Teknologi di masa depan akan semakin berkembang dan canggih. Hal itu tentu saja mempunyai banyak dampak bagi kehidupan manusia. Cepat atau lambat hal yang dulunya berupa imajinasi manusia akan terwujud. Jika kita amati, perlahan tapi pasti beberapa di antaranya telah dapat diwujudkan oleh manusia dan diproduksi massal.

Banyak dampak yang dihasilkan oleh penciptaan teknologi-teknologi tersebut. Salah satunya adalah dampak ekonomi. Tentu dengan penciptaan teknologi tersebut, sektor ekonomi akan mendapat kemudahan di dalam melakukan aktivitas dan segala hal yang berhubungan dengan proses tersebut.

Tentu saja hal itu terkait dengan beberapa pengaruh film fiksi ilmiah atau seringkali disebut science fiction (sci-fi) yang kerap menjadi kiblat manusia untuk menjadi suatu pedoman ilmiah. 

Sebagai contoh perkembangan teknologi yang sangat nyata, berada pada sektor otomotif. Di era 1890-an, fabrikasi otomotif masih dikerjakan dengan tenaga manusia, tanpa bantuan robotik. Seiring perkembangan teknologi, kini hampir semua pekerjaan dilakukan dengan sistem robotik, dan proses fabrikasinya menjadi semakin cepat dan mencapai target yang dikehendaki.

Teknologi di Masa Depan
illustrasi (iStock)

Tidak bisa dipungkiri bahwa arus perkembangan teknologi kian hari sangat membantu produktivitas aktivitas manusia, di lain sisi juga mengurangi biaya operasional karyawan perusahaan. Pada abad 21 saat ini, perkembangan teknologi website tidak bisa dibendung, munculnya transaksi online dan website seperti Amazon, Alibaba dan group raksasa industri lainnya membuktikan bahwa manusia, di masa depan akan dimanjakan dengan teknologi.

Seiring perkembangan teknologi mengenai website, manusia dikenalkan dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Teknologi ini sudah berkembang jauh dari berbagai industri, seperti penerbangan, militer, perhotelan dan strategi bisnis properti. Banyak perusahaan berlomba-lomba dalam mengikuti arus perkembangan teknologi AR/VR untuk membantu mendongkrak penjualan, perkenalan produk baru, maupun perkenalan perusahaan itu sendiri.

Bahkan seperti dalam industri militer, untuk mengefisienkan waktu dan juga menghemat biaya maka diciptakanlah alat simulator untuk terjun payung, latihan tembak dan misi militer lainnya. Hal yang sama juga terjadi dalam industri perhotelan, diciptakanlah virtual reality (VR) yang berfungsi memudahkan para calon pengunjung hotel untuk dapat melihat situasi di dalam hotel termasuk interior hotel dan juga keadaan kamar yang akan mereka pesan nantinya, semuanya itu dapat terwujud dengan bantuan teknologi VR.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

Teknologi di Masa Depan
illustrasi (iStock)

Tentu saja teknologi yang disebut AR dan VR tersebut akan mampu memberikan manfaat positif bagi segala aspek industri. Dan hal tersebut menjadi bukti jika teknologi akan membawa perubahan ke arah yang positif bagi manusia dan ekonomi. Adapun beberapa kemudahan ketika menggunakan teknologi AR dan VR dalam suatu industri otomotif adalah:

1. Proses Desain Mobil lebih Efisien: Dengan teknologi AR, produsen tidak perlu membuat prototipe yang tidak efisien dan memakan biaya mahal karena desain kendaraan 3D dapat diproyeksikan ke dunia nyata. Para ahli dapat menyesuaikan komponen, mensimulasikan lingkungan, dan melakukan apa saja dengan model AR layaknya yang dapat mereka lakukan dengan model fisik.

2. Proses Perakitan Mobil lebih Efisien: Mercedes-Benz telah menggunakan Virtual Reality untuk mensimulasikan proses perakitan dan memeriksa setiap langkah yang diperlukan untuk dua tahun mendatang sebelum menjadwalkan proses produksi, sehingga menjadikan proses perakitan lebih efisien dan menghemat lebih banyak waktu pengerjaan.

3. Berbelanja Mobil Lebih Nyaman: AR berikan kenyamanan dalam berbelanja mobil dari rumah. Memungkinkan untuk melihat mobil dalam tampilan AR dengan hasil yang sama dengan tampilan fisik kendaraan yang ada di dealer. Hal itu memudahkan pembeli dapat mengakses semua detail dan fitur yang ditawarkan pada mobil tersebut, mengganti warna, bahan interior, pelek, atau detail lainnya.

4. Tingkatkan Perbaikan dan Pemeliharaan: Dengan menggunakan teknologi AR, maka instruksi untuk menjalankan mesin mobil fisik dapat dilakukan, sehingga dapat memandu mekanik atau pemilik mobil untuk melakukan perbaikan sendiri kendaraan mereka yang akhirnya akan menghemat biaya pengeluaran.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?