3D Trick Art adalah gambar ilusi tipuan mata atau kerap disebut dengan ilusi optik 3D atau lukisan dinding 3D yang banyak disukai masyarakat Indonesia untuk berswafoto. 3D Trick Art sendiri kini telah banyak diterapkan di beberapa museum di Indonesia sebagai salah satu fitur museum. 

Banyak orang mengenali trick art sebagai seni lukis dua dimensi yang menggunakan ilusi virtual sehingga terlihat sangat nyata. Trick art masuk kategori seni menggunakan manipulasi visibilitas manusia atau kerap disebut ilusi optik. Campuran warna perspektif dan teknik cahaya detail mampu menciptakan efek 3D yang menakjubkan dan terbuat dari rangkaian warna cat ke objek yang gelap. 

Seiring berjalan waktu, lukisan trick art tidak hanya dibuat dalam bentuk manual cat, namun dibuat oleh aplikasi editor yang dicetak ke bahan khusus seperti bahan cetak banner. Seni ini populer digunakan di berbagai tempat wisata di seluruh dunia. Tidak heran, dengan semakin populernya platform berbagi foto seperti instagram, seni lukis ilusi optik itu akan memberikan nilai tambah bagi hasil foto yang diambil di tempat wisata sehingga lebih unik dan menonjol. 

Dengan perkembangannya yang makin maju, pelan – pelan 3D trick art mengalami kenaikan jumlah peminat seperti para pengunjung museum dan beberapa tempat wisata yang menyediakan fasilitas tersebut.

illustrasi (iStock)

Baca juga: Cara Branding Produk Lebih Powerful Melalui Augmented Reality

Di luar negeri, para seniman banyak yang aktif membuat lukisan di jalanan, sehingga dapat dinikmati orang banyak dengan gratis. Masyarakat dapat berswafoto dengan pose tertentu yang mana menyesuaikan gambar 3D di tempat itu. Seni ini biasanya digunakan untuk acara atau event-event tertentu sebagai background photobooth yang unik sehingga membuat orang tertarik untuk berfoto di sana.

Namun kini, seni lukisan 3D ini tidak hanya digunakan seperti yang telah dijelaskan di atas. Makin banyak pengusaha yang memanfaatkan keunikan lukisan 3D ini untuk menghasilkan keuntungan dengan membuat museum 3D trick art.

Tidak ketinggalan, MonsterAR merupakan salah satu perusahaan teknologi multimedia yang juga menyediakan jasa pembuatan 3D trick art seperti cat digital dan sejenisnya. Bukan lukisan biasa, namun juga menyediakan custom sesuai dengan kebutuhan klien. Tidak disangkal bahwa perkembangan seni lukis 3D tersebut mempunyai minat yang cukup besar di tahun 2018 ini.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?