Teknologi telah menjadi bagian penting dalam proses pendidikan, khususnya di masa pandemi saat ini. Namun, penerapannya masih terbatas seperti sebagai alat kolaborasi dan teks elektronik. Teknologi Mixed Reality (MR) atau realitas campuran akan mendorong revolusi teknologi dalam proses pendidikan lebih jauh lagi. Berikut adalah beberapa manfaat realitas campuran yang akan meningkatkan kualitas belajar-mengajar di ruang kelas Anda.

Membenamkan Siswa ke dalam Materi Pelajaran

Membaca tentang peristiwa sejarah di anggap membosankan bagi kebanyakan siswa. Realitas virtual dapat menjadikan pelajaran yang membosankan menjadi menarik bagi siswa. Contohnya ketika siswa sedang belajar tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, mereka dapat mengenakan headset VR dan berada di antara kerumunan masyarakat yang sedang menyaksikan peristiwa itu terjadi secara langsung. Siswa juga dapat berinteraksi dengan para tokoh penting yang hadir dengan bersalaman atau memberi hormat. Ini adalah cara belajar yang sangat baik karena memungkinkan siswa untuk mengalami sesuatu secara langsung.

Walau contoh di atas adalah dalam bidang sejarah, realitas campuran dapat diterapkan pada sains dan kedokteran, geografi, arsitektur, dan hampir semua mata pelajaran lainnya. Pendidikan realitas campuran akan membutuhkan perubahan pada metode pendidikan dan lingkungan belajar saat ini karena siswa mulai mengharapkan metode yang menghasilkan respons emosional.

Simulasi Visual untuk Meningkatkan Pelatihan

manfaat realitas campuran untuk pelatihan kedokteran

Siswa di sekolah kedokteran selalu belajar tentang bagaimana fungsi tubuh manusia, tetapi dibutuhkan lebih banyak pengalaman interaktif untuk lebih memahami materi. Realitas campuran memungkinkan siswa untuk melakukan perjalanan dinamis menyusuri setiap bagian tubuh manusia secara virtual hingga ke dalam organ, otot, dan sistem tertentu sambil memberikan lingkungan belajar yang bebas stres di mana mereka tidak perlu khawatir membuat kesalahan.

Penting untuk di ingat bahwa realitas campuran memungkinkan pengalaman individu dan kelompok juga. Misalnya, seorang instruktur ingin mengajarkan kelas tentang aspek tertentu dari anatomi dan fisiologi manusia. Dalam hal ini, semua orang dapat memakai headset dan menjelajahi konten yang sama sebagai grup sambil berkomunikasi satu sama lain. Cara ini jauh lebih baik daripada menggunakan mayat sungguhan karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk melihat segala sesuatu dalam warna dan tekstur yang hidup.

Baca juga: Pelatihan Anatomi Tubuh Efektif dan Hemat Biaya Dengan Virtual Reality

Realitas campuran menjadikan media belajar tidak terbatas pada gambar statis dan harus menggunakan imajinasi untuk memahami bagaimana organ berfungsi atau bagaimana darah mengalir ke seluruh tubuh. Ini secara signifikan meningkatkan pelatihan siswa karena ketika mereka pergi ke dunia nyata, mayat tidak menggambarkan jaringan, otot, dan organ manusia persis seperti pada orang yang masih hidup. Realitas campuran memungkinkan Anda meningkatkan proses pelatihan untuk memberikan pengalaman yang sedekat mungkin dengan kehidupan nyata.

Manfaat Realitas Campuran dalam Seni

Mixed Reality Viewer adalah alat yang sempurna ketika Anda perlu memvisualisasikan ruang dan dimensi, mengalami sesuatu dari dekat, atau ketika Anda ingin memasukkan kesenangan ke dalam karya seni. Misalnya, ketika siswa menggambar atau melukis, mereka masih terbatas pada ruang dua dimensi. Namun, dengan realitas campuran, mereka dapat mengalami seni dalam konteks spasial yang heterogen. Ini membuka cara-cara baru yang kreatif dan partisipatif untuk belajar.

Untuk siswa di sekolah dasar dan menengah, realitas campuran dapat digunakan untuk menghidupkan gambar mereka sehingga menambahkan tingkat hiburan baru ke dalam prosesnya. Ketika kita naik beberapa tingkat ke sekolah menengah dan universitas, realitas campuran dapat digunakan untuk mendidik siswa dengan lebih baik tentang aspek-aspek tertentu dari lukisan, patung, dan karya seni lainnya.

Kesimpulan

Manfaat realitas campuran dalam dunia pendidikan sangatlah luas, seperti contohnya yang telah kita bahas di atas. Tidak terbatas bagi siswa saja, namun para tenaga pengajar juga jadi sangat terbantu. Karena materi pelajaran dasar sudah bisa tersaji melalui realitas campuran, murid jadi bisa belajar secara mandiri, sehingga tenaga pengajar bisa lebih fokus memberikan materi yang lebih advance. Pada akhirnya, realitas campuran meningkatkan kualitas pendidikan di ruang kelas Anda.

Masing-masing sekolah memiliki metode dan kebutuhan materi pelajaran yang berbeda-beda, sehingga penerapannya tidak sesederhana seperti apa yang terlihat. Membuat teknologi custom melalui kerja sama dengan vendor realitas campuran terpercaya merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan saat ini.


Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami