Teknologi Virtual Reality (VR) kian berkembang, hingga kini muncul berbagai jenis cafe VR yang bisa dijadikan peluang bisnis dengan pasar senilai 45 miliar dolar di tahun 2025. Dari yang tadinya merupakan teknologi yang mahal dan terkesan exclusive, kini menjadi semakin mudah di akses dan dinikmati, bahkan di Indonesia sekalipun. Terlihat dari mulai bermunculannya cafe vr di Indonesia. Jenis cafe VR beraneka ragam, mulai dari VR theme park seperti yang bisa Anda temui di Kovee Jaya di Central Park, hingga salah satu game VR e-sport terbaru sekalipun sudah bisa kita nikmati di House of Trap di Mall Kelapa Gading.

Seiring dengan semakin digandrunginya teknologi VR ini di Indonesia, tentu berbanding lurus juga dengan semakin besar potensinya untuk bisnis bukan?

Bagi Anda yang tertarik untuk melirik teknologi VR ini sebagai peluang untuk bisnis, berikut adalah 7 jenis cafe vr yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memulai bisnis VRmu sendiri.

1. Game VR, Jenis Cafe VR Sejuta Umat

cafe vr game

Tentu semua orang senang bermain game, dan alasan itulah yang menjadikan jenis cafe vr ini berada di urutan paling atas. Dengan proyeksi pendapatan pasar senilai 45 miliar dolar di tahun 2025, tentu potensi bisnis ini tidak bisa kita abaikan begitu saja. Di tambah lagi, hingga saat ini masih banyak pecinta game yang masih belum dapat membeli perangkat game VR yang layak, ditambah lagi spec PC yang dibutuhkan untuk bisa menikmati game VR dengan maksimal masihlah terbilang sangat tinggi, sehingga ini menjadi peluang tambahan lagi bukan?

Tetapi, satu hal yang harus diketahui sebelum memulai bisnis game VR adalah, bahwa untuk menjalankan bisnis ini memerlukan ruangan yang luas untuk pemain, karena game VR bukan sekedar pengalaman visual yang mendalam saja, tetapi juga pengalaman fisik dimana pemain harus bergerak dan melambai-lambaikan tangannya kesana kemari untuk bisa bermain, sehingga memerlukan biaya extra apabila ingin menjalankan bisnis ini di mall atau dimanapun dengan sistem sewa tempat. Kecuali apabila Anda memiliki tempat sendiri untuk berbisnis di jenis kafe VR ini, maka Anda bisa say good bye terhadap permasalahan yang satu ini.

Dan satu hal lagi yang harus diketahui, bahwa developer atau pembuat game VR memiliki aturan tersendiri tentang penggunaan produk mereka untuk tujuan komersial. Beberapa menawarkan perjanjian lisensi, sementara yang lain tidak. Lakukan riset, tetapi harapkan persyaratan lisensi yang lebih liberal karena pasar ruang permainan VR terus tumbuh. Solusi yang lebih baik adalah dengan membuat game VR yang dikembangkan khusus untuk Anda oleh perusahaan pengembang VR, sehingga Anda dapat menyimpan semua keuntungan untuk diri Anda sendiri dan terbebas dari segala jenis perjanjian dan batasan-batasan penggunaan game yang rumit dan bikin sakit kepala. Bingung mencari pengembang game VR yang bisa Anda ajak kerja sama? MonsterAR dapat menyediakan semua kebutuhan game VR yang Anda perlukan, hubungi kami untuk konsultasi selengkapnya, GRATIS!

2. VR Escape Room

vr escape room

Jangan sampai tertukar ya antara Game VR yang baru saja kita bahas dengan jenis cafe VR yang satu ini. Alih-alih menyediakan setiap pelanggan dengan perangkat komputer, game dan headset VR, VR escape room membenamkan pemain dalam ruang yang terbatas dimana mereka harus “melarikan diri”. Dengan memecahkan teka-teki, masalah logika, atau menemukan petunjuk tersembunyi, pemain dapat membebaskan diri dari batas-batas escape room, dan memenangkan permainan.

VR Escape Room tidak hanya memberikan pengalaman yang mendalam, tetapi juga sangat interaktif. Bahkan non-gamer sekalipun kembali lagi dan lagi untuk mencoba dan meningkatkan kecepatan mereka, atau untuk menemukan lebih banyak petunjuk.

Berita baiknya adalah! VR Escape Room memerlukan kerja sama team untuk bermain, sehingga pengunjung cenderung memesan untuk empat atau lima pemain sekaligus. Sehingga berkali-kali lipat juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Untuk membuat permainan ini lebih personal lagi dan memiliki ciri khas, Anda memerlukan perangkat lunak permainan khusus untuk mengoperasikan ruang pelarian. Meskipun semakin banyak game tersedia, Anda juga memiliki opsi untuk membuat satu game yang dirancang khusus bagi bisnis Anda. Dan tentu saja, MonsterAR dapat menyediakannya untuk Anda.

3. Pelatihan Berbasis VR

pelatihan vr

Tentu saja, VR memiliki manfaat yang tidak dapat diremehkan dalam ranah pelatihan. Nyatanya sudah banyak kok perusahaan yang menerapkan pelatihan VR untuk bisnis mereka, seperti contohnya saja walmart di sektor bisnis ritel. Volkswagen, Audi & BMW di sektor otomotif, serta pelatihan VR lainnya untuk berbagai keperluan seperti pelatihan pemadam kebakaran, keselamatan kerja, dan pelatihan tempur oleh tentara.

Sebagai pemilik kafe VR, Anda dapat memanfaatkan pasar yang berkembang ini dengan menyewakan fasilitas Anda untuk pelatihan VR. Sementara perusahaan semakin menyadari perlunya menambahkan VR ke dalam program pelatihan karyawan mereka, tidak banyak organisasi memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk melakukan pelatihan seperti itu di perusahaan mereka.

Karena pengembang pihak ketiga membuat perangkat lunak pelatihan VR untuk berbagai industri, kebutuhan akan fasilitas pelatihan VR akan terus bertumbuh. Karena klien akan membawa perangkat lunak pelatihan mereka sendiri, yang Anda butuhkan hanyalah perangkat keras dan tingkat dukungan minimal.

Menambahkan “fasilitas pelatihan VR” ke daftar layanan kafe Anda dapat menarik klien korporat, dan semua trainee VR yang dapat Anda tangani.

Kerugian utama dari berbisnis di jenis cafe VR ini adalah Anda harus memiliki cukup komputer dan headset untuk mengakomodasi grup besar. Namun, biaya pemasangan dapat dipulihkan dengan cepat seiring dengan tersebarnya berita tentang layanan pelatihan VR yang Anda tawarkan dan semakin banyaknya perusahaan yang datang berbondong-bondong untuk mendapatkan layanan pelatihan VR yang sangat dibutuhkan dan unik ini dari Anda.

4. Pendidikan berbasis VR

cafe vr pendidikan

Jenis cafe VR yang satu ini pada dasarnya sama seperti untuk pelatihan, kecuali bahwa Anda menargetkan sekolah yang perlu mendidik siswa, daripada menargetkan perusahaan yang perlu melatih karyawan.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak sekolah di AS dan Eropa memiliki setidaknya beberapa peralatan VR untuk digunakan dalam mendidik siswa, hingga saat ini masih banyak kok yang tidak memilikinya, terlebih lagi di Indonesia. Jangan khawatir tentang prospek berbisnis di jenis VR cafe yang satu ini, karena pada kenyataannya banyak sekolah akan menyambut baik kesempatan untuk menggunakan fasilitas Anda beberapa kali dalam setahun, di kalikan dengan jumlah sekolah yang ada di Indonesia, tentu peluangnya tidak bisa dianggap main-main. Memiliki tempat lokal di mana sekolah dapat memperkenalkan anak-anak dengan teknologi VR, atau untuk menyediakan konten VR pendidikan, dapat menjadi aset yang bagus untuk sekolah-sekolah terdekat. Dengan sedikit pemasaran kreatif, Anda mungkin dapat memfokuskan pasar sebagai penyedia layanan VR ke distrik sekolah.

Anda tentu memerlukan jumlah perangkat VR yang tidak sedikit, tetapi melihat peluang pasarnya yang masih sangat besar terutama di Indonesia, sudah dapat di pastikan Anda dapat “balik modal” dalam waktu yang tidak akan lama.

5. VR Workshop

jenis cafe vr

Banyak perusahaan yang tertarik untuk mengadopsi teknologi VR dalam bisnisnya, namun banyak juga di antara mereka bingung dan bahkan tidak tau bagaimana untuk memulai, dan VR seperti apa sih yang cocok untuk perusahaannya.

Nah! Ini bisa dijadikan peluang juga. Anda bisa menawarkan layanan workshop VR untuk bisnis lokal yang ingin menjelajahi teknologi VR. Dengan melakukan instruksi praktis informatif dalam teknologi realitas virtual, Anda memberikan layanan yang berharga, dan menambah aliran pendapatan Anda. Klien target Anda adalah organisasi kecil dan menengah yang mempertimbangkan untuk memasukkan teknologi VR ke dalam lini produk atau operasi mereka.

Namun, pengetahuan Anda tentang teknologi VR harus melampaui konsumen VR rata-rata, jika Anda memang serius untuk mengadakan workshop VR. Meskipun gelar lanjutan dalam pemrograman tidak diperlukan, Anda harus dapat menunjukkan cara menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak VR. Anda juga diharapkan untuk memberikan ide-ide inovatif tentang bagaimana klien Anda dapat mengintegrasikan teknologi VR ke dalam model bisnis mereka.

6. VR Events

event vr

Jika kafe VR Anda terletak di dekat area metropolitan besar, maka jenis cafe VR yang satu ini akan cocok bagi Anda karena kemungkinan besar ada perusahaan di daerah tersebut yang membutuhkan tempat untuk event VR. Perusahaan-perusahaan ini akan memiliki konten VR mereka sendiri, dan audiens mereka sendiri, mereka hanya perlu tempat untuk menyatukan keduanya. Ketika potensi pemasaran realitas virtual menjadi lebih jelas, semakin banyak perusahaan akan mencari cara untuk membuat pelanggan mereka kagum melalui presentasi VR.

Selain acara perusahaan, jenis acara lain yang dapat Anda selenggarakan adalah pesta pribadi. Ulang tahun, pengumpulan dana, dan promosi perusahaan dimana itu semuanya memberikan peluang bagi Anda untuk menarik perhatian banyak orang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengiklankan café VR Anda sebagai hotspot untuk acara ini. Selama Anda mendapatkan hak lisensi untuk konten, Anda dapat menyelenggarakan turnamen gim multi-pemain, konser 3D, atau tur galaksi.

Sementara klien korporat akan membawa konten VR mereka sendiri untuk acara mereka, Anda mungkin perlu menyediakan perangkat lunak untuk acara pribadi. Meskipun daftar konten VR yang tersedia terus bertambah, namun masih ada beberapa startup yang belum memiliki materi VR yang tersedia untuk konsumsi publik.

7. Menyewakan Perangkat VR

rental vr

Kebutuhan untuk perangkat VR kian meningkat, dan ini juga merupakan peluang yang bagus untuk Anda manfaatkan sebagai lahan bisnis. Target pasar Anda meliputi para gamer yang tertarik untuk bermain game VR tetapi tidak mampu untuk membeli perangkatnya yang mahal dengan kebutuhan spec yang tinggi. Atau bisa Anda sewakan juga ke perusahaan-perusahaan yang ingin mengadakan event VR.

Baca juga: Virtual Reality Akan Merevolusi Industri Game di Masa Depan

Kesimpulan

Cafe VR bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Ketika realitas virtual menjadi semakin mainstream, konsumen akan mencari cara untuk mengeksplorasi tentang apa itu VR. Jika Anda bisa memberi mereka cara yang hemat biaya untuk bisa menikmati dan menjelajahi VR game, video, dan konten VR, Anda bisa mendapatkan bagian dari pasar VR senilai 45 miliar dolar.