Manfaat Augmented Reality (AR) sebagai media promosi sangatlah nyata! Contohnya brand IKEA yang berhasil menjaring banyak pelanggan baru dan menjual produk-produknya secara signifikan. Di samping itu, IKEA juga tidak mengeluarkan budget marketing yang tak terlalu tinggi, karena menggunakan aplikasi milik mereka sendiri yakni IKEA Place.

IKEA Place sendiri adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh IKEA untuk memungkinkan siapapun bisa membuat simulasi pengaturan tata letak perabotan yang dijual di IKEA. Siapapun dapat melakukan hal tersebut, meskipun berada di dalam rumah sendiri tanpa harus berada di lingkungan IKEA. Teknologi IKEA Place menggunakan basis Augmented Reality dan memanfaatkan teknologi framework terbaru ARKit milik Apple.

Aplikasi ini tentu saja sangat menarik minat calon pembeli yang ingin melihat seberapa cocokkah mereka dalam memilih dan membeli perabotan yang diinginkan, meskipun mereka tidak datang ke toko fisiknya.

Media Augmented Reality layaknya sebuah kekuatan hipnotis yang dapat menarik minat semua orang untuk melihat, mendengar dan merasakan bagaimana sensasi sebuah produk atau brand ditampilkan secara 3 Dimensi dengan berbagai karakter yang mempesona.

Hipnotis di sini tentu saja identik dengan suatu kekuatan magis yang membuat siapapun akan mengalihkan pandangan dan perhatian kepada sesuatu yang diarahkan atau diperintahkan. 

Ketika brand Anda memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosinya, maka layaknya sebuah kekuatan magis, masyarakat akan serta merta digiring untuk melihat dan hanya memperhatikan brand Anda saja. Hal itu dipicu oleh berbagai keunikan dan pernak-pernik yang terdapat di dalam teknologi ini tatkala memperlihatkan kepada khalayak brand Anda dengan bentuk 3D yang nyata.

Dengan beberapa contoh kesuksesan tersebut di atas, sebenarnya benefit apa saja sih yang dapat ditawarkan oleh teknologi augmented reality ini, sehingga dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam suatu bisnis?

Berikut ini beberapa hal yang dapat ditawarkan oleh aplikasi augmented reality, yang tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran, jasa branding produk dan advertising brand perusahaan Anda:

Baca Juga: Teknik Pemasaran Produk Efektif Melalui Teknologi AR / VR

1. Unik dan berbeda

Media Augmented Reality
illustrasi (Image: Getty Images)

Faktor teknologi AR yang terbilang baru dan belum banyak diterapkan pada bidang aneka industri jelas menjadi salah satu faktor yang kuat bagi perusahaan Anda untuk memanfaatkan teknologi ini. Walaupun semakin lama akan semakin luntur seiring dengan semakin banyaknya AR yang dibuat dan digunakan. Justru disitulah peluang yang tersedia, karena saat ini AR masih terbilang teknologi baru dan fresh. Dan Anda harus segera memanfaatkan momen ini demi brand Anda. Ditambah saat ini AR masih terus dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi.

2. Personal

illustrasi (Image: Getty Images)

Dengan media AR yang diciptakan khusus bagi produk Anda dan berbagai media yang perusahaan Anda sajikan tentu saja menjadi suatu nilai lebih. Jika Anda tahu brand-brand terkenal dunia seperti Louis Vuitton, Zara, Giorgio Armani, Chanel, Hermes, Gianni Versace, Dior dibuat secara terbatas dan khusus, dengan maksud supaya dapat diterima dan dimaknai secara personal hanya milik pribadi tersebut. Dan karena hal itu pula, maka akan terjalin ikatan yang kuat antara produk dengan pengguna. Apalagi brand tersebut disajikan berupa AR yang menarik, tentu ikatan tersebut akan menjadi lebih kuat lagi.

3. Viralitas

Media Augmented Reality
illustrasi (Image: Getty Images)

Setelah terjalin ikatan yang kuat antara brand Anda dan teknologi Augmented Reality Marketing yang dicustom khusus untuk perusahaan Anda. Selanjutnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri tatkala brand Anda dibranding menggunakan teknologi AR. Membagikan pengalaman menggunakan branding AR ke teman, kerabat atau sosial media tentu akan menumbuhkan persaingan yang cukup ketat. Namun hal itu bagus, untuk menjaga supaya brand Anda tetap mendapatkan pembanding. 

4. Interaktivitas

Media Augmented Reality
illustrasi (Image: Getty Images)

Pengalaman menggunakan teknologi AR marketing yang imersif, tentu saja akan berguna bagi orang lain yang belum mengetahui tentang langkah-langkah ini. Media Augmented Reality yang dicustom untuk membranding suatu produk tentunya bersifat interaktif. Ya benar, AR merupakan suatu teknologi yang menganut paham interaktivitas. Artinya, siapapun yang sedang menggunakan teknologi ini untuk melihat brand yang ditampilkan, akan mampu berinteraksi dengan tampilan brand tersebut meski ditampilkan secara 3D.

Tak dapat dipungkiri, pertumbuhan dalam pengelolaan teknologi Augmented Reality di Indonesia sendiri masih belum besar. Versi mobile sedang dalam tahap kenaikan yang cukup signifikan. Tetapi, cepat ataupun lambat, produk-produk yang belum menggunakan teknologi AR, wajib mengaplikasikannya untuk mempromosikan diri supaya brand menjadi dikenal dengan cara yang unik dan tak terlupakan. 

Percayalah! Produk Anda pasti akan dilirik, untuk selanjutnya calon pembeli akan mencari tahu lebih banyak tentang produk yang sedang Anda promosikan melalui teknologi AR. Jadi, hipnotis calon pelanggan Anda mulai dari sekarang!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?