POS System atau dikenal sebagai Point of Sales atau seringkali disebut dengan aplikasi POS adalah suatu sistem pembayaran bagi para customer dalam membeli suatu produk. Sistem POS ini tertanam atau terinstal di perangkat seperti Tablet, Smartphone, mesin EDC atau perangkat lain yang digunakan pada transaksi di toko. Di dalam dunia bisnis, Point Of Sales (POS) merujuk dalam pengertian tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (Cash Register).

Sesuai namanya, POS merupakan tempat penjualan (check-out) saat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana customer melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. Pada Point Of Sales (POS), penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.

Di tahun 2018, sistem POS sudah semakin canggih bahkan diintegrasikan ke mobile apps untuk memudahkan pemilik usaha dalam mengontrol transaksi di outlet mereka. Mari kita lihat kecanggihan POS system yang sudah berkembang saat ini hingga perkembangannya.

Pada dasarnya, sistem POS adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis pemilik usaha. Sistem POS memerlukan sebuah aplikasi atau software agar sistem tersebut berjalan sempurna untuk menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis yang berorientasi meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap konsumen.

illustrasi (iStock)

Tidak hanya itu, Point of Sales system dapat juga terintegrasi dengan inventori sistem, sehingga pemilik usaha dapat mengontrol mengenai alur stok barang yang ada di outlet. Hasilnya adalah untuk estimasi stok in dan stok out maupun minimal stok.

Dengan perkembangan cloud system di indonesia, pemilik usaha juga dapat mengontrol secara real time stok maupun transaksi penjualan di outlet. Dengan cloud computing, kita dapat  mengintegrasikan ke mobile system, sehingga owner di outlet dapat secara real time menarik report dari data transaksi harian, mingguan maupun bulanan, serta dapat mengontrol stok fisik dengan report yang ada di komputer.

POS system sangat penting dalam menunjang penjualan suatu produk. Terlebih lagi, suatu usaha di masa depan pasti akan berkembang. Tentunya di era digital dan juga seiring bertambah pesatnya bisnis, tentu diperlukan sistem yang kuat dan mudah untuk memantau.

Dapat dibayangkan apabila usaha semakin besar dan jumlah stok barang semakin bertambah, tentu pemilik usaha akan merasa kesulitan di dalam menangani. Oleh karena tidak memakai sistem dan masih menggunakan cara manual, maka akan terjadi kecurangan yang dilakukan oleh pegawai ataupun data yang diinput tidak akurat, alhasil pemilik usaha akan mengalami kerugian.

Baca Juga: Apa Itu NFT? Kenapa NFT Bisa Bikin Ghozali Mendadak Jadi Sultan?

POS System
illustrasi (iStock)

Oleh karenanya, dengan menggunakan sistem POS, maka pemilik usaha akan dapat memonitoring setiap transaksi. Adapun keuntungan menggunakan sistem POS adalah:

  1. Dapat menyimpan harga barang atau produk.
  2. Dapat dengan mudah mencatat pendapatan, pengeluaran, dan laba. 
  3. Mudah mencatat otomatis barang yang masuk dan keluar.
  4. Dapat menghemat budget atau biaya dalam merekrut pegawai, karena dengan adanya sistem POS, maka pemilik usaha akan mudah menangani dan juga dapat menangani sendiri tanpa menggunakan pegawai apabila hanya menangani satu usaha saja.

Nah, itu dia pembahasan mengenai Point of Sales yang tentu saja dapat membantu para pemilik usaha dalam mengatur dan juga mengembangkan usaha.

Sistem POS ini selain dapat menghemat efisiensi budget pengeluaran pemilik usaha, juga dapat menghindarkan dari kecurangan pegawai yang mana ketika menggunakan sistem manual pembukuan keuangan suatu usaha, celah kecurangan akan mudah terjadi. Oleh karenanya sistem POS ini di masa depan akan menjadi suatu aplikasi wajib bagi para pemilik usaha untuk dapat memaksimalkan usaha mereka.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Baca informasinya di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?