculan. Mereka yang berkecimpung dalam bisnis ini menggenjot inovasi agar bisnis tetap hidup. Walhasil, lahirlah berbagai inovasi untuk mengakomodir beragam kebutuhan tur virtual. Mulai dari tur travelling hingga seminar daring, virtual tour Indonesia tetap ramai dipilih meski pandemi telah usai.

Definisi tur virtual

Tur virtual adalah simulasi lokasi tertentu yang berisikan urutan gambar diam, video, hingga kemungkinan mengandung elemen multimedia lainnya. Contohnya adalah teks, musik, efek suara, narasi, dan sebagainya. Untuk saat ini, teknologi termutakhir yang mendukung pengalaman tur dunia maya terbaik berasal dari Virtual Reality (VR).

Tidak hanya untuk travelling, VR bisa digunakan untuk simulasi latihan di tempat kerja, perhotelan, dan real estate. Teknologi VR bahkan juga dipakai untuk menghidupkan museum agar lebih menarik kaum milenial dan Generasi Z. Konsep ini membuat mereka lebih cepat menangkap isi museum serta berinteraksi dengan benda-benda koleksi menarik di dalamnya.

contoh virtual tour

Teknologi VR dalam tur virtual travelling

Informasi mengenai obyek wisata saat ini memang sudah banyak kita bisa temukan di Internet, bahkan pada platform media sosial, seperti YouTube. Meski demikian, itu tidak mengurangi sama sekali niat orang untuk berkunjung secara langsung. Memanjakan mata dengan melihat pengalaman wisata orang lain tidak berhasil mengurungkan niat untuk tetap pergi.

Teknologi VR bukanlah video yang dapat dengan mudah kita temukan di YouTube atau situs Internet lainnya. Walau informasi umum relatif sama, VR selangkah lebih jauh dalam memanfaatkan informasi tersebut. Sebagai contoh, Candi Borobudur. Perihal waktu pembuatan dan prosesnya menjadi latar belakang informasi penting bagi pengembang VR.

Selebihnya, teknologi VR akan bekerja membuat konten yang sangat canggih dengan visual 3D yang nyata untuk memberikan pengalaman jelajah yang  seolah berada di lokasi Candi Borobudur. Mengingat Candi Borobudur adalah tempat ibadah umat Buddha yang sangat bersejarah, pengembang VR bisa menyematkan sejarah pembuatannya dengan visual menarik dan hidup.

Untuk lebih merangkul penggunanya, pengembang akan membubuhkan konten dimana pengunjung benar-benar berada di Magelang, lokasi candi ini berada. Mereka bisa menikmati kemegahan candi tersebut lengkap dengan pemandangan sekitar yang asri dan indah. Apabila menyentuh ikon tertentu, seperti salah satu stupa, pengguna akan mendapati informasi mengenai stupa tersebut, seperti makna ukiran yang mengelilingi stupa tersebut.

Candi Borobudur sendiri terkenal dengan mitos, seperti siapa pun yang bisa menyentuh arca Kunto Bimo, akan memperoleh keberuntungan. Cerita-cerita ini bisa dimasukkan ke dalam konten VR agar penggunanya bisa menyelami daya magis candi ini.

Manfaat tur virtual memakai teknologi VR

Bukan sekadar memanfaatkan kecanggihan teknologi secara umum, tur virtual travelling memberikan keunggulan, seperti di bawah ini:

1. Ekonomis dan irit waktu

Mengunjungi lokasi obyek wisata tertentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi, anggaran akan membengkak jika pergi saat puncak liburan, seperti Natal dan Tahun Baru. Travelling pada umumnya membutuhkan perencanaan matang, yang bisa saja berantakan jika mendadak ada pekerjaan mendesak atau anggota keluarga yang sakit. Tipe liburan konvensional ini sebenarnya rentan batal meski sudah direncanakan dari jauh hari.

Baca juga: Museum Virtual Indonesia Bikin Anak Muda Betah di Museum

Sedangkan dalam tur virtual travelling, pergi ke lokasi mana saja jauh lebih hemat waktu dan ekonomis. Harga tiket pesawat mahal atau mengantri panjang saat memasuki obyek wisata tertentu bukan lagi menjadi masalah. Tidak ada pula risiko gagal berangkat jika ada pekerjaan mendadak.

Cukup di rumah saja, mengunjungi tempat wisata terfavorit bisa dilakukan. Dengan memakai headset VR, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu mengurus berbagai hal rumit untuk berwisata.

Sebagai perusahaan travel dan akomodasi, berinvestasi pada teknologi VR akan menjadikan bisnis semakin beragam dalam layanan jasa ke konsumen. Bagi yang menginginkan traveling hemat waktu dan biaya, ini bisa menjadi penawaran yang menarik untuk mereka.

manfaat virtual tour tingkatkan jangkauan

2. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Pergi sendiri terasa lebih ringan di kantong tetapi rata-rata orang lebih memilih pergi bersama pasangan, teman, atau keluarga. Tentunya, ini membutuhkan anggaran yang lebih besar, bukan?

Berkat manfaat virtual tour, banyak yang bisa mencicipi pengalaman travelling bersama-sama dengan anggaran yang jauh lebih terjangkau. Sensasi seru masih bisa dinikmati dengan sama-sama tenggelam dalam konten di VR tersebut.

Ini yang sebaiknya membuat pelaku bisnis travel melirik teknologi VR. Mereka bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, yang akan menikmati perjalanan virtual secara bersama-sama.

3. Lebih fokus ke konsumen potensial

Lebih fokus, lebih inovatif dalam mempersiapkan konten dan teknologinya. Prinsip sederhana ini berlaku bagi pelaku bisnis dalam segmen apapun. Untuk sektor travelling, Anda dapat fokus meriset beberapa lokasi wisata yang menjadi primadona warga Indonesia. Hasil studi yang mendalam akan mendorong terciptanya konten dalam VR yang benar dan mendalam. Ini pula yang akan menjadi dasar membuat simulasi lingkungan, tambahan teks dan audio yang sesuai.

Sektor pariwisata sangatlah bergantung pada pengalaman. Untuk menciptakannya melalui teknologi, Anda membutuhkan tim handal dan berdedikasi pada sektor ini. Proses menyiapkan konten dan memutakhirkan teknologi VR akan berbuah manis berupa pelanggan setia yang akan menjadi brand ambassador ke lingkaran mereka masing-masing.

4. Terobosan bisnis inovatif

Apakah saat ini perusahaan Anda sudah lama atau baru merintis, tur virtual memakai teknologi VR akan memberikan branding yang segar dan canggih. Selain keuntungan dari segi biaya dan waktu, tur travelling semacam ini juga cocok untuk generasi milenial dan Generasi Z yang melek teknologi. Bagi konsumen dari dua kalangan ini, perusahaan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi mempunyai tempat yang lebih istimewa. Dua generasi ini juga mencari pengalaman yang senantiasa baru sehingga VR dapat menjadi jawaban merangkul dua pangsa pasar ini.

5. Mempermudah pemasaran via Internet

Lupakan cara lama menyebarkan brosur atau menempel selebaran. Tur virtual travelling merupakan cara bisnis pariwisata yang membutuhkan cara pemasaran dan promosi yang berbeda. Sektor turunan baru ini membutuhkan teknik pemasaran dan alat yang berbeda. Medium seperti media sosial dan Internet, akan menjadi ranah promosi besar-besaran jika mampu mencapai efek viral.

Pada platform media sosial, contoh pemasaran terbaik adalah dengan pembuatan konten video dengan tema, seperti di balik layar pembuatan teknologi VR, pengalaman orang yang pernah menikmatinya, hingga cara pemakaian headset VR untuk topik ini.

Untuk platform Internet, Anda bisa menggunakan Google Ads untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Tentunya, dengan konten website menarik, akan lebih mudah bagi tim Search Engine Optimization (SEO) untuk menjadikan website menduduki posisi atas Google untuk keyword tertentu.

Jasa pembuatan virtual tour travelling oleh MonsterAR

Tidak perlu jauh mencari penyedia jasa tur virtual hingga luar negeri sebab di Indonesia sudah banyak penyedia jasa pembuatan virtual tour anak bangsa yang berkualitas. Salah satunya adalah MonsterAR, yang mengkhususkan diri pada penyediaan teknologi VR, Augmented Reality atau AR, Mixed Reality, hingga Metaverse. Kami sudah berpengalaman membuatkan konten dan teknologi tersebut ke klien dari berbagai bidang. Tentunya, produk dan layanan kami menyesuaikan dengan kebutuhan setiap klien. Untuk lebih lanjut, yuk hubungi kami melalui formulir di bawah ini!

Virtual Reality menjadikan travelling lebih hemat waktu & biaya, efisien, aman dan nyaman

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?