Virtual Reality (VR) atau realitas virtual identik dengan industri game dan hiburan pada awal kemunculannya. Namun kini, penerapan VR untuk digitalisasi bisnis telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan diterapkan oleh beberapa industri secara global. Nilai pasar Virtual Reality global diperkirakan mencapai 19 miliar USD tahun ini, dan akan tumbuh lebih tinggi secara eksponensial di tahun-tahun mendatang.

Beberapa industri seperti perusahaan perawatan kesehatan, gerai ritel, hiburan, jaringan pasar, dan banyak lagi kini telah mendapatkan manfaat dari penerapan virtual reality dan augmented reality dalam bisnis. Berikut adalah tiga industri teratas dalam penerapan VR untuk digitalisasi bisnis secara massal.

Industri Kesehatan

vr untuk bisnis kesehatan

Keinginan manusia adalah untuk mengakhiri semua penyakit dan menciptakan dunia yang sehat sempurna. Namun, untuk mencapai impian itu, kita harus terus mengembangkan sektor perawatan kesehatan, dan realitas virtual akan membantu kita mencapainya.

Realitas virtual telah memberikan manfaat bagi dokter dan pasien. Bedah robotik adalah penggunaan perangkat robotik untuk melakukan operasi yang tepat. Manfaat utama dari metode pembedahan ini adalah kemungkinan kegagalan yang minimal dan proses pemulihan yang lebih cepat bagi pasien.

Dalam terapi kesehatan mental dan psikologis, realitas virtual digunakan untuk menyembuhkan kehilangan ingatan. VR juga dapat digunakan untuk terapi pasien, sehingga dapat membantu pasien untuk melawan ketakutan dan fobia mereka.

Penggunaan VR berkembang karena mahasiswa kedokteran kini sudah belajar tentang tubuh atau operasi menggunakan realitas virtual untuk mendapatkan informasi terperinci tentang saraf, arteri, dan lainnya. Penggunaan VR untuk perawatan kesehatan dipastikan akan terus tumbuh selama beberapa tahun mendatang.

Ritel

Industri lain di mana VR telah digunakan secara luas adalah sektor ritel. Perusahaan ritel menggunakan teknologi VR untuk meningkatkan keuntungan dan menarik pelanggan. Sebelum pandemi, orang semakin merangkul layanan e-commerce dan ingin melangkah lebih jauh lagi. Hasil survei menunjukkan bahwa 70% pelanggan mengaku sangat tertarik dengan belanja virtual.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

Berkat realitas virtual, pelanggan dapat menikmati tingkat layanan baru, seperti mencoba pakaian saat di rumah atau mendekorasi kamar secara virtual untuk melihat bahan atau model mana yang cocok. Perusahaan e-commerce seperti eBay, IKEA, dan Topshop semuanya memiliki pengalaman VR yang terintegrasi ke dalam layanan mereka. Sehingga memudahkan para pembeli online untuk mencoba berbagai produk sebelum membelinya.

Industri Hiburan

Salah satu industri yang terus mendapat manfaat dari realitas virtual adalah industri hiburan. Dari yang awalnya merupakan media gambar bergerak kini telah berkembang menjadi pencitraan 3D, dan sekarang orang dapat menonton film dan menjadi bagian dari film tersebut. Bioskop VR menjadi populer, dan jumlahnya diperkirakan akan bertambah di tahun-tahun mendatang.

Berkat realitas virtual, batas antara pencerita atau story teller dan penonton menjadi lebih tipis, dan penonton semakin asyik menonton film daripada di masa lalu. Beberapa perusahaan hiburan sudah mulai menggunakan teknologi VR untuk mempresentasikan produk mereka dengan cara yang lebih baik. Disney saat ini menawarkan berbagai hiburan imersif berdasarkan film animasi mereka, sementara proyek realitas virtual non-game Sony menjadi hidup berkat acara TV hit mereka, Breaking Bad.

Kesimpulan

Ketiga sektor ini terus memimpin dalam hal adopsi VR. Namun, realitas virtual juga digunakan di berbagai sektor lain termasuk pemasaran, otomotif, real estate, olahraga, pendidikan, pariwisata, pelatihan kerja, dan banyak lagi. Semakin banyaknya industri yang menerapkan VR termasuk VR di Jakarta untuk digitalisasi bisnis menjadi bukti nyata bahwa teknologi VR memberikan dampak positif bagi bisnis. Klik tombol di bawah untuk implementasi VR ke dalam bisnis Anda.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami