Teknologi VR kian marak digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Mulai dari game interaktif, media pelatihan, pendidikan, tur virtual, hingga sebagai media pemasaran. Dengan hadirnya vendor Virtual Reality (VR) di Indonesia, kini bisnis di Indonesia semakin dimudahkan untuk beli VR custom yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan, termasuk dengan bisnis Anda.

Bukan tanpa alasan kini teknologi VR semakin di lirik oleh bisnis. Manfaatnya memang sungguh sangat terasa mulai dari meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja hingga tingkatkan brand image dan angka penjualan produk.

Beberapa sektor bisnis yang diuntungkan dengan beli VR custom antara lain:

1. Bisnis Property

Virtual Reality dan Augmented Reality merupakan teknologi imersif yang sempurna untuk strategi bisnis properti dengan memasarkan dan memperkenalkan unit-unit properti Anda kepada end user dengan sangat mudah dan efektif. Terutama, di masa pandemi saat ini dimana team pemasaran tidak dapat menjangkau pasar secara langsung, maka di butuhkan media untuk menjangkau pasar melalui media digital. Teknologi AR dan VR akan mempermudah dalam menawarkan dan menjual unit properti kepada end user.

Melalui teknologi AR dan VR, end user dapat melakukan simulasi dalam mendekorasi rumah, apartment, atau ruang kantor yang akan dibeli, seperti penataan perabot furnitur dan dekorasi, memilih material material yang akan digunakan, dan juga menentukan warna pada tiap tiap ruangan secara kompleks. Melalui teknologi AR Anda dapat memperlihatkan eksterior dan interior dari unit property yang akan Anda jual hanya dengan memindai brosur atau logo perusahaan yang tersedia dimanapun dan kapanpun.

Dalam menyajikan interior rumah tidak terbatas hanya melalui headset VR saja, namun bisa juga disajikan melalui perangkat smartphone melalui media website atau aplikasi mobile.

2. Beli VR Custom untuk Bisnis Pariwisata

Sektor bisnis yang paling terpukul dengan hadirnya pandemi COVID-19 adalah pariwisata. Bahkan, di PSBB chapter 2 saat ini seluruh tempat pariwisata di Indonesia diwajibkan untuk menutup usahanya. Beli VR custom bisa menjadi solusi bagi bisnis pariwisata di Indonesia.

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

Melalui teknologi VR, masyarakat yang rindu untuk berpariwisata bisa tetap menikmati keindahan alam dan karya seni tanpa harus keluar rumah dan mengambil risiko terkena dampak corona virus. Pemilik bisnis pariwisata hanya perlu membuat video 360 semenarik mungkin dan benar-benar menonjolkan setiap sudut dan elemen yang menjadi daya tarik, kemudian menerima pembayaran dari setiap pengunjung yang datang melalui headset VR.

3. Pendidikan

Virtual Reality (VR) tidak hanya memiliki kemampuan untuk menarik kita ke dunia yang baru, tetapi juga memiliki kapasitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membuka potensi pembelajaran lebih dari sebelumnya. Mengingat dengan membaca buku atau sekedar mendengarkan materi mata pelajaran yang disampaikan guru sering kali terasa membosankan bagi para murid, maka penggunaan VR dan buku augmented reality untuk pendidikan sangatlah tepat untuk menjadikan pelajaran menjadi lebih hidup.

Penerapan teknologi digital merupakan hal yang layak untuk dijadikan prioritas dalam dunia pendidikan di masa kini mengingat generasi Z (atau biasa dikenal sebagai generasi milenial) lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan media teknologi dibandingkan sekedar menggunakan media konvensional. VR memungkinkan pembelajaran untuk memasuki inti emosional siswa dengan cara yang baru dan menarik.

4. Pelatihan Kerja

Di dunia ini, terdapat beberapa pekerjaan yang terbilang berbahaya hingga dapat mengancam keselamatan jiwa. Mulai dari pabrik, tentara, hingga pemadam kebakaran. Risiko kematian saat melakukan pelatihan bisa di tekan dengan menggunakan teknologi VR sebagai media pelatihan. Manfaat pelatihan VR sangat bisa di rasakan karena melalui simulasi pelatihan dalam dunia VR, para petugas seperti pemadam kebakaran bisa mengasah mental hingga kemampuan dalam bermanufer menyelamatkan korban yang terjebak dalam kebakaran.

Melalui simulasi pelatihan VR, angka kematian saat pelatihan kerja yang berbahaya bisa di hilangkan. Manfaat pelatihan VR juga dapat menyelamatkan lebih banyak korban jiwa. Dengan keunggulan pelatihan VR yang dapat terus di ulangi tanpa batas dan tanpa membutuhkan tambahan biaya apapun, petugas dapat terus berlatih tanpa batas hingga mental dan kemampuan dalam bermanufer dan menyelamatkan korban yang terjebak dalam kebakaran bisa benar-benar terasah dengan tajam.

Baca juga: Selamatkan Bisnis Anda! 8 Solusi Teknologi Atasi Pandemi COVID-19

Melalui media pelatihan dan simulasi VR, para peserta pelatihan dapat mengalami situasi unik dan berbahaya tanpa batas. Tidak seperti pelatihan konvensional yang membutuhkan biaya untuk setiap sesi pelatihan, melalui VR Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun, cukup satu kali mengeluarkan biaya peralatan dan teknologi VR yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan pelatihan dan bisnis Anda. Dan tentu manfaat pelatihan VR yang terpenting adalah keunggulannya yang memungkinkan pengguna untuk menghadapi situasi yang sangat berbahaya tanpa risiko cidera hingga kematian di dunia nyata.

5. Beli VR Custom untuk Gamifikasi Lebih Menarik Perhatian

Selain untuk media hiburan, video game juga banyak di manfaatkan sebagai media branding dan promosi suatu produk atau brand, strategi ini biasa di kenal sebagai gamifikasi. Dengan tambahan teknologi VR, menjadikan gamifikasi semakin kuat karena pemain dapat memasuki dunia brand secara personal dan mendalam.

Penerapan VR custom untuk gamifikasi cocok di terapkan pada event, baik itu event fisik hingga virtual event sekalipun, karena para pengunjung yang datang adalah rata-rata untuk mengenal suatu produk secara personal dan apa adanya. Dengan beli VR custom dan menerapkannya sebagai media gamifikasi untuk mempromosikan produk / brand Anda, menjadikan para pengunjung melirik, tertarik untuk mencoba hingga akhirnya meningkatkan peluang membeli.

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?