Pemanfaatan AR Sebagai Media Untuk Pelatihan Keselamatan Kerja

Untuk memperingati Global Safety Day (Hari Keselamatan Global) tahun ini, karyawan dan kontraktor mengambil bagian dalam eksperimen untuk melihat apakah teknologi baru dan berkembang dapat digunakan untuk mengajarkan langkah-langkah keselamatan kerja di sepanjang acara dalam kampanye berjudul “Stronger & Safer Together”.

Tim HSE (Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan) di APM Terminals Brazil mengembangkan aplikasi augmented reality (AR) bagi karyawan, kontraktor dan pengunjung untuk mereka unduh di ponselnya masing-masing. Aplikasi tersebut menyediakan video dan informasi 3D tentang risiko dan operasi keselamatan kerja di terminal dan gedung perkantoran.

Aplikasi Pelatihan Keselamatan Kerja di Ponsel Pintar

“Setelah membuka aplikasi, pengguna mengarahkan ponsel mereka ke stiker yang ditempatkan di atas peralatan atau di lantai atau dinding gedung kantor. Kemudian informasi keselamatan tentang lokasi atau peralatan – seperti reach stacker yang digunakan untuk memindahkan kontainer di sekitar terminal – ditampilkan di layar” kata Gabriel Fiorda Guarnieri, Koordinator HSE di Terminal APM Brasil.

Dalam kasus reach stacker, aplikasi memberikan detail jarak aman untuk berdiri jauh dari mesin saat sedang beroperasi. Sebuah animasi menunjukkan jarak pergerakan yang mampu dijangkau oleh mesin dan berapa banyak ruang yang dibutuhkan untuk membawa dan menumpuk kontainer di halaman. Tanda digital lain di tanah – seperti poster – menunjukkan area yang berpotensi tidak aman dari pintu masuk ke area terminal. Sebelumnya, tata letak operasional beberapa area terminal hanya tersedia di atas kertas. Sekarang mereka dapat diakses kapan saja melalui aplikasi AR.

Bekerja dengan kontraktor lokal, tim kesehatan dan keselamatan kerja mengembangkan materi kampanye pemasaran yang diakses melalui poster dan stiker dengan desain grafis yang memicu akses ke video pelatihan keselamatan dan informasi 3D. Spidol dan stiker berfungsi seperti kode QR, yang mentrigger aplikasi ponsel untuk menampilkan materi yang diminta. Informasi AR digunakan selama sesi diskusi Hari Keselamatan Global, pertemuan, intervensi dan pembicaraan pra-giliran. Pengguna dapat mengakses animasi dan video melalui ponsel mereka sepanjang hari dengan sistem yang dapatterus di akses.

AR Mengambil Alih Pelatihan

APM telah bergabung dengan organisasi seperti Boeing, DHL, dan Korps Marinir AS dalam menambahkan augmented reality ke pelatihan karyawan untuk meningkatkan efektivitas. Peneliti pasar memperkirakan bahwa permintaan keseluruhan untuk augmented reality akan mendorong pertumbuhan pasar dari $ 11,4 miliar pada tahun 2018 menjadi $ 60,55 miliar pada tahun 2023.

Selain APM Terminals Brazil, perusahaan-perusahaan APM Terminals lainnya telah bereksperimen dengan augmented dan virtual reality. Pada Konferensi Maritim Trans-Pasifik 2018, pengunjung dapat melakukan tur virtual Pier 400 di Pelabuhan Los Angeles. Juga, rig pengeboran Maersk Resolute merupakan subjek dari tur virtual bagi pelanggan.

Jutaan orang dari segala usia menggunakan ponsel pintar mereka untuk komunikasi dan bermain game, jadi menggunakan alat yang sama untuk pelatihan perusahaan akan menarik minat pekerja dan pelatihan akan lebih mudah diterima dan diterapkan.

Para peneliti di Accenture telah menemukan bahwa menggunakan AR untuk pelatihan membantu karyawan melakukan tugas dengan tingkat akurasi dan kualitas yang lebih tinggi. Untuk Terminal APM, itu berarti pengguna dapat mengakses informasi kapan saja saat mereka bekerja di terminal, memungkinkan mereka untuk memeriksa ulang prosedur keselamatan kerja di tempat menggunakan telepon mereka dan informasi keselamatan AR. Mereka tidak bergantung pada ingatan mereka atau kembali ke kantor untuk merujuk pada manual.

Pengguna Menyukai Pelatihan AR

Pada Hari Keselamatan Global di APM Terminals Brazil, aplikasi ini diunduh lebih dari 1.200 kali dan masih diakses untuk melatih pekerja pelabuhan, kontraktor, dan pengunjung (siapa pun yang pergi ke terminal harus mendapatkan pelatihan keselamatan).

Guarnieri mengatakan pengguna sudah akrab dalam penggunaan teknologi serupa, seperti Pokémon GO atau game lain di ponsel mereka sendiri, jadi hanya memerlukan sedikit pelatihan hingga karyawan dapat memulainya sendiri. Animasi dan video 3D membantu pengguna memahami dan mempertahankan prosedur keselamatan kerja yang merupakan bagian dari operasi sehari-hari di terminal yang sibuk.

“Itu benar-benar diterima dengan baik karena mereka memahami bahwa mereka dapat melihat pergerakan reach stacker dan rincian peralatan khusus dan tata letak operasional,” katanya.

Konten AR dimaksudkan hanya menjadi bagian dari kegiatan untuk Hari Keselamatan Global, tetapi ternyata ini adalah cara paling populer untuk menerima pelatihan keselamatan.

“Itu direncanakan hanya menjadi salah satu cara untuk berbagi pesan, dan pada akhirnya, itu menjadi kegiatan utama pada hari itu,” kata Guarnieri.

Penggunaan Teknologi AR yang Lebih Luas

Setelah berhasil dalam uji coba untuk Hari Keselamatan Global, APM Terminals Brazil berencana untuk mengadopsi teknologi AR untuk kampanye di masa mendatang.

Setelah menikmati konten AR di Global Safety Day, para pekerja di Brasil kini bersemangat untuk mencoba konten yang baru. “Sekarang orang-orang bertanya kepada kami apa yang akan menjadi langkah selanjutnya,” kata Guarnieri.

Di tahun-tahun mendatang, APM Terminal berencana untuk membawa AR ke tingkat yang lebih tinggi dalam program pelatihannya dan memberikan kepada para pekerja informasi terbaru dan paling akurat serta keterampilan yang tersedia, kapan dan di mana mereka paling membutuhkannya, tanpa menempatkan mereka pada risiko.

By |2018-10-24T10:40:29+00:00October 24th, 2018|Articles, Augmented Reality|
%d bloggers like this: